Storytel Audiobook, Menikmati Buku dengan Cara yang Lebih Seru

 

Audiobook Indonesia

Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq, selalu sukses menyihir saya seolah ikut masuk di mana masa itu sedang terjadi. sebenarnya saya sudah baca novel Dilan berulang kali tapi tetap saja setiap kali membaca novel ini bikin saya senyum-senyum sendiri dengan kisah cinta ala anak SMA yang biasa terjadi.


Novel ini juga sudah difilmkan dan saya juga sudah menontonnya, tapi entah mengapa saat saya ingin mengingat kisah cinta Dilan dan Milea, saya akan mencari buku bersampul abu-abu dengan cover bergambar seorang cowok SMA dan sebuah motor miliknya. Rasanya saya lebih nyaman membaca buku karena bisa bebas berimajinasi dengan peran-peran yang ada dalam cerita tersebut.


Kisah ini berlatar di Bandung pada September 1990, berawal dari Milea seorang siswi baru kelas 2 Biologi 3 di suatu SMA yang merupakan anak pindahan dari Jakarta. Milea didekati oleh Dilan siswa kelas 2 Fisika 1 yang merangkap sebagai anggota geng motor dengan jabatan panglima tempur.


Yang paling bikin saya terkesan itu cara Dilan mendekati Milea, karakter Dilan yang slengekan, lucu, tapi tetap berwibawa yang membuat Milea makin penasaran dengan Dilan dan sampai akhirnya mereka pacaran, ya biarpun sampai di penghujung akhir cerita mereka baru terang-terangan menyatakan perasaan satu sama lain.


Kalau kalian kira kali ini saya sedang membahas resensi buku, kalian tentu salah! Karena kali ini saya mau kasih info ke kalian gimana menikmati buku dengan cara yang berbeda dan tentunya lebih seru.


Tren Mendengarkan Buku yang Makin Booming

Sebenarnya sudah sejak lama saya mencintai buku, ya biarpun koleksi buku dan novel saya belum banyak karena lebih sering pinjam dari pada beli. Tapi saya selalu menjaga dan merawat buku-buku yang saya miliki seperti novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. buku-buku ini tersusun rapi di rak buku, dan kalau sedang ada waktu luang biasanya saya sempatkan membaca.


Tapi jujur saja, istilah waktu luang ini yang kadang sulit saya miliki. bukannya sok sibuk ya, tapi menjadi ibu rumah tangga yang tinggal dengan suami, 3 anak, dan satu keponakan itu nggak mudah. Itulah kenapa saya memilih kerja sebagai freelancer agar bisa mengatur sendiri jam kerja saya di rumah, ketimbang mesti meninggalkan mereka untuk kerja di luar rumah. Dan akhirnya sekarang ini kegiatan membaca buku jadi jarang saya lakukan.


Seiring perkembangan teknologi, tren mendengarkan buku semakin populer di semua kalangan, baik di kalangan anak muda sampai orang tua. Saya sangat mendukung saat tren ini makin booming karena tentunya tren mendengarkan buku ini bakal sangat memudahkan semua orang terlebih bagi penyandang disabilitas saat ingin membaca.


Dan saat ini saya sudah menemukan aplikasi yang bisa digunakan untuk mendengarkan isi buku. Lho, emang ada? Ya jelas ada dong!

 

Rekomendasi buku

Mengenal Storytel Audiobook

Storytel merupakan aplikasi audiobook yang menyajikan berbagai macam buku untuk didengarkan melalui smartphone. Storytel sendiri berasal dari Swedia dan pada 9 Maret 2022 kemarin resmi diluncurkan di Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk memperluas kehadirannya di kawasan Asia Pasifik sejak 2017.


Dengan aplikasi Storytel ini kita bisa menikmati buku dengan cara yang lebih seru, karena lebih praktis bisa dinikmati via smartphone di mana aja dan kapan aja. Bahkan dalam perjalanan sekalipun sangat menyenangkan bisa mendengarkan Game of thrones karya dari George R.R Martin. 

 

Menikmati Buku dengan Cara yang Lebih Seru

Storytel Audiobook ini memiliki lebih dari 150.000 judul buku dari 19 genre, mulai dari buku best seller lokal sampai internasional yang dibacakan oleh narator berkualitas mulai dari narator profesional hingga publik figure ternama yang akan membacakan cerita dan memainkan imajinasi kita lebih jauh.


