Perbedaan Sunblock dan Sunscreen yang Perlu Kamu Tau - Selama pandemi ini kita disarankan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, mengkonsumsi multivitamin dan tak lupa berjemur dibawah sinar matahari pagi.


Karena keseringan berjemur, kegiatan berjemur yang saya juga sempat bingung sebaiknya berjemur sebelum mandi atau sesudah mandi? akhirnya kini sudah menjadi suatu keharusan yang saya lakukan setiap hari. sambil berjemur biasanya saya barengi dengan kegiatan lain seperti menyiram tanaman di halaman rumah, sambil olah raga kecil, atau sambil membersihkan rumput yang ada di halaman.


Di awal-awal kegiatan berjemur ini saya lakukan, saya masih santai aja sih dengan efek dari sinar matahari. tapi setelah saya perhatikan, ternyata permukaan kulit terlihat lebih gelap dari pada sebelumnya. Dan penggelapan ini terjadi di area-area tubuh yang terpapar sinar matahari langsung seperti tangan dan kaki. Waduh, nggak bisa dibiarin dong. Bisa-bisa makin parah ya.


Baru sadar ternyata biarpun berjemur hanya sebentar, ya kira-kira hanya 15 menit tapi efek buruk sinar matahari tetap saya rasakan. Dan kesalahan saya karena nggak pakai krim pelindung sinar matahari baik itu sunblock ataupun sunscreen.  Teman, awalnya saya sempat bingung harus pakai sunbock atau sunscreen saat akan berjemur, karena jujur saya kurang paham perbedaan dan persamaan kedua krim anti sinar matahari tersebut.


Setelah kulik-kulik lebih dalam di beberapa artikel, sekarang saya lebih paham perbedaan sunblock dan sunscreen. Apa saja itu? Yuk kita ulas selengkapnya.

 

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Kita perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ini dikarenakan efek buruk dari sinar UVA dan UVB bisa membuat masalah pada kulit seperti kulit menjadi terbakar, munculnya efek penuaan dini, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Nah untuk melindungi kulit dampak buruk tersebut kita dapat melakukan pencegahan dengan cara mengoleskan krim pelindung matahari seperti sunblock atau sunscreen yang sudah teruji mampu melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV. kedua produk ini pada dasarnya sama-sama mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tapi ternyata sunblock dan sunscreaan memiliki perbedaan.

 

Fungsi sunblock dan sunscreen

Kita bisa melihat perbedaan sunblock dan suscreen pada fungsi dari kedua krim ini. sunblock mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. nah kalau sunscreen, krim ini mampu menyerap kedalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk kedalam tubuh.

Sunscreen biasanya hanya melindungi dari paparan sinar UVB saja, tapi sekarang mulai banyak kita jumpai sunscreen wajah yang mampu melindungi dari sinar UVA yang umumnya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan flek hitam.

 

Cara kerja

Perbedaan sunblock dan sunscreen dapat kita lihat dari cara kerja kedua krim ini yang juga berbeda.

  • Sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan diatas permukaan kulit. Sunblock biasanya digunakan untuk orang yang sering beraktifitas dibawah sinar matahari, seperti ke pantai atau berolahraga. Sunblock memiliki tekstur yang kenyal dan biasanya ketika diaplikasikan ke kulit akan meninggalkan warna putih. Didalamnya terkandung bahan yang mampu membangun lapisan yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Sedangkan sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV kemudian mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan warna (transparan) di kulit. Sunscreen biasanya mengandung SPF dengan angka yang dpat menentukan berapa lama produk ini dapat melindungi kulit. Misalnya, saat kulit akan terpapar sinar matahari selama 15 menit, maka penggunaan SPF 10 dapat memperpanjang waktu hingga 10 kali lipat sebelum kulit terbakar. Dan setelah 150 menit berlalu, sunscreen harus segera dioleskan kembali.

 

Kandungan dalam sunblock dan sunscreen

Biasanya bahan kimia aktif yang terkandung dalam sunscreen ialah Octocrylene, Mexoryl XL, SPF dan PA. Kandungan ini berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Sedangkan di dalam sunblock terdapat kandungan mineral seperti Titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai bila terkena sinar matahari.

