Senin, 04 November 2019

10 Bali Baru Destinasi Wisata Yang Bakal Sepopuler Pulau Dewata


Bali.
Apa yang terbersit dalam fikiran kalian ketika mendengar tentang Bali? Tentu saja sebuah pulau indah yang menjadi destinasi wisata baik lokal maupun internasional. Secara umum Bali sudah dikenal dengan keelokan pantainya, bukan hanya itu saja pulau dengan julukan seribu pura ini memiliki budaya hindu yang kental, karena masyarakatnya yang memegang teguh adat dan budaya.

Dari dulu Bali sudah menjadi salah satu tujuan wisata dunia, menurut badan statistik pusat pada tahun 2017 saja tercatat hampir empat juta wisatawan mengunjungi pulau ini pada periode januari hingga agustus. jumlah ini sudah meningkat sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya. Disektor pariwisata menyumbang sekitar 11 persen atau sekitar Rp 172 triliun terhadap produk domestik bruto Indonesia. Dengan datangnya wisatawan sebanyak 11,5 juta saja sudah mampu menghasilkan lapangan pekerjaan disektor pariwisata sekitar 12juta masyarakat Indonesia.

Dengan begitu banyaknya keuntungan yang di dapat, lalu bagaimana jika terdapat lebih dari satu Bali di negara kita? Jelas mampu meningkatkan lapangan kerja juga meningkatkan pendapatan yang merata di seluruh daerah ya.

Kementerian Pariwisata telah membuat daftar destinasi wisata yang tersebar di wilayah Indonesia, yang dinamai dengan 10 Bali baru.
Dimana sajakah Bali-Bali tersebut:

  • Danau Toba
  • Tanjung Kelayang
  • Tanjung Lesung
  • Pulau Seribu
  • Candi Borobudur
  • Mandalika
  • Gunung Bromo
  • Wakatobi
  • Labuan Bajo
  • Morotai

Lokasi-lokasi tersebut dipilih berdasarkan 3 hal yaitu:

  • memiliki daya tarik wisatawan, 
  • memberikan keuntungan dari akses yang lebih baik
  • Dan dari segi fasilitas yang lebih baik. 
Dan dari ke 10 tempat tersebut masih terkendala akses dan infrastruktur yang belum memadai. Diharapkan pembangunan infrastruktur seperti jalan beraspal ataupun bandara di daerah-daerah tersebut agar lebih memudahkan wisatawan menjangkau lokasi wisata yang dikehendaki.

Pada beberapa tempat tersebut telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ialah kawasan dengan batas tertentu yang tercakup dalam daerah atau wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung dan Morotai.

Mari kita mengulas sedikit tentang daerah tersebut;


