Cara mudah mengajarkan anak menabung sejak dini - Menurut kalian, sebaiknya sejak usia berapa anak diajarkan menabung? Kalau menurut saya Menurut kalian, sebaiknya sejak usia berapa anak diajarkan menabung? Kalau menurut saya sebaiknya sedari dini anak mulai dikenalkan tentang keuangan dan diajari cara menyimpan uang dengan benar. Agar saat dewasa nantinya mereka sudah terbiasa memanage keuangan dengan baik. 

Berikan juga pengertian tentang manfaat menabung untuk anak, misalkan untuk membeli suatu barang yang dia inginkan. 

Pengalaman yang saya ajarkan ke anak saya yang pertama, dari kecil dia suka menabung jadi saat memiliki uang entah itu di beri oleh kakek neneknya, atau uang reward hasil dari selesai mengerjakan sesuatu dengan benar, misal ketika saya minta tolong belikan sesuatu ke warung dekat rumah, saat ada uang kembalian dalam bentuk uang koin sudah pasti uang itu akan saya berikan kepada kakak sebagai bentuk terima kasih sudah menolong saya. 

Biarpun reward nya hanya beberapa uang logam pecahan 500 atau 1000 rupiah, dia sudah bahagia bukan main. Karena uangnya bakal dia masukkan ke dalam celengan kesayangannya.

Nah menumbuhkan rasa suka menabung inilah yang perlu kita biasakan sedini mungkin. 

Lalu bagaimana cara membiasakan anak untuk rajin menabung? 

Mengajari anak-anak menabung memang gampang-gampang susah karena anak-anak tentu saja memiliki keinginan kuat untuk membelanjakan uangnya. Seperti anak saya nih yang nggak bisa melihat penjual jajan lewat pasti dicegat (beli) karena merasa uang yang dia miliki sudah banyak jadi dia bebas membeli apapun semau dia.

Awalnya saya belikan dia dompet kecil untuk menyimpan uang pribadinya yang dia dapat dari sisa uang saku sekolah atau hasil dari diberi oleh kakek neneknya dan saat merasa uang yang dia kumpulkan sudah banyak, keinginan untuk beli-beli pun muncul.

Nah, kondisi seperti ini yang harus saya rubah. Kalau dia selalu membelanjakan uangnya, kapan uangnya akan terkumpul? Akhirnya saya coba menerapkan beberapa langkah berikut ini:

Memberikan pengertian tentang uang. 

Waktu kecil anak saya belum paham nominal uang, yang dia pahami hanyalah uang sebagai alat tukar barang yang dia inginkan. 

Jadi sering tuh dulu saat dia sekolah atau ngaji beli jajan ke penjual keliling yang harusnya uang dia ada kembalian tapi nggak minta. Entah karena bapak penjualnya sengaja atau memang sedang ramai pembeli sampai nggak tau mana yang belum dapat uang kembalian. 

Karena seringnya kejadian itu, sedikit demi sedikit saya ajari anak untuk memahami nominal uang, jika uang sekian dibelikan jajan sekian jadi sisanya sekian juga saya ajarkan dan alhamdulillah dia mengerti. 

Mengajari anak menabung di celengan

Saat anak sudah bisa mengontrol keinginan untuk belanja khususnya jajan, langkah berikutnya mengajarkan anak menabung sejak dini dari celengan. 

Hadiahkan kepadanya sebuah celengan bentuk yang lucu-lucu seperti bentuk hewan, boneka dan lain-lain. Dan anak akan dengan senang hati memasukkan sisa uang jajannya kedalam celengan. 

Jadi dari dulu anak saya lebih sering membantu saya belanja ke warung dekat rumah karena saya selalu memberi reward beberapa uang koin dan langsung dimasukkan dalam celengannya. 

Ajarkan anak tujuan menabung

Sampai sekarang saya masih menerapkan tujuan menabung untuk suatu keinginan pada anak saya. Jadi saat anak menginginkan sesuatu jangan langsung di belikan. Ada baiknya kita mengajari anak menabung untuk mencapai tujuannya atau paling tidak menabung untuk membantu membeli barang yang dia inginkan. Dengan begitu anak akan lebih termotivasi. 

Ajarkan anak menabung di bank. 

Saat uang di celengan sudah terkumpul opsi selanjutnya ialah di tabung ke bank. 

Sekarang sudah banyak tersedia produk perbankan untuk anak-anak. Saya juga sudah membukakan rekening simpanan pelajar sedari dia sekolah TK. 

