Traveling


Tips Traveling Bersama Toodler Biar Nggak Rewel - Libur sekolah sudah hampir usai, bahkan di sebagian sekolah sudah mulai masuk efektif pada tanggal 11 Juli 2022 kemarin. Tapi kalau saya masih bisa sedikit anteng karena kakak Abell dan mas Apin mulai masuk tanggal 24 Juli, dan kakak Rere mulai masuk hari ini di tanggal 18 Juli.


Menikmati sisa akhir libur sekolah ini saya dan anak-anak sudah mulai persiapkan peralatan sekolah termasuk seragam, sepatu, alat tulis, dll. Kalau sudah lengkap semua, nggak ada salahnya kalau merencanakan traveling ke tempat-tempat yang sudah ada dalam list traveling kamu, jadi biar anak lebih semangat menyambut tahun ajaran baru juga ya!


Buat yang punya 2 orang anak dan 1 toodler, biasanya suka ribet sendiri kalau mau persiapan buat traveling, terutama persiapan buat anak usia toodler ini yang pastinya harus ekstra karena di usia segini anak belum bisa menjaga kebersihan sendiri.

 

Tips Traveling Bersama Toodler Biar Nggak Rewel

Pakaikan pakaian yang nyaman untuk anak

Agar traveling bersama anak jadi lebih menyenangkan, coba pakaikan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Pilih pakaian yang dapat menyerap keringat kalau kita datang ke tempat yang beriklim panas, sedangkan untuk tempat yang bercuaca dingin jangan lupa gunakan jaket dan celana panjang.


Pelindung kepala dan alas kaki

Pelindung kepala penting digunakan oleh anak-anak untuk menghindarkan mereka dari sengatan matahari atau juga melindungi dari cuaca dingin. Jangan lupa juga selalu pakaikan mereka alas kaki untuk menghindari menginjak benda tajam yang bisa melukai kaki. Tips nya kalau mau ke pantai, sebaiknya anak menggunakan alas kaki berupa sandal agar lebih mudah saat bermain pasir.


Jangan lupa bawa perlengkapan anak

Agar traveling dengan toodler jadi lebih menyenangkan selalu sediakan perlengkapan anak seperti peralatan mandi (baby bath 1 in 2, minyak telon, dan krim bayi), handuk kecil, baju ganti, tisu kering dan basah, diapers, sunblock, stroller, gendongan, dll. Tempatkan semua perlengkapan anak ini dalam satu tas agar lebih mudah saat akan digunakan.


Obat-obatan

Untuk jaga-jaga selama perjalanan, sebaiknya siapkan juga obat-obatan ringan seperti obat turun panas, krim luka ringan, plester luka, dan antiseptic. Atau kalau anak punya riwayat penyakit khusus seperti asma dll, jangan sampai obatnya ketinggalan ya.


Makanan dan minuman

Agar lebih nyaman saat berkunjung ke tempat wisata, selalu sediakan makanan dan minuman yang disukai anak-anak baik itu makanan berat atau makanan ringan tapi tetap mengenyangkan seperti buah-buahan, nugget, roti, dll. Ini menghindari anak rewel karena lapar, selain itu juga membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah tentu kebersihannya jadi lebih terjaga.


Mainan 

Untuk mainan yang dibawa sesuaikan dengan tempat liburan yang akan kita tuju. Misal, ingin liburan ke pantai bawalah peralatan bermain pasir seperti sekop, ember, cetakan pasir, dll. Dan kalau tujuan kita ingin ke kolam renang maka siapkan pakaian renang, pelampung, dll.

 

Nah 6 poin ini kalau sudah kita persiapkan dari awal, yakin deh liburan bersama toodler bakal lebih menyenangkan karena anak lebih anteng dengan semua bekal yang kita bawa. Dan agar anak-anak lebih semangat, kita bisa mengajak mereka untuk menyiapkan barang-barang yang akan dibawa bersama-sama, sambil bercerita beberapa hal tentang tempat yang akan dikunjungi. Dengan begini anak akan lebih antusias dan perjalanan akan lebih menyenangkan.

 

Btw teman, sebenarnya suatu hari saya ingin mengunjungi dan mengeksplore pulau Madura. Alasan pertama, letak pulau Madura nggak terlalu jauh dari kota tempat tinggal saya, Lamongan. Alasan kedua, saya suka sekali pantai dan di Madura banyak terdapat pantai dengan pasir putih yang masih asri. Dan berbagai info wisata Madura juga banyak saya dapatkan dari kak Diane Suryaman, seorang travel blogger yang memang penduduk asli pulau Madura.

 

Jadi teman sampai sini dulu pembahasan kita tentang tips traveling bersama toodler biar nggak rewel kali ini. Semoga tips ini bermanfaat biar traveling jadi lebih menyenangkan ya. 

2 Komentar

  1. Jalan2 bareng toodler emang sesuatu ya.. Semoga kesampaian jalan2 bareng bocah ke Madura yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, wah jadi nggak sabar pengen ke Madura. Secara aq cuma pernah ke Madura cuma nyebrang jembatan Suramadu aja udah gitu balik lagi. Hehe

      Hapus

Posting Komentar