  1. Danau Toba. Terletak di pulau Sumatera bagian utara, menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Terbentuk oleh letusan gunung berapi sekitar 70 tahun lalu, danau seluas 100km dan lebar 30km ini terletak 900m diatas permukaan laut. Karena letaknya di dataran tinggi Jadi para pengunjung akan menikmati hawa yang dingin. Wisata terkenal yang ada disekitarnya adalah Wisata Air Rangat, air rangat yang dimaksud adalah air hangat. Terletak di bawah kaki Gunung Pusuk Buhit, gunung ini amat disakralkan oleh etnis batak. Kita dapat berenang menikmati air hangat tanpa membayar tiket masuk alias gratis, namun setelah berenang kita harus makan di tempat makan sekitar pemandian. Rencananya pemerintah akan menyiapkan bus air. Yang digunakan sebagai kapal penyeberangan yang berkapasitas 50orang penumpang, 36 unit motor dan 3 unit mobil.
  2. Tanjung Kelayang. Terletak di Pulau Bangka Belitung Kecamatan Sijuk 27km dari Tanjung Pandan adalah Ibukota Kabupaten Belitung. Pantai berpasir putih dengan airnya dangkal dan jernih, Di sekitaran pantai terdapat batu granit raksasa berbentuk burung garuda, di tempat ini juga pernah digunakan untuk shooting film Laskar Pelangi, di sekitaran pulau tanjung Kelayang juga terdapat banyak pulau-pulau kecil lainnya. Ada juga Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar. Sebuah persetujuan perusahaan membangun zona ekonomi wisata khusus di wilayah ini. Di terminal bandara H.A.S Hanandjoeddin landasan terbang diperluas untuk pesawat yang lebih besar, sekarang penerbangan dari Singapura bisa langsung ke Belitung. Selain itu hotel-hotel baru juga sedang di bangun, sehingga wisatawan memilikinya alternatif untuk menginap.
  3. Tanjung Lesung. Pulau yang terletak di Banten ini mulai banyak dikunjungi wisatawan sehingga banyak dibangun resort dengan hotel yang menghadap Anak Krakatau. Ditempat ini menawarkan panorama yang indah dan kita bisa melakukan snorkeling dan diving, water sport, memancing, menikmati sunset dan sunrise, ada juga pertunjukan seni dan kuliner. Walaupun sempat diterjang tsunami beberapa waktu lalu, namun Tanjung Lesung sudah berbenah dan siap menyambut wisatawan lagu.
  4. Pulau Seribu. Entah mengapa dinamai demikian, padahal jika dihitung total keseluruhan dari pulau-pulau tersebut berjumlah 150. Pulau yang sudah sering kita dengar diantaranya Pulau Tidung, Pramuka, Bidadari, Putri, Pelangi dll. Kepulauan ini menjadi pusat konservasi laut di Jakarta. Tempat ini cocok untuk bersantai pada akhir pekan dari keriuhan Jakarta. Perintah telah menyelasaikan pembangunan pelindung pantai pulau Pramuka, Bidadari dan Harapan. Dan juga penataan wisata di kepulauan seribu.
  5. Candi Borobudur. Terletak di Magelang Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke 9 dan terkubur dalam reruntuhan gunung berapi selama berabad-abad dan di temukan pada tahun 1814. Hingga saat ini Borobudur menjadi situs prasejarah yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Dari ke 10 Bali baru, Candi Borobudur termasuk yang paling mudah di akses dari segala penjuru, apalagi jalan tol juga sudah di buka sejak lebaran lalu.
  6. Mandalika. Pulau terpencil yang berada di NTB ini memiliki panjang pantai 7,5km yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Pemerintah sedang berusaha mengembangkan Mandalika menjadi destinasi ekowisata yang besar. Saat ini sedang dibangun sirkuit MotoGP rencananya akan rampung pada Desember 2020. Di Mandalika juga terkenal dengan festival Bau Nyale, dalam festival ini warga akan menangkap cacing laut beramai-ramai di Pantai Seger.
  7. Gunung Bromo. Berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berada seluas 800km persegi. Gunung ini merupakan gunung berapi terluas di provinsi Jawa Timur. Pemerintah berencana untuk mengintegrasikan infrastruktur pengunjung yang ada disana juga di wilayah Malang untuk meningkatkan pariwisata yang lebih maju lagi.
  8. Wakatobi. Terletak di Sulawesi Selatan, adalah tujuan wisata air untuk snorkeling dan diving karena disini terdapat 50 spot menyelam dengan spesies ikan dan terumbu karang yang eksotis. Pemerintah telah merencanakan untuk meningkatkan bandaranya dan mengembangkan restoran bawah air laut, pelabuhan dan hotelnya.
  9. Labuan Bajo. Berada di Nusa Tenggara Timur tepatnya di Taman Nasional Komodo. Sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Disini kita dapat menemui komodo berkeliaran di alam bebas yang berada di salah satu dari tiga pulau besar di Labuan Bajo. Disini banyak yerdapat hotel berbintang, mulai dari bintang 2 hingga 5.
  10. Morotai. Pulau yang berada di Maluku Utara ini memiliki sejarah yang mengagumkan, terdapat museum perang dunia II diantaranya artileri, bangkai kapal perang dan kendaraan amphibi. Disini juga menawarkan jalur trakking yang ter hampar di hutan. Pantai-pantai disini juga sangat indah yang tak kalah dengan Maldives. Terdapat 28 spot diving. Morotai juga di juluki 3 matahari karena pulau ini terlalu panas. Pemerintah berencana membangun resort bekerja sama dengan Taiwan dan menjadikannya pusat perdagangan makanan laut.

Dari ulasan diatas kita dapat simpulkan, kedepannya Indonesia akan memiliki banyak pendapatan daerah yang diharapkan mampu meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar