Hai teman, cuaca dingin musim hujan seperti ini paling enak kalau kita ngumpul bareng keluaga ya, saat hujan turun biasanya kami duduk bersama sambil bercerita tentang banyak hal dan suasana asik seperti ini paling pas kalau ditemani dengan camilan manis atau gurih sebagai teman minum kopi, teh atau coklat hangat.


Kali ini saya mau merekomendasikan makanan yang pas dinikmati kala hujan, saya seringnya bikin cemilan bahan seadanya jadi ubeg-ubeg stok bahan makanan yang ada di dapur dan langsung eksekusi aja.

 

Makanan yang pas dinikmati kala hujan

1. Gorengan

Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat familiar dengan gorengan, varian gorengan yang sangat banyak membuat kita nggak akan pernah bosan menikmatinya. Apalagi saat hujan turun, menikmati gorengan sambil ditemani petis atau cabe rawit.


Gorengan ini terbagi menjadi 2 jenis, gorengan manis seperti pisang goreng, pisang coklat, ubi goreng, singkong goreng, dll. Dan gorengan asin gurih seperti bakwan sayur, bakwan jagung, tempe mendoan, tahu isi, tahu walik, risoles, lumpia, dll.


Gorengan ini juga gampang sekali buatnya dan rata-rata bahannya pun sudah ready di dapur seperti tepung, minyak goreng, sayuran, dll. Kalau malas buatpun tinggal beli di tukang gorengan mudah dijumpai dipinggir jalan.

 

2. Mie instan


Pecinta mie instan yuk angkat tangan, mie instan tentu sangat familiar juga dengan lidah kita. makanan praktis sejuta umat ini selalu ada di dapur, nggak cuma anak kos saja, saya juga selalu nyetok mie instan biarpun mengkonsumsinya juga saya batasi.


Nah saat hujan turun dan cuaca dingin melanda, mie instan kuah hangat bakal jadi ide yang bagus. Cara buatnya juga cukup mudah, tinggal merebus mie lalu campur dengan bumbu-bumbu. Dan kalau ingin rasa yang lebih nikmat kita bisa menambahkan telur, irisan cabe, daun bawang,  dan sayuran seperti sawi, tauge, kol, dll.

 

3.Seblak

Seblak ini juga salah satu makanan yang cocok dinikmati saat hujan turun, seblak biasanya memiliki cita rasa yang pedas dan nikmat disantap saat masih hangat. Cara membuatnya nggak perlu waktu yang lama, bumbu-bumbunya juga cukup simpel yaitu bawang merah, bawang putih, cabe dan kencur. Lalu bahan-bahannya terdiri dari kerupuk, telur, dan sayuran.


Selain bahan-bahan diatas kita juga bisa menambahkan mie, suwiran ayam, ceker ayam, dll agar rasanya lebih mantap.

 

4. Bakso

Makanan dengan kuah bening dan segar ini memang sangat pas dinikmati saat hujan, karena kuah panasnya mampu menghangatkan tubuh saat hawa dingin melanda. Cara membuat bakso juga tergolong mudah, tinggal campur daging ayam atau daging sapi giling dengan sedikit tepung sagu dan telur. Bentuk menjadi bola-bola dan masukkan dalam air hangat lalu didihkan.


Untuk membuat kuahnya, haluskan dan tumis bawang merah, bawang putih, jahe dan kemiri. Didihkan air lalu campurkan bumbu, tambah lada bubuk, garam dan penyedap rasa.


Nah kalau kita sedang malas membuatnya kita tinggal tunggu abang tukang bakso yang biasa lewat di depan rumah ya.

 

5. Martabak manis dan martabak telur


Untuk yang hobi baking pasti sudah biasa membuat martabak ya teman, tapi untuk saya yang jarang membuat kue pasti lebih mudah kalau membeli saja ya.


Kedua jenis martabak ini juga sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin, untuk yang suka martabak manis kita bisa memesan topping kacang, coklat, keju, dll. Dan kalau suka martabak telur pelengkap yang paling pas ialah saus sambal, cabe rawit dan acar.

 

Dan, itulah 5 camilan yang cocok dinikmati kala hujan. Pastinya makanan-makanan diatas pas sekali dinikmati bersama keluarga ataupun sahabat untuk menghangatkan suasana. Nah kira-kira dari menu-menu diatas mana nih yang jadi favorit kalian?

 

2 Komentar

  1. yang milih mie instan, berarti kita satu server ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mie instan plus telud sama cabe, andalan banget ini.

      Hapus

Posting Komentar