Hai teman, nggak terasa ya kita udah berada di penghujung tahun 2020. Tahun ini memang terasa berat banget, apalagi  kalau bukan karena pandemi Corona yang belum juga pergi dari bumi kita tercinta ini.



Saya yang basicnya suka jalan-jalan, akhirnya harus rela berdiam dirumah sambil ngemong anak bayik yang sekarang sudah mulai aktif mengeksplore sekitarnya. Tapi kalau dipikir-pikir ya, kita bisa memetik hikmah dari keadaan ini. Salah satunya saya bisa fokus merawat si bayik dan nggak perlu ditinggal kemana-mana karena semua pekerjaan sudah bisa saya kerjakan dari rumah.


Yang awalnya sering keluar rumah untuk datang ke suatu event seminar dll, sekarang sudah diganti dengan webinar via zoom ataupun Google meet. Semua jadi lebih mudah dalam hal kerjaan, tapi.... ada tapinya nih, karena semua dikerjakan dari rumah jadi nggak bisa kemana-mana, efeknya kita bakal sering mengalami kebosanan.


Nah di penghujung tahun ini nggak ada salahnya kalau kita sejenak mencari suasana baru dengan traveling, nggak harus ketempat yang jauh, luar kota atau bahkan ke luar negeri, cari tempat yang dekat tapi bikin nyaman sudah oke kok, karena devinisi traveling itu sendiri ialah bergerak dari satu tempat ketempat yang lain itu sudah bisa dikatakan traveling. 


Kali ini saya mau berbagi tips aman bepergian yang bisa kita persiapkan sebelum traveling, yuk simak selengkapnya.


Tips traveling aman bareng keluarga saat pandemi


Pastikan kondisi kita dalam keadaan sehat.

Hal pertama yang harus dipastikan ialah kondisi fisik kita harus dalam keadaan sehat, bukan hanya orang tua, bahkan anak-anak harus dipastikan kondisinya sehat juga. Di beberapa tempat sudah mewajibkan pengunjungnya melakukan rapid test lebih dulu, jadi jangan sampai saat sudah sampai di lokasi malah batal liburan karena hasilnya reaktif ya.


Siapkan perlengkapan yang memadai

perlengkapan yang harus disiapkan saat traveling tentu harus memadai, apalagi kalau kita pergi berlibur bersama anak-anak persiapannya harus matang.

Nah persiapan yang harus dibawa meliputi: 

  • masker cadangan, masker menjadi hal wajib yang harus dipakai, jadi bawalah masker cadangan agar tetap terjaga kebersihannya. 
  • membawa hand sanitizer. Barang ini wajib ada untuk jaga-jaga kalau di tempat tujuan traveling kita tidak menemukan tempat cuci tangan. 
  • bawa tisu basah dan tisu kering.
  • membawa baju ganti. mengajak anak-anak traveling sudah pasti rawan dengan baju kotor, makanya kita sebaiknya menyiapkan baju ganti agar anak tetap nyaman.
  • siapkan kantong plastik untuk baju kotor. 
  • siapkan perlengkapan mandi terutama sabun cair. 
  • sedia obat-obatan atau multivitamin.


Membawa bekal dari rumah.

Kita nggak tau kualitas makanan yang dibeli diluar rumah jadi untuk menjaga kebersihan makanan yang akan kita konsumsi ada baiknya kita memasak bekal sendiri dari rumah.


Hindari tempat ramai

Hari libur biasanya banyak orang yang memutuskan untuk berlibur ke tempat-tempat wisata, usahakan kalau ingin berlibur ke tempat yang tidak terlalu ramai atau bisa mengakali berlibur di hari kerja.


Hindari menggunakan fasilitas publik.

saat traveling ke tempat umum usahakan tidak menggunakan fasilitas publik misalnya wahana permainan anak-anak. karena sifatnya bergantian dan bisa jadi belum sempat dibersihkan jadi sebaiknya dihindari.

 

Sampai disini sharing kita tentang tips traveling aman bareng keluarga saat pandemi. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku, dan juga terapkan tips diatas untuk meminimalisir terpapar virus ya, karena traveling sejatinya bertujuan menghilangkan kepenatan yang dialami selama bekerja ataupun sekolah. Jadi jangan sampai pulang traveling kita malah sakit ya kan.

Selalu jaga kesehatan, tetap sehat, tetap semangat dan yuk traveling nyaman.


Post a Comment