Senin, 11 November 2019

Rere Dan Hafalan Matematika

Tulisan tangan kakak Rere

"Ma.. aku besok nggak sekolah ya..!" Pinta kakak Rere suatu hari, dengan wajah ragu-ragu.
"Kenapa sih kak? Kan nggak sakit, napa nggak sekolah?"
"Nggak mau ma, besok ada hafalan pengurangan matematika dan aku sekarang masih belum hafal..!". Jelasnya.
"Sekarang sampai nanti malam kakak coba hafalin, mainnya sambil hafalin nanti lama-lama hafal kok". Dan dia cuma senyum sambil berlalu.

Malam sebelum tidur dia bilang lagi kalau hampir hafal, saya hanya bisa memberi semangat agar dia lebih giat lagi menghafalnya. Pagi hari ketika berangkat sekolah dia bilang sudah hafal, Alhamdulillah.. tapi saat pulang dari sekolah dia cerita ternyata hafalannya di undur. Sedikit kecewa kelihatannya tapi saya jelaskan sama kakak, kalau diundur berarti lebih banyak waktu untuk menghafal dengan baik dan dia mengerti.

Jujur saja, matematika adalah pelajaran yang kurang saya pahami. Menurut pengalaman saya ketika tertinggal satu bab yang tidak kita pahami lalu tidak berani bertanya dengan alasan malas, malu dan sebaginya. Maka di bab berikutnya jelas makin sulit di mengerti karena  pelajaran matematika isinya saling sambung menyambung.

Kalau bab tentang perkalian, pembagian dan penambahan sih oke saja karena tiap hari sudah menjadi kalkulator keuangan rumah tangga. Tapi ketika masuk x+y misalkan otak ini rasanya mendadak buntu.. wkwkwk

Di awal masuk kelas 2 memang kakak Rere sempat takut pelajarannya akan sulit tentu itu wajar bagi siapapun yang akan naik kelas. Tapi sedikit demi sedikit anak akan belajar memahami isi dari pelajaran tersebut. Di hari berikutnya sepulang sekolah dia bercerita kalau hafalannya lancar. Alhamdulillah..

Saat saya bersih-bersih meja belajarnya, beberapa kali saya menemukan secarik kertas yang bertuliskan pengurangan ataupun pembagian matematika. Dia teramat senang bisa menghafal pelajaran tersebut sampai-sampai ketika bermain pun dia suka menulisnya. Tak apalah bukunya sobek untuk sarana bermain sambil belajarnya toh buku yang dia gunakan juga bukan buku pelajaran tapi buku khusus di corat-coret.

Seringnya ketika bepergian kemana-mana kakak Rere suka membawa tas yang berisi alat tulis. Gunanya saat dia boring di perjalanan maka dia bisa belajar matematika, saya diminta membuatkannya soal dan dia yang jawab.

Saya bangga biarpun yang dia kuasai baru pengurangan dan pembagian tersebut karena masih banyak waktu untuk belajar. Insyaallah dia akan lebih pintar dari saya, semangat ya kak..

Kamis, 07 November 2019

Writing Is Healing


Assalamualaikum..

Apakah teman sudah bisa mengenali karakter diri sendiri dan lingkungan kecil khususnya keluarga? Sejujurnya kadang saya masih belum bisa menilai diri saya sendiri. Lho kok gitu? Iya.. karena saya belum tahu betul apa keahlian saya selain menuliskan uneg-uneg yang bersarang di kepala dan hati.

Tapi saya merasakan betul manfaat dari writing is healing. Yap menulis itu ibarat obat! Ketika saya merasa marah atau kecewa, kalau saya utarakan secara langsung maka jadinya akan berbentuk marah-marah. Tapi ketika saya tahan dan menuliskannya sebagai bentuk dari kekecewaan saya maka bentuk amarah yang tadinya ibarat gunung es akan mencair sedikit demi sedikit dan mengalir menjadi sungai.

Yah... Isinya malah ingin curhat.. gak apa-apa kan? Wkwkwk

Saya sebenarnya tipe orang tua yang santai asal teratur, yang harusnya jam berapa di kerjakan maka harus dikerjakan. Misalkan anak-anak mandi pagi jam 5.50 paling lambat jam 6 pas lah, tapi kalau lebih dari itu ya saya akan mulai banyak bicara (ngomel ding..!) Karena saya paham jadwal sekolah jam 6.30 sudah harus berada di sekolah untuk persiapan sholat dhuha dan lainnya. Jadi kalau untuk mandi saja lewat jam yang ditentukan maka efeknya prepare sekolahnya akan terburu-buru, bisa juga terlambat.

Dan kalau sore hari menjelang saya menjadwalkan anak saya untuk menyapu ruang tamu dan sesekali halaman jika daun jambu biji dan jambu air yang tumbuh rimbun di depan rumah menggugurkan daunnya. Hanya itu yang saya tugaskan kepada gadis sulung saya tapi kadang karena keasyikan main dengan teman-teman nya atau juga terlalu asyik main hape sampai lupa tugasnya, dan tugasnya pun bisa terbengkalai. Kecewa tentu saja, saya hanya meminta sedikit bantuan karena saya tau sepulang sekolah jam 13 lewat dia lelah maka saya biarkan istirahat dulu sambil bermain hape. Kemudian selesai magrib waktunya mengaji dan dilanjut dengan les pelajaran sekolah esok hari. Maka saya memberi dia banyak kelonggaran.

