Plus minus penggunaan gadget pada anak - Saat ini, penggunaan gadget memang sudah nggak bisa dihindari dalam keseharian kita. peran gadget sangat vital bagi kehidupan, sebagai sarana komunikasi dan mencari informasi yang cepat, bahkan anak dan gadget dalam keadaan pandemi seperti ini pasti diperlukan sebagai sarana untuk sekolah dari rumah, gadget juga baik untuk menambah pengetahuan  juga menstimulasi tumbuh kembang anak dan kemampuan visual anak.


Tapi kita pasti sering menjumpai anak-anak yang kecanduan dan nggak bisa lepas dari gadgetnya kan ya. Kecanduan seperti inilah yang akan berakibat buruk untuk anak. terlepas dari semua itu, sekarang yuk kita simak plus minus penggunaan gadget pada anak selengkapnya.

 

Manfaat gadget untuk anak.

1. Membantu pekembangan fungsi adaptif anak.

Jaman sekarang kemunculan perangkat dan aplikasi digital semakin canggih, anak pun harusnya mampu beradaptasi  dan tau cara menggunakannya. Ini berarti fungsi adaptif seorang anak berkembang dengan pesat, nah kemampuan ini membuat anak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi perkembangan zaman.

 

2. Mampu meningkatkan kemampuan visual

Di dalam gadget kita akan menemukan berbagai bentuk gambar dan warna, dari sinilah kemampuan visual anak akan meningkat. Anak-anak akan cepat belajar membedakan bentuk gambar juga mengenali warnanya.


Saat anak memiliki kemampuan visual yang bagus artinya mereka sudah bisa berfikir dan memproses dalam bentuk visual. Kemampuan ini tentunya akan membuat mereka jadi lebih cepat tanggap dan bisa melakukan kegiatan yang rumit.


4. Mengakses informasi lebih mudah dan efisien.

Anak-anak cenderung mempunyai rasa ingin tau yang besar, seperti anak saya yang sering menanyakan apa yang mereka lihat, misalkan mengapa ada malam dan siang atau bagaimana siklus terbentuknya hujan. Nah karena rasa ingin taunya yang besar makanya anak-anak saya perbolehkan menggunakan internet untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ingin mereka tau. Tapi dengan catatan selalu dalam pengawasan orang tua ya.


5. Lebih mudah belajar keterampilan baru

Anak saya yang usia 18 bulan sudah saya kenalkan dengan lagu-lagu anak yang ada di Youtube, tentunya selalu dalam dampingan saya ya. Saya memahami di usia ini anak pemberian gadget hanya seputar pengenalan warna, bentuk dan suara.


Nah melalui media Youtube ini, dia bisa belajar kosakata baru yang kadang belum sempat saya ajarkan, misal dia sudah bisa bilang thanks you, menyapa orang lain dengan kalimat hai teman-teman, tapi tentu saja dengan gaya bicaranya sendiri.

 

Setelah memahami manfaat main gadget untuk anak, sekarang kita beralih ke dampak buruk saat anak kecanduan gadget.

 

Dampak buruk gadget bagi anak.

1. Menurunkan konsentrasi dan daya ingat

Saya melihat sendiri ada seorang anak yang sudah kecanduan gadget, tiap saat selalu melihat gadgetnya tanpa mau peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kalau diminta pun dia bakal langsung tantrum.


Ini karena anak terlalu sering menggunakan gadget yang dapat mengurangi konsentrasi si anak, daya ingatnya juga akan menurun, karena mereka selalu mengandalkan gadgetnya untuk menyimpan informasi-informasi yang harusnya mereka ingat.


Dan mereka jadi terdistraksi dan lebih mudah gelisah kalau tidak bisa memegang gadget, anak tidak bisa fokus dengan apa yang dikerjakan karenannya. Kalau sudah begini ketekunan anak juga berkurang, karena anak akan malas belajar dan mencari jawabannya dengan mengandalkan gadgetnya.


2. Tidak bisa berfikir kritis dan kreatif

Kalau sudah menggunakan gadget terlalu berlebihan anak akan malas berfikir dan juga malas mencoba hal baru karena semua sudah tersedia di gadget.


3. Memganggu keterampilan sosial pada anak

Karena lebih asyik sendiri bersama gadgetnya, bisa jadi anak akan bersifat antisosial karena mereka tidak lagi bergaul dengan teman sebayanya. Kalau sudah begini mereka pun akan susah bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain.


Selain itu rasa percaya diri mereka akan terganggu, karena anak-anak akan lebih mudah merasa minder karena jarang bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

 


Kalau anak sudah merasa kecanduan gadget bisa-bisa berakibat fatal ya teman, jadi sebaiknya kita harus memberi batas durasi untuk pemakaian gadgetnya, agar hidupnya jadi lebih seimbang antara beraktifitas fisik, bersosialisasi dan bermain anak.


Untuk anak usia pra sekolah tidak boleh lebih dari 1 sampai 2 jam sehari, tentunya harus dengan dampingan orang tua. Dan untuk anak usia 6 tahun keatas bisa lebih lama memakai gadget, apalagi sekarang sekolah dari rumah jadi pemakaiannya juga harus diatur dengan baik.


Kita harus lebih mengawasi penggunaan gadget pada anak juga harus bisa tegas saat anak bermain gadget lebih dari waktu yang ditentukan, agar anak belajar disiplin sedari dini. Itu tadi plus dan minus penggunaan gadget pada anak, semoga bermanfaat ya.

 

 

 

Post a Comment