Bagi blogger pemula kayak saya, awalnya saya pikir belajar SEO on page itu membingungkan yang bakal bikin kelas jadi membosankan dan ujung-ujungnya berhenti ditengah jalan.

Tapi setelah saya ikut Kelas Gratis Menaikkan DA yang digagas oleh coach Irwin dan coach PeWe, anggapan yang udah terlanjur saya yakini itu ternyata salah besar.


Belajar Menaikkan DA bonus Belajar SEO.

Pertama masuk kelas ini saya merasa seperti anak baru yang awal masuk sekolah, ada sesi perkenalan dengan para coach yang hits abis dalam bidangnya dan juga saling sapa oleh para peserta.

Sebelum kelas dibuka kami sudah diberi shocking teraphy yaitu berkenalan dengan tools deteksi kesehatan blog yang sukses bikin kami benar-benar shock..
Di sesi ini kami sudah mulai spot jantung karena terpampang nyata nilai dari blog kami yang rata-rata mengalami kebocoran disana sini.

Rasanya seperti habis nerima raport lalu banyak nilai merahnya, apa yang kita rasakan? Sedih, bingung, malu jadi satu. Tapi setelah diperbaiki sambil jalan sedikit demi sedikit sudah ada peningkatan, Alhamdulillah..

Selanjutnya, karena ini memang kelas meningkatkan DA jadi setiap hari kami selalu berhadapan dengan tugas harian yang bertujuan untuk meningkatkan nilai DA blog kita. Alhamdulillah setelah kelas berjalan sekitar 2 mingguan DA saya sudah naik 2 kali lipat, yang sebelum kelas dimulai stay di angka 6 sekarang sudah bisa naik ke angka 12, bahagia banget deh pokoknya.

Selain fokus menaikkan DA, di kelas ini kami juga belajar seo blogger pemula baik untuk pengguna wordpress ataupun blogspot yang di pandu oleh pakar SEO yang kece abis yaitu oppa koreyah Bahrul Ilmi yang lebih sering di sapa coach Baim.

Cara penyampaian materinya cukup mudah dimengerti karena dilengkapi dengan gambar dan tutorialnya, menggunakan bahasa yang ringan, bahasa yang sehari-hari kita pakai jadi nggak terkesan kaku dan kadang diselingi sedikit candaan yang bikin suasana terasa lebih hidup, sebelum akhirnya di penutupan kelas sudah menanti tugas yang harus dikerjakan dalam jangka waktu 3 hari, kalau tidak mengerjakan ya siap-siap aja dengan konsekuensinya.

Memang dari awal peraturan wajib dari kelas ini harus bersedia mengerjakan tugas dengan deadline yang nggak bisa ditawar-tawar. Kalau tidak mengerjakan siap-siap aja kena tendangan si Madun, nggak pengen kan tentunya melewatkan materi sarat "daging gurih" setiap harinya.

Kedengarannya memang kejam! tapi kalau dijalani nggak bakal terasa kayak gitu kok, karena setelah pengecekan dan hasilnya oke semua maka perasaan bakal plong dan lega seperti waktu lulus ujian sekolah. Kalau masih ada yang salah pun nggak bakal langsung didepak kok, para coach bakal mengingatkan untuk membenahi letak kesalahan hingga batas waktu yang ditentukan. Kalau masih nggak dikerjakan juga ya wassalam deh.


Tugas-tugas di akhir materi.


Tugas-tugas di akhir materi ini bertujuan untuk mengukur seberapa niat si peserta ini belajar dan juga mengukur tingkat pemahaman peserta tersebut. Agar di materi selanjutnya para peserta nggak sampai mual dan pusing karena over dosis materi.

Selain materi yang sudah diberikan, kita juga bebas bertanya apa aja seputar blog kita. Dan coach Baim akan menjelaskan sesuai dengan apa yang sudah di jalani selama ini, jadi coach Baim bukan hanya mengajarkan berdasarkan teori tapi juga sudah terjun langsung mempraktekkannya. Mantap kan..

