Hai teman, seneng banget ya kalau lihat pekarangan rumah seseorang bisa terlihat rapi dan hijau yang ditanami berbagai tanaman. Bawaannya selalu betah berlama-lama di sana.


Kalau kita punya lahan pekarangan yang luas tentu kita bisa bebas menggunakannya sebagai apa aja, misalnya untuk tempat bermain anak, tempat kandang untuk hewan peliharaan atau juga untuk yang hobi berkebun biasanya menggunakan lahan pekarangan sebagai tempat menanam berbagai macam tanaman.


Suami saya termasuk yang suka menanam berbagai macam tumbuhan dari yang berbunga hingga berbuah. Dulu awalnya saya lebih suka tanaman yang berbuah tapi karena mengikuti kebiasaan suami yang suka menanam bunga juga jadi sekarang keterusan merawat semua jenis tanaman.


Pekarangan rumah memang sebaiknya nggak dibiarkan terbengkalai tanpa tanaman ya, kita bisa menanam tanaman apa saja yang bermanfaat untuk sehari-hari dan bisa juga diberikan kepada yang membutuhkan.

 

Memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman sesuai fungsinya

Tanaman lindung

Untuk yang memiliki pekarangan luas kita bisa menanam tanaman lindung yang berguna untuk membuat suasana lebih sejuk dan melindungi dari terik matahari. Kita bisa memilih jenis tanaman lindung yang cocok untuk lingkungan tempat tinggal, misalkan pohon Tabebuya, pohon ketapang kencana, pohon flamboyan, pohon trembesi, pohon glodogan tiang, pohon cemara, pohon palem, dll.

 

Tanaman hias

Bagi yang suka tanaman tapi tak memiliki pekarangan yang luas, solusinya kita bisa menanam tanaman hias yang bisa menyejukkan mata. Perawatannya juga cukup mudah, kita bisa menanamnya langsung di tanah ataupun di pot.

Tanaman hias yang bisa ditanam tentu banyak sekali jenisnya, kita bisa memilih tanaman yang berbunga atau yang hanya memiliki daun saja.

  • Jenis tanaman hias daun diantaranya: suplir, tanduk rusa, lidah mertua, puring, keladi, sri rejeki, gelombang cinta, puxuk merah dll.
  • Jenis tanaman hias berbunga diantaranya: anthurium, melati, mawar, clivia, kembang sepatu, bougenvile, anggrek, teratai, tulip, lili, dll.

 

Tanaman toga

Tanaman obat keluarga atau yang biasa disingkat tanaman toga ini pastinya banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Selain bisa digunakan untuk bumbu dapur, kita juga bisa menggunakan tanaman ini untuk membuat obat sebagai pertolongan pertama saat memiliki keluhan sakit. Untuk mengembang biakkannya juga sangat mudah cukup dan perawatannya juga tidak sulit. jenis tanaman toga yang bisa kita tanam antara lain: kunyit, kencur, jahe, sirih, temu lawak, jeruk nipis, seledri, lengkuas, serai, jeruk purut, daun dewa, dll.

 

Nah itulah tadi berbagai jenis tanaman yang bisa kita pilih untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman sesuai fungsinya, kita hanya tinggal menyesuaikan sesuai luas lahan pekarangan yang ada, jangan lupa penataannya juga perlu diperhatikan agar rumah menjadi lebih indah. Jadi tanaman ini selain bermanfaat juga memberi kesan indah dan rapi pada rumah kita. 

Post a Comment