Media sosial saat ini sudah pasti dimiliki tiap orang, dan rerata kita memiliki lebih dari tiga aplikasi  media sosial di smartphone. Kegunaan media sosial ini sendiri bukan hanya sekedar tempat membagikan status saja teman, selama digunakan dengan bijak media sosial bisa dijadikan sebagai ladang mencari uang juga lho. Salah satunya seperti yang sudah saya tulis di postingan sebelum ini.


Kalau untuk seorang blogger, nggak bisa dipungkiri kalau peran media sosial dalam dunia blogging sangat penting yaitu sebagai ajang promosi dari website yang kita miliki. Dengan menggunakan cara ini biasanya kita bisa dikenal secara luas.


Tempat membagikan link blog

Media sosial bisa membantu kita mendapatkan pengunjung di blog jadi engagement pun ikut bertambah, caranya dengan membagikan link postingan kita di media sosial yang kita miliki. cara ini memang efektif karena teman kita belum tentu aktif di semua media sosial yang mereka miliki. seperti saya dulu nih, sejak adanya Instagram saya jadi jarang membuka Facebook. Pernah juga saya lebih asyik menyelami Twitterland yang infonya lebih up to date dan fresh.


Tapi makin kesini saya sudah bisa menyeimbangkan penggunaan semua media sosial yang saya miliki sambil membagikan link postingan blog di media sosial tersebut. Dengan metode ini postingan kita akan lebih mudah ditemukan.

 

Menambahkan properti media sosial pada side bar blog

Peran media sosial dalam dunia blogging berikutnya ialah agar pembaca lebih mudah menemukan kita di media sosial, kita bisa menambahkan properti media sosial pada side bar blog. Pada menu ini kita bisa menautkan semua media sosial yang kita miliki mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dll agar mudah dalam pencarian. Pembaca pun akan merasa lebih dekat dengan kita dan  cara ini juga bisa menaikkan engagement dari media sosial yang kita miliki. jadi saling menguntungkan ya.

 

Sarana untuk mendapatkan umpan balik

Kegunaan media sosial selanjutnya adalah sebagai sarana untuk mendapatkan umpan balik pada postingan di blog kita. saat teman belum pernah membaca atau mengenal blog kita, kita bisa saling berkunjung melalui link pada postingan sosial media teman. Dari sini kita bisa saling belajar membuat konten yang baik, saling mengoreksi saat ada kekurangan di blog kita agar kedepannya kita bisa melakukan perbaikan.

 

Itulah tadi pentingnya peran media sosial dalam dunia blogging yang memang sangat erat bahkan hampir sulit untuk dipisahkan. Dan dengan menerapkan beberapa cara di atas bukan nggak mungkin kita bisa menyajikan konten yang berkualitas dan pembaca pun bertambah.


3 Komentar

  1. Dulu sering ngeshare di medsos tiap ada tulisan baru, tapi gatau kenapa engagementnya minim banget, mungkin kurang menarik kali yah, akhirnya jadi jarang share di medsos lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq juga ngalamin hal yang sama kak, tapi setidaknya masih usaha agar mendatangkan traffic ya 🤭

      Hapus
  2. dulu awal awal punya instagram dan awal pertama munculnya instagram, ga kepikiran buat share blog disana
    tau gitu dari dulu udah mulai belajar share blog disana ya

    BalasHapus

Posting Komentar