Hai teman, kemarin malam tepatnya tanggal 20 Januari 2020 saya mengikuti sesi sharing time via Zoom, yang diadakan oleh Mubadalah, ICC, ODOP, dll. Tema sharing malam kemarin sangat menarik yaitu “Tips Menulis Novel Viral dan Laris” pembicaranya adalah mbak Najhaty Sharma.


Mbah haty ini adalah penulis yang berasal dari pondok pesantren, Buku karya mbak Haty salah satunya Dua Barista, Kupu-Kupu Marakes, dan buku antologi lainnya yang sudah diterbitkan bersama penulis lain. awalnya mbak Haty ini masuk dalam dunia penulis ini melalui cerbung di Facebook, tak disangka ternyata banyak pembaca yang antusias menunggu kelanjutan dari cerita tersebut.


Saat mbah Haty melaunching buku karyanya hanya dalam waktu satu bulan bukunya sudah habis terjual sebanyak 3300 buku. Nah hal ini yang membuat teman-teman yang mau dan sudah masuk ke dunia penulis merasa penasaran apa aja sih tips dan trik yang beliau gunakan saat menulis juga saat memasarkan bukunya.


Dalam menulis mbak Haty sangat memikirkan tentang alurnya juga target marketingnya. Mbak Hati membagi dalam 2 hal yaitu kekuatan sebuah cerita dan yang kedua kekuatan marketing, kalau dua hal ini digabungkan menjadi satu tentu ini akan jadi hal yang sangat luar biasa dan memudahkan dalam hal penjualan sebuaah buku.


Selain itu kita juga harus memiliki idealisme, maksudnya kita harus memahami keinginan orang lain (pembaca) kita tetap harus punya originalitas tapi dilain itu kita juga harus paham apa yang diinginkan oleh pembaca.

 

Tips Menulis Novel Viral dan Laris.

1. Kekuatan cerita

Berbicara tentang kekuatan cerita, sebelum kita menulis kita harus fokus kepada sebuah kontruksi cerita. Hal yang perlu diperhatikan antara lain: tokohnya, latar belakangnya, alurnya dan juga lokasinya. Tentang lokasi ini usahakan memasukkan lokasi yang sekiranya kita paham betul tentang lokasi tersebut.


Kontruksi cerita ini penting mulai dari tokohnya dan inilah yang membuat pembaca penasaran dengan bab selanjutnya dan akan membaca hingga akhir. Nggak bisa dipungkiri saat ini lebih banyak orang yang lebih suka membaca novel melalui aplikasi seperti Wattpad, Kwikku, dll. Makanya kita harus bisa menyajikan hal yang berbeda agar orang tertarik membeli buku yang kita buat.


Mbak Haty disini juga menjelaskan perbedaan plot dan alur, kalau plot itu harus ada kesinambungan antara part 1,2, 3 dan seterusnya. Sedangkan alur biasanya mengalis begitu saja dan nggak harus berkaitan dengan part sebelumnya.


Tips berikutnya, usahakan jangan terlalu banyak percakapan yang kurang penting agar pembaca tidak merasa bosan. Lalu berikutnya Show down tale juga penting yaitu tunjukkan kalau karakter seseorang benar-benar berbeda jangan hanya cuma tulisan.


2. Marketing.

Dijaman serba mudah kita bisa menggunakan marketing organik dan marketing anorganik. Marketing organik ialah promosi yang benar-benar dilakukan secara langsung. Kalau promosi anorganik kita bisa menggunakan sosial media seperti Facebook Ads atau Instagram Ads, dll.


Tapi mbak Haty tidak menggunakan sosial media Adsense dalam marketingnya karena beliau merasa lebih suka dikritik dan diberi masukan secara langsung oleh pembaca. Lalu kita juga harus memperhatikan dimana kita berpromosi, mbak Haty lebih suka melalui beranda Facebook.


Selain itu kita juga harus memperhatikan target marketing kita siapa, apakah ibu-ibu, anak-anak, remaja atau laki-laki. Jangan sampai salah target market kita. dan perlu diperhatikan lagi, kita juga perlu membentuk tim marketing untuk membantu dalam hal penjualan.


 

Sampai disini dulu review kita tentang ”Tips Menulis Novel Viral dan Laris ala Najhaty Sharma”. Semoga kita bisa memetik manfaat dari sharing kali ini, Nah kalau dua poin penting diatas sudah bisa dikombinasikan dengan baik, Insyaallah melahirkan sebuah buku yang disukai pembaca dan laris dipasaran nggak akan sulit lagi.

Post a Comment