Ikuti Cara Merawat Mata Berikut Ini Agar Tetap Sehat

 

Cara merawat mata

Ikuti cara merawat mata berikut ini agar tetap sehat - Mata merupakan salah satu dari 5 panca indera kita, ungkapan mata adalah jendela dunia tepat digunakan karena fungsi mata sebagai indera penglihatan tentunya memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan. Mungkin banyak dari kita yang hanya tahu dasar-dasar seperti ini saja, tapi sebenarnya banyak bagian dari mata yang belum kita pahami beserta fungsinya.

Anak saya yang kelas 3 sekolah dasar memang dari kecil hobi membaca, suatu hari saat dia membaca buku tentang panca indera manusia. Di tengah-tengah membaca  kemudian mengajukan pertanyaan tentang anatomi mata kepada saya, agak kelimpungan juga saat menjawabnya akhirnya saya sebagai ibu pun dituntut harus belajar lebih mendalam tentang mata.

Apalagi saya juga memiliki kekurangan saat melihat dalam jarak jauh, juga biasa dikenal dengan mata minus atau rabun jauh. Sebenarnya memiliki mata minus sangat mengganggu sekali ya, tiap kali ingin melihat objek yang  jauh saya agak kesulitan, sering  menggunakan kacamata kadang terasa lelah juga. Tapi apa boleh buat, saya malas pakai softlens karena lebih ribet dalam penggunaan dan perawatannya.


Nah pada kesempatan kali ini mari kita terlebih dahulu mengenal tentang anatomi mata dan fungsinya.

Anatomi mata dan fungsinya.

Kornea

Kornea ialah jaringan putih transparan yang bentuknya menyerupai kubah, terletak dibagian paling depan mata. Bagian ini memiliki peran sebagai  jendela yang mengontrol masuknya cahaya ke dalam mata. Dari sinilah kita mampu melihat gambar atau membaca dalam jarak yang cukup jauh.

Iris dan pupil

Iris merupakan selaput membran dengan cincin yang mengelilingi sebuah lubang dan lubang inilah yang disebut dengan pupil mata. Otot di bagian ini bisa membesar dan mengecil juga bisa terbuka dan tertutup. fungsi dari iris ialah mengatur cahaya yang masuk kedalam mata, jika cahaya yang terpapar terlalu terang maka iris akan menyempit. Sebaliknya, bagian ini akan berakomodasi maksimal jika kita melihat benda yang jaraknya jauh atau berusaha melihat dalam gelap.

Retina

Bagian dalam mata dilapisi oleh jaringan yang disebut retina, jaringan ini sangat peka terhadap rangsangan cahaya dan berfungsi mengubah cahaya menjadi impuls untuk selanjutnya diteruskan ke otak. Karena retina inilah kita jadi bisa melihat benda-benda dengan jelas. Penglihatan juga kan lebih sempurna berkat bantuan makula yang letaknya dibagian tengah retina.

Koroid dan konjungtiva

Koroid ialah membran berwarna coklat kemerahan yang berada di antara retina dan sklera. Bagian mata yang satu ini kaya akan pembuluh darah yang fungsinya dan menutrisi keseluruh bagian mata. Koroid ini sangat sensitif dan mudah pecah karena guncangan.

Berikutnya konjungtiva ialah jaringan lapisan yang menyelimuti bagian depan mata.

Seklera

Seklera nerupakan selaput berwarna putih yang dilengkapi dengan jaringan fibrosa, di bagian dalam seklera terdapat sekumpulan otot yang berfungsi untuk menggerakkan bola mata.

Lensa

Lensa mata ialah jaringan lentur transaparan yang berada dibelakang iris dan pupil. Jaringan ini sangat elastis membuat lensa mata dapat berubah bentuk untuk memaksimalkan fokus saat melihat suatu benda.

Bilik bagian depan mata

Di antara kornea dan lensa mata terdapat bilik yang berbentuk kantung bertekstur kenyal seperti jelly. Kantung ini berisi cairan yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi ke seluruh jaringan. Glukoma bisa saja terjadi jika terdapat kerusakan pada bilik mata.

 

Setelah kita mempelajari anatomi mata kita jadi tahu kan, bagian-bagian apa saja yang ada pada mata kita, dan kalau kalian merasa ada gejala yang menyebabkan kurang nyaman pada mata, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. tapi selama pandemi ini sebaiknya kita menghindari ruang publik ya, namun tetap ada solusi untuk bisa konsultasi dengan dokter via aplikasi Halodoc.

aplikasi Halodoc ini ialah solusi kesehatan terlengkap untuk chat dokter, pemeriksaan, rumah sakit, beli obat, cek lab, buat janji kunjungan rumah sakit, layanan Halofit dan layanan Halodoc Go. sekarang kita lebih mudah kalau ingin konsultasi dengan dokter ya, karena Halodoc terkoneksi dengan ratusan dokter umum dan spesialis yang terdaftar di IDI. 

selanjutnya kita beralih pada tips merawat kesehatan mata berikut ini:

