Teman, saat lelah dan penat karena rutinitas harian melanda biasanya kita butuh hiburan dan liburan agar pikiran lebih rileks ya. Tapi selain itu sebenarnya ada cara yang lebih mudah kita lakukan tanpa perlu kemana-mana, yaitu bersyukur.


Kalau dilihat dari sisi psikologis, rajin bersyukur membuat kita lebih tenang dan bisa merasakan kebahagiaan yang lebih besar. Karena orang yang lebih sering bersyukur dalam segala hal memiliki tingkat emosi positif yang lebih tinggi, wajahnya akan lebih sering tersenyum dan jadi terlihat lebih segar.


Sering bersyukur juga menandakan seseorang memiliki watak yang baik, cenderung berfikir lebih optimis, memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi, membuat tidur lebih nyenyak jadi mencegah insomnia. Selain itu rutin mengucap syukur juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan resiko penyakit jantung.


Menurut penelitian,saat seseorang mengungkapkan rasa syukur, dari otaknya akan melepaskan dua bahan kimia yaitu dopamin dan serotonin yang mampu memberikan perasaan nyaman. Dopamin ini sendiri dikaitkan dengan kebahagiaan sedangkan serotonin membantu mengatur suasan hati. Orang yang banyak bersyukur biasanya jarang menunjukkan sisi negatif seperti marah, jengkel, cemburu dll.


Cara Mengungkapkan Syukur

1. Rutin mengucapkan terima kasih

Hal utama yang harus kita lakukan untuk bersyukur ialah rutin mengucapakan terima kasih. Setiap saat luangkan waktu untuk mengucap syukur atas apa yang didapat juga apa yang dirasakan. Dimulai saat bangun pagi ucapkan syukur terima kasih atas nikmat hidup sehat, dapat menghirup udara dengan baik dan mulai beraktifitas.


2, Mengucap syukur kepada orang lain.

Syukur juga bisa dilakukan dengan mengucap terima kasih saat mendapat pemberian dari seseorang apapun itu. Dan jangan ragu berterima kasih kepada teman atau kerabat yang telah hadir dan menemani kita selama ini.


3. Bermeditasi sambil bersyukur

Bermeditasi juga baik dilakukan, selain berguna untuk menjaga ketenangan pikiran, bermeditasi juga bisa dilakukan dengan mengucap syukur kepada Allah SWT atas semua pemberian juga nikmat yang sudah kita rasakan.


4. Bersyukur dengan bersedekah.

Salah satu cara kita untuk bersyukur ialah dengan bersedekah. Kita tidak perlu khawatir kalau bersedekah bakal mengurangi rejeki kita, malah sebaliknya. Dengan bersedekah pintu rejeki kita akan terbuka lebar. Sedekah merupakan wujud rasa syukur atas segala nikmat yang kita rasakan dan dengan bersedekah bisa membuat hidup seseorang lebih rendah hati.


5. Mencari alternatif lain untuk mengungkapkan syukur

Alternatif lain yang bisa kita pilih untuk mengungkapkan rasa syukur misalnya pergi jalan-jalan dengan teman atau keluarga, menikmati juga mensyukuri apa yang sudah Allah SWT ciptakan juga termasuk wujud rasa syukur lho teman.

 

Nah itulah tadi 5 cara mengungkapkan rasa syukur, kita bisa selalu menerapkan resep hidup lebih bahagia dengan rajin bersyukur ini setiap hari dan rasakan manfaatnya untuk diri dan hidup kita.


Post a Comment