Apalagi saya juga tipe orang yang suka mengerjakan satu atau beberapa hal sendiri, alasannya biar lebih cepat selesai ada alasan lain yang saya sangat tidak suka yaitu kalau saya meminta tolong sesuatu dan tidak dikerjakan maka saya akan cepat kecewa dan yang paling parah maka saya akan marah. Untuk menghindari hal tersebut maka saya lebih suka mengerjakannya sendiri.

Jadi ketika saya menugaskan satu hal yang harusnya dikerjakan setiap hari dan dia lalai maka terkadang amarah suka meledak-ledak, setelah di keluarkan lewat kata-kata maka akan reda. Tapi setelah itu baru akan timbul penyesalan sudah memarahi anak saya. Menghindari hal tersebut saya lebih suka menuliskan ungkapan kecewa saya dalam bentuk tulisan yang menghindarkan saya dari berkata kasar dan terlukanya perasaan anak saya. Saya cukup mengingatkannya biarpun itu harus berulang-ulang. Semoga seiring bertambahnya usia anak maka pengertiannya terhadap tanggung jawab kian besar.

Sekian dulu uneg-uneg saya, kalau terlalu panjang nanti malah jadi novel dan di film kan dengan judul "emak ku tukang marah-marah" kan gak lucu..

Wassalam..

Senin, 04 November 2019

10 Bali Baru Destinasi Wisata Yang Bakal Sepopuler Pulau Dewata


Bali.
Apa yang terbersit dalam fikiran kalian ketika mendengar tentang Bali? Tentu saja sebuah pulau indah yang menjadi destinasi wisata baik lokal maupun internasional. Secara umum Bali sudah dikenal dengan keelokan pantainya, bukan hanya itu saja pulau dengan julukan seribu pura ini memiliki budaya hindu yang kental, karena masyarakatnya yang memegang teguh adat dan budaya.

Dari dulu Bali sudah menjadi salah satu tujuan wisata dunia, menurut badan statistik pusat pada tahun 2017 saja tercatat hampir empat juta wisatawan mengunjungi pulau ini pada periode januari hingga agustus. jumlah ini sudah meningkat sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya. Disektor pariwisata menyumbang sekitar 11 persen atau sekitar Rp 172 triliun terhadap produk domestik bruto Indonesia. Dengan datangnya wisatawan sebanyak 11,5 juta saja sudah mampu menghasilkan lapangan pekerjaan disektor pariwisata sekitar 12juta masyarakat Indonesia.

Dengan begitu banyaknya keuntungan yang di dapat, lalu bagaimana jika terdapat lebih dari satu Bali di negara kita? Jelas mampu meningkatkan lapangan kerja juga meningkatkan pendapatan yang merata di seluruh daerah ya.

Kementerian Pariwisata telah membuat daftar destinasi wisata yang tersebar di wilayah Indonesia, yang dinamai dengan 10 Bali baru.
Dimana sajakah Bali-Bali tersebut:

  • Danau Toba
  • Tanjung Kelayang
  • Tanjung Lesung
  • Pulau Seribu
  • Candi Borobudur
  • Mandalika
  • Gunung Bromo
  • Wakatobi
  • Labuan Bajo
  • Morotai

Lokasi-lokasi tersebut dipilih berdasarkan 3 hal yaitu:

  • memiliki daya tarik wisatawan, 
  • memberikan keuntungan dari akses yang lebih baik
  • Dan dari segi fasilitas yang lebih baik. 
Dan dari ke 10 tempat tersebut masih terkendala akses dan infrastruktur yang belum memadai. Diharapkan pembangunan infrastruktur seperti jalan beraspal ataupun bandara di daerah-daerah tersebut agar lebih memudahkan wisatawan menjangkau lokasi wisata yang dikehendaki.

Pada beberapa tempat tersebut telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ialah kawasan dengan batas tertentu yang tercakup dalam daerah atau wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung dan Morotai.

Mari kita mengulas sedikit tentang daerah tersebut;


