Audiobook Indonesia

Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq, selalu sukses menyihir saya seolah ikut masuk di mana masa itu sedang terjadi. sebenarnya saya sudah baca novel Dilan berulang kali tapi tetap saja setiap kali membaca novel ini bikin saya senyum-senyum sendiri dengan kisah cinta ala anak SMA yang biasa terjadi.


Novel ini juga sudah difilmkan dan saya juga sudah menontonnya, tapi entah mengapa saat saya ingin mengingat kisah cinta Dilan dan Milea, saya akan mencari buku bersampul abu-abu dengan cover bergambar seorang cowok SMA dan sebuah motor miliknya. Rasanya saya lebih nyaman membaca buku karena bisa bebas berimajinasi dengan peran-peran yang ada dalam cerita tersebut.


Kisah ini berlatar di Bandung pada September 1990, berawal dari Milea seorang siswi baru kelas 2 Biologi 3 di suatu SMA yang merupakan anak pindahan dari Jakarta. Milea didekati oleh Dilan siswa kelas 2 Fisika 1 yang merangkap sebagai anggota geng motor dengan jabatan panglima tempur.


Yang paling bikin saya terkesan itu cara Dilan mendekati Milea, karakter Dilan yang slengekan, lucu, tapi tetap berwibawa yang membuat Milea makin penasaran dengan Dilan dan sampai akhirnya mereka pacaran, ya biarpun sampai di penghujung akhir cerita mereka baru terang-terangan menyatakan perasaan satu sama lain.


Kalau kalian kira kali ini saya sedang membahas resensi buku, kalian tentu salah! Karena kali ini saya mau kasih info ke kalian gimana menikmati buku dengan cara yang berbeda dan tentunya lebih seru.


Tren Mendengarkan Buku yang Makin Booming

Sebenarnya sudah sejak lama saya mencintai buku, ya biarpun koleksi buku dan novel saya belum banyak karena lebih sering pinjam dari pada beli. Tapi saya selalu menjaga dan merawat buku-buku yang saya miliki seperti novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. buku-buku ini tersusun rapi di rak buku, dan kalau sedang ada waktu luang biasanya saya sempatkan membaca.


Tapi jujur saja, istilah waktu luang ini yang kadang sulit saya miliki. bukannya sok sibuk ya, tapi menjadi ibu rumah tangga yang tinggal dengan suami, 3 anak, dan satu keponakan itu nggak mudah. Itulah kenapa saya memilih kerja sebagai freelancer agar bisa mengatur sendiri jam kerja saya di rumah, ketimbang mesti meninggalkan mereka untuk kerja di luar rumah. Dan akhirnya sekarang ini kegiatan membaca buku jadi jarang saya lakukan.


Seiring perkembangan teknologi, tren mendengarkan buku semakin populer di semua kalangan, baik di kalangan anak muda sampai orang tua. Saya sangat mendukung saat tren ini makin booming karena tentunya tren mendengarkan buku ini bakal sangat memudahkan semua orang terlebih bagi penyandang disabilitas saat ingin membaca.


Dan saat ini saya sudah menemukan aplikasi yang bisa digunakan untuk mendengarkan isi buku. Lho, emang ada? Ya jelas ada dong!

 

Rekomendasi buku

Mengenal Storytel Audiobook

Storytel merupakan aplikasi audiobook yang menyajikan berbagai macam buku untuk didengarkan melalui smartphone. Storytel sendiri berasal dari Swedia dan pada 9 Maret 2022 kemarin resmi diluncurkan di Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk memperluas kehadirannya di kawasan Asia Pasifik sejak 2017.


Dengan aplikasi Storytel ini kita bisa menikmati buku dengan cara yang lebih seru, karena lebih praktis bisa dinikmati via smartphone di mana aja dan kapan aja. Bahkan dalam perjalanan sekalipun sangat menyenangkan bisa mendengarkan Game of thrones karya dari George R.R Martin. 

 

Menikmati Buku dengan Cara yang Lebih Seru

Storytel Audiobook ini memiliki lebih dari 150.000 judul buku dari 19 genre, mulai dari buku best seller lokal sampai internasional yang dibacakan oleh narator berkualitas mulai dari narator profesional hingga publik figure ternama yang akan membacakan cerita dan memainkan imajinasi kita lebih jauh.


