Cara Mudah Membersihkan Kerak Kamar Mandi Yang Membandel - Kalian pernah ngalamin nggak sih teman, punya kamar mandi yang noda keraknya sulit banget dihilangkan alias membandel? Sudah disikat kuat masih aja nggak bisa hilang nodanya, kalau kayak gini sudah pasti bikin malu kalau sedang ada tamu yang pamit pengen ke kamar mandi.

 

Saat membangun rumah kita harus perhatikan betul jenis material yang digunakan termasuk dalam pemilihan keramik untuk kamar mandi. Keramik kamar mandi sudah seharusnya pakai jenis keramik yang agak kasar, gunanya agar nyaman dipijak dan nggak bikin orang mudah tergelincir. Karena keramik kamar mandi tiap hari pasti basah oleh air, hal ini memicu timbulnya lumut yang kadang tak kasat mata yang bisa menyebabkan area lantai menjadi licin.

 

Makanya kita perlu membersihkan kamar mandi secara seksama di bagian bak mandi, dinding kamar mandi dan juga lantai. Selain di lantai, pada dinding kamar mandi juga sering kita temukan noda kerak berwarna kuning yang bisa disebabkan oleh sisa sabun, kotoran, jamur atau tetesan air (beberapa jenis air bisa menyebabkan noda di bak mandi).

 

Nah noda membandel seperti inilah yang kadang sulit dihilangkan kalau hanya dengan disikat aja. Tapi sebenarnya hanya dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan biasa ada di rumah kita bisa lho membersihkan kerak yang membandel seperti ini. Coba siapkan sikat pembersih lantai, kain lap, pel berbahan karet, sarung tangan. dan sekarang yuk kita ikuti cara membersihkan kerak kamar mandi yang membandel dengan bahan-bahan mudah didapat di rumah berikut ini, dijamin kamar mandi akan kembali bersih seperti semula.

 

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi.

Asam Sitrat

kalian di rumah selalu sedia asam sitrat nggak? Dalam penggunaan sehari-hari Asam sitrat (citrid acid) sering digunakan untuk pemberi rasa asam pada makanan atau minuman, selain itu asam sitrat juga termasuk bahan pembersih ramah lingkungan yang mampu membersihkan noda pada pakaian, pembersih panci, penjernih air dan juga bisa digunakan untuk pembersih kamar mandi yang berkerak.

Langkah pertama kalian bisa menyikat lantai kamar mandi dengan batu apung dan detergen atau cairan pencuci piring, setelah itu bilaslah lantai dengan air mengalir hingga sisa sabun nya hilang. Saat lantainya masih basah lalu taburkan asam sitrat secara merata kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam, setelah satu jam lalu sikat kamar mandi lalu bilas sampai bersih. Perlu diingat membersihkan lantai kamar mandi yang kasar seperti ini umumnya akan menunjukkan hasil yang signifikan setelah dua sampai tiga kali proses pembersihan.


Belimbing Wuluh.

Berbahagialah kalian yang di rumahnya ada tanaman belimbing wuluh, karena selain banyak manfaatnya bagi kesehatan ternyata belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih kerak di kamar mandi rumah kita. kandungan asam dalam belimbing wuluh hampir mirip dengan asam sitrat yang berkhasiat membersihkan kerak membandel.

Caranya sangat mudah, cukup gosok-gosok belimbing wuluh pada bagian kamar mandi yang terdapat kerak lalu diamkan kurang lebih selama 15 menit, kemudian siram bagian tersebut dengan air sampai bersih dan mengkilap.

 

Garam Dapur

Kamar mandi kalian terdapat bekas semen yang masih menempel? Pasti bakal makin menyulitkan saat membersihkan kamar mandi ya! Sekarang kamu bisa gunakan garam dapur untuk menghilangkan bekas semen tersebut.

Caranya basahi lantai yang terdapat bekas semen lalu taburi garam sampai merata, biarkan lantai selama semalam. Setelah itu sikat lantai dengan menggunakan sikat keramik sampai bersih.

 

Kaporit

Cara membersihkan kerak kamar mandi berikutnya ialah dengan menggunakan kaporit, kaporit ini juga bisa berfungsi sebagai desinfektan yang mampu membunuh mikroorganisme penyebab penyakit. Bahan yang terkandung dalam kaporit aktif membersihkan kerak pada kamar mandi yang sudah bertahun-tahun.

Caranya pertama-tama siram lah lantai kamar mandi dengan menggunakan air panas lalu taburi bubuk kaporit sampai merata dan tunggu sampai 30 menit. Kemudian sikat kamar mandi menggunakan sikat keramik, lakukan dengan baik agar hasilnya maksimal.

 

Pakai Cairan Pembersih Khusus Kamar Mandi.

Kalau kalian ingin mencari cara membersihkan kamar mandi yang praktis, kalian bisa gunakan Vixal pembersih toilet dan kamar mandi profesional 2L. Cara menggunakannya juga sangat mudah, tuang Vixal ke permukaan lantai kamar mandi dan toilet yang terdapat kerak membandel, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu sikat secara merata lalu bilas hingga bersih.

Vixal pembersih toilet dan kamar mandi profesional 2L ini diformulasikan khusus untuk menghilangkan noda membandel pada permukaan porselen, keramik, mozaik dan sejenisnya secara cepat tanpa merusak permukaan. Selain itu juga ampuh melawan kuman dan membuat kamar mandi menjadi harum, bersih dan segar. Kemasan 2L jadi lebih hemat jadi cocok digunakan di kantor, hotel, restoran dan kafe.


