Jumat, 18 Oktober 2019

Mengapa Ngeblog?

Assalamualaikum..
Beberapa kali saya ditanyai oleh teman, "kamu sering jalan-jalan itu ngapain sih..?" Saya jawab aja saya nulis. Lah mereka nanya lagi " emang nulis apa?". Saya jawab "ngeblog".
Tentunya pertanyaan lain semakin berdatangan, tapi saya skip aja ya.. entar kata si embah "takon sak oyot-oyote atau tanya sejelas-jelasnya".

Mengapa ngeblog?

Alasan pertama saya suka baca. baca buku apa saja, komik, cerpen, novel, artikel dll. Ada satu bacaan yang menurut saya sangat berat dan  kurang suka tapi kadang juga tetap saya baca (tergantung mood juga) yaitu politik.

Alasan ke dua, saya suka menulis. Menulis apa saja, mulai dari puisi, prosa, fiksi, non fiksi dll. Ketika melihat atau mengalami satu hal, maka ide tulisan melintas di kepala. Lalu dimana lagi saya bisa curhat panjang lebar kalau bukan di blog, Tapi saya bukan seorang penulis atau bloger profesional, saya hanya penulis amatiran yang masih belum bisa mengikuti alur kaidah kepenulisan yang baik dan benar.
Saya nulisnya juga ala kadarnya dan sesuai isi kepala.

Saya ingat betul, berawal dari kurang kerjaan, saat itu iseng-iseng saya ketik kata kunci "desa Pucangro" di google. Yang mana Pucangro adalah desa saya. Saya hanya ingin tau apakah ada keterangan tentang Pucangro di internet.

Yang saya dapatkan justru hal yang sangat mengejutkan, ada satu artikel yang memuat tentang desa Pucangro, mulai dari koordinatnya hingga tentang penduduknya. Setelah saya baca hingga akhir, ternyata penulisnya sy4roh. Siapa dia? Semakin di buat penasaran saya cari lagi, saya zoom fotonya sepertinya saya kenal dia, ternyata si penulis adalah tetangga saya sendiri munasyaroh fadhilah atau biasa saya sapa mbak munas, ketika bersama rekan bloger maka panggilannya mbak muna, whattt??

Ternyata tetangga saya seorang bloger..! Saat itu saya belum paham betul blogging itu bagaimana jadi cukup saya telan mentah-mentah saja apa yang saya tau.
Kejadian tersebut berlangsung cukup lama, pernah beberapa kali menyinggung nya namun kami juga nggak pernah membahas panjang lebar.

Awal ngeblog

Karena kami tetanggaan jadi kami sering saling kunjung, ketika mbak mun main ke rumah saya iseng-iseng saya minta ajarkan soal blogging. Karena saya rasa isi kepala ini sudah penuh dengan kata-kata tapi sulit mengeluarkannya. Mbak mun pun dengan senang hati membuatkan saya blog dan mengajari saya tentang blogging. Memang sampai saat ini kalau ada hal yang saya kurang paham tentang blog, mbak munas lah yang akan saya hubungi terlebih dahulu.
Semoga nggak ada mblengernya ya.

Dunia sekitar blog

Ketika sudah punya blog, saya merasa seperti punya sebuah rumah tapi masih kosong, nah.. tugas saya adalah mendesain furniture apa yang ingin saya hadirkan di rumah saya. Itulah pemahaman dasar yang di ajarkan mbak mun pada saya.
Lalu saya mulai menulis, waktu itu saya cenderung suka menulis puisi galau. Entahlah otak saya langsung connect ketika memikirkan yang galau-galau.
Sempat lama saya anggurin juga blog saya karena lebih suka menulis di wattpad, tapi akhirnya saya kembali.

Sampai suatu hari mbak mun menawari saya untuk mengikuti event di Surabaya. Menimbang-nimbang keadaan, karena saya memiliki dua anak yang tidak bisa ditinggal akhirnya saya iya kan, dengan membawa ke dua anak saya.
Itulah event pertama saya, nggak ada fee, tapi itung-itung menambah pengalaman dan jalan-jalan aja. Di event tersebut saya jadi bisa kenalan sama bloger-bloger keren, seperti mbak Avy, mbak Nurul dan lainnya. seneng banget deh..

Nggak berhenti sampai disitu, pengetahuan saya juga bertambah luas, ternyata blog itu juga terconnect dengan sosial media yang kita miliki baik itu Facebook, Twitter, lebih khususnya instagram. Waktu itu followers saya baru 400an, jadi perlu ditambah lagi followers nya agar bisa menjadi buzzer dan influencer.

Sedikit demi sedikit saya mulai belajar dan memahami dunia kepenulisan yang sangat luas dan banyak pelakunya.
Saya jadi merasa memiliki rumah yang terus ingin saya isi dengan pengetahuan yang saya miliki juga uneg-uneg isi kepala dan ketika melakukan kegiatan blogwalking atau biasa di sebut BW yaitu kegiatan saling berkunjung ke blog lain dan meninggalkan jejak di kolom komentar, saya pun merasa memiliki tetangga yang ramah.

Memang pengetahuan saya tentang blog masih amat rendah, tapi pelan-pelan saya terus belajar memahaminya. DA dan PA memang masih rendah, me monetizer blog pun belum menjangkau. Saya juga terus berusaha menambah followers di Instagram dan twitter agar semuanya bisa selurus dan sejalan.

0 komentar:

Posting Komentar