Seperti saat saya mendengarkan novel Dilan via aplikasi Storytel ini, novel Dilan memiliki durasi 8 jam 53 menit dan dibacakan oleh Sissy Prescillia. Biarpun dibacakan oleh narator seperti ini tapi feel nya tetep dapat. Nah fyi nih teman, Sissy Prescilla ini merupakan kakak dari pemeran Milea yaitu Vanessa Prescilla.


Buat yang suka novel fiksi luar negeri di Storytel juga tersedia seperti Harry Potter Audiobook karya dari J.K.Rowling yang sebenernya udah tamat saya baca bukunya dan masih banyak lainnya.


Untuk rekomendasi buku dalam negeri ternyata banyak juga buku best seller yang tersedia seperti Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi dan masih banyak lagi.

 

Negeri Lima Menara


Keunggulan Aplikasi Audiobook Storytel

Sebagai aplikasi Audiobook Indonesia yang digunakan untuk mendengarkan dan baca buku online, Storytel tentunya memiliki berbagai macam keunggulan, diantaranya:


1. Praktis

Kita tinggal install aplikasinya, bikin akun, dan kita bisa berselancar mendengarkan buku favorit di mana pun dan kapan pun. Cara menikmatinya bisa didengarkan secara langsung maupun menggunakan headset/earphone. Sangat praktis, bisa mendengarkan buku sambil mengerjakan pekerjaan rumah, dalam perjalanan jemput anak sekolah jadi lebih menyenangkan, juga di berbagai aktifitas lainnya, nah kapan hari saya mendengarkan Hunger Games karya Suzanne Collins dalam waktu beberapa jam saja sambil mengerjakan pekerjaan rumah, jadi nggak terasa bosan. 


2. Mengurangi Aktifitas Menatap Layar

Sebagai pekerja digital, Setiap harinya saya nggak luput dari menatap layar smartphone maupun layar laptop, dan mata saya yang memang sudah minus ini sering merasa lelah kalau sudah terlalu lama menatap layar. Jadi aplikasi Storytel ini sangat membantu saya saat ingin me time tanpa harus capek-capek melihat gawai. Dan mendengarkan narator membacakan novel Mariposa jadi lebih menyenangkan. 


3. Fitur yang Lengkap

Mendengarkan buku jadi lebih nyaman dengan fitur yang dimiliki oleh aplikasi Storytel, diantaranya;

  • Fitur beranda; pada fitur ini kita akan menemukan rekomendasi buku sesuai kategori. Seperti Top Title in Indonesia, Top Title in English, Familiar voices, Certified Best Sellers, continue listening untuk melanjutkan buku yang sebelumnya sudah kita dengarkan. Saat saya belum selesai mendengarkan novel Sapiens saya dengan mudah bisa menemukannya disini. 
  • Fitur cari; kita bisa memasukkan kata kunci buku apa yang ingin kita baca atau dengarkan. Di fitur ini kita bisa mencari dari menu top, buku, penulis, narator, seri, dan tag.
  • Fitur rak buku; pada fitur ini terdapat judul-judul buku yang ingin dan sudah kita dengarkan. Di rak buku saya terdapat novel Divortiare yang nggak sabar pengen saya baca. Jadi berasa seperti rak buku yang ada di rumah kita ya.
  • Fitur profil; di fitur ini terdapat nama profil dan foto yang bisa kita ganti sewaktu-waktu. Juga terdapat menu target cerita dan statistik kita selama menggunakan aplikasi ini.

 

4. Terdapat Mode Khusus Anak

Kita bisa mulai membiasakan anak-anak untuk cinta membaca dan mendengarkan cerita melalui mode khusus anak. selain itu dengan mode ini, kita jadi lebih nyaman karena buku yang tersedia sudah disesuaikan dengan usia mereka. ya biarpun selama saya menggunakan aplikasi ini saya tidak melihat adanya buku-buku yang tergolong 18+

 

Aplikasi Audiobook

Kesimpulan

Nah teman, melalui aplikasi Audiobook Storytel ini kita bisa menikmati buku dengan cara yang lebih seru kan! Dan buat kalian yang ingin merasakan Audiobook Indonesia ini, Kita bisa install Aplikasi Storytel untuk Android atau Aplikasi Storytel untuk iOS


Dan kalian nggak boleh sampai ketinggalan harga promonya yaitu cukup Rp39.000,- aja untuk satu bulan berlangganan kita bebas berselancar menambah wawasan dan menikmati buku dengan satu aplikasi seru Audiobook Storytel.