Seperti saat saya mendengarkan novel Dilan via aplikasi Storytel ini, novel Dilan memiliki durasi 8 jam 53 menit dan dibacakan oleh Sissy Prescillia. Biarpun dibacakan oleh narator seperti ini tapi feel nya tetep dapat. Nah fyi nih teman, Sissy Prescilla ini merupakan kakak dari pemeran Milea yaitu Vanessa Prescilla.


Buat yang suka novel fiksi luar negeri di Storytel juga tersedia seperti Harry Potter Audiobook karya dari J.K.Rowling yang sebenernya udah tamat saya baca bukunya dan masih banyak lainnya.


Untuk rekomendasi buku dalam negeri ternyata banyak juga buku best seller yang tersedia seperti Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi dan masih banyak lagi.

 

Negeri Lima Menara


Keunggulan Aplikasi Audiobook Storytel

Sebagai aplikasi Audiobook Indonesia yang digunakan untuk mendengarkan dan baca buku online, Storytel tentunya memiliki berbagai macam keunggulan, diantaranya:


1. Praktis

Kita tinggal install aplikasinya, bikin akun, dan kita bisa berselancar mendengarkan buku favorit di mana pun dan kapan pun. Cara menikmatinya bisa didengarkan secara langsung maupun menggunakan headset/earphone. Sangat praktis, bisa mendengarkan buku sambil mengerjakan pekerjaan rumah, dalam perjalanan jemput anak sekolah jadi lebih menyenangkan, juga di berbagai aktifitas lainnya, nah kapan hari saya mendengarkan Hunger Games karya Suzanne Collins dalam waktu beberapa jam saja sambil mengerjakan pekerjaan rumah, jadi nggak terasa bosan. 


2. Mengurangi Aktifitas Menatap Layar

Sebagai pekerja digital, Setiap harinya saya nggak luput dari menatap layar smartphone maupun layar laptop, dan mata saya yang memang sudah minus ini sering merasa lelah kalau sudah terlalu lama menatap layar. Jadi aplikasi Storytel ini sangat membantu saya saat ingin me time tanpa harus capek-capek melihat gawai. Dan mendengarkan narator membacakan novel Mariposa jadi lebih menyenangkan. 


3. Fitur yang Lengkap

Mendengarkan buku jadi lebih nyaman dengan fitur yang dimiliki oleh aplikasi Storytel, diantaranya;

  • Fitur beranda; pada fitur ini kita akan menemukan rekomendasi buku sesuai kategori. Seperti Top Title in Indonesia, Top Title in English, Familiar voices, Certified Best Sellers, continue listening untuk melanjutkan buku yang sebelumnya sudah kita dengarkan. Saat saya belum selesai mendengarkan novel Sapiens saya dengan mudah bisa menemukannya disini. 
  • Fitur cari; kita bisa memasukkan kata kunci buku apa yang ingin kita baca atau dengarkan. Di fitur ini kita bisa mencari dari menu top, buku, penulis, narator, seri, dan tag.
  • Fitur rak buku; pada fitur ini terdapat judul-judul buku yang ingin dan sudah kita dengarkan. Di rak buku saya terdapat novel Divortiare yang nggak sabar pengen saya baca. Jadi berasa seperti rak buku yang ada di rumah kita ya.
  • Fitur profil; di fitur ini terdapat nama profil dan foto yang bisa kita ganti sewaktu-waktu. Juga terdapat menu target cerita dan statistik kita selama menggunakan aplikasi ini.

 

4. Terdapat Mode Khusus Anak

Kita bisa mulai membiasakan anak-anak untuk cinta membaca dan mendengarkan cerita melalui mode khusus anak. selain itu dengan mode ini, kita jadi lebih nyaman karena buku yang tersedia sudah disesuaikan dengan usia mereka. ya biarpun selama saya menggunakan aplikasi ini saya tidak melihat adanya buku-buku yang tergolong 18+

 

Aplikasi Audiobook

Kesimpulan

Nah teman, melalui aplikasi Audiobook Storytel ini kita bisa menikmati buku dengan cara yang lebih seru kan! Dan buat kalian yang ingin merasakan Audiobook Indonesia ini, Kita bisa install Aplikasi Storytel untuk Android atau Aplikasi Storytel untuk iOS


Dan kalian nggak boleh sampai ketinggalan harga promonya yaitu cukup Rp39.000,- aja untuk satu bulan berlangganan kita bebas berselancar menambah wawasan dan menikmati buku dengan satu aplikasi seru Audiobook Storytel.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

80 komentar untuk "Storytel Audiobook, Menikmati Buku dengan Cara yang Lebih Seru"

Comment Author Avatar
Baru akhir-akhir ini saya denger ada aplikasi audiobook yang membacakan buku dengan bahasa Indonesia.