Itulah tadi teman beberapa cara membersihkan kerak kamar mandi dengan mudah. sebenarnya kalau sudah tau triknya, membersihkan kerak membandel sudah bukan masalah lagi ya. Selamat mencoba..

20 Komentar

  1. Ulalaaa, ternyata ada cara jitu utk bersihkan kerak di kamar mandi
    sip sip markosippp
    makasi ya mba Fiona tipsnyaaa

    BalasHapus
  2. Wah banyak yang tidak tahu nih ...biasanya beli aja pembersih kamar mandi ternyata bisa dengan garam, belimbing wuluh, kaporit dan lainnya...Terima kasih infonya ya...:D

    BalasHapus
  3. Bersihin kamar mandi tuh pekerjaan yang nyebelin buat saya, hehe. Malas berurusan dengan noda yang susah banget hilang di lantai dan dinding kamar mandi. Ternyata dari bahan-bahan di dapur bisa membantu. Patut dicoba nih....

    BalasHapus
  4. Blimbing wuluh juga ada waah nggak nyangka.. Mungkin karena ada rasa asamnya kali ya, Mbak.. Jadi kandungannya berfungsi kayak Asam Sitrat gitu.

    BalasHapus
  5. Eh iya ya, kaporit itu ampuh membersihkan kamar mandi, makanya kamar mandi di Surabaya itu lebih lama berlumutnya, ketimbang kamar mandi rumah-rumah di Sidoarjo, saking di Sby airnya banyak kaporit banget, beda ama di Sda, yang masih lebih sedikit kaporitnya, tapi kamar mandi cepat banget berlumut, lalu berkerak :D

    BalasHapus
  6. Kayaknya saya mau cobain yang pakai garam. Karena bahannya selalu ada di rumah. Semoga bisa saya praktekkan

    BalasHapus
  7. semua udah saya coba, kecuali belimbing wuluh, padahal banyak lho

    berjatuhan nggak ada yang ambil karena bosen bikin garang asem

    mau coba ah untuk meembersihkan kerak

    terimakasih banyak untuk infonya ya?

    BalasHapus
  8. Saya biasanya pakai belimbing wuluh buat bersiin keran yang berkerak, memang ampuh. Belum pernah coba garam, ternyata bisa juga ya. Kapan-kapan mau coba di wastafel, biasanya di situ juga suka ada keraknya.

    BalasHapus
  9. Begitu mudah membersihkan kerak ya mbak tinggal Kitanya saja yang harus rajin hehee

    BalasHapus
  10. Ada kaporit itu yang sering digunakan rumah tangga untuk bersih-bersih

    BalasHapus
  11. Kalau belimbing wuluh Aku Blum coba mba... kaporit kadang krna lumayan ampuh walaupun bau nya sedikit menyengat tapi anak2 ku sukašŸ¤¦ keingetan kolam renang katanya..

    BalasHapus
  12. Paling malas memang kalo uda menemukan kamar mandi yang kotor dengan beragam kerak membandel. Saya selama ini tau asam sitrat hanya untuk makanan dan minuman ternyata bisa untuk bersihkan kerak kamar mandi ya. Boleh juga dicobain deh beragam caranya nih.

    BalasHapus
  13. Saya malah baru denger pakai belimbing wuluh ini efektif. Mau saya coba mbak soalnya selama ini saya pakai cairan keras gitu

    BalasHapus
  14. Terimakasih banyak tipsnya ya, jadi pengen coba pakai asam belimbing wuluh, mumpung banyak yang berjatuhan

    BalasHapus
  15. Mbak di rumah mamaku banyak banget belimbing wuluh cuss besok besok mau Cobain ah..

    BalasHapus
  16. Macam-macam pembersih kamar mandi yang bisa diterapkan. Apalagi ada yang memang digunakan di rumah hehe. Semangat bebersih

    BalasHapus
  17. Kebersihan kamar mandi/toilet, menurut banyak orang, jadi cerminan tingkat kebersihan rumah. Mengingat itu, saya jadi aware banget sama hal ini. Malu rasanya kalau pas ada tamu eeehh toilet kita berantakan dan kotor.

    Saya sering pakai VIXAL untuk membersihkan kamar mandi. Meski aromanya menohok setidaknya efektif untuk membersihkan kerak dan jamur. Biasanya habis itu kamar mandi saya semprotkan pewangi ruangan bisa gak pengap.

    BalasHapus
  18. Sebagai tim gak pernah ikutan bersihin kamar mandi dan dapur aku surprise belimbing wuluh ternyata bisa buat bersihin kerak bandel..

    Thankyou infonya kak fio...
    Nanti kukasih tau orang rumah hehe

    BalasHapus
  19. waahh di depan rumah ada banyak belimbing wuluh, baru tahu, tau gitu dari kemarin aku bersihin kerak di dapur pakai itu, makasih ya mba..

    BalasHapus
  20. Belimbing wuluh bermanfaat banget ya kak, padahal ngebayangin aja udah ngiler geli hehehe karena kecutnya. Menjaga kamar mandi bebas kerak ini memang PR banget

    BalasHapus

Posting Komentar