Finally tuntas sudah kakak Abell menamatkan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Islam Pucangro. Selama 6 tahun menimba ilmu disana tentu banyak suka dan duka yang dilalui bersama teman dan gurunya.

Kelulusan tahun 2019/2020 ini memang yang paling spesial. Lulus Jalur Corona begitu orang biasa menyebutnya karena wabah yang melanda dunia, sekolah diliburkan sudah hampir 3-4 bulan lamanya. Tidak bisa kemana-mana, semua diharuskan stay dirumah bahkan sekolah pun dari rumah.

Guru memberi materi yang harus dipelajari dan memberi tugas yang harus dikerjakan melalui sosial media yang lebih banyak menggunakan WhatsApp, setelah selesai mengerjakan lalu laporan dengan cara di foto atau video kemudian disetorkan ke gurunya. Dan orang tua dituntut untuk mengawasi juga mengajari anak selama mengerjakan tugas dirumah.

Menyambut new normal saat pandemi.

Kita juga belum tahu seperti apa nantinya tahun ajaran baru 2021/2021. Apa sudah kembali normal belajar mengajar di sekolah atau masih lewat aplikasi lagi? Ya kita doakan aja semua membaik dan kembali seperti sedia kala.

Jauh-jauh hari sebelumnya kakak sudah daftar ke Mts Putra-Putri Simo sekolah pilihannya via online dan sudah dapat nomer tes nya. Jadi kemarin tanggal 8 Juni saya tinggal daftar secara tertulis, mengambil kartu tes, membeli kain seragam, dan menyelesaikan administrasi pendaftaran.

Persiapan wisuda sederhana.

Karena masih masa pandemi jadi sebagai apresiasi untuk anak-anak, para wali murid mengusulkan untuk membuat resepsi wisuda kelulusan kecil-kecilan. Biasanya wisuda digelar malam hari berbarengan dengan sekolah TK, sekarang harus sendiri-sendiri. Wisuda kali ini juga di gelar siang hari dan tidak lebih dari 3 jam.

Karena acara dimulai jam 8 pagi jadi dari bangun tidur kakak langsung bersiap, setelah mandi langsung berangkat ke rumah saudara sepupu untuk dirias. Saya tidak merias sendiri untuk menghemat waktu, tau sendiri kan kalau pagi kerjaan saya sudah pasti banyak.

Setelah selesai kakak langsung berangkat ke sekolah untuk gladi bersih. Saya pulang lagi untuk bersiap-siap dan memandikan si bayik yang dari tadi masih tidur. Pukul 8 lebih saya baru berangkat, sampai disana setengah buru-buru kami langsung mengambil foto bersama kakak. Nggak lama acara pun dimulai.

Rangkaian prosesi wisuda.

Kami menempati kursi yang sudah disediakan, saya dan suami bergantian menjaga si bayik yang Alhamdulillah selalu anteng nggak rewel sama sekali.


Pembukaan acara.

Acara di awali dengan sambutan-sambutan, yang di awali oleh sambutan bapak kepala sekolah, sambutan bapak kepala desa, penyerahan kenang-kenangan dari orang tua murid kepada pihak sekolah dan sambutan terakhir oleh perwakilan wisudawan.


Istighosah dan doa bersama.

Acara selanjutnya ialah istighosah dan doa bersama yang ditujukan untuk mendoakan anak-anak agar lebih baik lagi kedepannya juga mendoakan para sesepuh dan para guru yang sudah mendahului kita.


Lagu ungkapan hati para siswa.

Suasana mulai mengharu ketika masuk sesi ungkapan hati siswa, para siswa mulai menyanyikan 2 lagu ucap terima kasih yang ditujukan untuk para dewan guru yang sudah membimbing siswa selama 6 tahun ini.


Prosesi wisuda.

Lalu dilanjut satu persatu para siswa dipanggil naik ke panggung untuk prosesi wisuda. Suasana makin terasa haru, anak-anak matanya sudah basah, juga para ibu banyak yang sudah menitikkan air mata. Setelah wisuda selesai,



Kembali kepada orang tua.

Selanjutnya prosesi kembali kepada orang tua. Inilah puncak dari acara, anak-anak langsung saling mencari orang tua masing-masing, setelah bertemu langsung bersimpuh haru, menumpahkan segala rasa bangga, bahagia, sedih bercampur jadi satu.


Penutup dan doa.

Saat pukul 11 rangkaian acara prosesi wisuda pun berakhir, acara yang penuh hikmat siang tadi lalu ditutup dengan doa.



Bangga rasanya saat menyaksikan anak-anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik di jenjang sekolah dasar.
Sedih rasanya karena mereka akan saling berpisah untuk melanjutkan pendidikan di sekolah pilihan masing-masing.
Tapi jangan sedih, nantinya di tempat baru kalian akan menemukan teman baru, lingkungan baru dan juga pengalaman yang lebih luas lagi.

Selamat wisuda nak, semoga keberkahan selalu menyertai..


1 Komentar

  1. Selamat ya kakak udah lulus madrasahnya.
    Tapi emang semua hal memulai dan mengakhiri di era pandemi ini sesuatu banget.
    Sukses selalu ya kakak sekolahnya

    BalasHapus

Posting Komentar