Audiobook bahasa Indonesia sepertinya sekarang trending.

Cuman saya kini masih mencari-cari audiobook bahasa Indonesia dengan genre nonfiksi, terutama dari genre bisnis/manajemen. Mudah-mudahan lebih banyak lagi audiobook dari genre ini yang nanti dimuat di Storytel.
Comment Author Avatar
Iya mbak, emang beberapa judul dan jenis buku seperti buku karya mbah Sujiwo Tejo saya cari belum ada. Semoga kedepannya Storytel makin banyak berkolaborasi dengan penerbit Indonesia lainnya ya.
Comment Author Avatar
Aku penikmat buku non-fiksi juga.
Masih sangat terbatas sekali koleksinya. Tapi untuk fiksi dari novel-novel terbaru, wah...kagum lihatnya. Koleksi dari Storytel banyaaakk banget.
Comment Author Avatar
Sambil ngabuburit, sambil cari menu untuk takjil, sambil baca buku eh mendengarkan buku. Keren gak tuh? Dengan storytel sekarang ga ada alasan lagi ga bisa baca (mengetahui isi) buku ya... Sesibuk apapun
Comment Author Avatar
Setuju Teh.
Kegiatan baca buku jadi mengasikkan sih yang ada, karena dibacain sama narator
Comment Author Avatar
Asyik nih dengarin novel yang dibacain sama narator.Kita tidak perlu baca novelnya lagi.Seperti aku mata sudah plus jadi kadang lelah ya baca buku kalau kelamaan,keren aplikasi storytel audiobook
Comment Author Avatar
saya malah belum pernah baca Dilan, padahal udah bolak balik memuji kreativitas Kang Pidi Baiq

keterlaluan ya?

beruntung ada Storytel ya? Bisa dengerin isi buku Dilan sambil nyuci, sambil masak dll
Comment Author Avatar
Ada teman saya berarti nih. Ngaku suka baca tapi novel Dilan mana tahu? Soalnya waktu muncul saya pas masih kerja di luar negeri dan jadinya gak ngeh
Comment Author Avatar
Cara yang solutif banget untuk mereka yang cinta buku tapi malas untuk membaca tulisan/buku cetak. Dengan mendengarkan cerita juga bisa menenangkan dan membangkitkan kemampuan kita berimajinasi. Apalagi saat dubber atau voice overnya keren dan bisa mewakili cerita yang dibaca dengan begitu baik.
Comment Author Avatar
iya, jadi kayak jaman dulu nih dengerin sandiwara radio ya. Hihi... ingat jaman saur sepuh ini jadinya.
Comment Author Avatar
Memang seru banget ya mbak cara membaca buku ala storytel ini, berasa lagi didongengin ayang.. Suara Naratornya pada alus dan merdu.. Jadi betah..
Comment Author Avatar
Storytel Audiobook membantu menunjang literasi secara baik, penggunaan mudah dan terjangkau
Comment Author Avatar
Tadinya kukira Storytel tuh khusus buku anak-anak aja. Ternyata buku dewasa juga ada. Jadi pengen install juga deh. Kayakny seru-seru bukunya...
Comment Author Avatar
Orang-orang yang belajarnya tipe audio, pasti seneng banget ada aplikasi storytel ini. Bisa rebahan sambil dengerin bacaan buku, serasa jaman kecil dulu dibacain buku sama ibu
Comment Author Avatar
hahaha iya serasa dibacain mamah

bedanya dulu agar mudah bobo

sekarang harus menyimak, agar intisarinya bisa didapat
Comment Author Avatar
Storyrtel ini serunya juga dilengkapi dengan mode anak yah, jadi akses untuk anak-anak bisa menyesuaikan batasan umur mereka ya. Anak juga bisa mengembangkan imajinasi mereka melalui cerita-cerita yang didengarkan lewat aplikasi ini.
Comment Author Avatar
Wah tosss kita Mbak, saya juga jatuh cintrong banget deh sama aplikasi mendengarkan buku yang satu ini, tau aja kebutuhan orang2 di zaman sekarang yah
Comment Author Avatar
Kok makin lama denger audiobook ini kok aku malah pingin jadi pengisi suara cerita anak ya. Jadi nanti kalau aku udah nggak bisa berkisah untuk anak-anak mereka masih bisa dengerin suaraku.

