Cara mudah membuat blog gratis di platform Blogspot - Sejak tahun 2019 saya mulai mengoptimalkan blog yang saya miliki. Alhamdulillah sejak serius menekuni dunia blogging, blog saya ini sudah bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah untuk menghidupi dirinya sendiri (membayar sewa domain) dan untuk memanjakan diri (buat jajan cilok juga bayar orderan Sopi) hihi.

 

Di awal-awal ngeblog saya emang cuma modal smartphone, karena waktu itu emang belum punya laptop. Jadi saat tabungan hasil ngeblog saya sudah cukup, hal pertama yang saya beli adalah laptop yang sampai sekarang sangat membantu saya saat bekerja.

 

Beberapa teman yang bukan blogger sempat bertanya, gimana caranya bikin blog? sebenarnya membuat blog bukan sesuatu yang sulit lho, kita tinggal tentukan dulu mau ngeblog di platform mana, mau di Wordpress atau di Blogspot? Dan kedua platform besar ini menyediakan blog gratisan.

 

Selama ini saya lebih cenderung ke Blogspot untuk ngeblog, sebenarnya saya juga punya blog di platform Wordpress tapi masih gratisan belum saya jadikan Top Level Domain (TLD). nah karena saya lebih sering berada di Blogspot, jadi sekarang yuk kita ikuti cara mudah membuat blog gratis di platform Blogspot berikut ini:

 

Cara mudah membuat blog gratis di Blogspot

Siapkan email

Dalam dunia digital, email sangat penting dan jadi hal utama termasuk saat ingin membuat blog siapkan email dan passwordnya. Saya lebih menyarankan pakai gmail ya, tapi sebenarnya pakai alamat email lain misal yahoo, dll juga bisa kok.


Siapkan nama blog dan url

Sebelum membuat blog kita harus memikirkan nama apa yang akan kita gunakan untuk branding diri kita. kenapa harus dipikirkan? Karena blog itu sama saja dengan jati diri kita jadi nama pun harus dipikirkan dengan baik. Termasuk juga url yang akan kita gunakan nantinya, nama url harus unik tapi mudah diingat agar orang lain mudah menemukan blog kita. pernah suatu kali saya ikut kelas ngeblog, kata coach saya sebaiknya terdiri dari 8 huruf, tapi itu terserah kalian juga sih, gimana nyamannya aja. 



Masuk ke Blogger.com

Setelah masuk ke Blogger.com lalu login pakai email yang sudah kita persiapkan tadi, kemudian klik buat blog. Selanjutnya kita harus mengisi nama blog dan url blog, seperti contohnya nama blog saya CATATAN PERJALANAN HARIAN FIONAZ dan url blog saya saat masih gratisan ialah myfionaz(dot)blogspot(dot)com yang kemudian saya ubah menjadi blog berbayar dengan url yang sekarang ini.







Berikutnya kita bisa memilih tampilan template (tema) juga tata letak yang tersedia, banyak tersedia template bawaan dari blogspot yang bisa kita pilih sesuai gaya kita. dan kalau ingin memiliki tema sesuai dengan yang kita inginkan, kita bisa beli ke penyedia jasa template berbayar.





Membuat postingan blog

Setelah langkah-langkah di atas sudah selesai pada dasarnya blog kita sudah jadi, selanjutnya kita akan belajar cara membuat postingan blog.

  • Langkah pertama klik new post
  • Selanjutnya membuat judul postingan sesuai isi blog yang akan kita bagikan
  • Isi artikel dengan tulisan kita
  • Berikan label untuk mengelompokkan jenis artikel
  • Isi deskripsi penelusuran dengan beberapa kata yang mungkin banyak dicari
  • Klik permalink untuk membuat link unik, kalau tidak link akan terbaca sesuai judul postingan

Kalau semua sudah tersusun dengan baik, tinggal klik publish untuk mempublikasikan postingan agar muncul di blog kita.



Nah, sampai disini blog kita sudah jadi. Postingan pertama juga sudah di publish selanjutnya kalau ingin melihat tampilan blog kita silahkan klik view blog. Atau bisa juga dengan mengklik url yang sudah kita buat sebelumnya.

 


Dan teman, ternyata mudah kan membuat blog? Menurut saya sih sangat mudah, yang sulit itu konsisten dalam dunia blogging, konsisten ini justru jadi kunci utama dan selain itu kita juga harus banyak belajar agar blog kita bisa menghasilkan cuan.


Sampai sini dulu ulasan saya tentang cara mudah membuat blog gratis di platform Blogspot semoga bisa menjawab rasa penasaran teman-teman. Untuk penjelasan cara merubah blog gratisan ke TLD dan info blogging lainnya akan saya tulis secara terpisah ya. Semoga bermanfaat..

 


2 Komentar

  1. Lengkap nih tata cara membuat blog menggunakan platform blogspotnya. Seneng banget ya mba kalau blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah buat bayar domainnya, terus jajan cilok dan belanja di e-commerce. Ini aku banget :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak, berasa seperti gak perlu keluar rumah tapi rekening tetep terisi ya 🤭

      Hapus

Posting Komentar