  1. Danau Toba. Terletak di pulau Sumatera bagian utara, menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Terbentuk oleh letusan gunung berapi sekitar 70 tahun lalu, danau seluas 100km dan lebar 30km ini terletak 900m diatas permukaan laut. Karena letaknya di dataran tinggi Jadi para pengunjung akan menikmati hawa yang dingin. Wisata terkenal yang ada disekitarnya adalah Wisata Air Rangat, air rangat yang dimaksud adalah air hangat. Terletak di bawah kaki Gunung Pusuk Buhit, gunung ini amat disakralkan oleh etnis batak. Kita dapat berenang menikmati air hangat tanpa membayar tiket masuk alias gratis, namun setelah berenang kita harus makan di tempat makan sekitar pemandian. Rencananya pemerintah akan menyiapkan bus air. Yang digunakan sebagai kapal penyeberangan yang berkapasitas 50orang penumpang, 36 unit motor dan 3 unit mobil.
  2. Tanjung Kelayang. Terletak di Pulau Bangka Belitung Kecamatan Sijuk 27km dari Tanjung Pandan adalah Ibukota Kabupaten Belitung. Pantai berpasir putih dengan airnya dangkal dan jernih, Di sekitaran pantai terdapat batu granit raksasa berbentuk burung garuda, di tempat ini juga pernah digunakan untuk shooting film Laskar Pelangi, di sekitaran pulau tanjung Kelayang juga terdapat banyak pulau-pulau kecil lainnya. Ada juga Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar. Sebuah persetujuan perusahaan membangun zona ekonomi wisata khusus di wilayah ini. Di terminal bandara H.A.S Hanandjoeddin landasan terbang diperluas untuk pesawat yang lebih besar, sekarang penerbangan dari Singapura bisa langsung ke Belitung. Selain itu hotel-hotel baru juga sedang di bangun, sehingga wisatawan memilikinya alternatif untuk menginap.
  3. Tanjung Lesung. Pulau yang terletak di Banten ini mulai banyak dikunjungi wisatawan sehingga banyak dibangun resort dengan hotel yang menghadap Anak Krakatau. Ditempat ini menawarkan panorama yang indah dan kita bisa melakukan snorkeling dan diving, water sport, memancing, menikmati sunset dan sunrise, ada juga pertunjukan seni dan kuliner. Walaupun sempat diterjang tsunami beberapa waktu lalu, namun Tanjung Lesung sudah berbenah dan siap menyambut wisatawan lagu.
  4. Pulau Seribu. Entah mengapa dinamai demikian, padahal jika dihitung total keseluruhan dari pulau-pulau tersebut berjumlah 150. Pulau yang sudah sering kita dengar diantaranya Pulau Tidung, Pramuka, Bidadari, Putri, Pelangi dll. Kepulauan ini menjadi pusat konservasi laut di Jakarta. Tempat ini cocok untuk bersantai pada akhir pekan dari keriuhan Jakarta. Perintah telah menyelasaikan pembangunan pelindung pantai pulau Pramuka, Bidadari dan Harapan. Dan juga penataan wisata di kepulauan seribu.
  5. Candi Borobudur. Terletak di Magelang Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke 9 dan terkubur dalam reruntuhan gunung berapi selama berabad-abad dan di temukan pada tahun 1814. Hingga saat ini Borobudur menjadi situs prasejarah yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Dari ke 10 Bali baru, Candi Borobudur termasuk yang paling mudah di akses dari segala penjuru, apalagi jalan tol juga sudah di buka sejak lebaran lalu.
  6. Mandalika. Pulau terpencil yang berada di NTB ini memiliki panjang pantai 7,5km yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Pemerintah sedang berusaha mengembangkan Mandalika menjadi destinasi ekowisata yang besar. Saat ini sedang dibangun sirkuit MotoGP rencananya akan rampung pada Desember 2020. Di Mandalika juga terkenal dengan festival Bau Nyale, dalam festival ini warga akan menangkap cacing laut beramai-ramai di Pantai Seger.
  7. Gunung Bromo. Berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berada seluas 800km persegi. Gunung ini merupakan gunung berapi terluas di provinsi Jawa Timur. Pemerintah berencana untuk mengintegrasikan infrastruktur pengunjung yang ada disana juga di wilayah Malang untuk meningkatkan pariwisata yang lebih maju lagi.
  8. Wakatobi. Terletak di Sulawesi Selatan, adalah tujuan wisata air untuk snorkeling dan diving karena disini terdapat 50 spot menyelam dengan spesies ikan dan terumbu karang yang eksotis. Pemerintah telah merencanakan untuk meningkatkan bandaranya dan mengembangkan restoran bawah air laut, pelabuhan dan hotelnya.
  9. Labuan Bajo. Berada di Nusa Tenggara Timur tepatnya di Taman Nasional Komodo. Sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Disini kita dapat menemui komodo berkeliaran di alam bebas yang berada di salah satu dari tiga pulau besar di Labuan Bajo. Disini banyak yerdapat hotel berbintang, mulai dari bintang 2 hingga 5.
  10. Morotai. Pulau yang berada di Maluku Utara ini memiliki sejarah yang mengagumkan, terdapat museum perang dunia II diantaranya artileri, bangkai kapal perang dan kendaraan amphibi. Disini juga menawarkan jalur trakking yang ter hampar di hutan. Pantai-pantai disini juga sangat indah yang tak kalah dengan Maldives. Terdapat 28 spot diving. Morotai juga di juluki 3 matahari karena pulau ini terlalu panas. Pemerintah berencana membangun resort bekerja sama dengan Taiwan dan menjadikannya pusat perdagangan makanan laut.

Dari ulasan diatas kita dapat simpulkan, kedepannya Indonesia akan memiliki banyak pendapatan daerah yang diharapkan mampu meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat.

Cara Cepat Membersihkan Noda Oli Pada Pakaian


Assalamualaikum..

Teman pernah nggak ngalamin kena noda oli atau noda apapun yang susah di hilangkan pada pakaian, duh pasti sebel sekali ya.. karena beberapa kali saya pernah ngalamin pakaian terkena noda oli bisa dari sepeda ataupun motor. Sudah di cuci pakai deterjen masih nggak bisa hilang, paling banter juga cuma pudar dikit tapi nggak menghilangkan nodanya. Sudah coba berbagai cara direndam pakai vanish, bubuk sitrun, kalau baju putih ya pakai bayklin tapi noda tetap membandel.

Nah ceritanya saya menemukan ide pas lagi nyuci piring nih, kalau noda minyak pada piring dan panci aja bisa hilang, gimana kalau saya coba pada baju ya?
Jadi tau nggak apa yang saya gunakan untuk noda membandel di pakaian, akhirnya yang saya pakai "sunlight". Ya produk pencuci piring ini memang handal membersihkan perminyak - minyakan seperti pada masakan rendang, opor dan lain-lain. Nggak cuma handal pada piring, panci dan sejenisnya. Sunlight juga juara jika di aplikasikan pada pakaian yang terkena noda membandel seperti tertumpah kuah masakan sampai terkena cipratan oli yang nggak bisa dibersihkan oleh deterjen.