Selain coach PeWe, coach Irwin dan coach Baim masih ada lagi 2 coach yang nggak kalah kecenya yaitu coach RiKu dan coach Ilham jadi mereka itu bisa solid banget, kalau ada satu pertanyaan dari peserta mereka akan menjawab sesuai pendapat masing-masing.

Jangan takut bakal jadi bingung karena terlalu banyak pendapat, nggak bakal kok karena selain menjawab mereka juga akan memberikan solusi sesuai pengalaman yang sudah dijalani bertahun-tahun.


Setelah Belajar SEO bareng Bahrul ilmi, apa saja yang sudah didapat?


Kalau ditanya apa saja yang sudah didapat? Tentu banyak hal, mulai dari DA blog yang naik hingga lebih melek SEO biarpun belum sepenuhnya diterapkan karena masih meraba-raba sambil mempraktekkan. Maklum lah dari awal ngeblog motto saya yang penting nulis aja dulu. Dan bisa belajar bareng coach Baim biarpun via online tetap menjadi suatu kebanggan buat saya.


Berkenalan lebih dekat dengan coach Bahrul Ilmi.


Mungkin awalnya sekilas kita pernah membaca namanya di salah satu WAG yang sama atau di status sosial media Facebook ataupun Instagram. Setelah mengikuti kelas ini saya jadi kenal lebih jauh lagi berkat jurus stalking sosial media pribadinya.


Berasal dari kota yang dilewati garis khatulistiwa, Pontianak. Beliau fokus menekuni dunia per-SEO-an ini udah dari 2 tahun lalu, jadi ilmu SEOnya udah nggak bisa dianggap remeh ya.

Perjalanannya juga gak gampang lho, jangan dikira jadi seperti sekarang itu dengan cara yang instan. Beliau memulai dunia blogging juga sebagai blogger biasa seperti kita, lalu merambah ke dunia content writer sampai akhirnya menekuni dunia SEO.

Sekarang beliau juga makin melebarkan sayapnya dengan merambah dunia pembuatan web dan teknisi SEO.
Untuk lebih jelasnya lanjut kepoin media sosialnya aja ya..


Bagaimana bisa mendaftar kelas gratis menaikkan DA?


Pertama kali saya tahu ada Kelas Gratis Menaikkan DA ini dari status Facebook coach Irwin, sempat berfikir berapa saat untuk daftar atau tidak karena jujur aja blog saya yang usianya baru satu tahun memiliki banyak problem,

Problem-problem pada blog ; 

  1. DA yang imut-imut waktu itu masih setia di angka 6.
  2. Belum paham tentang SEO
  3. Kurang paham cara optimasi yang benar.
  4. PV yang malu-maluin, ini udah pasti jadi masalah karena kalau daftar job auto nggak terpilih.


Dari sekian alasan di atas makanya saya beranikan diri mendaftar dan Alhamdulillah dari ratusan teman blogger yang mendaftar saya adalah satu diantara 30 orang yang terpilih mengikuti kelas, jadi suatu kebanggaan banget lah pokoknya. Alhamdulillah..

Saya merasa beruntung sekali bisa menjadi peserta dalam kelas menaikkan DA plus dapat materi SEO secara gratis bareng para mastah yang humble banget. Biarpun kadang keteteran antara tugas dunia nyata dan tugas di kelas dunia maya tapi kalau melihat hasil yang di dapat tentu ini sangat membanggakan, ibarat pepatah "usaha takkan menghianati hasil".


Dan buat teman-teman blogger yang ingin ikut kelas seperti yang sudah saya pelajari, sering-sering aja kepoin akun Facebook coach Irwin biar nggak sampai ketinggalan info terbarunya. Kapan lagi bisa bisa belajar secara gratis, ya kan..

