Hoala & Koala Channel Musik Anak Indonesia - Memiliki anak usia balita bikin kita harus pintar dan kreatif dalam mengajarinya berbagai hal baru. baby Hazel sekarang sudah menginjak usia 2 tahun, di usia segini anak akan memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang semua hal yang ada di sekitarnya, entah itu mainan, makanan atau benda apapun yang berada didekatnya.


Nah baby Hazel sekarang lagi seneng banget sama lagu anak-anak lho, awalnya pernah nggak sengaja saya dengar dia menyanyi sebait lagu yang biasa kami nyanyikan. Selama ini saya memang sering mengajarkan dia lagu yang ada pada umumnya seperti lagu Bintang Kecil, Tik Tik Bunyi Hujan, Kebunku, Pelangi, dll. Tapi yang namanya anak kecil suka cepat bosan ya, jadi kadang saya ajak dia mencari lagu-lagu baru di Youtube.


Tapi mencari lagu anak di Youtube ternyata nggak mudah karena banyak sekali macamnya ya teman. Sebenarnya kalau boleh jujur untuk tayangan tv dan sebagainya saya lebih suka tontonan jaman dulu yang ramah anak dan sangat sesuai dengan usia, jadi orang tua juga bisa tenang saat anak asyik nonton. Kalau sekarang kita harus lebih selektif lagi saat mencari tontonan anak, apalagi kecanggihan teknologi makin pesat jadi makin variatif jenisnya.


 


Berkenalan Dengan Hoala & Koala

Setelah mencari beberapa channel Youtube beruntungnya saya bertemu dengan channel Hoala & Koala lagu anak Indonesia yang cocok dengan apa yang saya harapkan dan ternyata baby Hazel juga suka sekali dengan channel ini. btw kalian sudah tau belum dengan Hoala & Koala? kalau belum, yuk kita kenalan dengan mereka.


Jadi Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu kedepannya. Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa khawatir bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.


Saya suka channel Hoala & Koala ini karena seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini semua bisa bernyanyi, seperti tokoh ayah, ibu, miss jeruk dan lainnya. Jadi rasanya lebih variatif karena dengan banyaknya karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan bukan hanya bisa menghibur anak-anak, tapi juga mampu menghibur kita para orang tua yang menemani anaknya nonton sambil mendengarkan lagu-lagu persembahan Hoala & Koala ini.


 

Latar Belakang Terciptanya Hoala & Koala

Karakter musikal yang bernama Hoala & Koala ini diciptakan pada tahun 2020, karena melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak jaman sekarang yang tumbuh dan berkembang di era digitalisasi.


Lahirnya Hoala & Koala ini dilatar belakangi sebab melihat kebanyakan musik anak-anak Indonesia selama ini tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dari segi penggarapan, oleh karenanya Hoala & Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang.


Banyak juga musisi Internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti terompet, saxophone, trombon, double bass, cello, harpa, klarinet, dan juga instrumen etnik khas Indonesia seperti gamelan dan angklung.


 

Hoala & Koala Lagu Anak Dengan Berbagai Genre

Yang paling saya suka dari channel Hoala & Koala ini ialah banyaknya genre musik yang diusung, ada genre children pop, jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Jadi selain kualitas vokal yang baik, keterlibatan musisi internasional, hingga banyaknya instrumen yang digunakan menambah nilai plus untuk keunikan Hoala & Koala. Jadi anak-anak nggak akan bosan nonton Hoala & Koala ini.


Eh teman, sampai saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa kita tonton melalui Youtube, Sportify, hingga iTunes.


 


Harapan Hoala & Koala

Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.


Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak.

 

Sejak bertemu dengan Youtube lagu dan animasi anak Hoala & Koala ini baby Hazel jadi lebih anteng, biarpun dia belum bisa membaca liriknya tapi karena lagunya mudah dihafal jadi dia juga mudah mengingatnya. Kadang sambil bermain dia juga menyanyikan penggalan-penggalan lagunya, saya dibuat senyum-senyum sendiri karena dia menyanyi dengan kosa kata yang kurang fasih tapi dia tetap pede saja. dan sekarang saya sangat merekomendasikan Hoala & Koala ini sebagai tontonan anak Indonesia.

23 Komentar

  1. belakangan anak-anakku juga suka tak putarin Hoala dan Koala ini Mbak, malah Si Kakak kalau nenangin Adiknya suka dibujuk pake Hoala dan Koala hihih

    BalasHapus
  2. Hoala dan Koala ini memberikan alternatif lagu untuk anak yang memang cocok untuk anak. Kasiyhan anak2 sekarang banyak yang mainannya lagu dewasa.

