Jumat, 20 Desember 2019

11 TIPS YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELIM MEMBELI ATAU MENYEWA RUMAH IMPIAN




Bagi yang belum memiliki rumah, atau bagi pasangan yang baru menikah dan masih tinggal bersama orang tua, ingin hidup mandiri tapi tabungan untuk beli rumah belum cukup, maka menyewa rumah adalah jawabannya. Berbeda dengan kamar kost yang biasanya cuma satu petak kamar dan berjejer-jejer dengan penghuni lain. Jika kalian menyewa rumah maka kamu bisa menempati dan  memanfaatkan semua bagian rumah tanpa harus berbagi dengan penghuni lainnya.

Tentunya hal ini pas untuk menjadi pilihan kalian yang menginginkan privasi yang hanya diisi oleh keluarga kecil. Bagi yang berada di perkotaan tentu pilihan menyewa rumah sangat menguntungkan karena bisa memilih rumah sewa yang dekat dengan tempat kerja.
Berikut tips apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menyewa rumah;
  •  Memilih lokasi rumah sewa, pilihannya biasanye bervariasi bisa yang dekat dengan sekolah atau dekat dengan kantor tempat bekerja agar lebih menghemat waktu dan ongkos. Kalian bisa mencari info dari teman untuk mendapatkan rumah sewa impian, atau kalau tidak punya cukup waktu maka pilihannya adalah tinggal kunjungi situs properti online.
  •  Periksa dengan teliti bagian rumah, coba cek apakah konstruksi bangunan masih kokoh, atap atau genteng ada yang bocor, pintu dan jendela macet dan yang terpenting saluran air yang mampet.
  • Harga, terkait harga disini sebaiknya di bicarakan di depan. Karena tiap tahun biaya sewa properti akan naik jadi sebaiknya diskusikan di awal agar tak terjadi kesalah pahaman di lain hari.
  •  Biaya perawatan rumah. Nah terkadang saat kita menghuni sebuah rumah sewa terjadi kerusakan yang harus segera di perbaiki, maka terkait biaya perbaikan harus disepakati di awal pula, jangan sampai si penyewa yang harus menanggung 100 persen, ada baiknya di bagi 50:50 antara pemilik dan penyewa rumah.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum menyewa sebuah hunian, seperti pada poin pertama jika kalian sibuk dan hampir tak memiliki waktu untuk mencari rumah sewa maka silahkan kunjungi situs sewa rumah
kalian akan terbantu dengan banyaknya informasi terkait sewa rumah seperti yang kalian impikan.

Lalu kalau sudah punya tabungan dan rencananya mau beli rumah saja, bagaimana? Tenang, saya juga memiliki beberapa tips bagi yang mau beli rumah dalam waktu dekat.
Simak beberapa tips berikut agar memudahkan kalian jika ingin membeli hunian.
  •  Perhatikan lokasi dan akses rumah impian kalian, lokasi adalah hal utama yang perlu diperhatikan saat membeli rumah, karena faktor ini erat hubungannya dengan akses dan harga rumah tersebut. Jika menginginkan rumah di pusat kota maka kita harus merogoh kocek lebih dalam karena harga tanah dipusat kota tentu lebih mahal tapi akses kemana-mana jelas lebih mudah dan nyaman.
  • pelajari surat tanah dll, ini jelas penting sekali ya, dalam membeli sebuah hunian legalitas surat tanah dan bangunan sangat di perlukan, apakah ada riwayat tanah sengketa atau bukan, agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.
  •  Lingkungan sekitar perumahan. Perhatikan tentang lingkungan sekitar perumahan apakah itu kawasan yang aman dari tawuran, pencurian, pencurian atau bahkan kasus banjir.
  •  Fasilitas sekitar rumah. Ada baiknya mencari hunian yang dekat dengan fasilitas umum seperto sekolah, pasar atau supermarket, rumah sakit, atau restoran.
  •  Membandingkan harga. Ini jelas lebih penting, alangkah baiknya kita meluangkan waktu untuk membandingkan harga di beberapa tempat dari situ kita bisa mengukur rumah mana yang paling pas dengan kondisi keuangan kita.
  •  Gunakan jasa agen properti. Jika kalian mencari sendiri rumah tersebut maka akan banyak waktu yang di perlukan jadi saya sarankan kalian mencari informasi rumah lewat agen properti jelas semakin mudah karena mereka memiliki banyak pilihan sesuai yang kalian inginkan. Nah di sini saya menyarankan situs jual rumah untuk memudahkan kalian mendapatkan sesuai yang di inginkan.
  •  Keterangan material bangunan. Hal ini sangat jarang ditanyakan karena kadang kita terlena saat melihat rumah tampak bagus dari luar tapi tidak tahu material apa yang dipakai di dalamnya, sebagai contoh; kuda-kuda atap baja ringan lebih awet dari pada kayu. Atau dinding yang menggunakan batu bata lebih kokoh dari pada dinding batako.
  •  Kesehatan rumah. Meliputi; ventilasi udara agar cahaya matahari dan udara segar dapat masuk dengan baik, saluran air bersih lancar, saluran pembuangan limbah yang baik dan lingkungan sekitar rumah yang sehat dan tidak kumuh.