 

Cara penggunaan yang berbeda

Karena cara kerja yang berbeda membuat cara penggunaanya juga nggak sama. Cara penggunaan sunblock oleskan secara menyeluruh ke area yang terpapar sinar matahari, sunblock bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit. 

Sedangkan untuk sunscreen harus dioleskan sekitar 20 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari langsung, hal ini karena kandungan dalam sunscreen memerlukan waktu untuk meresap ke dalam kulit. Yang perlu diperhatikan, baik menggunakan sunblock ataupun sunscreen harus dioleskan tiap 2 atau 3 jam sekali agar hasilnya lebih optimal melindungi kulit.

 

Nah sekarang kita sudah paham kan perbedaan sunblock dan sunscreen, jadi intinya diantara kedua produk ini nggak ada yang lebih baik ataupun tidak karena keduanya memiliki kegunaannya masing-masing, dan dalam penggunaannya tinggal pilih saja sesuai kebutuhan kita.

14 Komentar

  1. Tulisan yang menarik, saya baru tahu tentang sunblock dan sunscreen

    BalasHapus
  2. wah saya selalu kebalik antara Sunblock dan Sunscreen

    harus sering dibaca dan digunakan ya? Supaya gak salah pakai.

    BalasHapus
  3. Sunblock dan sunscreen sebelumnya istilah kata yang baru bagi saya, sekarang diferensiasi antara keduanya mulai bisa dipahami jelas.

    BalasHapus
  4. Wah sebagai cowok baru tahu perbedaan sunblock dan sunscreen di atas, maklumlah gak sering pakai make up hehe. Tapi akhirnya setelah baca jadi tahu. Makasih infonya kak.

    BalasHapus
  5. Wah baru tahu detil perbedaan sunblock dan sunscreen. Saya pakai sunscreen setiap hari, sedangkan sunblock kalau berenang atau ke pantai, sepedahan sama anak-anak. Memang wajib agar kulit kita terlindungi dari efek buruk sinar matahari

    BalasHapus
  6. Ternyata ya. Meskipun sama-sama untuk menjaga kulit dari sinar matahari, baik sunblock dan sunscreen punya fungsi yang berbeda-beda. Masa penggunaan dan proses penyerapannya juga berbeda. Makasih untuk ilmu yang sudah dishare Mbak Fiona

    BalasHapus
  7. Jujur aku juga masih suka kebalik. Malah dipikir sama aja cara pemakaiannya, ternyata beda ya? Hehehe... Penting banget nih keduanya, apalagi sekarang lebih rajin berjemur juga. Jangan sampai kulit jadi tambah gelap juga.

    BalasHapus
  8. Wah gitu ya, aku baru tau lho kak, kirain sama aja sunscreen dan sunblock itu hihi. Sering bingung emang kalau lagi milih-milih produk ini, perasaan sama semua.

    BalasHapus
  9. Nah bener banget nih kadang orang awam ga ngeh ya perbedaan sunblock dan sunscren malah suka kebalik cara penerapan pakainya

    BalasHapus
  10. Wah kak Saya dapat ilmu baru nih selama ini tahunya hanya sunblock ya sunscreen eh ternyata beda ya ... Trims kak

    BalasHapus
  11. Untuk sehari hari saya pakai sunscreen mbak, malah kalau berenang saya gunakan sunblock SPF 50 gitu

    BalasHapus
  12. Ternyata beda ya mbak, sebagai orang yang gak paham dunia perskincarean jadi tahu setelah baca ini. Tetapi biasanya sih orang banyak merekomendasikan sunscreen ya.

    BalasHapus
  13. Wah, aku baru tahu nih perbedaan sunblock dan sunscreen. Selama ini aku kira sama. Berarti aku kalo lari outdoor, harusnya pake sunblock ya. Biar gak hitam. Wah, kudu nyari sunblock nih. Selama ini aku sunscreen lho. Pantesan aja kalo abis lari di luar gitu, wajah gosong. :D

    BalasHapus
  14. dulu nggak begitu paham bedanya, aku kira sama aja dan cuman pembaruan nama
    ehhh pas rajin traveling dan baca baca jadi tau juga kalau ternyata ini adalah 2 jenis yang berbeda dan fungsinya bisa dibilang sama sama melindungi dari matahari tapi beda komposisi

    BalasHapus

Posting Komentar