Teman, pernah nggak sih merasakan gigi ngilu untuk beberapa saat yang sakit dan dalam. Saya paham betul bagaimana rasanya karena kemarin sempat mengalami sendiri. Pasti rasanya ngilu yang tak tertahankan ya! Saya pun kesulitan saat akan makan sesuatu karena trauma dengan rasa sakitnya.


Gigi bisa terasa ngilu faktor utamanya ialah gigi sensitif. Mengapa begitu? Setelah merasakan sendiri efek gigi sensitif, saya jadi mempelajari banyak hal untuk Mencegah gigi sensitif meredakan dan menyembuhkannya. Sekarang yuk kita kenali lebih dalam tentang permasalahan gigi sensitif dan solusinya.


Gigi sensitif ialah kondisi ketika muncul sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Sensasi ini muncul sebagai respon dari beberapa kondisi, misalnya karena makan atau minum yang panas ataupun dingin. Gigi sensitif bisa saja terjadi sementara atau jangka panjang, bisa juga terjadi di satu gigi ataupun beberapa gigi sekaligus.


Gejala dari gigi sensitif

Saat kita mengalami gigi sensitif akan merasakan sensasi nyeri dan ngilu pada akar gigi, rasa nyerinya kadang ringan atau berat dan bisa berjalan sebentar bisa juga lama. kondisi ini biasanya terjadi saat kita melakukan beberapa hal, yaitu;

  • Ketika makanan atau minuman yang panas atau dingin.
  • Makan makanan yang manis atau asam.
  • Menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol.
  • Membersihkan gigi dengan sikat gigi atau dengan benang.
  • Saat udara dingin.


Penyebab gigi sensitif

Ketika gigi saya masih sehat, banyak hal yang saya abaikan karena merasa kondisi gigi saya baik-baik saja. Anggapan itu ternyata salah besar karena gigi sensitif bisa disebabkan oleh banyak faktor antara lain;


Kondisi gigi dan mulut

Gigi yang berlubang, patah dan membusuk bisa menyebabkan zat di  bawah email gigi (dentin)terbuka. Kondisi lain yaitu saat gusi menyusut, saat gusi menyusut akar gigi tidak terlindungi nah kondisi-kondisi seperti inilah yang bisa menyebabkan gigi sensitif.


Penipisan email gigi

Lapisan terluar gigi namanya email atau enamel. Email ini yang melindungi gigi dari kerusakan, biarpun email ini adalah jaringan terkuat di tubuh kita tapi email juga bisa menipis dan rusak. karena semakin tipisnya lapisan email maka akan semakin tinggi juga resiko gigi sensitif lho.

Penipisan email bisa di sebabkan karena mengkonsumsi makanan dan minuman manis, makanan asam, konsumsi vitamin C yang berlebihan, sering mengkonsumsi es batu juga minuman bersoda.


Efek kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk juga bisa memicu timbulnya  gigi sensitif, apalagi kalau kebiasaan buruk ini berlangsung lama. Seperti menyikat gigi terlalu keras, menggemeretakkan gigi, menggunakan obat kumur, merokok dan menggunakan pasta gigi yang tidak tepat.


 

Cara mengatasi gigi sensitif

Untuk mengatasi gigi sensitif sebaiknya pengobatannya pun dilihat dari faktornya terlebih dulu, antara lain;

  • Saat gigi sensitif yang terjadi karena gigi berlubang, sebaiknya dilakukan penambalan gigi agar sisa makanan tidak tertinggal di dalam gigi.
  • Gigi sensitif yang terjadi karena penyusutan gusi bisa di atasi denganmenyikat gigi dengan lembut dan menjaga kebersihan mulut.
  • Gigi snsitif yang disebabkan oleh kebiasaan buruk kita bisa mengurangi konsumsi kafein untuk membantu mengurangi kebiasaan menggemeretakkan gigi, kalau kita menggunakan obat kumur sebaiknya gunakan yang non alkohol dan kurangi merokok.


Dan solusi yang paling ampuh untuk untuk mengatasi gigi sensitif dengan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap hari dengan menggosok gigi 2x sehari menggunakan sikat gigi dengan ujung yang lembut dan menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan potassium nitrat yang bisa menguranngi sensitifitas gigi .

Pilihan saya pasta gigi khusus yang di perkaya dengan mineral HAP Pepsodent Sensitve Expert Original yang ampuh melindungi dari rasa ngilu pada gigi.


Mengapa saya memilih Pepsodent Sensitive Expert Original?

  • Pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert Original menghilangkan rasa ngilu di gigi dalam 30 detik*
  • Mengandung zink dan flouride untuk perlindungan sehari-hari terhadap plak yang di sebabkan oleh bakteri dan gigi berlubang.
  • Membantu mengatasi masalah gusi
  • Bebas menikmati makanan favorit kita seperti minuman bersoda ataupun es krim.
  • Di perkaya dengan mineral HAP
  • Pasta gigi nomer 1 yang di percaya dan digunakan oleh dokter gigi Indonesia.

 

Setelah memakai pasta gigi ini, permasalahan gigi sensitif saya berangsur teratasi. Saya juga bebas makan dan minum menu favorit tanpa takut 

7 Komentar

  1. Gigi saya nih termasuk gigi sensitif deh kayaknya. Heran euy orang kok bisa dan gampang aja gigit es krim, sementara saya gak bisa..selalu berasa ngilu. Hiks.

    BalasHapus
  2. Wah iya nih gigiku juga sensitif lalu bingung dulu mau pakai pasta gigi apa. Disarankan temen pakai pepsodent dan akhirnya sampai sekarang pakai itu, alhamdulillah

    BalasHapus
  3. Gigiku banyak berlubang kak, takut pula ke dokter gigi. Kondisi pandemi gini makin deh takut ke urusan kesehatan. Untung aku juga pakai pepsodent ini, jadi lebih aman dan alhamdulillah rasa ngilu nyeri yang kadang muncul sekarang mulai berkurang.

    BalasHapus
  4. persoalan gigi memang susah-susah gampang
    ternyata tidak cukup hanya sikat gigi tiap pagi dan malam ya mbak
    salah makan pun bisa bikin sakit gigi
    terima kasih sharingnya

    BalasHapus
  5. Kalau daku misalnya minum dari dingin ke panas atau makan yang hangat terus minumnya dingin, itu kadang berasa linu aja giginya. Bagus nih kak sharingnya

    BalasHapus
  6. saya termasuk pengguna pasta gigi pepsodent cukup lama, berbagai tipe juga pernah saya pakai. emang produk yg satu cocok untuk mengatasi gigi sensitif.mntep dah pokoknya. Tapi ttp harus inget gosok giginya minimal 2x sehari setelah sarapan di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

    BalasHapus
  7. Lho ternyata sering menggunakan obat kumur bisa bikin gigi jadi sensitif ya karena lapisan pelindung giginya jadi tipis? Aku sering banget nih emang pakai obat kumur, jadi semacam kebiasaan gitu dan emang gigi jadi suka ngilu. Mesti mulai mengurangi nih

    BalasHapus

Posting Komentar