Siapa yang tak kenal dengan buah pepaya, buah tropis yang bisa tumbuh sepanjang tahun tanpa mengenal musim ini memang mudah dijumpai dimana-mana. bukan hanya di pasar tradisional, di supermarket pun mudah kita temukan.


Bukan hanya buahnya, daunnya juga bisa dimasak untuk dijadikan berbagai olahan menu masakan. Rasanya memang pahit tapi tetap bisa dimasak misalkan dijadikan tumis ataupun rebus lalu dijadikan menu lalapan juga sangat cocok. Sayangnya mengolah daun pepaya ini memang susah-susah gampang, kalau tak bisa mengolah pastinya rasa pahitnya tetap melekat.


Nah kali ini saya mau berbagi tips mengolah daun pepaya agar tidak pahit. Simak berikutnya ya..

 

5 Cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit.

1. Menggunakan daun singkong

Resep turun temurun yang sering dipakai keluarga saya saat mengolah daun pepaya ialah dengan merebusnya bersama daun singkong, daun singkong mampu menetralisir rasa pahit pada daun pepaya. Rebus beberapa menit sampai agak empuk lalu buang airnya, kemudian kita bisa mengolahnya menjadi berbagai masakan yang kita inginkan seperti urap-urap, lalapan sambal, dll.

 

2. Rebus dengan garam

Selain merebus dengan daun singkong, agar daun pepaya tidak pahit kita juga bisa merebus daun pepaya lalu tambahkan garam dapur. Rebus sekitar 3 sampai 5 menit sampai empuk lalu peras. Dijamin kadar pahit dalam daun pepaya akan berkurang.

 

3. Rebus dengan daun jambu biji.

Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk menetralisir rasa pahit dari daun pepaya. Caranya petik beberapa lembar daun jambu biji, cuci bersih lalu sedikit diremas-remas agar khasiatnya keluar kemudian rebus daun pepaya bersama daun jambu biji sampai empuk. Angkat lalu pisahkan daun jambu biji dan daun pepaya siap diolah menjadi menu masakan lainnya.

 

4. Remas dengan garam kasar

Kalau ingin mengurangi rasa pahit dari daun pepaya kita bisa menggunakan garam kasar. Caranya cukup remas-remas daun pepaya dengan garam kasar beberapa waktu, setelah itu tinggal kita cuci bersih sampai kadar asinnya berkurang. Setelahnya kita bisa mengolahnya menjadi berbagai masakan seperti tumis, sayur kuah santan, dll. Tapi yang perlu diperhatikan, saat masak jangan memakai terlalu banyak garam karena dari daun pepayanya sudah terasa asin.

 

5. Asam jawa

Tips berikutnya ialah dengan menggunakan air asam jawa, asam jawa bisa juga dijadikan pilihan bahan alami untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya. Caranya juga cukup muda, cukup rebus daun pepaya kemudian tambahkan asam jawa, biarpun rasa asam jawa itu kecut tapi jangan khawatir, rasa daun pepayanya nggak akan ikutan kecut lho.

 

Kandungan daun pepaya

Vitamin A : 18,25 International Unit (IU)

Vitamin B : 0,15 miligram (mg)

Vitamin C : 140 mg

Karbohidrat : 11,9 g

Kalsium : 353 mg

Kalori : 79 kalori

Protein : 8,0 g

Lemak : 2,0 g

Air : 75,4 g

 

Khasiat daun pepaya.

Setelah mengetahui cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit, sekarang yuk kita kenali khasiat dari daun pepaya ini yang ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

  • Mengatasi gejala demam berdarah
  • Memelihara fungsi pencernaan
  • Meredakan rasa sakit dan peradangan
  • Menjaga kadar gula darah
  • Membantu pertumbuhan rambut
  • Mencegah penyakit kanker
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Baik untuk kesehatan hati (liver)
  • Mengatasi nyeri haid
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Membantu produksi ASI

 

Nah sekarang kita sudah paham kan serba-serbi dari daun pepaya, mulai dari cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit, memahami kandungan nutrisinya juga manfaatnya bagi tubuh yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Oh ya teman, kalian punya resep masakan daun pepaya nggak? Boleh share di kolom komentar ya..

 

 

 

 

Post a Comment