Keuntungan yang bisa didapat dari tabungan jenis ini ialah: 
  • Tidak dikenakan biaya admin bulanan
  • Setoran awal murah
  • Buku rekening atas nama anak
  • Pembukaan rekening dan setoran bisa dilakukan di sekolah dan akan diteruskan ke pihak bank. 

Saat pertama kali membuka rekening simpanan pelajar, dia bangga memiliki buku rekening atas nama dia sendiri. Dia happy dan lebih rajin menabung. 


Dan itulah tadi cara mudah mengajarkan anak menabung sejak dini, segera terapkan agar anak terbiasa dan lebih bijak dalam mengelola keuangan sedari kecil. 

21 Komentar

  1. Mengajari anak menabung emang menyenangkan ya kak, apalagi kalo udah dibeliin celengan bentuk ayam yang tersohor itu. Bisa2 tiap nemu uang koin langsung dimasukin celengan. Hihi

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Mengajarkan anak menabung tandanya sejak kecil anak sudah diajarkan mengenai literasi finansial. Sepele keliatannya tp itu berguna buat dirinya utk ga boros dan pandai memanajemen penggunaan uang

    BalasHapus
  5. Kalau yang nabung di bank ini agak rempong ya, harus setor tiap bulan, repot banget ke Banknya.
    Anak saya sukanya nabung di celengan, kadang di dompet, tapi dia bikin buku kas gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman sekarang tak harus ke bank langsung. Bisa transfer lewat gerai-gerai, 😀

      Hapus
  6. diajakin kasih celengnya juga salah satu buat motivasi dia ya..

    BalasHapus
  7. Untung di sekolah anakku diajarin nabung sejak dini
    Mereka ga jajan karena bawa dari rumah , jadi jika punya uang pasti ditabung 😀😀

    BalasHapus
  8. Jaman Mpo masih kecil memang bahagia kalau disuruh ke warung. Ada uang tambahan. Alhamdulillah dengan menabung sedari kecil kita mengajar anak untuk tidak boros

    BalasHapus
  9. Anakku udah diajarin nabung dicelengan Mba. Makanya tiap ketemu recehan dia rajin masukin ke celengannya. Memang menabung perlu dicontohkan dan dibiasakan juga

    BalasHapus
  10. Kece banget nih mba Fiona.
    Aku sampe sekarang blm berhasil ngajarin my son (14 years old) menabung dgn baik dan benar.
    Harus dimulai, yha!

    BalasHapus
  11. Dulu sama orangtua aku dibuatkan tabungan di bank. Punya buku tabungan dengan nama sendiri itu bikin semangat buat nabung hahaha. Caranya tetap nabung di celengan dulu, kalau udah banyak baru deh disetor ke bank :)

    BalasHapus
  12. Sepertinya perkara sepele ya. Tapi ternyata edukasi tentang menabung memang berguna banget untuk dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Satu nilai pendidikan yang nantinya akan membawa mereka menjadi orang yang bertanggungjawab dalam masalah pengaturan keuangan

    BalasHapus
  13. Anak saya ngikut juga nih, ikutan Emaknya nabung. Tapi pola belanjanya beda dengan saya hehe, dia ngumpulin duit untuk beli barang-barang idamannya. Kalo tabungannya nggak cukup kadang minta dana sponsor ke emak & bapak or kakek nenek. Ya gitu deh

    BalasHapus
  14. Mengajarkan anak-anak menabung memang sebaiknya sejak dini, sekaligus diajarkan tujuannya menabung dan mengelola uang secara sederhana.

    BalasHapus
  15. Masukan berharga banget buatku yg lagi dalam fase ngajarin anak buat nabung sejak dini. Anakkua umurnya 6tahun lagi suka banget jajan 😅

    BalasHapus
  16. Benar ya mbak...
    Menabung adalah kebiasaan baik yg harus diajarkan semenjak dini ya mbak..
    Makasih tipsnya

    BalasHapus
  17. Sedari dini anak memang mesti diajarin literasi keuangan. Kebiasaan menabung adalah salah satu upaya melek keuangan. Belum bisa menabung di bank tetep bs di celengan ayam kok hehe

    BalasHapus
  18. Saya setuju banget
    Tahap awal perkenalkan nominal uang
    Tabung di celengan walau hanya recehan
    Pokoknya saya setuju banget dengan tipsnya

    BalasHapus
  19. Keren tipsnya kak. Dan aku juga udah berencana jika anak udah lahir nanti, mau dibuatkan buku tabungan juga.

    BalasHapus
  20. Kalau keponakan aku malah udah pintar banget menabung. Punya tabungan disekolah juga lho.

    BalasHapus

Posting Komentar