Menjadi orang tua membuat kita harus paham dengan minat bakat anak, untuk anak yang belum terlihat bakat apa yang dimilikinya, minat dan bakat anak nantinya akan menjadi life skill, yaitu kemampuan khusus untuk dapat bertahan hidup dan menjadi berhasil.


Hal ini akan menjadi bekal yang sangat bermamfaat hingga mereka dewasa nantinya, maka inilah saatnya orang tua membantu menggali bakat agar bisa diarahkan agar masa depannya bisa lebih cemerlang.


Yang penting untuk kita perhatikan apa yang sering anak kita lakukan, misalnya kalau sedang di rumah mungkin dia suka mewarnai, memainkan alat musik atau bernyanyi. Dengan begitu kita bisa mengasah dan mengarahkan sesuai minat bakat sesuai dengan yang dia miliki.


Mengenali minat bakat anak melalui seni

Menggambar dan mewarnai

Kita bisa mulai mencoba memberi anak buku gambar, alat tulis dan pensil warna atau krayon. Dan kita bisa mengamati perkembangan anak beberapa hari kedepan, apakah dia tertarik dengan corat-coret atau tidak. Selain menggunakan pensil warna, kita juga bisa memberi mereka cat air. Mungkin saja anak lebih suka bermain dengan warna-warna dan kuas.


Menyanyi

Minat bakat anak yang mudah terlihat dari kecil ialah menyanyi karena nggak semua anak terlahir memiliki suara yang merdu, tapi kalau memang anak suka menyanyi, kita bisa mengarahkan mereka bekajar lebih serius melalui les dll.


Bermain alat musik

Jenis-jenis alat musik tentu sangat banyak macamnya, kita mulai bisa memberi mereka salah satu jenis alat musik yang mereka sukai, misalnya gitar, drum atau piano. Kalau anak memang tertarik dengan alat musik tersebut kita bisa mulai mendaftarkannya ke kelas musik.


Membuat kreasi

Anak-anak seringnya suka bermain kertas dan gunting, kita bisa mengajari mereka membuat beberapa bentuk seperti bunga, rumah, alat transportasi, dll. Setelahnya anak bisa memberi warna pada kreasi tersebut.


Membuat gerabah dari tanah liat.

Sesekali anak bisa kita ajak ke pameran seni untuk melihat dimana ketertarikannya. Selain ke pameran seni, kita juga bisa mengajak mereka ke tempat pembuatan gerabah, mungkin saja anak tertarik membuat berbagai bentuk pot, cangkir, gelas dll.

 

Nah menggali minat bakat anak diatas, kita sebagai orang tua harus melakukan observasi secara rutin setiap hari, karena akan terlihat sangat jelas saat anak menyukai sesuatu atau tidak. Yang perlu kita perhatikan jangan pernah memaksakan anak untuk menyukai sesuatu karena mereka tentu memiliki pilihan sendiri. 

Hal-hal yang bisa kita lakukan ialah:

  • Memberi mereka stimulus seperti yang saya jelaskan diatas.
  • Mengamati tingkah laku harian anak.
  • Perhatikan kecerdasan anak, karena tiap anak diciptakan cerdas dengan karakter masing-masing.
  • Beri ruang untuk bereksplorasi.
  • Memberi dukungan positif, kita sebagai orang tua harys bisa menghargai setiap karya anak, hal ini membantu anak mendapatkan kepercayaan dirinya.

 

Nah itulah tadi beberapa cara mengenali minat bakat anak melalui seni. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak ya, selalu ingat setiap anak diciptakan dengan karakter masing-masing jadi kitalah sebagai orang tua yang harus bisa mengenali dan mendukung mereka.

 

 

Post a Comment