79 Komentar

  1. Baru akhir-akhir ini saya denger ada aplikasi audiobook yang membacakan buku dengan bahasa Indonesia.

    Audiobook bahasa Indonesia sepertinya sekarang trending.

    Cuman saya kini masih mencari-cari audiobook bahasa Indonesia dengan genre nonfiksi, terutama dari genre bisnis/manajemen. Mudah-mudahan lebih banyak lagi audiobook dari genre ini yang nanti dimuat di Storytel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, emang beberapa judul dan jenis buku seperti buku karya mbah Sujiwo Tejo saya cari belum ada. Semoga kedepannya Storytel makin banyak berkolaborasi dengan penerbit Indonesia lainnya ya.

      Hapus
    2. Aku penikmat buku non-fiksi juga.
      Masih sangat terbatas sekali koleksinya. Tapi untuk fiksi dari novel-novel terbaru, wah...kagum lihatnya. Koleksi dari Storytel banyaaakk banget.

      Hapus
  2. Sambil ngabuburit, sambil cari menu untuk takjil, sambil baca buku eh mendengarkan buku. Keren gak tuh? Dengan storytel sekarang ga ada alasan lagi ga bisa baca (mengetahui isi) buku ya... Sesibuk apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Teh.
      Kegiatan baca buku jadi mengasikkan sih yang ada, karena dibacain sama narator

      Hapus
  3. Asyik nih dengarin novel yang dibacain sama narator.Kita tidak perlu baca novelnya lagi.Seperti aku mata sudah plus jadi kadang lelah ya baca buku kalau kelamaan,keren aplikasi storytel audiobook

    BalasHapus
  4. saya malah belum pernah baca Dilan, padahal udah bolak balik memuji kreativitas Kang Pidi Baiq

    keterlaluan ya?

    beruntung ada Storytel ya? Bisa dengerin isi buku Dilan sambil nyuci, sambil masak dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada teman saya berarti nih. Ngaku suka baca tapi novel Dilan mana tahu? Soalnya waktu muncul saya pas masih kerja di luar negeri dan jadinya gak ngeh

      Hapus
  5. Cara yang solutif banget untuk mereka yang cinta buku tapi malas untuk membaca tulisan/buku cetak. Dengan mendengarkan cerita juga bisa menenangkan dan membangkitkan kemampuan kita berimajinasi. Apalagi saat dubber atau voice overnya keren dan bisa mewakili cerita yang dibaca dengan begitu baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi kayak jaman dulu nih dengerin sandiwara radio ya. Hihi... ingat jaman saur sepuh ini jadinya.

      Hapus
  6. Memang seru banget ya mbak cara membaca buku ala storytel ini, berasa lagi didongengin ayang.. Suara Naratornya pada alus dan merdu.. Jadi betah..

    BalasHapus
  7. Storytel Audiobook membantu menunjang literasi secara baik, penggunaan mudah dan terjangkau

    BalasHapus
  8. Tadinya kukira Storytel tuh khusus buku anak-anak aja. Ternyata buku dewasa juga ada. Jadi pengen install juga deh. Kayakny seru-seru bukunya...

    BalasHapus
  9. Orang-orang yang belajarnya tipe audio, pasti seneng banget ada aplikasi storytel ini. Bisa rebahan sambil dengerin bacaan buku, serasa jaman kecil dulu dibacain buku sama ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya serasa dibacain mamah

      bedanya dulu agar mudah bobo

      sekarang harus menyimak, agar intisarinya bisa didapat

      Hapus
  10. Storyrtel ini serunya juga dilengkapi dengan mode anak yah, jadi akses untuk anak-anak bisa menyesuaikan batasan umur mereka ya. Anak juga bisa mengembangkan imajinasi mereka melalui cerita-cerita yang didengarkan lewat aplikasi ini.

