Begini cara investasi emas yang benar - Teman, baru-baru ini banyak beredar video penemuan gunung emas di Kongo. Akhirnya warga sekitar berbondong-bondong menggali, ada yang pakai sekop, ada juga yang pakai tangan kosong. Wadah yang digunakan juga beragam mulai dari ember sampai baju yang dipakai yang jelas semua bersemangat usaha mendapatkan bongkahan emas.


Nah ngomongin soal emas memang erat kaitannya dengan investasi. dan semakin kesini pilihan untuk berinvestasi semakin banyak pilihannya salah satunya emas, sejak jaman nenek moyang dulu emas memang dianggap investasi paling aman dan lebih menguntungkan dibandingkan jenis investasi lainnya. Emas memiliki resiko lebih rendah dan dapat menahan kenaikan harga (inflasi).


Selain itu emas memiliki likuiditas tinggi jadi bisa dijual dengan cepat, dalam jangka waktu panjang emas memiliki nilai yang stabil bahkan cenderung terus naik tiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan secara signifikan.


Banyak para investor yang kembali melirik cara investasi emas untuk mendapatkan keuntungan karena harga emas dunia naik sekitar 20% sepanjang tahun 2020 bahkan saat pandemi sedang berlangsung. Selain emas kita juga bisa mengenal cara berinvestasi yang ditawarkan PFI dan jenis investasi lainnya agar investasi kita aman dan kian berkembang.



Cara investasi emas yang benar

1. Tentukan tujuan

Sebelum mulai berinvestasi biasanya kita harus menentukan dulu target atau tujuan kita untuk berinvestasi itu apa? Karena tanpa target yang jelas biasanya sulit untuk terlaksana dengan baik.


Kita bisa menentukan tujuan misalnya berinvestasi emas sebagai dana pendidikan anak kira-kira 5 samapai 10 tahun lagi, biaya untuk membangun rumah impian, atau juga tabungan untuk berangkat haji dll. Kalau kita sudah memiliki tujuan berinvestasi yang jelas nantinya akan gampang untuk menentukan berapa banyak emas yang harus terkumpul untuk mencapai tujuan tersebut.

 

2. Perhatikan waktu berinvestasi yang tepat

Saat kita sudah punya keinginan untuk berinvestasi emas, kita harus rajin memantau harga emas di pasaran. Kita juga perlu mempelajari kecenderungan tren pergerakan harga emas di pasaran, gunanya untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas agar bisa mendapat keuntungan yang optimal ya.


Berinvestasi emas juga sebaiknya disimpan dalam jangka waktu yang menengah hingga panjang, misalnya 5 tahun atau lebih agar bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Pelajari juga waktu yang tepat untuk membeli emas ialah saat harganya sedang turun dan kita bisa menjualnya saat harganya naik.

 

3. Pilih jenis emas yang sesuai

Untuk pemula dalam hal investasi emas, disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Investasi logam mulia lebih menguntungkan dan lebih cocok dipakai sebagai simpanan mas adepan dibandingkan investasii emas dalam bentuk perhiasan. Kelebihan dari emas logam mulia biasanya memiliki harga jual yang cenderung lebih tinggi.

 

4. Pahami cara menyimpan emas yang benar

Cara investasi emas yang benar tidak terlepas dari cara penyimpanan yang aman juga. Emas yang sudah kita miliki harus dijaga dengan baik dengan cara menyimpan di tempat yang kita anggap aman di rumah, kita juga bisa menitipkannya ke layanan brankas milik perbankan. Karena hal paling penting dalam penyimpanan emas ialah bukan tentang masalah penurunan kualitas tapi lebih kepada faktor safety dan tidak salah letak.

 


Jenis-jenis investasi emas

Selama ini kebanyakan dari kita hanya memahami bahwa investasi emas biasanya hanya seputar emas perhiasan dan emas batangan saja. Padahal sebenarnya investasi emas itu terbagi menjadi dua yaitu Real Asset dan Paper Asset. Sekarang yuk kita pahami jenis-jenis investasi emas apa saja yang bisa kita jadikan pilihan.

 

Investasi emas Real Asset 

(bentuk investasi emas yang bisa dipegang)

Emas batangan

Emas jenis ini termasuk salah satu jenis emas yang bagus untuk investasi. emas jenis ini dianggap yang paling populer karena mengandung emas murni 99% dan emas batangan atau secara umum biasa disebut logam mulia ini berbentuk batangan atau kepingan. Kelebihan berinvestasi dengan emas batangan ialah proses jual beli yang aman dan mudah.


Emas koin

Di negara kita, koin emas sering dijadikan investasi saat seseorang ingin menunaikan ibadah haji, makanya koin emas sering disebut juga dengan ONH atau Ongkos Naik Haji. Keuntungan berinvestasi emas koin lebih aman terhadap inflasi, hanya saja saat membeli koin emas kita akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). koin emas sendiri terdapat berbagai macam bentuk seperti koin emas cetakan. Koin emas kuno, koin emas Dinar, dll.


Emas perhiasan

Buat kita yang ingin berinvestasi jangka panjang, emas perhiasan dianggap lebih cocok karena saat kita membeli emas perhiasan kita akan dibebankan biaya produksi meliputi biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, model, dan depresiasi (penurunan harga)


Tapi saat kita ingin menjual kembali perhiasan kita, pihak toko hanya akan membayar emasnya saja tanpa menghitung biaya produksi. Jadi harga jual emas akan berkurang, dan bisa kita simpulkan kalau emas perhiasan kurang cocok untuk investasi jangka pendek ya.

 

Investasi emas Papper Asset

Sertifikat emas

Sertifikat emas ialah bukti kepemilikan emas yang tersimpan di dalam bank. Keuntungan investasi ini ialahkita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyimpan emas berbentuk fisik di deposit box. Investasi jenis ini juga menjadi alternatif untuk mengurangi resiko pencurian emas.


Reksa dana emas

Investasi reksa dana emas ditanamkan ke pedagang emas fisik dan juga transaksi saham perusahaan emas. Investasi jenis ini memiliki keuntungan karena pemilik tidak harus menyimpan emas fisik dan bisa dilakukan secara online salah satunya lewat marketplace. Profit yang dihasilkan dari ragam investasi ini berasal dari transaksi saham perusahaan pertambangan emas dan juga perdagangan fisik emas.


Trading emas

Kalau dilihat sekilas exchange trade fund atau trading emas itu sebenarnya mirip dengan reksa dana emas. Tapi yang membedakan ialah dari transaksinya, proses jual beli emas dilakukan di lantai bursa dan prosedurnya lebih rumit dibanding jual beli emas secara fisik.



Perlindungan maksimal investasi emas

Dalam hal berinvestasi apapun, pastikan semua berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. disisi lain kita juga harus mempersiapkan hal-hal tak terduga yang bisa saja menghambat kelancaran dalam berinvestasi misalnya sakit dan memerlukan penanganan medis dan harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar. kondisi seperti ini tentu harus kita persiapkan dari awal demi kelancaran mewujudkan impian.


Produk andalan Mega Investa Link & Mega Prima Link dari PFI Mega Life ialah pilihan terpercaya untuk investasi dan perlindungan terbaik untuk diri sendiri dan keluarga tercinta.


Mega Investa Link ialah salah satu produk terbaru yang menawarkan asuransi jiwa serta penempatan premi cukup sekali dan tersedia pilihan dalam mata uang dolar AS. produk ini juga sangat cocok untuk berinvestasi jangka panjang, sambil mendapatkan kenyamanan proteksi jiwa untuk kesejahteraan keluarga.


Mega Prima Link memungkinkan kita mendapatkan peluang investasi melalui kelola pasar modal oleh tim manajer keuangan terkemuka di dunia. selain itu, pemegang polis mendapatkan perlindungan asuransi jiwa hingga perlindungan mencapai 100 tahun.


Untuk proteksi yang maksimal, PFI Mega Life adalah sebuah solusi yang dihadirkan untuk membantu melindungi aset yang kita miliki.

 


Nah kita sudah mengupas serba serbi investasi emas yang banyak macamnya, dan ternyata cara investasi emas yang benar sangat mudah ya bahkan untuk pemula seperti saya sekalipun.

 

23 Komentar

  1. Dari ketiga jenis emas yang ada, saya hanya mengenal emas perhiasan kak. Sepertinya emas tersebut mudah dibeli dan mudah dijual untuk kebutuhan jangka pendek. Misal untuk kebutuhan mendadak sakit, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya juga gitu, saya taunya hanya emas perhiasan saja, tapi ternyata emas logam mulia jauh lebih menarik untuk investasi emas.

      Hapus
  2. Kalau mantan suami saya dulu trading emas. Kalau saya sih lebih memilih emas.batangan Mom. Lebih suka yang berwujud real di depan mata soalnya, hihihiii.

    BalasHapus
  3. Mba Fionaz nggak ikutan nyari emas ke Congo kah?? Hehehehe, canda Mba....

    Banyak yang bilang memang investasi emas merupakan investasi yang paling aman dibandingkan dengan investasi yang lainnya.

    So far masih amanlah ya menyimpan emas di rumah, kan bisa diumpetin sedemikian rupa. Jangan pake brankas juga, nanti terlalu mencolok.

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu tentang investasi emas Papper Asset. Menarik juga nih untuk dicoba. Sejak pandemi belum lagi nabung emas. Harganya juga lagi tinggi banget...

    BalasHapus
  5. Saya belum pernah nyobain reksa dana emas. Menarik gak sih mba? Kalo investasi emas antam itu masih jalan sampai sekarang alhamdulillah. Memang paling save sih emas.

    BalasHapus
  6. Ternyata bentuk investasi emas tuh banyak jenisnya ya, bahkan take harus berwujud emas yang harus kita simpan.

    Selama ini biasanya tabungan emas ya bentuk perhiasan aja

    BalasHapus
  7. Setuju Mbak, investasi emas jenis logam mulia lebih untung ketimbang investasi emas dengan jenis perhiasan emas ya. Soalnya kena potongan jasa mengukir-ukir emasnya dan kadar karat emasnya jg berkurang kan ya, gak seutuh logam mulia.

    BalasHapus
  8. Saya mulai belajar tentang investasi emas ini Mbak. Baru kenalan dengan emas mini dan bagaimana nyicil beli emas dengan menyenangkan. Dan mudah, tentunya

    BalasHapus
  9. sejauh ini saya juga masih lebih memilih emas untuk investasi sih karena lebih mudah didapatkan, lebih ngerti juga emas beli dimana dsbnya ketimbang investasi lain seperti reksadana atau surat berharga, hihihih

    BalasHapus
  10. Emas itu asiknya naik bukan karena inflasi, dan turun bukan karena inflasi tapi naik turun tergantung algoritma atau orang filsuf dari Amerika. Sejarah yang saya baca sih tentang emas

    BalasHapus
  11. Emang emas ini termasuk investasi yang paling gampang dicairkan alias likuid. Aku lebih suka yg investasi emas digital sih. Kyk beli di ecommerce gt. Jadi lebih tenang saat penyimpanan. Ngga takut kemalingan. Ntar kl mau dicairkan ya tinggal jual aja. Kl pgn beli, ya tinggal nambah aja apalagi kl ada cashbacknya. Asyik banget tuh.

    BalasHapus
  12. Kalau emas, saya baru coba investasi yang bentuk batangan nih... Ternyata ada yang bentuk sertifikat dan reksadana juga ya...

    BalasHapus
  13. benar mbak, saya juga mulai investasi emas
    bentuknya sih emas batangan, beli rutin tiap bln 2 gram, investasi emas memang lbh menguntungkan

    BalasHapus
  14. Saya mulai tahun lalu sudah investasi sedikit demi sedikit emas perhiasan, Mbak. Dan memang benar, itu saya tujuannya untuk dana darurat, karena sewaktu-waktu bisa dijual.
    Nah, mulai tahun ini, saya nabung emas di salah satu aplikasi. bisa beli dari 0,01 gram. Jadi pas untuk freelance seperti saya.
    Tapi ternyata investasi emas ragamnya sangat banyak ya, Mbak.

    BalasHapus
  15. Iya kak.. emas perhiasan rasanya kurang optimal ketika dijadikan investasi.
    Belum lagi ada pengurangan harga emas jika dirasa emas tidak terlalu mengkilap seperti layaknya. Istilahnya penyusutan emas. Ya ampun saya baru tau pas jual emas. Jadi ngerasa rugi banget ini..

    BalasHapus
  16. Sudah 10 tahun belakangan ini aku investasi ke pembelian emas batangan dan perhiasan. LEbih merasa aman dan nyaman sih dengan invest seperti itu. Apalagi kalau LM ada sertifikatnya juga

    BalasHapus
  17. Iya, seumur-umur melihat harga emas perhiasan, enggak pernah harganya ikut ke kurs harga emas. Pasti ikutnya ke surat yang dikeluarkan sama tokonya.
    Jadi trik kalau mau harga emas perhiasannya tinggi atau sesuai harga pasar, mending dilepas di pegadaian aja.

    BalasHapus
  18. Investasi emas memang jadi pilihan nih buat tabungan jangka panjang ya, dan tetep perhatikan juga kapan yang pas buat investasinya

    BalasHapus
  19. Nyimpen emas di rumah memang rawan sih ya. Maunya huat investasi tapi risiko kehilangannya besar. Aku sendiri milih nabung emas tapi belum bisa konsisten....

    BalasHapus
  20. Trims mba Fiona sharingnya<3. Kalau aku udah dari Maret tahun lalu investasi emas di pegadaian n tokped, soalnya ngga ribet. Anti banget nyimpen barang berharga di rumah soalnya trauma pernah kecurian. Jadi yang aku miliki ternyata berbasis paper yaaa alias sertifikat wah baru tau. Males juga dicetak soalnya terus bingung entar simpan dimana.

    BalasHapus
  21. waah ini membuka wawasan banget, selama ini hanya tahu investasi emas secara fisik, ternyata banyak juga jenis yang lain dan bisa jadi solusi buat dapat cuan

    BalasHapus
  22. Aku juga memilih invest emas dibandingkan yang lain. Menurutku paling aman dan mudah.

    BalasHapus

Posting Komentar