Cara membuat kentang goreng renyah tahan lama - hai teman bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat jiwa dan raga untuk menghadapi berbagai tugas-tugas yang pastinya makin bertambah karena anak-anak masih harus sekolah dari rumah ya.

Bukan hanya anak-anak yang suka cemilan, saya pun saat mengikuti kelas DA harus selalu sedia cemilan. Apalagi waktu coach RiKu memberi materi tentang Infografis, wah makin anteng saya nyimak pelajaran.

Dan karena lebih banyak dirumah, camilan tentunya akan menjadi teman yang klop untuk menemani berbagai kegiatan. Kalau kalian biasanya menyediakan camilan apa teman? Jadi tim camilan asin apa tim camilan manis? saya sih apa aja suka, toh yang namanya martabak biarpun asin atau manis tetap saya makan. Itu sih rakus namanya.. Wkwkwk..


Camilan Most Wanted.

Kalau bicara soal camilan asin kali ini saya mau berbagi resep kentang goreng gurih, camilan yang satu ini pastinya disukai oleh semua kalangan baik orang tua ataupun anak-anak ya, dan hampir di semua tempat nongkrong baik itu di kafe ataupun jajanan pinggir jalan sudah banyak yang menyediakan menu satu ini.

Sebelumnya saya sudah sering mencontek dan mempraktekkan langsung resep kentang goreng sederhana dari youtube, tapi setelah beberapa kali percobaan akhirnya saya baru menemukan rasa yang pas, renyah tahan lama.

Nggak usah berlama-lama lagi yuk kita lanjut eksekusi aja.

Bahan-bahan;

  • 1 kg kentang ukuran besar
  • 3 sdm Tepung terigu, lebih baik merek Cakra karena protein tinggi jadi membuat gorengan renyah lebih lama 
  • 2 sdm Tepung maizena
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt garam atau Royco
  • 3 siung bawang putih geprek

Semua bahan tadi relatif mudah di dapat dan nggak perlu banyak bahan ya. Setelah kita menyiapkan bahan-bahannya yuk kita lanjut proses pembuatan.

Cara pembuatan ; 

  •  kupas dan rendam kentang dalam air, lalu potong-potong memanjang seperti stik kemudian cuci berulang kali hingga bersih dan air menjadi bening.
  • rebus air sampai mendidih, masukkan bawang putih, gula, garam dan kentang. Tunggu 3 hingga 5 menit, nggak usah terlalu lama kemudian tiriskan dan biarkan uapnya hilang dan dingin.
  • setelah dingin simpan dalam kulkas selama 10 sampai 15 menit.
  • tahap selanjutnya, taburi kentang dengan campuran tepung terigu dan maizena sampai merata, agar lebih merata caranya masukkan dalam toples tepung dan kentang tersebut lalu di tutup kemudian di kocok-kocok.
  • Setelah kentang berlumuran tepung merata, simpan dalam freezer selama 1 sampai 2 jam.
  • setelah 2 jam keluarkan dari freezer, goreng setengah matang saja lalu biarkan dingin.
  • kalau sudah dingin goreng lagi dengang api sedang cenderung kecil sampai matang betul, angkat dan tiriskan.
  • Taburi dengan garam atau kaldu bubuk. 
  • Siap dihidangkan dengan bumbu bubuk atau saos sambal sesuai selera. 

Rasa bawangnya meresap ke dalam kentang, renyah dan ada rasa lembut di dalam.
Kalau keluarga saya lebih suka diberi taburan bumbu bubuk rasa sapi panggang. Lebih gurih lho.

Nah itulah tadi cara membuat stik kentang goreng yang renyahnya tahan lama. Bahan-bahannya sebenarnya sederhana saja tapi karena proses pembuatannya lumayan lama dan ribet jadi kalau ingin mempraktekkan resep kentang goreng ini sebaiknya dalam jumlah yang banyak sekalian, sisanya bisa disimpan dalam freezer dan kalau ingin makan tinggal goreng aja.


Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh.

Selain berbagi resep kentang goreng saya juga  ingin membahas tentang kandungan nutrisi dari kentang,

Kentang termasuk salah satu makanan berat yang menyumbang banyak lemak tapi kalau kita mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar nggak akan berakibat buruk kok, malah kita juga akan mendapatkan manfaatnya,
Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya.

1. Baik untuk jantung

Kentang mengandung serat, kalium, vitamin C dan B6. Semua nutrisi tersebut baik untuk kesehatan jantung. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah.

2. Memperkuat tulang

Magnesium dan kalium dalam kentang berkontribusi besar terhadap kesehatan tulang. Kedua mineral ini membantu mencegah keropos tulang pada pria dan wanita dan juga memperkuat tulang.

3. Membantu pencernaan

Kentang mengandung serat yang mendukung dan meningkatkan keteraturan sistem pencernaan. Pati dalam kentang menambah jumlah besar ke feses karena tidak dapat dicerna.
Kentang membantu menjaga diare dan menjadi kaya akan kalium karena mineral yang hilang karena diare. Sebagian besar serat dalam kentang ditemukan di kulitnya.

4. Membangun kekebalan

Kentang juga berdampak bagi sistem kekebalan tubuh. Kentang bermanfaat untuk menurunkan leukosit yang diproduksi dalam tubuh manusia karena peradangan atau ketika seseorang sakit.


Wah ternyata selain enak, kentang juga kaya manfaat ya. Tapi selalu ingat konsumsi dalam Jumlah wajar. Karena yang berlebih-lebihan tentunya nggak baik kan.

Dan sampai sini dulu ya teman, kalau kalian punya resep camilan enak lainnya silahkan share di kolom komentar ya..

Post a Comment