Jadi cara pakainya sangat mudah, basahi pakaian yang terkena noda, tuang cairan sunlight pada noda, kucek sebentar sampai noda hilang kemudian cuci dan bilas seperti biasa. Gampang kan?!!

Bukan hanya pada noda baru tapi noda yang sudah lama pun langsung bersih menggunakan cara ini. Kalau noda jenis minyak makanan seperti masakan yang mengandung kunyit ataupun cabe merah saat mencuci memang nggak bisa langsung bersih tapi masih terlihat sedikit kuning karena sisa ekstrak kunyit atau ekstrak cabe merah besar pada masakan tapi nggak perlu ragu, tetap cuci seperti cara di atas karena nanti kalau pakaian sudah kering noda kuning nya akan menghilang dengan sendirinya.

Saya juga menggunakan sunlight ketika mencuci lap dapur, karena kalau menggunakan deterjen biasa susah dan lama bersih nya. Begitu pula ketika membersihkan dapur dari cipratan masakan baik di dinding maupun di kompor. Cukup basahi lap dengan air, beri sunlight secukupnya kemudian lap tempat yang perlu di bersihkan, kemudian cuci lap tersebut hingga bersih lalu gunakan untuk membersihkan bagian yang sudah di seka menggunakan sunlight tadi, lebih mudah dan hasilnya jelas lebih bersih.

Sekian tips mencuci noda memakai sunlight dari saya, nantikan tips yang bermanfaat lainnya. Atau mungkin teman punya tips mencuci yang lebih bersih dari ini silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar ya..
yuk saling belajar..

Minggu, 27 Oktober 2019

Suka Duka Nambah Follower Instagram


Kemarin pagi pas saya bilang sama pak su follower IG udah 5k, pak su bilang "udah berenti dulu ntar dilanjut lagi, jangan maruk!".
Emang sih, follower segitu belum ada apa-apanya dibanding yang kategori mikro,makro dan mega influencer. Tapi bagi saya, bisa dapet follower 4 digit udah bersyukur banget karena sebelumnya instagram saya yang cuma sebagai reminder, follower nya cuma 3 digit aja itupun dibawah angka 5. Hehehe..

Dan usaha buat dapetin 4 digit di awali angka 5 ini udah perjuangan banget.
Pertama kenal istilah influencer, pemahaman saya cukup sederhana, saya bisa mempromosikan produk jadi saya akan dibayar. Sesimple itu..

Waktu follower masih di kisaran empat ratusan. Kata teman saya sesama influencer, saya harus nambah follower minimal di angka 1k.
Sempat bingung juga, gimana cara nambah follower, sempat pernah kepikiran untuk nambah dengan cara beli tapi kok nggak etis rasanya.
Jadi cara yang saya gunakan masih manual banget, saya follow list following teman-teman blogger dan berharap mereka folback.
Tapi saya salah, yang saya follow tidak selalu mau folback. Sempat mengendap lama di angka 1.600 an akhirnya memberanikan diri ikut follow loop. Sempat kepo juga gegara banyak banner loop bersliweran di timeline IG saya tapi nggak pernah saya perhatikan.
Akhirnya saya pelajari bagaimana rulesnya, sedikit membingungkan tapi saya coba daftar di banner loop tersebut dan berhasil, followers saya nambah.

Karena maruk, jadi saya ikut beberapa loop dalam sekali waktu, bukan cuma loop dalam negeri saya juga memberanikan diri ikut loop luar negeri, memang butuh perjuangan yang ekstra karena ada perbedaan zona waktu, jadi saya memanfaatkan waktu si bayik nenen tengah malam buat posting banner looping tersebut,

Alhamdulillah perjuangan selama 2 minggu membuahkan hasil, followers yang awalnya di angka 1,6k sedikit demi sedikit sekarang sudah berada di angkat 5,4k.
Sempat berhenti ikut loop juga karena IG di blokir sebab menautkan aplikasi pihak ke tiga yaitu aplikasi unfollowers, niatnya cuma buat liat siapa aja yang nggak follow balik, karena drama unfol setelah loop berakhir pun sering terjadi, beberapa akun yang emang nggak konsisten. Maunya punya banyak follower tapi nggak mau follow kita.
Jadi saya harus DM satu-satu ke admin loop tersebut meminta maaf karena tidak bisa mengikuti sesi loop tersebut.
Setelah masa 3 hari blokir berakhir baru lah saya ikut loop lagi, tapi nggak sebanyak seperti di awal. Saya hanya mengikuti 2 atau 3 loop dalam sekali waktu.

Belajar dari pengalaman aja, biar nggak terjadi drama blokir seperti kemarin. Memang follower 5k belum ada apa-apanya dibanding teman-teman lain yang followers nya puluhan ribu tapi target saya bisa tembus 10k dulu, semoga bisa tercapai ya..

Sabtu, 26 Oktober 2019

Receh Story

Assalamualaikum.
Mau curhat-curhat dikit boleh ya..
Awalnya sempat berfikir apa yang bisa saya kerjakan selain menjadi ibu rumah tangga yang baik? Pernah kerja di Surabaya tapi harus pulang demi menunggui rumah tercinta sepeninggal nenek.