    BalasHapus
  11. Wah tosss kita Mbak, saya juga jatuh cintrong banget deh sama aplikasi mendengarkan buku yang satu ini, tau aja kebutuhan orang2 di zaman sekarang yah

    BalasHapus
  12. Kok makin lama denger audiobook ini kok aku malah pingin jadi pengisi suara cerita anak ya. Jadi nanti kalau aku udah nggak bisa berkisah untuk anak-anak mereka masih bisa dengerin suaraku.

    Hehehe ... Aku memang suka aneh-aneh ya mikirnya

    BalasHapus
  13. Apa cuma aku ya yang belum pernah dengar buku dilan? Wkwk..

    Btw, aku juga download nih aplikasi storytel. Bermanfaat banget buat bantuin aku bacain buku favorit terutama novel. Hehe

    BalasHapus
  14. Keren banget ya aplikasi storytel.. Kita bisa mengakses buku yang jumlahnya banyak banget. Jadinya punya pilihan buku2 menarik..

    BalasHapus
  15. Terbantu banget ya aplikasi storytell audiobook ini jadinya bisa baca buku secara digital tanpa repot bawa buku fisik..asyik dan praktis ya kak

    BalasHapus
  16. Menikmati buku bacaan sekarang lebih menyenangkan ya kak.Tidak harus membaca bahkan hingga terkantuk-kantuk (itu kebiasaanku deh) dengan adanya aplikasi Storytel Audiobook kita bisa mendengarkan isi buku dari seorang narator

    BalasHapus
  17. Storytel akan membuat kita bisa rajin baca dimanapun berada. Berharap sih bisa patungan beli storytel

    BalasHapus
  18. Saya barusan install dong, teracuni si Diah :D
    Trus abis itu malah dikuasai si Kakak, dia suka banget dengarin buku dongeng, jadi teman sahurnya banget dah :D

    BalasHapus
  19. Asyik banget deh storytel ini. Aku juga udah coba dan ketagihan, dong

    BalasHapus
  20. Mengurangi melihat layar ini bener banget ya. Secara kita bisa dengan cara mendengarkan. Gak harus melihat layar terus menerus

    BalasHapus
  21. Enjoy banget klo ada app Storytel ini
    kita tetep bisa menikmati isi buku, sambil setriko, korah2, dll.
    seneng pol!

    BalasHapus
  22. Asyik banget bisa tambah ilmu tanpa harus mantengin buku cetak. Praktis habis....

    BalasHapus
  23. kak sebelumnya referensi story tel audiobooknya menarik, suatu saat pengin mencoba di rumah. Storytel Audiobook membantu menunjang literasi secara baik, penggunaan mudah dan terjangkau

    BalasHapus
  24. Hobi baca buku tapi tidak perlu membacanya, Storytel tempatnya.
    Terbantu banget dg aplikasi ini

    BalasHapus
  25. Membaca jadi sangat mudah dan menyenangkan dengan aplikasi storytel audiobook ini ya.
    Bisa untuk anak2 juga krn ada mode khusus anak. Keren.

    BalasHapus
  26. Baca buku dengan cara yang lain emang seru. Aku udah save Dilan di rak buku nih. Mau dengerin ini juga. Biar dengerin gombalan ala Dilan yang sempat viral itu. Hehehe

    BalasHapus
  27. Mendapat insight yang bagus dari yang didengarkan dengan lebih praktis ya, mba. Gak repot harus terus menatap yang mau dibaca, cukup didengarkan bisa nambah pengetahuan juga nih.

    BalasHapus
  28. Nyari buku favorit gampang, plus cari naratornya juga. Sehingga kegiatan menyimak buku makin asik lagi

    BalasHapus
  29. Aku otw download aplikasi storytel. Penasaran juga gimana rasanya dibacain buku.

    BalasHapus
  30. Dengan storytell ini harusnya tidak ada lagi malas baca buku apalagi bukunya di bacain sama artis ternama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca buku pun semakin menyenangkan sembari bia melakukan aktifitas yang lain ya. Ilmunya tetep dapat dan rasa bosan pun gak menghampiri nih melalui aplikasi Storytel

      Hapus
  31. aku udah coba aplikasi ini. emang seru sih berasa kita lagi diceritain dari buku yang kita baca.