jadi karena membeli ataupun menyewa rumah tak semudah membeli barang di toko atau di warung, makanya kita harus jeli juga dalam memilih hunian impian, printilan sekecil apapun harus di perhatikan juga.

Itulah tadi beberapa tips untuk kalian yang sedang ingin menyewa ataupun membeli rumah. Bagi milenial seperti kita sudah nggak perlu repot lagi kalau mau mencari, membandingkan dan membeli rumah impian, silahkan kunjungi situs www.sewa-rumah.net dan www.jualrumahjakarta.com jika sedang mencari rumah dijual dan disewakan. karena memiliki rumah impian sekarang jadi makin di mudahkan.


28 komentar:

  1. Tips bagus untuk milenial seperti saya nih. Kapan lagi kan bisa beli atau sewa rumah impian?

    BalasHapus
  2. iya kak, tinggal menyesuaikan budget yang kita punya aja ya..
    makasih sudah mampir, salam kenal ya.

    BalasHapus
  3. Saya termasuk kontraktor, alias rumah ngontrak. Pastinya sesuai budget yg saya punya dan istri setuju hehee

    BalasHapus
  4. Beli rumah tidak bisa sembarang ambil ya. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Kalau saya pribadi, lokasi sama harga yang jadi patokan. Dan biasanya harga melambung kalau lokasi berada di lahan strategis ya

    BalasHapus
  5. SUrat2 dokumen rumah itu hal terpenting ya. Semua aspke juga penting. Namanya kebutuhan papan kita kepengennya awet selamanya kan. Kalau ada situs jual beli rumah tentu kita sangat terbantu jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  6. Bener banget, ini memang yg harus dijadikan pertimbangan kalau bemi atau kontrak rumah.
    Tapi, kalau saya dan suami one of all sebelum check yg lain itu akses yang membuat kami tertarik..akses kemana mana gimana dan akses nyari makan hahahhaa.
    Makan teruuuus pokoknya.

    BalasHapus
  7. Tips yg mantulll alias mantap betuuulll Kakaaa
    Karena rumah itu kan ibarat "jodoh" ya.
    Kalo bisa, kudu selektif, detail dan jeli banget ketika mau beli/sewa

    BalasHapus
  8. Setuju banget

    Pilih rumah seperti pilih jodoh, ngga seperti pilih kue, bisa ngga dimakan kalo ternyata ga enak 😁😁😁

    BalasHapus
  9. Tips yang menarik. Seperti saya yang sangat perfeksionis dalam hal apapun, menjadi referensi saaya website yang ditawarkan pada artikel ini. Bermanfaat! Secara tahun depan saya pen beli property hehe

    BalasHapus
  10. Tips yang diberikan sebelum membeli rumahnya komplit banget, Mbak. Sukaaa ... Menemukan rumah dengan lokasi, kualitas bangunan, fasilitas komplek, air, dan lain-lain yang pas di hati itu, memang gampang-gampang susah. Makanya, buat yang sibuk mendingan pakai jasa pihak ketiga seperti ini deh, ya.

    Kalau sampai nemu yang passs, udah deh jangan dipikir lama-lama. Ambil aja.

