Lagi-lagi saya masih ingin mengenalkan potensi yang ada di Lamongan. Biarpun hanya kota kecil tapi Lamongan punya banyak hal yang bikin kalian ingin mengunjunginya mulai dari makanan sampai tempat wisatanya.


Kalau saya bertanya pada beberapa teman online, apa yang kalian tau tentang Lamongan? Mereka pasti langsung menjawab dalam bentuk makanan seperti soto, tahu campur, ataupun pecel lele yang sudah bertebaran dari Sabang sampai Merauke. Selain makanan yang sudah saya sebutkan tadi, Lamongan juga masih punya makanan khas lainnya seperti wingko babat dan sego boranan yang mudah ditemui baik di dalam kota hingga di pinggiran kota.


Tapi kali ini saya mau membahas tentang beberapa destinasi wisata gratis yang bisa kalian sambangi saat berkunjung ke Lamongan. Yuk lanjut aja kita kupas ya..

 

7 Tempat Wisata Gratis di Lamongan yang Wajib Kalian Kunjungi


Bendung gerak kendal


1. Bendung Gerak Kendal

Berlokasi di desa Kendal, Sekaran, Lamongan. Bendungan ini bermanfaat untuk mengendalikan air yang ada di sungai bengawan solo, juga untuk mengatur air untuk dialirkan ke sudetan bengawan dan rawa Jabung yang dimanfaatkan untuk mengairi persawahan penduduk.


Di sekitar bendungan areanya sangat luas dan hijau, banyak terdapat pohon yang tertata dengan rapi. Kita bias bebas menikmati pemandangan sekitar yang sejuk, sambil piknik atau memancing dengan teman atau keluarga. Kalian nggak perlu takut kepanasan kalau datang siang hari karena kita bisa berlindung di bawah pohon yang berdaun lebat. dan yang paling penting nggak perlu bayar biaya masuk ataupun biaya parkir kendaraan.

 

2. Gunung Pegat

Mitos yang sudah berkembang di masyarakat sejak zaman dulu, kalau ada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan lalu melewati gunung pegat harus melepaskan ayam hitam di area gunung tersebut. Dan hal ini pun masih terus dilakukan hingga sekarang demi menghindari balak.


Terlepas dari kebiasaan masyarakat ini, sebenarnya gunung Pegat sangat indah. Berlokasi di desa Kembang, kecamatan Babat, Lamongan yang memanjang di jalan lintas Lamongan-Jombang. Kalau kita berhenti sejenak dan naik di area perbukitan, kita akan melihat pemandangan yang cukup indah.

 

Alun-alun lamongan

3. Alun-Alun Lamongan

Alun-alun Lamongan berlokasi di jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Lamongan. Fasilitas yang ada di alun-alun Lamongan ini lumayan lengkap, mulai dari air mancur, area skateboard, area bermain anak-anak, lapangan basket, pendopo, hingga bianglala. masjid agung Lamongan letaknya di bagian barat alun-alun, dan di sebelahnya terdapat pasar, warga sekitar biasa menyebutnya pasar tingkat karena memang pasar ini memiliki 2 lantai.


Semua fasilitas yang ada tidak dipungut biaya kecuali bianglala yang beroperasi di hari Minggu aja yang harus bayar. Kalian bisa mengunjungi alun-alun Lamongan kapan saja, tapi saya sarankan datang pada pagi hari atau sore sampai malam hari. Saya sendiri nggak suka datang pada siang hari karena cuaca bakal panas, jadi kurang nyaman untuk mengajak anak-anak bermain. masuk kesini kita hanya perlu membayar parkir motor 3000, atau parkir mobil 5000 rupiah.

 

4. Tlogo Sadang

Yang punya hobi foto, kalian harus mengunjungi Tlogo Sadang yang berlokasi di desa Bluri. Kecamatan Solokuro, Lamongan.