    BalasHapus
  32. STORYTEL memang solutif banget untuk mereka yang enggan membaca buku cetak tapi tetap ingin menikmati berbagai buku lewat audio. Rasanya seperti saat dulu mendengarkan drama lewat radio ya. Imajinasi kita berkembang seiring dengan disampaikannya cerita. Kalau suara dubbernya lembut dan nyaman untuk didengarkan, bukan tidak mungkin mengaktifkan STORYTEL saat ingin tidur, bisa mengantarkan seseorang untuk menikmati mimpi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya cocok juga buat didengerin sama anak-anak karena bisa merangsang imajinasi mereka juga. Apalagi banyak dongeng dan buku ebst seller rekomen.

      Hapus
  33. Enak dengerin buku lewat Storytel, nggak perlu capek baca teks lagi. Bisa sambil beraktivitas pula, hehehe...

    BalasHapus
  34. Wah, menarik banget bisa menikmati novel dari audio. Langsung download nih aplikasinya

    BalasHapus
  35. Unik juga ya audio booknya Dilan. Yang main Milea adiknya. Yang narator audio booknya, mbaknya.

    BalasHapus
  36. Bisa dibilang, dari ambil trial saya malah jadi berlangganan sekarang. Karena memang mengasyikkan bisa mendengarkan buku yang ditargetkan,

    BalasHapus
  37. Aku juga sdh mulai berlangganan, dan benar2 ketagihan, sambil masak didongengin, menjelang bubuk didongengin juga. Pokonya berasa lebih bermakna aja gitu. Hehe

    BalasHapus
  38. Gak pernah bosan deh dengerin buku di Storytel karena pilihannya banyak banyak, oh iyaa kita bisa gak ya jadi narator di Storytel ini. Penasaran euyy pengen jadi pencerita juga.

    BalasHapus
  39. Menarik banget nih baca buku tapi dengan cara mendengar. Pasti bisa di putar berulang ya dan memang bener sih enggak bikin capek mata.

    BalasHapus
  40. Sejak pakai storytel, acara baca buku sekarang jadi lebih seru ya mbak. Bisa sambil rebahan. Dengerin ceritanya bagus bagus

    BalasHapus
  41. Literasi seMakin mudah dengan alat ini ya. Stroy tel pasti semakin banyak peminatnya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, kalau gak dimanfaatkan dengan baik, sayang sekali. Aplg kualitas narator nya the best

      Hapus
  42. menarik ya storytel ini, membantu banget bagi yang ingin baca tapi waktu terbatas dan ngantuk saat membaca

    BalasHapus
  43. Storytel Audiobook menjadi teman literasi masa kini, semakin inovasi

    BalasHapus
  44. Sama mbak, sebagai ibu 3 anak, bisa punya waktu luang untuk membaca buku itu kini menjadi sesuatu yang sangat jarang bisa terjadi.

    Tapi dengan hadirnya storytel ini, kita bisa dengerin bacaan buku sambil beraktivitas ya

    BalasHapus
  45. Aku udah install aplikasi ini mbak, dan enak ternyata makainya. Bisa sambil masak di dapur atau ngucek baju pakai earphone bluetooth. Dari beberapa aplikasi audio yang aku install storytel ini salah satu yang paling oke menurutku.

    BalasHapus
  46. Pengen baca buku namun tidak sempat, sepertinya solusi ada di Story Tell ya mbak. Bisa mendengarkan buku, unik banget apalagi biaya berlangganan cukup terjangkau

    BalasHapus
  47. Kalau dengerin buku genre horor gimana yah, kira-kira saya kuat apa enggak, hehehe. Berguna banget aplikasi ini. Segera saya unduh untuk tahu jenis buku apa aja yang bisa dibaca nih

    BalasHapus
  48. cara menikmati buku dengan cara yang berbeda. bukan dibaca tapi dibacakan. alias mendengar dari buku yang dibacakan oleh seseorang melalui aplikasi. nah, storytel audiobook ini bisa dicoba. tinggal download aplikasinya dan pilih buku yang mau dibacakan. keren.