Hehehe ... Aku memang suka aneh-aneh ya mikirnya
Comment Author Avatar
Apa cuma aku ya yang belum pernah dengar buku dilan? Wkwk..

Btw, aku juga download nih aplikasi storytel. Bermanfaat banget buat bantuin aku bacain buku favorit terutama novel. Hehe
Comment Author Avatar
Keren banget ya aplikasi storytel.. Kita bisa mengakses buku yang jumlahnya banyak banget. Jadinya punya pilihan buku2 menarik..
Comment Author Avatar
Terbantu banget ya aplikasi storytell audiobook ini jadinya bisa baca buku secara digital tanpa repot bawa buku fisik..asyik dan praktis ya kak
Comment Author Avatar
Menikmati buku bacaan sekarang lebih menyenangkan ya kak.Tidak harus membaca bahkan hingga terkantuk-kantuk (itu kebiasaanku deh) dengan adanya aplikasi Storytel Audiobook kita bisa mendengarkan isi buku dari seorang narator
Comment Author Avatar
Storytel akan membuat kita bisa rajin baca dimanapun berada. Berharap sih bisa patungan beli storytel
Comment Author Avatar
Saya barusan install dong, teracuni si Diah :D
Trus abis itu malah dikuasai si Kakak, dia suka banget dengarin buku dongeng, jadi teman sahurnya banget dah :D
Comment Author Avatar
Asyik banget deh storytel ini. Aku juga udah coba dan ketagihan, dong
Comment Author Avatar
Mengurangi melihat layar ini bener banget ya. Secara kita bisa dengan cara mendengarkan. Gak harus melihat layar terus menerus
Comment Author Avatar
Enjoy banget klo ada app Storytel ini
kita tetep bisa menikmati isi buku, sambil setriko, korah2, dll.
seneng pol!
Comment Author Avatar
Asyik banget bisa tambah ilmu tanpa harus mantengin buku cetak. Praktis habis....
Comment Author Avatar
kak sebelumnya referensi story tel audiobooknya menarik, suatu saat pengin mencoba di rumah. Storytel Audiobook membantu menunjang literasi secara baik, penggunaan mudah dan terjangkau
Comment Author Avatar
Hobi baca buku tapi tidak perlu membacanya, Storytel tempatnya.
Terbantu banget dg aplikasi ini
Comment Author Avatar
Membaca jadi sangat mudah dan menyenangkan dengan aplikasi storytel audiobook ini ya.
Bisa untuk anak2 juga krn ada mode khusus anak. Keren.
Comment Author Avatar
Baca buku dengan cara yang lain emang seru. Aku udah save Dilan di rak buku nih. Mau dengerin ini juga. Biar dengerin gombalan ala Dilan yang sempat viral itu. Hehehe
Comment Author Avatar
Mendapat insight yang bagus dari yang didengarkan dengan lebih praktis ya, mba. Gak repot harus terus menatap yang mau dibaca, cukup didengarkan bisa nambah pengetahuan juga nih.
Comment Author Avatar
Nyari buku favorit gampang, plus cari naratornya juga. Sehingga kegiatan menyimak buku makin asik lagi
Comment Author Avatar
Aku otw download aplikasi storytel. Penasaran juga gimana rasanya dibacain buku.
Comment Author Avatar
