Resep Cireng Bumbu Rujak Sederhana



Resep cireng bumbu rujak sederhana - Pagi ini saya kepikiran mau buat cireng, camilan gurih satu ini udah jadi favorit anak-anak dari dulu. sebelumnya mereka suka beli cirengnya di tukang gorengan, tapi saan pandemi sekarang ini kita harus membatasi yang namanya makan jajan diluaran ya. bukan menganggap semua jajanan nggak sehat, hanya sebaiknya kita lebih menjaga kebersihan termasuk aoa yang kita makan. iya kan..

Sebenarnya sudah lama juga kakak-kakak mengajak bikin cireng tapi saya nya belum sempat dan jadilah hari ini jaga-jaga beli tepung kanji 500gr, belum tau rencana mau buat seberapa banyak tapi asal beli aja dulu. toh sisa tepungnya masih bisa disimpan kan.

Setelah intip-intip resep di cookpad nyari yang paling gampang dan praktis, yuk kita lanjut siapkan bahannya.

Bahan-bahan;

300gr tepung kanji/tapioka
5 siung bawang putih
1 tangkai daun bawang
180cc air
Lada bubuk secukupnya
Kaldu ayam secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya.

Bahan kuah rujak;

5 buah cabe
100gr gula merah
Setengah SDM gula putih
Asam jawa secukupnya
Terasi secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya

resep cireng yang satu ini paling mudah cara buatnya ya teman jadi jangan takut gagal, setelah semua bahan siap lanjut ke proses pembuatan cirengnya ya.

Cara pembuatan;

Cara membuat resep cireng bumbu rujak sederhana ini pertama-tama haluskan bawang putih lalu campur dengan tepung tapioka dan irisan daun bawang, garam, kaldu bubuk, merica dan penyedap, sisihkan.

Berikutnya, Campur air dan tepung tapioka 2sdm lalu didihkan sambil diaduk sampai berubah bentuk seperti lem, atau biasa di sebut adonan biang.


Adonan biang kemudian di tuang ke adonan kering tadi sambil di aduk-aduk menggunakan spatula, hati-hati ya karena adonan panas. Kalau sudah agak dingin baru uleni pakai tangan sampai kalis.


Saya tadi bikinnya memang nggak sampai kalis betul, teksturnya masih agak lembek tapi sudah bisa di bentuk. Makanya saya bikin bentuknya langsung ketika akan digoreng jadi langsung masuk wajan, goreng dengan api sedang dan jangan terlalu lama.


Lanjut bikin bumbu rujaknya ya, didihkan air, masukkan cabe, gula merah, gula putih, asam jawa, terasi, garam dan penyedap. Koreksi rasa kalau sudah pas tunggu mendidih dan agak mengental baru matikan apinya. Jangan lupa disaring ya.. Nah cireng bumbu rujak pun matang, segera di nikmati selagi hangat.


Selama WFH ini kita emang kudu pintar menyiasati masakan atau camilan untuk keluarga, jangan sering beli karena pertama sudah pasti jarang yang jual, kedua lebih enak, sehat dan terjaga kebersihannya. sekian resep cireng bumbu rujak sederhana dari saya.

So guys, ternyata gampang banget kan membuat resep cireng bumbu rujak sederhana ini. kalian punya ide masak apa lagi? Share yuk kita saling belajar.
Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Resep Cireng Bumbu Rujak Sederhana"