Saya cuma mikir, kerjaan apa yang bisa saya kerjakan dirumah ketika nyuci nyapu udah selesai. Pernah menjahit songkok milik tetangga tapi nggak bisa bertahan lama, beberapa alasan yang jadi pertimbangan akhirnya berhenti mulai dari berisiknya suara mesin jahit juga karena kerjanya selalu duduk jadi kadang saya merasa bosan.

Putar otak mikir lagi.. karena hobi berpetualang bareng teman pernah jadi reseller cemilan nganter kesana kemari mulai dari PP Sunan Drajat sampe sekolah MTSN Babat pake motor dan tanpa SIM (gak patut ditiru) setelah dari sekolah lanjut sekalian berpetualang kesana kemari, kalau ada teman yang pesen barang ya aku jastipin sekalian lumayan lah bisa cuci mata dan anggap refreshing juga. Karena usaha milik sendiri cuma join dengan seorang teman jadi waktunya fleksibel.

Tapi akhirnya harus berhenti karena satu dua alasan (ah kebanyakan alasan sih) pas mau mulai lagi, nggak taunya aku hamil lagi dan perlu bedrest total. Akhirnya kemampuan power ranger pink saya mulai memudar. Yang awalnya strong kebangetan karena kesana kemari sendiri, sampe kulakan ke gresik pun sendiri, akhirnya harus stay dirumah dan jelas itu sangat membosankan.

Setelah rada sehat mulai berfikir lagi, apa yang bisa sata kerjakan selain masak dan nyuci karena jelas jiwa petualang ku gak rela harus terhenti, daaannn... Teringat blog yang hampir setahun yang lalu di buatkan oleh mbak mun, mungkin kalau di ibaratkan rumah sudah pasti banyak di penuhi sarang laba-laba, karena selama ini lebih suka nulis puisi juga di wattpad. Ah.. entah mengapa otakku selalu connect kalau berhubungan dengan yang galau bin melow.

Saat usia kehamilan menginjak 5 bulan aku merasa sudah waktunya kembali beraksi karena dari mulai hamil sampai kandungan 5 bulan hanya tiduran aja. Liat status di Facebook mau ada launching Lamongan Local Guide, saya pengen datang karena selama ini saya juga suka mereview tempat-tempat yang saya kunjungi. Berangkatlah saya diantar pak su tadinya mau berangkat sendiri pake motor tapi gak dibolehin sama pak su karena udah lama nggak bawa motor. Di sana lah aku mengenal kak Rudi, bu Triana, mbak Ika dan mbak Fitri Areta, kalau mbak mun udah kenal dari bayi.
Mereka juga sempat menyinggung soal blog di sesi perkenalan, ah.. jadi inget lagi dengan blog ku yang seperti rumah tua sampai di rumah mulai aku bersihkan blog tersebut dan ku isi dengan furnitur biar nggak kosong.

Setelah serius menekuni dunia blogging aku merasa seperti membuka gerbang besar yang tak pernah aku tau dan kenal. Wajah-wajah baru, nama-nama baru yang belum pernah aku lihat dan dengar. Pekerjaan-pekerjaan yang saling bertautan dengan blog ah.. rasanya sungguh awam, selangkah demi selangkah aku belajar mendalami nya. Tapi tiap selangkah ku daki maka semakin lebar pengetahuan yang ada di depanku, jadi semakin banyak yang tak ku mengerti.
Tapi aku bertekad untuk terus selalu berusaha karena di dunia yang ku geluti ini sungguh sarat dengan literasi yang takkan ada habisnya. Aku sadar sekolahku tak tinggi, tapi apa literasi hanya di dapat dari bangku sekolah saya rasa tidak. Di manapun berada semua bisa di jadikan bahan pembelajaran.

Dan mengutip perkataan seorang teman kepada ku sewaktu demam pil-pil lalu
"sarjana cuma formalitas, pengalaman terjun ke masyarakat yang lebih penting".
Oke i'll always studying 😉

Jumat, 18 Oktober 2019

Ngopi Lesehan Terminal Paciran


"ja, posisi dimana?"
"Ngopi di TM mbak!".
Isi percakapan via WhatsApp saya dengan si Ja. Sudah beberapa kali dan bisa di bilang sering dia datang ke sana.

Belakangan anak millenial memang suka menyingkat-nyingkat kata biar lebih terkesan keren dan mudah diucapkan ya, seperti lor'e Nanjan disingkat Lorena, Bendung Gerak Sembayat disingkat BGS. Dan TM juga termasuk singkatan dari terminal, dan setelah bertanya pada si pelaku #lol.. barulah saya paham terminal yang di maksud adalah terminal Tunggul Paciran Lamongan, jaraknya sekitar 200 meter sebelah timur Maharani Zoo dan Goa (mazola) dan tempat ngopinya berada di pinggir jalan tepatnya di trotoar dekat pintu masuk terminal.

Baca juga:
https://guslitera.wordpress.com/2019/10/16/malam-mingguan-di-boulevard-asdp-paciran/
Sudah lama memang terminal ini tidak berfungsi seperti seharusnya dan oleh warga sekitar di alih fungsikan menjadi tempat nongkrong dari anak kecil, remaja sampai yang sudah matang pun asik nongkrong di sini.

Menjelang sore beberapa pedagang kopi menggelar tikar di depan gerobak masing-masing, ada sekitar 15 hingga 20an pedagang yang di jual tentu saja kopi, es dan gorengan.
Di sebelah timur ada wahana permainan anak-anak seperti rumah balon, mandi bola dan penyewaan sepeda motor mini. Cukup dengan 10ribu, itu anak-anak sudah girang bukan kepalang..