Pemandangan disini sangat cantik, berlatar tebing bekas galian batu kapur berwarna putih kekuning-kuningan dan air danau berwarna hijau cerah, pahatan-pahatan tebing ini terlihat sangat indah. Tapi sayangnya pada siang hari akan terasa sangat panas, karena tidak ada tempat berlindung dari sinar matahari.

 

Pantai Lorena

5. Pantai Lorena

Kalau kalian sedang melewati jl. Deandles Paciran Lamongan, kalian akan melewati pantai Lorena yang dulunya biasa disebut plengsengan Penanjan.

ketika pagi hingga siang hari saat air laut pasang kita bias menikmati indahnya birunya air laut yang seolah bersatu dengan langit. Dan ketika sore hari saat air laut surut, kita bisa turun ke pantai bermain air, atau sekedar menikmati indahnya langit sore sambil makan rujak buah khas Paciran dan juga es siwalan.

 

6. Desa Sendang Duwur

Desa Sendang Duwur kecamatan Paciran jadi salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi saat ke Lamongan, oleh pemerintah daerah desa ini sudah ditetapkan menjadi desa wisata Sendang Duwur. Ada beberapa hal yang bikin desa ini menarik untuk dikunjungi, yaitu;

  • Batik khas Sendang, masyarakat Sendang sampai saat ini masih memproduksi dan melestarikan batik Sendang yang memiliki motif yang khas.
  • Emas, selain membatik masyarakat Sendang sehari-hari juga memproduksi perhiasan emas yang harganya bias jadi lebih murah dari harga di pasaran.
  • Makam Sunan Sendang Duwur, di desa ini terdapat makam ulama besar yang dulunya ikut andil dalam menyebarkan agama islam. Makam ini terdapat di atas bukit, saat berada dalam kompleks pemakaman kita bisa melihat pemandangan sekitar dari atas. Suasananya cukup tenang dan udaranya pun sangat sejuk. Di sisi bagian kiri gapura masuk, terdapat masjid indah yang didominasi warna hijau dan putih. Kalau kita masuk dari arah timur, kita akan mendaki puluhan anak tangga karena memang lokasinya cukup tinggi.

 

Pantai kemantren

7. Pantai Kemantren

Berlokasi di desa Kemantren kecamatan Paciran Lamongan, di sekitaran pantai terdapat beberapa saung yang bisa kita gunakan untuk bersantai dengan teman dan juga keluarga, terdapat juga jembatan yang di atas laut yang bisa kita gunakan untuk spot foto.


Suasana malam di sini juga sangat indah, saat langit mulai gelap, lampu-lampu yang ada di sekitaran pantai akan menambah suasana syahdu. Apalagi di sebelah timur terdapat pelabuhan barang dan juga banyak kapal berlabuh. Lampu-lampunya berpendar menerangi langit malam. 


Kemantren


Di sekitar saung terdapat banyak warung makan yang menyajikan berbagai menu, di sebelah selatan terdapat masjid Al-Abror yang besar dan juga megah. Dan sebelah barat masjid terdapat makam Syeh Maulana Ishaq. Jadi saat datang kesini kita bisa wisata dengan paket lengkap ya. untuk masuk ke pantai ini kita nggak dikenakan biaya tiket masuk, kita hanya perlu membayar biaya parkir sekitar 3000-5000 rupiah aja.

 

Pantai di Lamongan

Nah itulah tadi 7 lokasi wisata gratis yang bisa kita eksplore saat berkunjung ke Lamongan, (tapi maaf sebelumnya karena ada beberapa foto dokumentasi pribadi yang belum tersedia, karena masih cari file nya di penyimpanan. Nanti kalau sudah ketemu saya update lagi ya) dan sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang gratis maupun berbayar yang ada di Lamongan, tapi saya akan tulis secara terpisah ya..