    BalasHapus
  49. Wah kini makin asik ya proses baca buku, bisa dimana saja mudah di bawa selain itu tak butuh ruang banyak untuk menyimpannya

    BalasHapus
  50. Bisa jadi alternatif kalo ga lagi capek ndongengin anak. Hehe

    BalasHapus
  51. Aku juga sudah dengerin buku lewat aplikasi ini, ada buku untuk anak-anak juga, buku englishnya juga banyak, bisa jadi alternatif me time untuk dengerin buku

    BalasHapus
  52. Storytel ini emang ngebantu banget sih haha jadi bisa dengerin buku sambil masak, sambil cuci-cuci, beresin rumah, eh ngga kerasa dah beres tuh sebuku hihihi

    BalasHapus
  53. Begitu download Storytel, langsung ngumpulin banyak judul di rak buku. Moga2 sih bisa dengerin semuanya deh, hehe. Soalnya seru banget, berasa lagi dengerin sandiwara radio kek zaman kecil dulu.

    BalasHapus
  54. Dunia digitalisasi sudah hadir di kehidupan kita. Semua pun ikut menyesuaikan, termasuk buku ini ya, Mbak. Jadi bisa menikamti buku dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Kapan saja, dan di mana saja.

    BalasHapus
  55. Aplikasi Storytel ini emang recommended
    Kita bisa menikmati buku dengan cara yang menyenangkan ya mbak

    BalasHapus
  56. saya belum baca nih novel Dilan, tapi kalau filmnya sih udah nonton, next mau juga ah baca Dilan ini, eehh dibacakan ama Kakaknya Milea lewat Storytel.
    saya juga suka banget lho dengan Storytel ini, kita jadi bisa menikmati buku dengan cara berbeda.

    BalasHapus
  57. Lebih seru emang mendengarkan audibook apalagi santai-santai di akhir pekan, santainya dapat ceritanya jg dapet. Quality time banget

    BalasHapus
  58. wah seru banget ini, bisa menikmati buku secara digital

    BalasHapus
  59. seru yaaa berkat storytel kita jadi punya pilihan untuk menikmati buku dengan cara baru yang seru, buat buibu rumah tangga jadi bisa menikmati buku sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga deh

    BalasHapus
  60. huwaaa pecinta dilan nihh yaaa, seru banget sih yaa klo dengerin novel favorit via audiobook gini, berasa didongengin atau dengerin opera / sandiwara radio gitu hihi

    BalasHapus
  61. Akhir-akhir ini aku mencoba untuk meluangkan waktu mendengar buku-buku d storytel, apalagi buku motivasi itu ya lumayan ada sehari setengah jam

    BalasHapus
  62. Audiobook emang lg trend sih. Literasi dengan audio ini udah cukup buat ningkatin angka literasi di negara kita

    BalasHapus
  63. Penasaran banget aku dengan aplikasi audiobook storytel. Buat yang gak sempat baca buku macam aku pasti sangat terbantukan dengan aplikasi keren ini

    BalasHapus
  64. Trus denger Dilan-nya di Storytel, yang kedenger suaranya Sissy, mbaknya yang jadi Milea. Berasa kayak denger sambil ngebayangin filmnya banget yo Mbak.

    BalasHapus
  65. wah seru ya mbak, sekarang bisa menikmati buku kapan aja dimana aja, tanpa perlu bawa-bawa bukunya yan tebel hehe

    BalasHapus
  66. Saya udah nonton film Dilan di TV, hmm pingin juga dong mendengarkan buku karangan Pidi Baiq ini lewat Storytel, pasti seru

    BalasHapus
  67. Saya juga senang dengam hadirnya aplikasi ini. Lumayan bisa mengurangi beban mata untuk membaca. Pas digunakan jelang istirahat malam. Sambil bersantai mendengarkan buku, tanpa takut mata jadi rusak.

    BalasHapus
  68. Cara lain menikmati buku.. bukan lagi dengan membacanya... tetapi mendengarkan... dan sepertinya ini akan menjadi sebuah kebiasaan baru ke depan...

    BalasHapus
  69. Tren membaca buku semakin berkembang. Semoga dengan begini, literasi kita makin meningkat, makin banyak yang menikmati buku favorit melalui storytel

    BalasHapus
  70. Jadi asik bgt ya, sekarang gak perlu repot baca buat dengerin cerita di novel. Cukup buka aplikasi storytel, bisa pilih banyak buku

    BalasHapus

Posting Komentar