Hai para mama dan pecinta kuliner, masak apa hari ini?

Setiap harinya, sebagai ibu-ibu kita jelas selalu dibingungkan dengan ide masakan harian. Jadi setiap bangun tidur kita suka dibuat pusing, enaknya masak apa ya yang gampang dan enak?

Tipe tiap keluarga pun beda-beda, tipe yang paling enak menurut saya ialah yang sehari sebelumnya anggota keluarga sudah berpesan ingin makan apa besok pagi. Jadi si ibu tinggal membeli bahan masakan dan mengolahnya sesuai permintaan keluarga.

Tipe kedua, ini yang agak repot dan saya alami juga, tiap saya tanyai ingin makan apa? Jawabnya "terserah". Nah kata terserah inilah yang akhirnya bikin saya bingung sendiri. Bingung membeli bahan makanan, setelah dapat bahannya pun kadang masih bingung lagi mau dimasak apa. Kalau saya lebih suka masakan yang simpel tapi tetap enak.

Apalagi saat wabah ini fix saya masak terus hampir jarang banget beli makanan diluar karena takut kurang terjaga kebersihannya. Dan akhirnya saya kehabisan ide untuk masak tiap harinya.

Bertemu situs resep masakan rinaresep.com

Iseng googling dan baca satu situs Resep masakan saya jadi lebih gampang dan menentukan masakan harian.
Di rinaresep.com kita bisa menemukan banyak sekali resep makanan, minuman ataupun camilan. Cara buatnya juga sangat simpel jadi mudah di ikuti untuk orang yang baru belajar masak sekalipun.
Saya suka mencontek resep masakan disini karena penjelasannya mudah dipahami dan di ikuti juga ada penjelasan kandungan nutrisinya. Jadi dari awal kita sudah tahu berapa banyak nilai gizi, protein, vitamin dll dalam masakan yang akan kita buat.

Tentang rinaresep.com

Website rinaresep.com ini didirikan oleh para ahli di bidang masing-masing, mas Widya Abdurrozaq yang ahli web designer dan mbak Rina Anggraini ialah sepasang suami istri yang hobi traveling, memasak dan menulis akhirnya menulis banyak resep masakan dari dalam negeri sampai masakan mancanegara.

Pasangan suami istri ini bantu oleh Miftah Aulya yang berpengalaman di bidang edit foto, animasi dan video, satu lagi mbak Shilvia Rosalia yang berpengalaman di bidang masakan tradisional.

Mereka berempat sebagai admin dari rinaresep.com, website ini berdiri pada bulan April 2020 dengan maksud untuk membantu para ibu-ibu yang suka bingung untuk menentukan masakan harian dirumah. Juga sebagai sarana belajar untuk para milenial yang baru belajar masak.


Kelebihan rinaresep.com



1. Berbagai kategori kuliner.

Jika ingin memasak suatu bahan makanan kita tinggal mengklik aja pilihan masakan yang kita inginkan jadi tidak perlu scroll sana sini untuk mencari.
Ada 10 kategori masakan yang bisa dicontek disini, yaitu;

Daging

Rawon, bakso, potato soup keju cheddar dengan daging sapi, daging sapi lada hitam,

Ayam,

Sate taichan, opor ati ampela ayam, usus ayam kecap, risoles kentang ayam.

Ikan

Tongkol sambal merah, pepes ikan kembung, belut bumbu kuning, sambal teri kacang, pempek udang.

Seafood

Udang bakar madu, peyek udang renyah, sotong sambal balado, kepiting telur asin.

Sayur

Capcay, gudeg, kering kentang, lodeh umbut, kering kentang, semur jengkol, kare kentang, sayur daun katuk, dll.

Mie

Omelet, seblak mie bakso, bakmi goreng, mie nyemek, dll.

Cepat saji

Nasi goreng udang rumahan, sambal tomat terasi, steak ayam saus lada hitam, dessert oreo.

Minuman

Es timun serut, es teh susu, es jelly mangga, manisan kolang kaling, es sarang burung, dll.

Kue

Roti bakar keju, lapis sagu, martabak teflon oreo keju, nagasari, lapis, churros, kolak, tape beras ketan, lupis, dll.

Soup.

Es palu butung, bubur candil ubi jalar, bubur kacang hijau jahe, sayur bening daun katuk.

Selain dari jenis bahan masakan, disini juga bisa dikelompokkan dari negara asal masakan tersebut, yaitu dari

Indonesia

Malaysia

Cina

Perancis

Italia

Amerika

Lengkap sekali ya.


2. Informasi yang lengkap di tiap postingan.

Selama ini saya belum pernah menemukan situs resep masakan selengkap di rinaresep.com disini kita bisa mendapatkan informasi tentang,

Bahan masakan

Saat kita mencari kategori makanan perhatikan bahan dan bumbu pelengkap lainnya

Cara membuat dan penjelasan yang detail.

Jangan takut gagal memasak ya, karena penjelasannya lengkap. Asal diikuti sesuai urutan yang benar pasti hasilnya nikmat.

Waktu lama memasak

Ini membantu banget buat yang masaknya buru-buru, jadi bisa memilih masakan yang tepat karena sudah paham durasi memasaknya.

Tingkat kesulitan dan porsi.

Pada tiap menu kita juga akan menemukan informasi tingkat kesulitan, ini saya anggap penting ya agar pembaca tau seperti apa gambaran susah atau mudahnya ketika memasak nantinya. Selain itu juga ada keterangan seberapa banyak porsi yang dihasilkan ketika memasak. Kalau ingin masak besar ya tinggal dikalikan aja ya bahan dan porsinya.

Informasi nilai gizi

Yang terakhir ini paling penting buat saya, karena seringnya kita nggak tahu nilai gizi yang terkandung dalam masakan kita. Ini juga jelas berguna untuk yang sedang diet atau mengurangi asupan nutrisi tertentu.

3. Bisa menjadi member

Bukan hanya para admin saja yang bisa menulis di rinaresep.com kalau kita punya resep unik atau resep andalan keluarga, kita juga bisa berbagi resep di sana lho. Caranya cukup mudah, cukup registrasi aja. Selain berkontribusi menulis resep, makanan, Resep minuman resep kue, ataupun camilan kita juga bisa berinteraksi sesama member karena ada forum dan shop yang memudahkan kita untuk menjual ataupun membeli suatu produk.


Jadi sekarang udah nggak perlu khawatir lagi kalo kita kehabisan ide untuk masak tiap harinya, tinggal kunjungi aja rinaresep.com dan temukan ide Resep makanan yang lengkap,enak dan nikmat.


37 Komentar

  1. Rinaresep ini komplit ya. Masakan dari negara lain juga ada. Kadang kan kita kepengen buat masak masakan dari negara lain tapi bingung dengan bahan-bahan yang mungkin tidak ada di megara kita. Masak di rinaresep sepertinya jadi menyenangkan karena seperti didampingi oleh chef privat.

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah mencoba resep dari sana. Pengen cari resep unik di sana, kayaknya ada yang versi ndeso dan klasik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masakan khas Jepara itu apa Mba Susi? Saya jadi ikut penasaran. Kira-kira ada gak ya di Rina Resep. Hehehe

      Hapus
    2. Sepanjang yang saya lihat, belum ada yang khas Jepara Mbak.
      Tapi saya menemukan resep lawas yang sangat sulit dicari sekarang ini, yaitu lodeh umbut atau lodeh batang kelapa. Di sana ada

      Hapus
  3. Siaap nih untuk nyontek resep masakan dari rinaresep. Jadi gak bingung lagi mau masak apa.

    BalasHapus
  4. Kalau ada kategorinya kek gini lebih mudah nih buat cari resep masakan. Apalagi yang mencarinya itu kepengen simple dan praktis ya. Rekomendasinya oke nih kak Fio

    BalasHapus
  5. Resep dari mancanegara juga ada, wah lengkap banget
    Saya jadi ingin berkunjung ke web atau situsnya
    Terimakasih atas sharingnya

    BalasHapus
  6. Asik yaaa ada kategori kulinernya. Jadinya kalo kita buka websitenya langsung to the point nyari kategori resep berdasarkan bahan yang ada di kulkas. Kalo daging ya cari daging. Kalo ikan ya cari ikan, dan lainnya juga sama.

    BalasHapus
  7. Saya juga termasuk keluarga yang kedua itu. Terkadang setelah dimasak, ketika mau santap masih pada bertanya yg lain, hiks.
    Siap meluncur ke webnya rinaresep untuk nyari ide masakan yang mudah dipraktekkan dan memanjakan lidah semua.

    BalasHapus
  8. Pasangan yang kompak dalam membangun bisnis kuliner lewat website.

    Dibantu sama admin yang profesional. Pasti cakep fotonya dan mengundang selera

    BalasHapus
  9. wah kerennn….
    Mau ikutan jadi member ah, itung-itung saving file disini

    BalasHapus
  10. wah buat aku pastinya bakal membantu nih

    BalasHapus
  11. Asik nih kalau ada kategorinya gini. Jadi lebih mudah kalau lagi nyari ide masak apa.

    BalasHapus
  12. Rinaresep sangat membantu para mom untuk masak-memasak apalagi kriteria masakan ya bervariasi jadi bisa pilih menu masakan yg akan dimasak hari ini, dan tentunya ga boring masak itulah itulagi

    BalasHapus
  13. Saya termasuk yang sering mengandalkan aplikasi masak. Karena saya enggak jago masak,wkwkwkwk. Asyik nih ada tambahan referensi cari-cari resep. :)

    BalasHapus
  14. Paas nih.. pass banget sama saya yang masih nyontek2 resep kalo masak...
    Sippp.. nta meluncur deh

    BalasHapus
  15. Kami kadang kebingunan, masak apa hari ini? Secara dah 3 bln masak di rumah, biasanya kan makan di luar juga. Kl ada Rinaresep gini jd ga bingung lagi dong yaa hehe

    BalasHapus
  16. Barusan websitenya udah kukepoin, dan keren banget lho! Banyak banget resep yang mau kupraktekkan hehe

    BalasHapus
  17. Seneng deh kalau ada yang berbagi resep masakan, atau info websites resep masakan.
    Jadi kalau pas mau masak itu nggak bingung lagi bundaaaa...
    Resep di rinaresep lengkap juga yaaa, tinggal pilih mau masak apa.
    Ragam pilihannya juga banyak, nggak bosen deh...
    Makasih atas infonya yaaa... :)

    BalasHapus
  18. Resep Rinamasak lengkap dan kumplit jadi ga bingung lagi tiap harinya mau masak apa hehe

    BalasHapus
  19. Wah bisa jadi member juga ya di Rinaresep, harus dicoba nih soalnya sedang rajin2nya bereksplorasi dengan berbagai macam resep masakan dan camilan nih saya Mbak

    BalasHapus
  20. Karena lagi belajar masak, informasi ini menjadi ladang emas buat saya. Makasih banyak mbak e.

    BalasHapus
  21. Biasanya kan resep makanan itu fokusnya banyak yg ke makanan yaa. Jarang ada yg kasih resep minuman atau turunannya.beberapa kali baca Rinaresep tentang minuman. Asli bikin ngiler

    BalasHapus
  22. Layak coba. Soalnya infonya lengkap sekali mulai bahan hingga kandungan gizi.

    BalasHapus
  23. Resep di rinaresep.com buatku emang keren,resep masakan, makanan dan minumannya banyak yang lagi populer..jadi pengen coba semuanya

    BalasHapus
  24. Tambah info nih tentang dunia sak masak. Keren atuh kolaborasinya. Apalagi jenis makanannya beragam dan bisa jadi member lagi. Makasih mba untuk tulisannya

    BalasHapus
  25. Resep-resep yang ada di rinaresep ini memudahkan banget buat ibu-ibu yang bingung mau masak apa. Lengkap banget.

    BalasHapus
  26. Nambah lagi rekomendasinya. Menyalurkan hobi masak buat nyenengin keluarga. Kadang, buntu sama ide. Mau masak apa. Tapi kini sudah ada solusinya. Makasi kak.

    BalasHapus
  27. Lengkap banget rinaresep ya kak. Ada pula keterangan tingkat kesulitan memasaknya. The best ini..

    BalasHapus
  28. Mupeng lihat postingan makanan bikin ngiler. Lengkap banget ya Info tentang resepnya bookmark dulu.

    BalasHapus
  29. Membantu banget platform nya. Kadang bingung mau masak apa. Terus langsung browsing. Cuss deh dapet inspirasi

    BalasHapus
  30. Wah nanti kasih tahu istri ah ada web rinaresep
    Mana tahu kan dia praktikkan resep yang ada di sana buat aku makan makin enak

    BalasHapus
  31. komplit banget ya mbak
    bisa dipilah dari bahan, asal negara, sampai bisa tau estimasi waktu memasak
    jadi kalau mau masak sesuatu bahan bisa diperkerkirakan
    rinaresep emang keren

    makasih infonya mbak

    BalasHapus
  32. Mantapp, siapapun jadi bisa masak hanya dengan membaca rinaresep. Masakannya pun komplit, semua ada.

    BalasHapus
  33. Seru juga, Ada makanan nusantara dan masakan negara lain.. jadi bisa eksperimen yhaaa
    Daripada makan makanan asing di resto yg Mahal, coba bikin sendiri boleh juga ya

    BalasHapus
  34. Wuaahh aku naru tau juga situs resep ini.. Aku suka rekomendasi resep yg bahas mie nyemek dan bakmi banyumasan mbak... Akuu bangetttt

    BalasHapus
  35. asyik nih bisa nyontek resep sekaligus praktek.

    BalasHapus

Posting Komentar