Kota pelajar malang

4 Hal yang Bikin Kamu Kangen dengan Kota Malang - Suatu kali kalau kalian pernah berkunjung ke kota Malang, pasti kalian bakal kangen pengen mengunjungi kota ini lagi. Kenapa begitu? Ya, karena Malang memiliki sejuta alasan yang menarik untuk dieksplorasi mulai dari alamnya yang indah sampai wisata kulinernya yang gak ada habisnya.


Saya sendiri sudah beberapa kali berkunjung ke Malang, entah untuk suatu keperluan ataupun sekedar jalan-jalan. Jadi biarpun sudah tak terhitung berapa kali berkunjung ke Malang tapi rasanya kota ini selalu memanggil saya untuk datang kembali. Kira-kira apa aja hal yang bikin saya kangen dengan kota Malang? Yuk kita kupas selengkapnya.

 

4 Hal yang Bikin Kamu Kangen dengan Kota Malang

Udaranya yang sejuk

Daerah tempat tinggal saya Lamongan berada di dataran rendah dan hawanya lumayan panas. Jadi saat berkunjung ke Malang saya merasa seperti memasuki atmosfer yang berbeda, karena Malang berada di area pegunungan yang asri jadi nggak heran kalau udaranya sangat sejuk di siang hari dan terasa dingin di malam hari.


Udara sejuk ini menurut saya mampu menjernihkan pikiran dan mengalirkan energy positif. mungkin ini juga alasan kenapa Malang berjuluk kota pelajar di Jawa Timur karena banyak terdapat institusi pendidikan mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Beberapa universitas ternama juga ada disini seperti Universitas Brawijaya, UIN Maliki, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Negeri Malang, dan masih banyak lagi.


Gudangnya tempat wisata

Malang mempunyai segudang tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, setiap sudut kotanya menawarkan keindahan tersendiri mulai dari wisata alam sampai wisata buatan. Di sebelah selatan yang langsung berbatasan dengan samudera Hindia, Malang punya pantai-pantai yang eksotis seperti pantai Goa Cina, pantai Balekambang, pantai Gatra, pantai Sendang Biru, pantai Bajul Mati, dan masih banyak lagi.


Dan untuk wisata alam dan buatan juga nggak kalah banyaknya dan tersebar dari ujung barat sampai timur, ujung utara sampai selatan pun semua punya destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Jatim Park 1,2, dan 3, Eco Green Park, Batu Flower Garden, taman Rekreasi Selecta, Santerra De Laponte, Taman Kelinci Pujon, Bukit Teletubbies Batu, Bukit Nirwana, Malang Night Paradise, dan masih banyak lagi.


Malang tahun 2020
Flashback liburan ke Malang akhir tahun 2020


Punya bahasa gaul ala Malang

Pernah suatu kali saya dibuat bingung dengan percakapan di sebuah grup WhattsApp, setelah beberapa lama ternyata saya baru sadar kalau bahasa yang mereka pakai ialah boso walikan yang umum digunakan sebagai bahasa sehari-hari di Malang. Kebiasaan membalik kata yang diucapkan sudah menjadi kebiasaan bagi warganya, Seperti penyebutan kera ngalam atau arek Malang, nakam atau makan, ayas atau saya, ukam atau kamu, dll.


Dan melansir dari Wikipedia.co.id, dialek Malang yang biasa disebut dengan boso walikan merupakan sebuah dialek Jawa yang dituturkan di Malang. Bahasa ini hanya membalikkan posisi huruf pada kosa kata bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia pada umumnya, kecuali pada konsonan rangkap, afiks, dan gabungan suku kata yang tidak memungkinkan bisa dibalik.


Wisata kuliner yang gak ada habisnya

Malang memang gudangnya wisata kuliner, mulai dari makanan khas Malang seperti bakso, mendol, dll hingga makanan daerah lain semua ada. Di sepanjang jalan mudah kita temui warung makan, resto, sampai street food kekinian yang menyediakan makanan dalam dan luar negeri seperti makanan Korea di Malang yang banyak jadi incaran kaum milenial sampai gen Z. Jadi kalian nggak perlu takut kehabisan referensi menu makanan apa kalau berkunjung ke Malang karena semua serba ada.

 

Jadi itu tadi alasan-alasan yang bikin kangen dengan kota Malang. Karena sebagai lifestyle blogger yang full time di rumah, kadang saya juga butuh melipir sejenak sekedar me time menghilangkan beban dan menjernihkan pikiran agar lebih produktif kedepannya. Makanya nggak salah kalau Malang seperti selalu memanggil saya untuk kembali, menikmati udara sejuk dan asri sambil jalan-jalan juga wisata kuliner yang pastinya bikin mood kembali happy.

 


Post a Comment