    BalasHapus
  3. wah kalau ada channel youtube yg ramah anak gini lumayan tenang ya mba Fi, sebab tidak bisa dipungkiri, Youtube memang sudah jadi sahabat anak sehari-hari. asal tidak berlebihan aja, dan kitanya selektif cari content yang bermutu. terima kasih infonya.. aku mau rekomendasiin ke ponaan2 nih... siapa tahu pada suka

    BalasHapus
  4. Allhamdulillah mba. Aku termasuk orang tua yang senang dengan hadirnya chanel koala dan hoala. Karena rasanya sedih gitu ya, banyak anak anak jaman sekarang tetapi lagunya lagu cinta cintaan orang dewasa yang sebelum waktunya anak anak kita nyanyikan karna mereka masih kecil. Jadi kalau ketemu chanel yang mengedukasi dan sesuai usia anak, aku ikut seneng

    BalasHapus
  5. Mbaaa, kayanya daku juga kepincut dengan channel Hoala dan Koala ini.
    Keren buangeett!
    genre musik yang diusung bervariasi ya,
    ada genre children pop, jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.
    Waaaaa, makasi infonya mbaaa

    BalasHapus
  6. Aku kasih tahu ponakanku diputerin ini, Hoala & Koala bisa nih membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan pandangan umum atas lagu anak.Sering miris anak-anak nyanyiin lagu dewasa

    BalasHapus
  7. Menarik infonya, nih. Saya punya keponakan yang masih bayi. Suka dengerin lagu-lagu anak dari Youtube. Kapan-kapan kalau ketemu lagi, saya mau kasih lihat

    BalasHapus
  8. Wah, aku belum pernah ngenalin channel ini ke anakku. Kayaknya bagus juga nih buat anak keduaku yang lagi suka ngikutin nyanyi kalau lagi lihat youtube.

    BalasHapus
  9. Aku sempat baca juga nih cerita teman tentang channel animasi Hoala dan Koala yang mengenalkan lagu anak-anak. Aku share ke ponakan juga, dan memang bagus sih isi nya lagu yang diproduksi untuk anak-anak Indonesia.

    BalasHapus
  10. Hoala dan Koala ini menjadi jawaban keresahan kita selama ini yaa. Akhirnya muncul juga channel youtube lagu anak-anak

    BalasHapus
  11. auto cari Hoala & Koala Channel Musik Anak Indonesia di YouTube deh

    dan ternyata kerennn...

    besok saya beritahu keponakan untuk lihat channel ini

    agar ikut nyanyi dan gembira

    BalasHapus
  12. Lucu banget karakter Hoala sama Koalanya, pengen cubit hihi. Berharap banget semoga musik anak-anak di Indonesia bisa bangkit kembali seperti jaman kecilku dulu. Sekarang mau cari lagu anak kok kayaknya susah

    BalasHapus
  13. Hoala dan koala ini banyak digunakan lho. ponakanku juga sering menonton ini. anak jadi ceria kalau sudah melihatnya, lagu2 yg dinyanyikan juga aman.

    BalasHapus
  14. Memang harus ada sih anak bangsa yang peduli dengan keberlangsungan musik dan film anak-anak supaya tetap lestari seperti boomingnya pada era-90-an. Dulu santer banget anak-anak kreatif dan mengisi banyaknya panggung di dunia musik dan hiburan tanah air. Tapi sekarang emang udah jarang. Adanya Hoala dan Koala mudah2an bisa melestarikan hiburan anak di tanah air.

    BalasHapus
  15. Noted nih kak channel Hoala & Koala nya, soalnya daku punya ponakan masih kecil-kecil yang butuh tayangan khusus anak-anak

    BalasHapus
  16. senangnya ada Hoala dan Koala ya mbak
    anak anak bisa dihibur dengan lagu lagu yang sesuai umurnya

    BalasHapus
  17. Nah ini aku suka banget sama ide bikin chanel kreatif kayak gini... Apalagi juga mengenalkan lagu untuk anak ya... Biar anak-anak menyukai lagu yang sesuai dengan usianya.

    BalasHapus
  18. Perkembangan musik anak seperti diatas memungkinkan anak mengakses musik sesuai usianya

    BalasHapus
  19. Terimakasih informasi referensinya kak, kebetulan lagi nyari lagi lagu-lagu buat anakku, sejak pandemi mesti mikir apa lagi yang harus diajari.

    BalasHapus
  20. Bagus banget ada kanal khusus lagu anak begini. Bisa buat menghibur balitaku nanti pas udah mulai agak gede dan kenal lagu anak.

    BalasHapus
  21. Sama kak Saya juga suka banget channel Hoala & Koala ini karena seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini semua bisa bernyanyi, seperti tokoh ayah, ibu, miss jeruk dan lainnya. Anak-anak juga happy banget sih jadinya

    BalasHapus
  22. Menarik sekali channel hoala & koala
    Jadi refrensi tayangan yg menarik utk anak2 dah gitu dominasi juga musik dan lagu2 yg sesuai dgn usia anak

    BalasHapus
  23. Aku sempat merasakan keresahan tayangan lagu anak yang terkadang isinya bukan khas anak-anak. Beruntung ya, kini ada Hoala & Koala, jadi tambah satu lagi referensi tayangan yang bisa dinikmati anak-anak. Terimakasih mba

    BalasHapus

Posting Komentar