Tips merawat kesehatan mata

  1. Berikan nutrisi untuk mata. usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Wortel banyak mengandung vitamin A yang sangat dianjurkan dikonsumsi untuk kesehatan mata kita
  2. Mengurangi penggunaan obat tetes mata, saat mata sedang iritasi memang sah saja menggunakan tetes mata, tapi sebaiknya tidak digunakan terlalu sering karena dapat merusak kesehatan mata.
  3. Hindari memakai lensa kontak terlalu lama. Bagi pengguna lensa kontak sebaiknya hidari pemakaian selama 19 jam, resikonya bisa mengalami kerusakan mata secara permanen. Jika menggunakan kaca mata sebaiknya juga jangan terlalu lama.
  4. Kompres mata dengan mentimun. Gunakan irisan mentimun yang dingin dan lembut selama 10 menit untuk mengompres mata pada malam hari, agar mata lebih rileks.
  5. Jangan membaca di tempat yang redup. Saat kita membaca ditempat yang redup mata kita akan terjadi ketegangan, sebaiknya membaca di tempat yang cahayanya cukup.
  6. Melatih fokus mata. Cobalah memfokuskan mata pada satu objek yang jauh, kemudian arahkan mata pada objek yang dekat, ulangi proses ini beberapa kali untuk melatih fokus mata kita.


Nah sekarang kita sudah tau kan tentang anatomi mata beserta fungsinya dan tips cara merawat mata agar tetap sehat. saya juga sudah rutin melakukan perawatan untuk mata diatas, hasilnya memang mata lebih rileks, pandangan terasa lebih jernih dan jangan lupa istirahatkan mata saat terasa lelah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya..

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

15 komentar untuk "Ikuti Cara Merawat Mata Berikut Ini Agar Tetap Sehat"

Comment Author Avatar
Dulu pas kuliah sempat pakai kontaklens 2 tahun. Bukannya ngurang, minusku malah nambah. Ya Allah sedih banget, udah gitu mata jadi cepet banget lelah, pusing. Udah kapok pakai itu huhu
Comment Author Avatar
wah ternyata malah ga boleh terlalu sering pake tetes mata ya kak buat jaga kesehatan mata. Aku juga nih meminimalisir banget penggunaan soft lens, pake tuh kalau bener-bener ada kegiatan yang butuh good look dan ga ribet pake kacamata hahah
Comment Author Avatar
"Jangan membaca di tempat yang redup"
Ya ampun aku tertohok, kadang kalau keasikan baca tanpa sadar baca sampe dini hari dengan penerangan seadanya, padahal udah tahu nggak bagus buat mata -_-
Comment Author Avatar
Aku kadang praktikkan ini mba, untuk merilekskan mata pakai mentimun tapi kalau parah banget taruh es batu di pelupuk mata, lebih segar
Comment Author Avatar
Pengen banget nih kompres mata pake mentimun, tapi belum kesampaian juga sampe sekarang.
ntar mampir ke warung ah, beli timun dulu :D
Comment Author Avatar
Aku uda lama brenti pake softlens dengan alasan menjaga kesehatan mata juga sih. Btw, aku sering baca di hp tp di tempat redup, tp hp nya kan ada cahayanya. Itu aman gak sih?
Comment Author Avatar
Kak, untuk penggunan obat tetes mata yang baik itu berapa hari sekali ya? Untuk anak-anak bagaimana? Soalnya kan lagi PJJ nih ya.
Comment Author Avatar
Mata saya minus dan silinder sejak lama. Gak pernah pakai lensa kontak sih, jadinya ya pakai kacamata aja sejak SMA dulu. Minusnya mata saya nih kayaknya karena sejak kecil emang sering depan komputer dalam waktu yang lama, sering membaca di tempat yang kurang terang juga.
Comment Author Avatar
Katanya melihat yang ijo2 kek tanamana, pepohonan gitu bisa jadi terapi buat mata juga Kak. Wah, mentimun ya, kujarang sih. Tapi baiklah, perlu dicoba ini pas mata rasanya lelah banget
Comment Author Avatar
Latihan fokus mata belum pernah daku coba nih. Bagus juga untuk relaksasi dan biar nggak keseringan juga mata lelah karena menatap gadget
Comment Author Avatar
Kayaknya aku perlu beli mentimun ni buat kompress mata. hehee
Comment Author Avatar
Mungkin yuni menambahkan agar nggak membaca sambil tiduran kali ya. Jujur aja, yuni masih sering membaca sembari tiduran karena itu kegiatan paling santai. Tapi sayangnya mata jadi cepat capek juga. Hehehe....
Comment Author Avatar
Baru banget kemarin aku cek mata aku di optik. Duh, minus ku nambah euy. Hiks... Padahal aku udah selalu pake kacamata ini. Kok masih nambah yaa?
Comment Author Avatar
penting banget nih emrawat mata dengan baik. nyesel banget waktu dulu sering membaca dikegelapan dan nonton deket-deket bikin mata minus besar sekali. pakai kacamata itu gak enak kalau bukan buat gaya. huhu.
Comment Author Avatar
Terima kasih informasi yang diberikan mengenai menjaga kesehatan mata bermanfaat sekali, ada beberapa informasi lain selengkapnya http://news.unair.ac.id/2021/07/07/dokter-spesialis-mata-unair-beri-tips-menjaga-kesehatan-mata-di-era-daring/