18 Komentar

  1. Wah lamongan... Next bakal mengagendakan buat wisata kesini ah... Keren-keren banget nih ya kak. Selama ini tahuku hanya Soto lamongan saja hehehe padahal banyak tempat wisatanya ya

    BalasHapus
  2. Wah nanti malam bakalan mimpi ke Lamongan nih saya

    hehehe.....karena berbeda dengan Jawa Barat yang lumayan 'tahu' saya hanya pernah melintas Jawa Timur (PP Bali) belasan tahun silam, dan saya bikin list, wajib solo traveling ke Jawa Timur, dan pastinya ke Lamongan

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya tempat wisata gratis di Lamongan ini
    Kalau aku pernah ke alun alun Lamongan mbak

    BalasHapus
  4. Whoaaa, ternyata Lamongan punya banyak destinasi yg menariiik ya mba

    selama ini, aku ngeuhnya WBL sama masjid Namira doang.
    pan kapan mupeng cuss ke LA aahhh

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak juga wisata yang bagus di Lamongan ya, gratis pula. Selama ini kalau dengar lamongan tuh, yang kebayang wisata bahari lamongan aja.

    BalasHapus
  6. Satu yang pernah dirasakan wisata gratisnya di Lamongan, yaitu lokasi alun-alun dan masjidnya.

    BalasHapus
  7. Banyak ya mbak, tempat wisata gratis. Nah jadi pengen liburan nih. Tapi kalau ke lamongan aku bayar ongkos wkwk enaknya yg ada pantai dan gratis pula, pengen ah

    BalasHapus
  8. Wah masyarakat setempat masih ada saja yang mempercayai mitos melewat gunung pegat ya, padahal sudah zaman canggih.

    Ternyta Lamongan punya potensi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Tapi sayangnya jauh banget dari kampung saya, hehehehe...

    BalasHapus
  9. Satu hal yang kukenal dari Lamongan. Bukan karena aku pernah mengunjunginya. Tapi karena aku belum pernah ke sana padahal pingin banget ke sana. Hehehe...

    WGL. Wisata Bahari Lamongan ya. Sayange itu bukan lokasi gratis atau low budget ya. Hehehe

    BalasHapus
  10. Banyak potensi Lamongan yang bisa diangkat, karena tujuan wisatanya juga menarik dan bisa sekaligus refreshing

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah ke Lamongan. Kalau membaca ulasan dan referensi diatas, sepertinya akan duluan ke DESA SENDANG DUWUR. Pengen lihat batik khasnya. Secara saya senang dengan wastra nusantara. Siapa tahu jadi bisa membagikan infonya secara lebih luas kepada publik.

    BalasHapus
  12. Lamongan deket gak ya sama Malang? Mumpung anakku lagi kuliah di Malang, kalau dekat bisa jadi inspo dia nih.

    BalasHapus
  13. Ada pantai Juga ya di lamongan kupikir jauh dari laut lho... Penasaran jadinya mau explore Juga tempat wisatanya

    BalasHapus
  14. Kece-kece ya mba tempat wisatanya. Meskipun jauh dari Lamongan bisa kelihatan keindahan tempat ini dari jepretan Mba Fio.

    BalasHapus
  15. Pernah ke alun-alun Lamongan termasuk gratis dan bagus buat kunjungan. Apalagi di dekat situ ada masjid jami

    BalasHapus
  16. Wah, banyak juga ya wisata yang tanpa keluar banyak biaya. Viewnya bagus-bagus juga.. Lamongan keren. Beuh

    BalasHapus
  17. saya hanya pernah lewat gunung pegat, bagus sekali viewnya, sayang waktu itu tidak berhenti untuk foto-foto hanya melintas saja. Sedangkan yang lain belum pernah saya kunjungi, padahal sering lewat Lamongan hehehe

    BalasHapus
  18. Wajib mampir sendang duwur, nih, klo suatu saat berkesempatan mampir, karena ada pengrajin batik, bikin tertarik untuk melihat proses membatik. Thankyou for sharing, kak.

    BalasHapus

Posting Komentar