    Ditunda-tunda memang belum tentu rumahnya sudah dibeli orang lain, sih. Tapi siapa yang bisa jamin kalau harganya beberapa bulan ke depan nggak bakalan naik. Bukan kah begitu?

    BalasHapus
  11. Tips nya menarik dan bermanfaat.
    Cocok buat penganten baru yg lagi cari rumah ni

    BalasHapus
  12. Sekarang kalau mau beli atau sewa rumah gitu mudah ya. Nggak perlu repot-repot lagi cari karena kita ada website onlinenya. Btw boleh juga nih tipsnya.

    BalasHapus
  13. Rumah kalo letaknya strategis biasanya mahal ya. Pengennya memenuhi semua syarat di atas sih tapi murah *maunyaa* hihi.

    BalasHapus
  14. Membantu sekali tipsnya kak. Bermanfaat nih buat aku yg punya niat beli rumah

    BalasHapus
  15. Sangat setuju untuk semua tipsnya. Thanks for share, ya 😊

    BalasHapus
  16. Thank you infonya mbak, memang semuanya jadi point2 penting yg harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa maupun membeli rumah, agar ga menyesal dikemudian hari 😊

    BalasHapus
  17. Sekarang sewa rumah dan beli rumah makin mudah dengan adanya situs khusus jual beli dan sewa rumah. Jadi bisa pilih rumah impian tanpa capek-capek mencari keliling kota yang menghabiskan banyak energi dan waktu.

    BalasHapus
  18. Saya malah belum nyewa atau pun ngonttak krena masih tgl sama orang tua. Semoga tahun depan udah beda cerita Aamiin.. Tapi emang kalau bisa sih beli aja ya mbak

    BalasHapus
  19. Ide menarik! Kebetulan lagi nyari juga tmpat tinggal pribadi utk keluarga.

    Terimakasih mbak😊

    BalasHapus
  20. Memilih rumah memang perlu diperhatikan seperti kenyamanan lingkungan dan luas tanah, karena 2 orang akan bertambah bisa menjadi 6 orang. Karena itu perhatikan luas tanah nya

    BalasHapus
  21. Zaman sekarang enak ya udah ada situs khusus buat nyari rumah baik sewa maupun jual. Keinget awal2 dulu juga pernah ngontrak, cari kontrakan yang bagus gak gampang, tapi dulu alhamdulillah 2 kali ngontrak dapatnyat rumah baru semua hehe

    BalasHapus
  22. dicatet banget nih kak tipsnya.. Karena pilih rumah tu emang harus memperhatikan banyak hal..

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
  23. Iya bener ini, saya dulu sempat kurang teliti menyewa rumah. Alhasil bocor di mana-mana dan perbaikan oleh pemilik rumah pun lama.

    BalasHapus
  24. Wah makasih tips dan saran nya kak. Kl aq jujur yg pertama d cari rumah ibadah, lalu lingkungan sekitar.manfaat bgt ini ..

    BalasHapus
  25. makasih tips-tipsnya, Mba. Pilih rumah itu memang gak boleh sembarangan yaa, banyak hal yang mesti dipikirkan dan diperhatikan :)

    BalasHapus
  26. ~ Jadi karena membeli ataupun menyewa rumah tak semudah membeli barang di toko atau di warung, makanya kita harus jeli juga dalam memilih hunian impian, printilan sekecil apapun harus di perhatikan juga.~

    👆 Bener banget ini, Mba. Agar ga menyesal di kemudian hari ya, Mba. Begitu uang kita keluarkan untuk membayar atau menyewa si rumah, maka kita akan terikat dengannya selamanya (atau sesuai masa kontrak jika statusnya adalah sewa). Jadi kudu banget deh diperhitungkan baik2.

    Nice tips, Mba. Bermanfaat banget nih untuk yang sedang mau beli atau sewa rumah! 💞👌

    BalasHapus
  27. Makasih tipsnya mbak beneran bermanfaat banget nih soalnya beli rumah atau sewa rumah jodoh2an yah dan jangan terburu - buru memang.

    BalasHapus
  28. Mksh tipsnya mbak, bisa buat referensi untuk beli property

    BalasHapus