Berkarir dan pengembangan diri di era digital - Di jaman serba internet ini, kita tentunya lebih dimudahkan dalam banyak hal karena semua sudah bisa dikerjakan secara online. Apalagi saat pandemi seperti ini makin banyak yang mengharuskan kita memahami dan memakai internet misal sekolah daring atau juga work from home (WFH).

 

Dengan memanfaatkan internet dan sosial media kita juga bisa lho berkarir dengan menjadi Freelancer. Sebenarnya ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan internet, beberapa kemudahan yang kita dapat karena jangkauannya lebih luas, pengerjaannya juga mudah bahkan hanya berbekal smartphone ataupun laptop.

 

Kemudahan lain dan paling saya sukai ialah jam kerja yang lebih fleksibel, bisa dikerjakan dimana saja, tidak mengharuskan pergi kerja pagi dan pulang sore bahkan malam hari. Kita sendiri yang bebas menentukan jam kerja yang kita inginkan dan waktu bersama keluarga juga lebih banyak, apalagi sebagai seorang ibu saya juga harus selalu mendampingi anak dalam tiap tahap tumbuh kembangnya.

 

Berkarir di dunia freelancer.

Influencer

Menjadi seorang influencer bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia, modal utama tentu sosial media khususnya Instagram. Cara kerjanya cukup mudah, kita tinggal kerja sama dengan suatu brand untuk mempromosikan produk mereka.

 

Jadi skill yang diperlukan adalah kemampuan tampil di depan layar untuk membuat foto ataupun video dan juga kemampuan menulis caption untuk memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat. Jadi, nggak tertarik jadi Influencer kah?

 

Blogger

Modal utama seorang blogger ialah skill menulis ratusan kata. Cara kerjanya juga hampir sama dengan Influencer, kita mereview produk dari suatu brand di blog yang kita miliki. Awalnya memang agak berat kalau harus menulis dalam jumlah yang banyak, tapi kalau kita sudah terbiasa menulis ribuan kata juga ayo aja. jadi buat kalian yang punya hobi menulis yuk kumpul disini.

 

Konten kreator

Kembangkan hobi menjadi pundi-pundi uang dengan menjadi konten kreator. Menjadi konten kreator tidak terpaku hanya pada satu hal, banyak hal yang bisa kita jadikan konten. Misalkan kalau kita punya video, kita bisa edit sana sini lalu diupload ke Youtube, Tiktok, dll. Kita bisa bekerja sama dengan suatu brand dengan mereview produk mereka, nah dengan begini pundi-pundi uang akan terkumpul.

 

Pengembangan diri dari skill yang dimiliki.

Sadar akan kemampuan diri yang pas-pasan, makanya saya selalu melakukan pengembangan diri. Rasa haus akan ilmu baru membuat saya pelan-pelan belajar tentang banyak hal. Walaupun masih terbatas waktu dan tempat karena saya hanya ibu rumah tangga biasa yang harus mengurus keluarga juga anak.

 

Nah hal yang sudah dan sedang saya lakukan untuk mengupgrade skill yang saya miliki seperti Mengikuti kelas SEO untuk blog, Mengikuti pelatihan online dan offline tentang banyak tema, mengikuti seminar kepenulisan, dll. Semua itu dengan harapan bisa menambah juga memperbaiki ilmu yang saya miliki. jadi berkarir dan pengembangan diri di era digital, kenapa tidak!

 

 

 

 

 

2 Komentar

  1. Bener sekali. Saat ini dunia online memungkinkan kita melakukan banyak hal positif dan produktif, walau dimasa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa pandemi ini makin banyak orang yang merambah dunia digital. Salah satunya makin kreatif bikin video di Tiktok 😁

      Hapus

Posting Komentar