Tiap sore sering terlihat orang tua momong anaknya di sini, dan ketika malam menjelang pengunjung lebih di dominasi remaja hingga orang tua. bukan hanya warga sekitar, pengendara mobil atau motor yang sedang lewat pun ngopi di sini sekalian melepas lelah.
Pertama kali saya datang ke sana, saat perjalanan pulang dari Tuban.
Sekitar jam 20.00 WIB saya dan teman-teman memutuskan berhenti sejenak melepas lelah karena seharian berkeliling Kota Tuban.

Memang suasana di sini sangat menyenangkan, karena berada di outdoor dan lesehan jadi kesan nya santai, apalagi sangat dekat dengan laut jadi terasa sejuk. Saya jadi berfikir, kalau musim hujan gimana ya?

Jangan tanya WiFi, karena jawabannya nggak ada. Memang pedagang di sini tidak menyediakan nya, tapi biarpun tidak ada WiFi tapi ngopi disini tetap menyenangkan karena kesan kekeluargaan nya dapat. Ngopi lesehan di pinggir jalan plus ditemani semilir angin laut pula, jadi santai banget kan..

Mengapa Ngeblog?

Assalamualaikum..
Beberapa kali saya ditanyai oleh teman, "kamu sering jalan-jalan itu ngapain sih..?" Saya jawab aja saya nulis. Lah mereka nanya lagi " emang nulis apa?". Saya jawab "ngeblog".
Tentunya pertanyaan lain semakin berdatangan, tapi saya skip aja ya.. entar kata si embah "takon sak oyot-oyote atau tanya sejelas-jelasnya".

Mengapa ngeblog?

Alasan pertama saya suka baca. baca buku apa saja, komik, cerpen, novel, artikel dll. Ada satu bacaan yang menurut saya sangat berat dan  kurang suka tapi kadang juga tetap saya baca (tergantung mood juga) yaitu politik.

Alasan ke dua, saya suka menulis. Menulis apa saja, mulai dari puisi, prosa, fiksi, non fiksi dll. Ketika melihat atau mengalami satu hal, maka ide tulisan melintas di kepala. Lalu dimana lagi saya bisa curhat panjang lebar kalau bukan di blog, Tapi saya bukan seorang penulis atau bloger profesional, saya hanya penulis amatiran yang masih belum bisa mengikuti alur kaidah kepenulisan yang baik dan benar.
Saya nulisnya juga ala kadarnya dan sesuai isi kepala.

Saya ingat betul, berawal dari kurang kerjaan, saat itu iseng-iseng saya ketik kata kunci "desa Pucangro" di google. Yang mana Pucangro adalah desa saya. Saya hanya ingin tau apakah ada keterangan tentang Pucangro di internet.

Yang saya dapatkan justru hal yang sangat mengejutkan, ada satu artikel yang memuat tentang desa Pucangro, mulai dari koordinatnya hingga tentang penduduknya. Setelah saya baca hingga akhir, ternyata penulisnya sy4roh. Siapa dia? Semakin di buat penasaran saya cari lagi, saya zoom fotonya sepertinya saya kenal dia, ternyata si penulis adalah tetangga saya sendiri munasyaroh fadhilah atau biasa saya sapa mbak munas, ketika bersama rekan bloger maka panggilannya mbak muna, whattt??

Ternyata tetangga saya seorang bloger..! Saat itu saya belum paham betul blogging itu bagaimana jadi cukup saya telan mentah-mentah saja apa yang saya tau.
Kejadian tersebut berlangsung cukup lama, pernah beberapa kali menyinggung nya namun kami juga nggak pernah membahas panjang lebar.

Awal ngeblog

Karena kami tetanggaan jadi kami sering saling kunjung, ketika mbak mun main ke rumah saya iseng-iseng saya minta ajarkan soal blogging. Karena saya rasa isi kepala ini sudah penuh dengan kata-kata tapi sulit mengeluarkannya. Mbak mun pun dengan senang hati membuatkan saya blog dan mengajari saya tentang blogging. Memang sampai saat ini kalau ada hal yang saya kurang paham tentang blog, mbak munas lah yang akan saya hubungi terlebih dahulu.
Semoga nggak ada mblengernya ya.

Dunia sekitar blog

Ketika sudah punya blog, saya merasa seperti punya sebuah rumah tapi masih kosong, nah.. tugas saya adalah mendesain furniture apa yang ingin saya hadirkan di rumah saya. Itulah pemahaman dasar yang di ajarkan mbak mun pada saya.
Lalu saya mulai menulis, waktu itu saya cenderung suka menulis puisi galau. Entahlah otak saya langsung connect ketika memikirkan yang galau-galau.
Sempat lama saya anggurin juga blog saya karena lebih suka menulis di wattpad, tapi akhirnya saya kembali.

Sampai suatu hari mbak mun menawari saya untuk mengikuti event di Surabaya. Menimbang-nimbang keadaan, karena saya memiliki dua anak yang tidak bisa ditinggal akhirnya saya iya kan, dengan membawa ke dua anak saya.
Itulah event pertama saya, nggak ada fee, tapi itung-itung menambah pengalaman dan jalan-jalan aja. Di event tersebut saya jadi bisa kenalan sama bloger-bloger keren, seperti mbak Avy, mbak Nurul dan lainnya. seneng banget deh..

