Teman, menjalankan hobi bisa menjadi salah satu cara menjaga produktifitas kita khususnya saat pandemi seperti sekarang ini. 


Membatasi diri untuk nggak keluar rumah selama hampir satu tahun ini membuat kita pasti merasa bosan ya, belum lagi kerjaan tambahan seperti menemani anak sekolah online, atau saat anak-anak minta buatkan cemilan untuk menemani keseharian mereka di rumah, akhirnya makin banyaklah kerjaan emaknya ini. 


Nah untuk mengatasi rasa bosan, ada baiknya kita melakukan hobi lama yang kadang nggak sempat kita kerjakan di hari-hari biasa. Hobi tiap orang tentu berbeda-beda ya teman.


Ada yang hobi menjahit, inilah saatnya mengembangkan hobi membuat busana sesuai inspirasi, kalau laku di pasaran kan bakal jadi cuan ya. Untuk kita yang punya hobi masak, inilah waktu yang tepat untuk mencoba kreasi masakan baru. Saat WFH seperti ini banyak yang kehabisan ide masakan bahkan cenderung malas masak juga, jadi kalau masakan kita diterima di pasaran lumayan juga kan bisa jadi pemasukan.


Nah kalau punya hobi nulis, gimana dong? Apa bisa menghasilkan cuan juga? Tenang, tetap bisa kok. Yuk simak saat hobi menulis bisa menghasilkan cuan berikut ini.

 

Hobi menulis bisa menghasilkan cuan.

Sudah sejak lama saya suka menulis, awalnya dulu hanya sekedar menulis di kertas atau buku-buku asal saja. Saya merasa dengan menulis kita bisa menjadi siapa saja, nah setelah mengetahui kalau hobi menulis bisa menghasilkan cuan, saya lebih bahagia lagi nih. Kapan lagi kita manekuni hobi tapi juga bisa menghasilkan banyak hal termasuk uang.


Blogging

Masuk dunia blogging membuka mata dan pikiran saya tentang dunia yang belum pernah saya kenal sebelumnya. Awalnya saya membuka blog hanya sekedar untuk menyalurkan hobi menulis yang belum punya wadah saat itu. Tapi semakin dipelajari ternyata kita juga bisa menghasilkan uang dari blog melalui kerja sama mereview sebuah produk atau jasa dari suatu brand.


Ghost writer

Ghost writer ialah seseorang yang menulis untuk orang lain, kalau misalkan saya membutuhkan satu artikel yang saya nggak sempat membuatnya, saya bisa membeli kepada seorang ghost writer, dan tenang saja rahasia akan tetap aman kok.


Content placement

Content placement ini maksudnya blog kita dititipi artikel oleh suatu brand, jadi artikelnya bukan kita yang buat tapi brand yang sudah menyediakan, kita tinggal publish aja di blog kita, tapi kita tetap merubah gaya bahasanya sesuai dengan ciri khas kita asal kita tidak merubah isinya ya.


Menulis di platform digital

Jaman sekarang sudah banyak aplikasi novel online seperti kwikku, wattpad, dll. Kalau kita bisa konsisiten, bukan nggak mungkin hobi menulis kita bisa mendatangkan cuan.


Menulis buku

Melahirkan sebuah buku tentu bukan perkara mudah, akan banyak tahapan-tahapan yang dilalui untuk terbentuknya sebuah buku yang berkualitas. Tapi biarpun nggak mudah tapi kalau kita bisa tekun menekuni dunia kepenulisan, menulis buku bakal jadi hal yang mudah kok.

 

Tips mengubah hobi yang menyenangkan menjadi menghasilkan

  • Lakukan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh
  • Konsisten
  • Bergabung dengan komunitas
  • Keep learning
  • Jangan pelit untuk berbagi ilmu yang dimiliki
  • Jadilah professional.

 

Nah itulah tadi tutorial mengubah hobi yang menyenangkan menjadi cuan, semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan ya.


1 Komentar

  1. Apabila kita udah berhasil merubah hobi menjadi lebih mengasilkan tu keren banget sih... Lebih naman di hati.

    BalasHapus

Posting Komentar