Dengan storytell ini harusnya tidak ada lagi malas baca buku apalagi bukunya di bacain sama artis ternama
Comment Author Avatar
Baca buku pun semakin menyenangkan sembari bia melakukan aktifitas yang lain ya. Ilmunya tetep dapat dan rasa bosan pun gak menghampiri nih melalui aplikasi Storytel
Comment Author Avatar
aku udah coba aplikasi ini. emang seru sih berasa kita lagi diceritain dari buku yang kita baca.
Comment Author Avatar
STORYTEL memang solutif banget untuk mereka yang enggan membaca buku cetak tapi tetap ingin menikmati berbagai buku lewat audio. Rasanya seperti saat dulu mendengarkan drama lewat radio ya. Imajinasi kita berkembang seiring dengan disampaikannya cerita. Kalau suara dubbernya lembut dan nyaman untuk didengarkan, bukan tidak mungkin mengaktifkan STORYTEL saat ingin tidur, bisa mengantarkan seseorang untuk menikmati mimpi
Comment Author Avatar
Nah makanya cocok juga buat didengerin sama anak-anak karena bisa merangsang imajinasi mereka juga. Apalagi banyak dongeng dan buku ebst seller rekomen.
Comment Author Avatar
Enak dengerin buku lewat Storytel, nggak perlu capek baca teks lagi. Bisa sambil beraktivitas pula, hehehe...
Comment Author Avatar
Wah, menarik banget bisa menikmati novel dari audio. Langsung download nih aplikasinya
Comment Author Avatar
Unik juga ya audio booknya Dilan. Yang main Milea adiknya. Yang narator audio booknya, mbaknya.
Comment Author Avatar
Bisa dibilang, dari ambil trial saya malah jadi berlangganan sekarang. Karena memang mengasyikkan bisa mendengarkan buku yang ditargetkan,
Comment Author Avatar
Aku juga sdh mulai berlangganan, dan benar2 ketagihan, sambil masak didongengin, menjelang bubuk didongengin juga. Pokonya berasa lebih bermakna aja gitu. Hehe
Comment Author Avatar
Gak pernah bosan deh dengerin buku di Storytel karena pilihannya banyak banyak, oh iyaa kita bisa gak ya jadi narator di Storytel ini. Penasaran euyy pengen jadi pencerita juga.
Comment Author Avatar
Menarik banget nih baca buku tapi dengan cara mendengar. Pasti bisa di putar berulang ya dan memang bener sih enggak bikin capek mata.
Comment Author Avatar
Sejak pakai storytel, acara baca buku sekarang jadi lebih seru ya mbak. Bisa sambil rebahan. Dengerin ceritanya bagus bagus
Comment Author Avatar
Literasi seMakin mudah dengan alat ini ya. Stroy tel pasti semakin banyak peminatnya nih.
Comment Author Avatar
Bener, kalau gak dimanfaatkan dengan baik, sayang sekali. Aplg kualitas narator nya the best
Comment Author Avatar
menarik ya storytel ini, membantu banget bagi yang ingin baca tapi waktu terbatas dan ngantuk saat membaca
Comment Author Avatar
Storytel Audiobook menjadi teman literasi masa kini, semakin inovasi
Comment Author Avatar
Sama mbak, sebagai ibu 3 anak, bisa punya waktu luang untuk membaca buku itu kini menjadi sesuatu yang sangat jarang bisa terjadi.

