Senin, 15 April 2019

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum SC


  • Assalamualaikum..

Momen kelahiran buah hati adalah momen yang paling ditunggu oleh orang tua.
Tentunya, banyak persiapan yang bisa dilakukan untuk menyambut buah hati tercinta, seperti perlengkapan pakaian bayi, diaper, produk perawatan bayi dan tempat tidur.
Tapi mitos orang Jawa banyak mengatakan sebelum bayi lahir pantang menyiapkan peralatan tersebut, pamali katanya..
Tapi bagi yang merasa fine-fine aja,
Ya.. apa salahnya di coba, agar saat kita berangkat nggak perlu bingung karena persiapan yang kurang.
Sebelumnya aku mau cerita dulu, pengalaman tahun 2012 aku melahirkan anak ke 2 secara SC.
Pas anak pertama Alhamdulillah aku lahiran normal, dan pas anak ke 2 dari hamil ke 5 bulan aku pernah pendarahan, nah dari situ aku tau kalau aku mengalami plasenta Previa.
Dan, dokter menganjurkan aku sebaiknya lahiran secara SC.
Di awal tentunya aku down banget, karena yang pasti aku nggak pernah membayangkan bakalan seperti apa.
Akhirnya aku mulai mempersiapkan beberapa hal sebelum prosedur operasi dilakukan.
Seperti,



  1. Tentukandimanaproses melahirkan akan dilakukan. Biarpun kita biasa periksa kehamilan di dokter SpOG langganan. Tapi sah-sah aja kok kalau kita mau melahirkan di lain tempat. Nggak ada aturan resmi yang mewajibkan kita harus ditempat yang sama.
  2. Tentukan budget. Di rumah sakit tersedia paket-paket operasi SC, dari paket kelas 1, 2 dan 3. Di lihatdari besarnya rupiah yang harus dikeluarkan untuk biaya. Kelas 1 tentunya biaya yang dikeluarkan lebih besar dari kelas 3. Tinggal tergantung kemampuan kita! Kalau mau menggunakan kartu BPJS, siapkan juga berkas-berkas yang diperlukan seperti fc KTP, KK, dll.
  3.  Tentukan tanggal. setelah menentukan besarnya biaya yang akan ditanggung, langkah selanjutnya menentukan tanggal kapan SC akan dilakukan. Pastikankehamilan sudah mencapai usia usia 36 Minggu ya. Sebaiknyadikonsultasikan dengan dokternya ya.
  4. Persiapkanperlengkapan bayi dan ibu. Siapkan baju untuk ibu dengan ukuran yang longgar agar memudahkan untuk menyusui, baju Daleman, Kain jarik atau selimut, pembalut disarankan pembalut yang khusus nifas, yang terakhir make up. Jelas yang terakhir opsional sekali tapi pas kita pulang dari rumah sakit tentunya nggak mau terlihat pucat kan. Perlengkapanuntuk bayi seperti, produk perawatan bayi, gendongan, baju, popok, bedong, gurita(optional), diapers(optimal), sarung tangan dan kaki bayi juga penutup kepala.
  5. Pendamping. Yah.. ini jelas pak suami ya, tapi kadang kalau suami lagi nggak dirumah, kerja diluar kota atau luar negri misalkan. Maka adanya pendamping persalinan seperti orang tua, saudara, atau teman dekat. sangat diperlukan untuk membantu mengurus kebutuhan kita sebelum dan sesudah operasi SC. Masa iya sih, kita mau masuk ruangan operasi musti tanda tangan berkas-berkas sendiri, atau pas abis operasi kita ke apotik Nebus obat sendiri. Nggak mungkin kan! pendamping juga tetap dibutuhkan untuk sehari-hari, kalau baru melahirkan anak pertama ya mungkin masih aman-aman aja, tapi kalau anak udah 2 apalagi masih kecil, nah pendamping inilah yang berperan sebagai pengasuh si kakak ketika kita sedang nggak bisa.
  6. Doa. Banyak-banyaklah berdoa pada Tuhan, agar diberi ketenangan, biar operasi nya lancar, diberikan kesehatan pada ibu dan anak, tak kurang suatu apapun.  Itulah beberapa persiapan yang menurutku sangat diperlukan ketika kita mau melahirkan, biarpun secara normal ataupun SC perbedaan nggak begitu jauh. Kalau secara normal kita nggak tau pasti kapan akan melahirkan, memang bisa dari patokan HPL tapi jelas hari apa and jam berapa kan belum pasti, bisa maju ataupun mundur dari HPL.

Kalau dari poin 1 sampai 6 sudah siap, tinggal nunggu hari H.
Cuss.. berangkat dengan nyaman!
Semoga infonya bermanfaat ya.
Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar