Kapan sebaiknya anak di ajarkan makan sendiri? Memiliki anak usia toodler ajaibnya saya dibuat takjub setiap hari, anak usia segini sedang gencar-gencarnya meniru kebiasaan orang di sekitarnya. Mereka suka meniru perkataan kita, kegiatan yang kita kerjakan.


Seperti saat saya menyapu, awalnya dia sering meminta sapu yang saya pakai ternyata dia mau menirukan gerakan menyapu. Jadi sampai sekarang kalau baby Hazel melihat saya menyapu dia akan sibuk mencari sapu miliknya yang sudah saya sediakan sebelumnya.


Begitupun saat makan, dari kecil dia memang agak sulit makan teratur. Saya nggak heran sih karena kakak-kakaknya dulu juga mengalami hal yang sama, dari usia 6 bulan saya sudah berusaha untuk menyuapi baby Hazel dengan teratur tapi dia ogah-ogahan buka mulut.


Di usianya yang menginjak 18 bulan dia tergolong anak yang aktif, dia sudah paham dimana tempat menyimpan alat makannya sendiri. Seringnya saat melihat kami makan bersama dia akan langsung mengambil mangkuk dan sendok miliknya lalu disodorkan ke saya sambil bilang “maem”.


Setelah saya isi mangkuknya dia akan segera mencari tempat duduk sambil menikmati makanannya sendiri karena dia nggak akan mau disuapi. Awalnya saya dulu masih mencoba menyuapinya tapi dia selalu membuat gerakan tutup mulut, akhirnya saya biarkan dia makan sendiri dengan agak worry karena pasti belepotan.

 

Kapan anak harus bisa makan sendiri.

Waktu yang tepat anak makan sendiri adalah mulai usia 9 bulan, diusia segini anak sudah bisa menggenggam makanannya jadi berikan dia biskuit atau makanan yang bisa dia genggam. Lalu di usia 13 sampai 15 bulan anak akan tertarik memegang sendok, garpu atau botol minumnya sendiri.


seperti baby Hazel yang Alhamdulillah saya bersyukur dari kecil sudah mau belajar makan sendiri tanpa disuruh, kegiatan makan sendiri ini juga penting untuk melatih motorik kasarnya ya teman seperti mengenali bentuk sendok atau garpu, mengenali tekstur makanan, membedakan rasa makanan dan memahami suhu makanan.


biarpun konsekuensinya mulut, baju dan lantai akan belepotan dengan sisa makanannya tapi nggak apa-apa, toh nanti bisa dibersihkan lagi.

 

Tips mengajarkan anak makan sendiri.

Kita bisa mengajarkan anak makan sendiri dengan beberapa tips yang mudah diterapkan berikut ini:

  • Ajarkan anak makan di meja makan.
  • Ajaklah anak makan bersama agar dia lebih semangat.
  • Gunakan celemek di bagian dada agar bajunya tidak kotor.
  • Pakai alat makan khusus anak sesuai warna yang dia suka.
  • Pastikan alat makannya aman, food grade dan tidak tajam agar tidak membahayakan si kecil.
  • Berikan makanan yang lembut dan mudah diraih saat dia menyendoknya seperti nasi, mie, bubur dll.
  • Masak makanan yang dia sukai dan mengandung sumber vitamin agar nutrisinya tercukupi.
  • Sebaiknya potong makanan dengan ukuran kecil agar menghindari kemungkinan si kecil tersedak.
  • Walau nanti makanannya bakal tumpah dan berantakan tapi biarkan dia menikmati makanan tersebut, kita harus tetap memperhatikan dan membantunya saat dia mengalami kesulitan.

 

Dengan beberapa tips di atas melatih anak makan sendiri akan terasa lebih menyenangkan, kita memang harus bersabar karena tiap anak memiliki keistimewaan sendiri yang terpenting jangan membandingkan anak kita dengan anak lain karena mereka istimewa dengan karakter dan kemampuan masing-masing.


Sampai sini dulu penjelasan kita tentang kapan anak harus makan sendiri, kalau kalian punya cara lainnya bisa share di kolom komentar ya..

Post a Comment