Sabtu, 20 April 2019

Jadi Ini Rasanya Medeking!

Assalamualaikum..

Pernah 2 kali hamil, aku nggak pernah merasakan sakit yang berlebihan.
Hanya morning sickness biasa seperti yang bumil rasakan di trimester awal kehamilan.

Gejalanya umum seperti mual, muntah, pusing, dan gejala lainnya.
Biasanya terjadi di pagi hari, tapi kadang juga terjadi sewaktu-waktu, tergantung pembawaan bumil aja.
Kalau aku, hamil anak pertama dan ke dua nggak jauh beda,
Rasa pusing, mual dan muntah selalu terjadi di pagi hari.
Pas periksa ke bidan disarankan minum obat, dan setelah sarapan aku minum obat tersebut,

Efeknya emang nggak mual lagi, tapi karena bikin ngantuk jadi nggak lama pasti tidur nyenyak, dan bangun perkiraan jam 11 siang.
Baru bisa mengerjakan pekerjaan rumah yang masih terbengkalai.
Alhamdulillah nya, setelah bangun tidur sampai seharian badan juga fit, aku nggak pernah ngerasa sakit yang gimana-gimana.
Itu terjadi pas aku hamil anak pertama dan ke dua.



Tapi, berbeda cerita ketika aku hamil lagi anak yang ke tiga.
Siklus haid yang nggak tentu menyebabkan aku nggak ingat pasti kapan terakhir aku menstruasi.
Sedikit kaget memang ketika aku ngerasa kok kayaknya sudah lama ya aku nggak mens!

Dari pada penasaran, aku tes lah.
Dan hasilnya, Alhamdulillah positif..
Jalan 6minggu aku masih sehat-sehat aja, hanya tekanan darah yang selalu rendah kisaran 80 hingga 100.
Lebih dari 6minggu aku sering merasa pusing yang nggak hilang-hilang, kalaupun hilang sebentar nanti juga balik lagi.

Dokter mengatakan mungkin kadar Hb nya rendah.
Hampir setiap hari aku ngerasa pusing, cepat capek biarpun nggak kerja berat dan sakit di seluruh badan.
Mual dan muntah tanpa kenal waktu, sampai puncaknya aku opname karena typus dan demam.
Setelah di tes darah hasilnya, trombosit, leukosit dan Hb ku rendah.
Jadi ini juga penyebab pusing yang berkepanjangan.
Kerjaan rumah tiap hari terbengkalai karena hanya pengen tiduran.
Aku jadi kasihan sama anak-anak karena nggak bisa ngurus mereka dengan baik.

Kata orang-orang aku mengalami medeking! Apa itu?
Jadi medeking itu biasa terjadi ketika hamil ke tiga kali atau hamil anak ke tiga seperti aku.
Dan rasa badan itu seperti yang aku rasakan.
Nggak pernah ada sehatnya, nggak perduli siang atau malam hari.
Yang aku rasakan bukan hanya di trimester pertama, tapi berlanjut sampai usia kehamilan 22minggu.

Untungnya setelah 22minggu hingga sekarang, sakit seperti di atas berangsur hilang dan badan rasanya sehat kembali.
Dan sekarang sudah kembali beraktivitas seperti biasa, memang aku masih sedikit membatasi pekerjaan yang berat,
Tapi aku nggak mau hanya berdiam diri di rumah aja, aku mulai mengikuti event, dan mulai menulis lagi untuk mengisi waktu luang.

Semoga saja semua berjalan lancar sampai hari kelahiran nanti.
Dan calon anakku sehat, nggak kekurangan suatu apapun.
Amiin..

Wassalamu'alaikum..

4 komentar:

  1. Semacam hyeremesis kah mba?
    Saya waktu anak pertama juga mual, tapi karena saya kerja, kayaknya rasa gak nyaman itu hilang karena sibuk kerja.

    Anak kedua saya udah ga kerja, jadinya rasa ga nyaman kerasa banget, saya tiduuurrr aja sampai tri semester ketiga :D

    BalasHapus
  2. Ya mungkin yang kita rasakan sama mbak.
    Tapi perbedaannya ketika kita punya kerjaan yang gak bisa ditinggal jadi rasa sakit itu harus kita tahan.
    Tapi kalau anak ke 3 beda lagi rasanya mbak.
    Badan rasanya lebih mudah ngerasa sakit.
    Tapi kembali lagi pada pembawaan kehamilan tersebut, kalau sehat2 aja ya Alhamdulillah..

    BalasHapus
  3. kunjungan perdana salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kakak..😀
      Terima kasih sudah mampir

      Hapus