Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan di Rumah - Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebaiknya kita berolahraga secara teratur, tapi sayangnya banyak yang sibuk dengan rutinitas harian dan nggak sempat olahraga. Hayoo ngaku, kalian juga jarang berolahraga ya? Saya juga begitu merasa sudah kecapean mengerjakan ini dan itu akhirnya urusan olahraga jadi terlupakan.


Padahal sebenarnya saat mengerjakan aktivitas harian kita tetap bisa sambil berolahraga ringan yang bisa kita kerjakan dirumah. Jadi kerjaan nggak bakal terbengkalai dan urusan kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Olah raga ringan ini sangat efektif, tidak membutuhkan biaya apapun dan kita juga nggak perlu keluar rumah lho.

Olahraga apa aja itu? Yuk kita simak selengkapnya.

 

Olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah.

1. Push up

Gerakan push uptentu sudah nggak asing lagi bagi kita ya, karena gerakan ini sangat mudah dikerjakan bahkan sambil menonton TV. Gerakan push up ini sendiri adalah salah satu jenis senam kekuatan yang kegunaannya untuk membuat otot bisep atau trisep jadi lebih kuat.


Kita bisa melakukan gerakan push up di atas matras khusus olahraga, kalau kita nggak punya kita cukup di lantai saja agar lebih santai tapi tetap efisien. Nggak hanya di rumah saja ya teman, kita juga bisa melakukan push up di arena olahraga, lapangan ataupun di tanah berumput.

 

2. Sit up

olahraga yang membuat badan menjadi bugar selanjutnya ialah gerakan sit up. Gerakan ini sangat mudah dilakukan dan kalau dilakukan setiap hari bisa membuat perut yang buncit menjadi rata. Kalau kita kesulitan melakukan sit up sendiri kita bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan ujung kaki kita agar lebih mudah dilakukan.


3. Lompat tali

Gerakan olahraga lompat tali atau yang biasa disebut skipping memerlukan alat bantu khusus yaitu tali yang kita gunakan untuk melompat. Olahraga ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena mampu menurunkan berat badan, untuk hasil yang optimal lakukan gerakan lompat tali selama 30 menit dalam sehari maka efeknya akan membakar  lemak yang ada di tubuh kita.


4. Squat

Olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah berikutnya ialah squat. Gerakan ini berguna untuk menjadikan otot paha dan kaki menjadi lebih kuat, selain itu tentu menjadikan tubuh menjadi sehat dan bugar apalagi kalau dilakukan secara rutin.


5. Jalan-jalan

Jalan-jalan santai juga sudah bisa disebut olahraga ya teman, nggak harus keluar rumah kita bisa berjalan-jalan di koridor ruangan atau di halaman rumah sambil melihat melihat pemandangan hijau atau kita juga bisa mencoba naik turun tangga.


6. Angkat beban

Saat ingin melakukan gerakan olahraga angkat beban kita tidak harus pergi ke tempat gym ya, kita bisa menggunaakan peralatan seadanya yang bisa didapat disekitar rumah seperti botol plastik berisi air atau timba berisi air.


7. Dance

Untuk yang memiliki hobi menari juga bisa menjadi pilihan tepat untuk berolahraga sekaligus hiburan. Karena dapat membangkitkan suasana hati dan manfaat lainnya ialah berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

 

Itulah tadi beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah. Dengan mengetahui rekomendasi ini kita jadi mudah saat mau berolahraga biarpun jadwal yang sibuk. 


Sebenarnya nggak ada keharusan memiliki peralatan mahal untuk berolahraga, hanya dengan memanfaatkan peralatan yang ada dirumah kita juga tetap bisa berolahraga agar tubuh jadi lebih bugar, jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan pola hidup dan asupan makanan yang sehat.

 

Post a Comment