Tapi dengan hadirnya storytel ini, kita bisa dengerin bacaan buku sambil beraktivitas ya
Comment Author Avatar
Aku udah install aplikasi ini mbak, dan enak ternyata makainya. Bisa sambil masak di dapur atau ngucek baju pakai earphone bluetooth. Dari beberapa aplikasi audio yang aku install storytel ini salah satu yang paling oke menurutku.
Comment Author Avatar
Pengen baca buku namun tidak sempat, sepertinya solusi ada di Story Tell ya mbak. Bisa mendengarkan buku, unik banget apalagi biaya berlangganan cukup terjangkau
Comment Author Avatar
Kalau dengerin buku genre horor gimana yah, kira-kira saya kuat apa enggak, hehehe. Berguna banget aplikasi ini. Segera saya unduh untuk tahu jenis buku apa aja yang bisa dibaca nih
Comment Author Avatar
cara menikmati buku dengan cara yang berbeda. bukan dibaca tapi dibacakan. alias mendengar dari buku yang dibacakan oleh seseorang melalui aplikasi. nah, storytel audiobook ini bisa dicoba. tinggal download aplikasinya dan pilih buku yang mau dibacakan. keren.
Comment Author Avatar
Wah kini makin asik ya proses baca buku, bisa dimana saja mudah di bawa selain itu tak butuh ruang banyak untuk menyimpannya
Comment Author Avatar
Bisa jadi alternatif kalo ga lagi capek ndongengin anak. Hehe
Comment Author Avatar
Aku juga sudah dengerin buku lewat aplikasi ini, ada buku untuk anak-anak juga, buku englishnya juga banyak, bisa jadi alternatif me time untuk dengerin buku
Comment Author Avatar
Storytel ini emang ngebantu banget sih haha jadi bisa dengerin buku sambil masak, sambil cuci-cuci, beresin rumah, eh ngga kerasa dah beres tuh sebuku hihihi
Comment Author Avatar
Begitu download Storytel, langsung ngumpulin banyak judul di rak buku. Moga2 sih bisa dengerin semuanya deh, hehe. Soalnya seru banget, berasa lagi dengerin sandiwara radio kek zaman kecil dulu.
Comment Author Avatar
Dunia digitalisasi sudah hadir di kehidupan kita. Semua pun ikut menyesuaikan, termasuk buku ini ya, Mbak. Jadi bisa menikamti buku dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Kapan saja, dan di mana saja.
Comment Author Avatar
Aplikasi Storytel ini emang recommended
Kita bisa menikmati buku dengan cara yang menyenangkan ya mbak
Comment Author Avatar
saya belum baca nih novel Dilan, tapi kalau filmnya sih udah nonton, next mau juga ah baca Dilan ini, eehh dibacakan ama Kakaknya Milea lewat Storytel.
saya juga suka banget lho dengan Storytel ini, kita jadi bisa menikmati buku dengan cara berbeda.
Comment Author Avatar
Lebih seru emang mendengarkan audibook apalagi santai-santai di akhir pekan, santainya dapat ceritanya jg dapet. Quality time banget
Comment Author Avatar
wah seru banget ini, bisa menikmati buku secara digital
Comment Author Avatar
seru yaaa berkat storytel kita jadi punya pilihan untuk menikmati buku dengan cara baru yang seru, buat buibu rumah tangga jadi bisa menikmati buku sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga deh
Comment Author Avatar
huwaaa pecinta dilan nihh yaaa, seru banget sih yaa klo dengerin novel favorit via audiobook gini, berasa didongengin atau dengerin opera / sandiwara radio gitu hihi
Comment Author Avatar
Akhir-akhir ini aku mencoba untuk meluangkan waktu mendengar buku-buku d storytel, apalagi buku motivasi itu ya lumayan ada sehari setengah jam
Comment Author Avatar
Audiobook emang lg trend sih. Literasi dengan audio ini udah cukup buat ningkatin angka literasi di negara kita
Comment Author Avatar
Penasaran banget aku dengan aplikasi audiobook storytel. Buat yang gak sempat baca buku macam aku pasti sangat terbantukan dengan aplikasi keren ini
Comment Author Avatar
Trus denger Dilan-nya di Storytel, yang kedenger suaranya Sissy, mbaknya yang jadi Milea. Berasa kayak denger sambil ngebayangin filmnya banget yo Mbak.
Comment Author Avatar
wah seru ya mbak, sekarang bisa menikmati buku kapan aja dimana aja, tanpa perlu bawa-bawa bukunya yan tebel hehe
Comment Author Avatar
Saya udah nonton film Dilan di TV, hmm pingin juga dong mendengarkan buku karangan Pidi Baiq ini lewat Storytel, pasti seru
Comment Author Avatar
Saya juga senang dengam hadirnya aplikasi ini. Lumayan bisa mengurangi beban mata untuk membaca. Pas digunakan jelang istirahat malam. Sambil bersantai mendengarkan buku, tanpa takut mata jadi rusak.
Comment Author Avatar
Cara lain menikmati buku.. bukan lagi dengan membacanya... tetapi mendengarkan... dan sepertinya ini akan menjadi sebuah kebiasaan baru ke depan...
Comment Author Avatar
Tren membaca buku semakin berkembang. Semoga dengan begini, literasi kita makin meningkat, makin banyak yang menikmati buku favorit melalui storytel
Comment Author Avatar
Jadi asik bgt ya, sekarang gak perlu repot baca buat dengerin cerita di novel. Cukup buka aplikasi storytel, bisa pilih banyak buku
Comment Author Avatar
Sekarang storytel jadi andalan saat saya lelah dan susah tidur. Dengerin storytel langsung deh, bisa jadi pengantar tidur, soalnya kayak dengerin sandiwara radio