Nggak berhenti sampai disitu, pengetahuan saya juga bertambah luas, ternyata blog itu juga terconnect dengan sosial media yang kita miliki baik itu Facebook, Twitter, lebih khususnya instagram. Waktu itu followers saya baru 400an, jadi perlu ditambah lagi followers nya agar bisa menjadi buzzer dan influencer.

Sedikit demi sedikit saya mulai belajar dan memahami dunia kepenulisan yang sangat luas dan banyak pelakunya.
Saya jadi merasa memiliki rumah yang terus ingin saya isi dengan pengetahuan yang saya miliki juga uneg-uneg isi kepala dan ketika melakukan kegiatan blogwalking atau biasa di sebut BW yaitu kegiatan saling berkunjung ke blog lain dan meninggalkan jejak di kolom komentar, saya pun merasa memiliki tetangga yang ramah.

Memang pengetahuan saya tentang blog masih amat rendah, tapi pelan-pelan saya terus belajar memahaminya. DA dan PA memang masih rendah, me monetizer blog pun belum menjangkau. Saya juga terus berusaha menambah followers di Instagram dan twitter agar semuanya bisa selurus dan sejalan.

Selasa, 15 Oktober 2019

Desa Wisata Sendang Duwur Lamongan


Picture by tresno glade

Assalamualaikum..
Teman, pernah dengar desa Desa Sendang duwur nggak?
Desa Sendang Duwur berada di kecamatan Paciran kabupaten Lamongan. Kalau dari Lamongan kota jarak ke desa ini sekitar 39KM, atau bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Saya menganggap desa ini unik, mengapa, karena masih mempertahankan budaya leluhur yaitu perpaduan Hindu dan Islam masa lampau, di waktu-waktu tertentu juga masih di adakan ritual kepercayaan warga. desa ini berada di ketinggian 72 meter diatas permukaan laut (MDPL) jadi memiliki hawa yang sejuk dan memberikan kita view yang keren..
masyaratak di desa ini memiliki keahlian membuat batik tulis juga perhiasan emas dan perak. Kalau beli di sini tentu harganya sangat miring dari pada di pasaran.

Di Sendang Duwur juga terdapat situs purbakala yaitu makam Sunan Sendang Duwur.
Ketika hendak menginjakkan kaki di area makam, kita akan disambut dengan gapura bagian luar berbentuk Tugu Bentar dan gapura bagian dalam berbentuk Paduraksa yang menggambarkan sayap burung garuda.
Dinding makam berbentuk cungkup di hiasi ukiran kayu jati bernilai seni yang indah, di kedua sisi makam di hiasi dua buah batu hitam berbentuk kepala naga.

Sunan Sendang Duwur adalah murid dari Sunan Drajat. memiliki nama asli Raden Noer Rahman, lahir pada tahun 1320 M.
Putra dari Abdul Kohar bin Malik bin Sultan Abu Yazid yang berasal dari Baghdad.
Gelarnya di dapat dari Sunan Drajat karena menyebarkan agama Islam di Sendang Duwur yang mayoritas beragama Hindu kala itu.

Makam Sunan berada di perbukitan yang tertinggi di Paciran, terdapat mata air yang tak pernah ada habisnya yang dinamakan Lidah Mbah Wali.
Di sebelahnya juga terdapat masjid yang menurut cerita masyarakat "ajaib". Mengapa demikian? Masjid ini di bangun dalam waktu satu malam, lebih jelasnya masjid ini di pindahkan dari Jepara menuju Sendang Duwur dalam waktu satu malam.
Warga mempercayai masjid ini sebagai hadiah dari Ratu Kalinyamat (Mantingan, Jepara) pada masa Ratu Kalinyamat, terkenal melimpahnya kayu jati dan ukiran yang sangat indah, kemudian Sunan Sendang Duwur dikirim ke Jepara oleh gurunya yaitu Sunan Drajat bertemu dengan Ratu Kalinyamat yang memiliki masjid yang indah.
Masjid itu sebagai hadiah untuk Sunan Sendang Duwur jika dapat dipindahkan dalam waktu satu malam. Alhasil masjid tersebut benar-benar pindah ke bukit tertinggi di Sendang Duwur yang dinamakan Punak Gunung Amitunon.

Tak jauh dari masjid terdapat sumur tua yang di namakan sumur Giling yang mata airnya melimpah walaupun sedang kemarau. Cara mengambil airnya yaitu dengan di giling seperti menggowes sepeda.

Dari sekian banyak kelebihan desa ini, maka pantas lah kalau pemerintah daerah menetapkan desa ini sebagai desa wisata sejak tahun 2012.

Jadi, Kapan lagi bisa mengunjungi desa yang memiliki paket lengkap seperti ini, ada situs purbakala, wisata religi, kerajinan batik tulis, emas dan perak ditambah lagi bisa dapat view yang keren..!!

Jumat, 11 Oktober 2019

Lodeh Kutuk, Kuliner Enak Dengan Segudang Manfaat

Picture by bunda salsa

Assalamualaikum..

Yang pernah singgah ke Lamongan, sudah pernah menikmati kuliner khas apa aja di Lamongan?
Soto, Pecel lele, Tahu campur, Sego boran, cemilannya wingko babad, Sudah belum?
Kalau lodeh kutuk pernah coba nggak? Makanan ini juga khas Lamongan banget lo.
Atau jangan-jangan teman malah nggak tau lodeh kutuk itu apa!
Kata beberapa teman saya yang dari Luar lamongan, nggak lengkap rasanya datang ke Lamongan tapi nggak makan lodeh kutuk.

