Minggu, 28 April 2019

Tanaman Kitolod Untuk Kesehatan Mata

Mungkin sebagian dari kita belum tahu tentang tumbuhan dengan Ciri fisik memiliki daun berwarna hijau panjang bergelombang, bunga berwarna putih memanjang keatas.

Tumbuhan ini sering kita jumpai dipekarangan rumah, di pot-pot menumpang pada tanaman lain atau tumbuh di mana saja, karena sifatnya yang mudah hidup dimana saja layaknya rumput pada umumnya. Memang jika kita belum tahu, maka dengan mudah kita akan menganggapnya rumput liar.
Tapi rumput liar ini ternyata ada guna dan manfaatnya lho. Terutama untuk kesehatan mata.
Tanaman ini sebenarnya sudah dimanfaatkan secara turun temurun oleh nenek moyang jaman dahulu. Namun kita yang berada pada generasi milenial yang cenderung memilih menggunakan yang instan seperti obat-obatan seperti pil atau kapsul yang dengan mudah di beli pada apotik atau toko obat, jadi kita mungkin belum mendengar khasiat dari tanaman ini.
Tanaman ini memiliki beberapa kandungan yang berada pada daun dan bunganya.
kandungan dari ekstrak daun kitolod adalah Alkaloid, Flavonoid, dan Saponin. Sedangkan kandungan dari bunga kitolod adalah Alkaloid, Flavonoid, Saponin, dan tanin.
Alkaloid adalah zat yang mempunyai kecendrungan menghambat laju pertumbuhan bakteri. Flavonoid berperan sebagai antioksidan dan antibakteri. Saponin adalah zat yang dapat meningkatkan permeabilitas (kemampuan untuk meloloskan sejumlah partikel) membran sehingga terjadi hemolisis (pecah) sel. Dan Tanin adalah antibakteri.
Wah.. ternyata banyak sekali manfaatnya.
Karena saya penasaran jadi saya langsung membuktikan sendiri khasiatnya.
Caranya cukup mudah. Ada 2 cara yang bisa digunakan,
Pertama, petik bunga kitolod dan rendam dalam satu gelas air, setelah beberapa saat gunakan untuk merendam permukaan mata.
Cara kedua, petik bunga kitolod. Buang bagian bawahnya. Lalu tariklah putik panjang bagian dalam. Perlu diingat hati-hati jangan sampai airnya tumpah karena air itu yang akan kita gunakan untuk tetes mata.
Setelah diteteskan ke mata akan terasa sangat pedih, mata menjadi merah beberapa saat dan mengeluarkan beberapa tetes air mata namun setelah pedihnya hilang, penglihatan akan membaik dan terasa lebih terang dari pada sebelumnya.
Itulah tadi sedikit ulasan tentang bunga kitolod, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar