SEO Moms Community Tempat Belajar SEO Pemula Untuk Moms - Dua tahun menekuni dunia blogging saya masih merasa seperti blogger baru yang harus banyak belajar setiap harinya. Kenapa gitu, bukannya tulisannya udah banyak ya? Eits jangan salah, tulisan banyak belum tentu lulus kaidah SEO. Terus SEO itu apa dong?

 

Untuk yang belum tau, SEO ialah Search Egine Optimization yang tujuannya untuk mengoptimalkan tulisan di blog kita pada search engine yang tak lain dan tak bukan ialah si Google kesayangan kita. di awal-awal saya memang awam banget tentang SEO, selama ini taunya hanya nulis gitu aja.

 

Nah beruntungnya saya bertemu dengan SEO Moms Community (SEMOC) yang merupakan komunitas para emak-emak belajar ilmu SEO basic. Para pesertanya secara keseluruhan ialah para wanita, kebanyakan yang sudah jadi emak-emak, calon emak dan tapi ada juga yang masih single. Jadi kalau kalian merasa seorang wanita dan mau ikut belajar SEO boleh aja kok.

 

Mengenal SEO Moms Community

SEO Moms Community didirikan oleh mas Qbenk pada tanggal 25 Januari 2020 kemarin, satu-satunya pria yang ada di komunitas ini ada yang memanggilnya bang Q ada juga yang menyebut mas Qbenk sedangkan nama aslinya M. Sahlan beliau berasal dari kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tapi sekarang sudah pindah ke Sei Raya kabupaten Kubu Raya.

 

Mas Qbenk mulai ngeblog dari tahun 2005 saat itu beliau masih menjadi kuli bangunan, waktu itu beliau masih ngeblog di warnet dengan uang hasil dari jadi kuli. Setelah bertahun-tahun menekuni dunia blogging dan SEO akhirnya mulai awal tahun 2013 atas restu sang ibunda, beliau benar-benar fokus pada SEO dan berhenti jadi kuli bangunan. Alhamdulillah perjuangannya ikut berbagai kompetisi, membuka jasa SEO dan juga penghasilan dari Adsense membuat beliau sukses sebagai blogger.

 

Sejak mendirikan SEO Moms Community motivasi pria keturunan Madura ini ialah untuk didedikasikan kepada ibunda yang sudah meninggal sejak November 2019. Beliau sangat menyayangi ibunya sebab dimata mas Qbenk sosok ibunya adalah seorang pekerja keras dan sabar.

 

Lewat SEO Moms ini beliau ingin membantu para blogger perempuan agar bisa berkembang. Mungkin aja masih banyak blogger yang belum memahami SEO seperti saya sebelumnya, Sebenarnya ilmu SEO itu nggak bisa dipelajari secara instan, tapi pelan-pelan dengan ikut komunitas seperti ini kita bisa belajar dan menerapkannya dalam tulisan.


 

Materi yang Diberikan di SEO Moms

Secara umum materi yang kami pelajari di SEO Moms terbagi dalam tiga bagian yaitu onpage SEO, offpage SEO dan Practice. 

Onpage SEO

Mengoptimalkan blog dari dalam yang meliputi:

  • Tittle blog
  • Deskripsi utama blog
  • Deskripsi penelusuran konten
  • Desain dan tata letak blog
  • Struktur blog
  • Meta tag header
  • Meta robot txt
  • Struktur konten
  • Penulisan standar SEO
  • Related link konten

Offpage SEO

Pengoptimalan blog dari luar dengan cara link building yang natural dan terstruktur.

Practice

Melakukan uji materi pada mesin pencari lewat konten berdasarkan kata kunci.


Metode Pembelajaran SEO Moms

Secara keseluruhan materi diberikan melalui WAG SEO Moms, tiap minggunya mas Qbenk akan memberikan materi SEO yang sederhana, runut tapi mudah dipahami dan tetap dengan gayanya yang santai. Kita juga jangan ragu untuk bertanya kalau mengalami kendala dalam menerapkan materi ke blog kita, semua pertanyaan akan dihandle oleh admin grup yang nantinya akan dijawab satu persatu oleh mas Qbenk atau bagi siapa saja yang paham materi tersebut juga boleh menjawab jadi seperti diskusi sederhana yang bisa saling menguatkan.

 

Motivasi Gabung SEO Moms Community

Kalau ditanya motivasi apa sih yang bikin saya pengen gabung SEO Moms? Jelas jawabannya ingin mengembangkan skill dalam dunia blogging, sadar ilmu blogging saya masih minim selama ini merasa tulisan begitu-begitu aja dan nggak berkembang, pengunjung blog saya juga masih sedikit, makanya saat tau ada pendaftaran SEO Moms batch 2 tahun lalu saya nggak perlu ragu untuk daftar apalagi kelas ini bisa diikuti secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Wah jiwa emak-emak saya meronta-ronta mengajak segera daftar. Hihi..

 

Jadi kesimpulannya, belajar SEO itu mudah lho teman kuncinya asal kita mau belajar dan konsisten. Dan kalau kalian mau ikut belajar bareng SEO Moms Community caranya gampang banget kok, kalian bisa daftar melalui website SEO Moms atau kalian bisa menghubungi admin SEO Moms yang sudah dibagi perwilayah untuk memudahkan saat mengkordinir para peserta.

  • Wiwin Pratiwanggini untuk wilayah Jogjakarta
  • Rahma Chemist dan Dewi Andikara untuk wilayah Jawa Timur
  • Arda Sitepu untuk wilayah Sumatera
  • Mugniar untuk wilayah Sulawesi
  • Rizky Ananda untuk wilayah Bali

28 Komentar

  1. Saya tau beliau lewat WAG saat ada Campaign Pertamina. Dia yang ikutan menghandel urusan SEO kala itu. Akhirnya kami berteman di FB dan beberapa kali berinteraksi juga. Perjalanan panjangnya sangat menginspirasi ya Mba. Saya juga jadi banyak belajar SEO di WAG tersebut. Makasih Mas Qbenk dan Mba Fionaz atas artikel super duper kerennya ini. BTW, pendaftaran wilayah Jakarta nggak ada ya kayaknya? Ada typo dikit, untuk wilayah Jawa Timur itu bukankah Dewi Adikara ya? CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, awalnya mbak Dewi Andikara menghandle untuk wilayah Madura dan mbak Rahma Chemist untuk wilayah Jatim tapi sekarang udah dijadikan satu wilayah Jatim. Jadi adminnya ada 2 biar makin seru 🤭

      Hapus
  2. Belajar SEO mudah asal mau belajar dan konsisten...jadi semangat belajar juga saya!
    Salut untuk founder SEO Moms Community dengan ide menariknya mengajak Moms belajar SEO. Juga untuk anggota SEMOC yang semangat mempelajarinya. Sukses buat SEO Moms Community!

    BalasHapus
  3. Penting banget nih kita ikut komunitas seperti ini. Agar bisa menambah ilmu dalam kepenulisan.

    BalasHapus
  4. Widiih, beneran cihuy nih SEO Moms Community.
    Asyik ya mba, bisa belajar materi SEO dgn cara yg super duper fun
    apalagi membernya cewe only, jadi makin semangaatt!

    BalasHapus
  5. udah 10 tahunan ngeblogpun saya kesulitan memahami SEO

    padahal penting banget paham SEO, kecuali mau nulis untuk dibaca sendiri :D :D

    BalasHapus
  6. Aku senang bisa menjadi bagian dari seo moms ini mbak
    di seo moms, seo jadi lebih mudah dipahami emak emak seperti aku ini

    BalasHapus
  7. Wah, asyik banget ya mbak. Dapat ilmu dari SEO MOMS. kemarin aku pernah ikutan cuma gak sampe selesai karena sibuk mau pindahan rumah. Setelah dipikir-pikir sayang banget rasanya. hiks...

    BalasHapus
  8. Aku kepengen deh belajar blogging lebih dalam melalui SEO COmmunity :) Belum daftar sih. Kalau Jakarta, keoada siapa tanya2 dan daftarnya? Asyik banget kalau metode pengajarannya disesuaikan dengan sikon para mamah rempong ya hehehe. Keren!

    BalasHapus
  9. Aku banget nih, Mbak. Menulis lebih banyak karena berbagi pengalaman yang kadang beda tipis sama tjurhat, hahaha ... Nggak pakai mikirin SEO padahal kalau dipelajari dan dioptimalkan bisa jadi uang, ya. Entahlah, buatku segala istilah dalam SEO itu terlalu rumit, kepala udah pusing duluan, wkwkwk ...

    Tapi benar loh istilah tak kenal maka kenalan. Kudu kenal dulu, biar bisa menilai beneran nggak sih SEO serumit yang kubayangkan.

    Terus, terus, wilayah Jawa Barat daftar kemana ini? Hihihi ...

    BalasHapus
  10. Belajar seo jadi lengkap karena ada kelas dan tentor, lanjut berkarya untuk literasi.

    BalasHapus
  11. Wah keren ya mas Qibenk owner SEO Moms Community ini sebagai wadah bagi para emak-emak untuk belajar blog dan SEO. Keren jasanya beliau, belajar sudah gratis dan tentunya difasilitasi dengan sabar oleh beliau. Semoga amalannya bisa terbawa sampai akhirat nanti.

    BalasHapus
  12. Sampai sekarang aku masih belum begitu paham tentang seo, aku hanya nulis nulis dan nulis, satu lagi tulisanku gak ada pembacanya. Sepertinya harus dr sekarang harus belajar seo

    BalasHapus
  13. Saya tahu SEO baru kulit-kulitnya aja, belum mendalam. Bisa on page seo saja sudah senang sekali. Makin senang lagi kalo bisa join SEO Moms Communitya ya. Pasti lah makin bagus nanti performa blog saya.

    BalasHapus
  14. Wah, jadi pengen gabung juga. Selama ini ngeblog nggak pernah mikir SEO, seringnya posting ya posting aja hehehe...

    BalasHapus
  15. Saya juga masih buta soal SEO ini mbak, nulis blog ya nulis aja. Nulis aja kadang jarang bisa konsisten hehehe. Pernah daftar untuk ikut pas ada pembukaan untuk wilayah Jatim, tapi belum berhasil lolos.

    Ntar kalau di buka kelasnya, mau coba daftar lagi ah.

    BalasHapus
  16. SEO MOM-nya Mas Qbenk emang luar biasa, aku baru join mbak yang Jateng, allhamdulillah enak banget pembelajarannya. Sabar banget beliaunya

    BalasHapus
  17. Pengen deh belajar serius tentang SEO. Untuk saya yang di Kabupaten Bekasi bisa menghubungi siapa ya?

    BalasHapus
  18. Semoga makin berkah untuk pendirinya Mas Qbengk. Baru tahu dibalik penggagas SEO MOMS adalah seorang laki-laki. Semoga dengan niat mulianya membantu para moms untuk terus upgrade kualitas ngeblognya.

    BalasHapus
  19. Kalo SEO Moms itu ada kelas intensifnya gitukah, mbak? Atau gmn ya sistemnya?

    BalasHapus
  20. Duuuh aku baca ini nyesel bangeeet rasanya
    Udah sempat masuk kelasnya di awal-awal, tapi akhirnya gak bisa lanjut karena harus fokus pada hal lain yang cukup menyita waktu. Semoga ada kesempatan yang main belajar di kelas keren ini

    BalasHapus
  21. Duh pengen banget mba ikutaaan, soalnya masih bingung soal seo. Padahal aku uda ngeblog sejak 2010 huhu.

    BalasHapus
  22. Komunitas yang sangat bermanfaat nih buat ibu-ibu, kalau sudah ada komunitas begini, semoga emak-emak blogger semakin mentereng blognya. Semoga jadi pahala juga buat mas Qbenk dan almarhumah ibu beliau

    BalasHapus
  23. Salam kenal Mba...sesama murid bang Q. Semenjak gabung di SEMOC, bnyak banget dapat ilmu baru. Salut sama bang Q yang udah mau berbagi ilmu penting perSEOan. Sebagai blogger baru, jujur aja aku masih terseok-seok ngikutinnya. Syukur metode belajar di SEMOC paham banget dunia emak2.

    BalasHapus
  24. wah mbak fionaz, aku jadi mau gabungg deh sama seo moms ini. kalau daerah jakarta gabungnya kemana ya?

    BalasHapus
  25. saya sudah belajar sedikit sedikit soal seo blog, tp masih saja sulit dalam penerapannya. Makasih mbak atas sharingnya

    BalasHapus
  26. Asyik banget belajar SEO Mba, bareng komunitas lagi, SEO Moms Community ya. Jadi pingin ikutan, pastinya nambah pertemanan juga selain wawasan SEO ya. Wah pendirinya laki-laki ya, keren banget nih Mas Qbenk berbagi ilmu dengan para emak dan perempuan.

    BalasHapus

Posting Komentar