Baca juga: https://www.hanifahnila.com/2019/10/sego-boran-kuliner-khas-lamongan-wajib.html?m=1

Ialah olahan ikan kuthuk atau ikan gabus yang di asapi kemudian di beri santan dan bumbu ireng (kluwek).

Cara pembuatan lodeh jenis ini juga relatif lebih lama dari pada lodeh ayam ataupun lodeh sayur.
Baik, saya akan jelaskan cara buatnya tapi ini ala-ala saya ya..
Ikan kuthuk segar dibersihkan dari sisik, wedel (jeroan ikan) dan di potong-potong kemudian di asapi.
berikutnya siapkan bumbu;
  •  Cabe merah 3
  • Cabe rawit 25, bagi yang suka pedas bisa di tambah, yang tidak suka bisa dikurangi.
  • bawang putih 5 siung
  • bawang merah 7 siung
  • jahe 1 ruas jari
  • laos 1 ruas jari
  • kencur sedikit
  • kunyit setengah ruas jari
  • ketumbar 1 sendok teh
  • jinten sedikit
  • kemiri 5 buah
  • merica 15 butir
  • pala sedikit
  • daun jeruk 1 lembar
  • kluwek 1 buah

Semua bumbu dihaluskan, kemudian di tumis sampai harum dan di beri santan kelapa, tambahkan garam dan kaldu bubuk. masukkan ikan kuthuk asap tunggu sampai mendidih. Taburi bawang goreng.
Bagi yang suka sayur, bisa ditambah dengan sayur nangka muda (kluwe).
Siap di santap dengan nasi hangat apalagi nasi jagung dan kerupuk akan lebih nikmat.

Selain gurih dan enak, sudah tidak asing lagi kalau ikan ini sangat banyak khasiatnya, antara lain:

  • Banyak mengandung protein albumin, yang tidak kalah dari ikan salmon
  • Mempercepat penyembuhan luka termasuk luka operasi caesar
  • Memenuhi kebutuhan kalori bagi penderita diabetes
  • Mengandung kalsium sekitar 60/100gram dan 70/100gram fosfor, tentu sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Apalagi untuk anak-anak dan ibu hamil.
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Membantu proses penyembuhan penyakit paru, hepatitis, stroke, tifus, dll.
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.


Nah, kalau teman mau mencicipi menu ini, sangat mudah di dapat karena di Lamongan banyak warung nasi yang berjualan menu ini. Apalagi di sepanjang jalan antara Sukodadi sampai Karanggeneng.
Kalau saya yang ditanya dimana warung lodeh kutuk yang enak? maka jawaban saya, silahkan datang ke warung yang terletak sebelah barat jembatan desa Tanggulangin kecamatan Karanggeneng. Warung ini nggak ada namanya, tapi jangan resah, tempatnya mudah ditemukan karena berada tepat dipojokan sebelah rawa Pucangro (desa saya.. hihi)
pagi-pagi sekali sekitar pukul 06.00 ketika warung baru dibuka pembeli sudah ramai,  tapi jangan datang terlalu siang karena sekitar jam 8 sd 9 pagi warung sudah tutup karena habis.
Saya merekomendasikan warung ini karena selain racikan bumbunya sedap, rasa pedasnya juga juara, di jamin lidah melonjak-lonjak dan mandi keringat kalau nggak kuat pedasnya.

Penasaran nggak teman? Jadi, jangan lupa berburu kuliner lodeh kutuk ya kalau sedang berkunjung ke Lamongan!

Jumat, 20 September 2019

Jangan Panik Ketika Bayi Gumoh, Kenali Dan Pahami Cara Mengatasinya.


Assalamualaikum..

Adakah para ibu yang memiliki bayi yang suka gumoh?
Pengalaman saya, anak ke dua yang sering gumoh hampir tiap saat. Kadang sehabis menyusu, kadang juga disaat-saat tertentu yang tidak bisa dipastikan.
Di awal-awal kejadian memang saya sempat panik, tapi karena terjadi setiap hari jadi saya periksakan ke dokter spesialis anak Dr. Hisworo multi alam.

Jumat, 13 September 2019

Memetik Pelajaran Dari Bapak Penjual Es Wawan


Assalamualaikum..
Writing is healing..

Kadang di suatu keadaan aku merasa diri ini congkak dan sombong, tapi di lain waktu lagi merasa rendah dan bukan siapa-siapa. Ya memang sebisa mungkin tiap hari aku belajar merendah jadi agar hilang rasa tinggi hatiku.

Sampai pada suatu hari aku dibuat tercengang oleh seorang penjual es wawan yang tiap hari lewat di depan rumah.

Kamis, 12 September 2019

MYLEA, Rangkaian Perawatan Semua Masalah Rambut



Assalamualaikum..
Writing is healing.

Teman, pernah nggak sih ngalamin masalah rambut? seperti rambut rontok, rambut kering atau masalah  ketombe pasca melahirkan?
Saya termasuk yang ngalamin juga nih.
Pada saat hamil aman-aman aja, tapi pasca melahirkan malah jadi ketombean. Kok bisa ya..?!?!
Sebagian besar wanita mengaku, kehamilan membuat rambut mereka jadi lebih tebal. Sementara setelah melahirkan, banyak wanita mengalami kerontokan rambut yang cukup hebat hingga sering kali menimbulkan kekhawatiran.
Sekarang yuk kita bahas apa yang menjadi penyebabnya.