Atau kalau kalian ingin segera belajar SEO on page pastinya dengan materi yang lebih lengkap dan mendalam lagi, langsung aja ke banner di bawah ini ya..

https://bit.ly/Kelas_SEO

Salam.. ❤️

20 Komentar

  1. Alhamdulillah ya mba bisa keangkut di kelasnya mas irwin ini. Aku juga merasa beruntung jadi salah satu diantara 30 orang yg keangkut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, Alhamdulillah banget ya.. dan harus bertahan sampe lulus ya

      Hapus
  2. Wah saya kenal nih sama mas Bahrul Ilmi. Salah satu mastah di Whatsapp Group Diskusi Cerdas Blogger. Sepertinya kelas online yang satu ini juga gaboleh dilewatkan, soalnya penting banget buat optimasi SEO blog, apalagi buat pemula yang masih bingung-bingung seperti saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, penting juga lho belajar SEO blog apalagi barengan sama nilai DA yang makin naik.. keren deh

      Hapus
  3. Alhamdulillah ya mbak bisa ikut kelas gratisnya. Dalam kelas gratis tersebut banyak sekali ilmu yang kita dapatkan salah satunya adalah SEO on page. Ilmu seo on page ini sangat berguna sekali terutama bagi blogger pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak makanya gak boleh di sia2in, kapan lagi bisa belajar SEO dan up DA secara gratis.

      Hapus
  4. Saya pun blogger pemula, Mbak. Masih harus belajar lagi. Alhamdulillah dapat kesempatan belajar juga sama beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sebagai pemula paling tidak harus bisa memahami ilmu SEO basic.. nah ini kelas yang pas banget kan

      Hapus
  5. Yuni suka nyesek kalau ngomongin DA. udah setahun ngeblog DA nya masih belum mau diajak bekerja. HEhehe

    BalasHapus
  6. Aku juga ada baca kelas naikin DA ini di FB nya mas Irwin. Sayang banget aku belum tergerak buat daftar. Padahal manfaatnya gede. Sebagai blogger yg udah 12 thn ngeblog harusnya aku udah khatam belajar ini, tapi ya kok malah kalah sama mereka yang baru ngeblog :D Tfs ya mbak buat postingannya yang sangat bermanfaat ini

    BalasHapus
  7. tapi coach di kelas emang sabar banget ya mba, coach baim juga sabarnya luar biasa salut lah sama semua coach.

    BalasHapus
  8. Suka banget ma kelas ini. Emak-emak macam kita jadi banyak belajar ya mbak. moga-moga setelah ini bisa naik kelas.

    BalasHapus
  9. Aku juga dulu awal awal ngeblog taunya cuma yah asal.nulis doang. Tapi lama lama penasaran gimana sih caranya bikin artikel bisa ada di halama utama google. Sekarang mulai belajar deh pelan pelan.

    BalasHapus
  10. Kemarin aku juga sempat cek kesehatan blog, Mbak. Hasilnya sungguh bikin terkejut.. angka merah di mana-mana TT. Semoga bisa segera masuk di kelas kayak mbak fiona..

    BalasHapus
  11. hiks aku ngga lolos, mungkin karena DA udah di angka 11 ya?
    Padahal itu hasil cucuran keringat dan darah (lebai :D) selama berbulan bulan
    Semula hanya 8, hiks

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah ya mbak, keangkut blognya buat ikut kelas DA gratis ini. Meskipun gratis, tapi materinya dagingggg banget! Semoga kita bisa terus konsisten ngeblog yaa...

    BalasHapus
  13. Aku juga daftar tuh kelas gratis naikin DA, tapi ga lolos. Padahal blog yang kukelola udah setahun jalan dengan domain. Kayaknya belum serajin update di wordpress jadi blogspot keteteran. SEO on page kadang malas padahal itu penting banget buat naikin DA. Pokoknya bermanfaat banget bisa ikut gratis dengan para coach istimewa.

    BalasHapus
  14. Setelah Belajar SEO banyak hal, mulai dari DA blog yang naik tapi tetap harus d manage blognya kak bener Juga hrs nulis organik sesering mungkin

    BalasHapus
  15. Keren baanget ya Mbak DA-nya naik 2x lipat gitu ^^ setelah ikut kelasnya sekarang udah jago dong Mbak perkara SEO ih keren deh! Senang banget pastinya ya terpilih menjadi 30 orang yang beruntung itu

    BalasHapus
  16. Belum beruntung ikut kelasnya Mas Irwin ini. Akhirnya rajin kepo ke blog 30 peserta buat nyari ilmu wkwkwk.

    BalasHapus

Posting Komentar