Cara perpanjangan STNK

Pengalaman Mengurus Perpanjangan STNK dan Ganti Plat Motor ke Samsat Lamongan - Kalau ngomongin urusan perpajakan kendaraan bermotor, selama ini saya tau beres aja karena semua sudah di handle sama pak su. Selain itu alasannya karena sebelum-sebelumnya kalau beli motor atas nama dia, jadi rasanya saya gak perlu ikutan ribet dengan urusan perpajakan ini.


Terakhir kami beli motor sekitar 7 tahun yang lalu, waktu itu pak su bilang sebaiknya STNK nya atas nama saya aja, jadilah ini motor pertama atas nama saya. Jujurly, karena motor ini jarang keluar jauh makanya kemarin waktu ganti plat motor sampai 1 tahun lebih belum saya urus. Ini nggak patut dicontoh ya hihi.


Nah beberapa waktu belakangan, saya merasa butuh keluar agak jauh sekedar beli keperluan atau ketika pingin me time, makanya harus segera mengurus pajak STNK  dan juga ganti plat motor yang sudah lama terbengkalai. Terus gimana pengalaman saya mengurus ke Samsat Lamongan? Yuk kita ikuti alurnya.

 

Cara Mengurus STNK dan Ganti Plat Kendaraan

Untuk mengurus STNK, berkas yang diperlukan ialah:

  • KTP asli
  • STNK asli
  • BPKB asli

Berkasnya harus dengan satu nama yang sama, kalau beda nama harus pakai surat kuasa atau kalau masih tercatat dalam 1 KK bisa menggunakan KK asli.

 

Pengalaman Mengurus Perpanjangan STNK dan Ganti Plat Motor ke Samsat Lamongan

Awalnya saya agak ragu saat akan mengurus ke Samsat karena takut prosesnya akan memakan waktu yang lumayan lama, tapi nyatanya nggak. 



1. Cek fisik

Di sisi kiri gerbang masuk Samsat Lamongan kita akan langsung disambut oleh petugas cek fisik kendaraan. Awalnya petugas akan meminta kita memfotokopi KTP, STNK, dan BPKB lalu dimasukkan dalam satu map. Selanjutnya diserahkan ke petugas pertama untuk mengambil stiker gesek nomer rangka kendaraan, kemudian lanjut diserahkan ke petugas lapangan untuk digesekkan. Setelah prosedur cek fisik ini selesai, saya kemudian diarahkan ke ruang pengambilan formulir.


Ruang formulir


2. Pengambilan formulir

Di ruang formulir, petugas akan mencatat data kita lalu memberikan formulir kosong. Lanjut diarahkan ke gedung utama untuk di proses data.


KB Samsat


3. Mengambil nomer antrian di bagian informasi

Merapat ke bagian informasi, petugas akan memberi informasi bagian mana aja pada formulir yang wajib diisi. Pengisiannya juga harus sesuai dengan keterangan yang ada di BPKB. sayangnya waktu itu saya lagi nggak bawa bulpen di tas, jadi harus gantian dengan yang lainnya. Dan karena bulpen yang disediakan sedikit jadi saya putuskan buat beli dulu ke tempat fotokopi yang letaknya di seberang jalan, lumayan lah anggap aja olah raga pagi. Setelah kelar mengisi formulir lalu kita kembali ke petugas informasi untuk mengambil nomer antrian.


Verifikasi data kendaraan


4. Verifikasi oleh petugas

Setelah mendapatkan nomer antrian, kemudian berkas kita serahkan ke bagian verifikasi data, lanjut kita tunggu di kursi-kursi yang sudah di sediakan. di ruang tunggu terdapat deretan kursi yang berjejer-jejer, ruangannya dingin jadi nyaman aja, tersedia playground dan juga ruang laktasi. Jad sambil nunggu nama kita dipanggil untuk melakukan pembayaran kita bisa santai juga. Kalau saya kemarin bisa sambil ngedit-ngedit Doodle Selain itu akhir-akhir ini saya juga lagi seneng ubeg-ubeg Canva untuk bikin Seni gambar Jadi waktunya nggak terbuang percuma.


Ganti plat motor


5. Pembayaran

Saat melakukan pembayaran, usahakan pakai uang pas. Kemarin saat saya melakukan pembayaran untuk pajak STNK 2 tahun dan biaya ganti plat totalnya Rp 865.000,-

Setelah melakukan pembayaran kita diminta menunggu lagi beberapa waktu untuk proses penyerahan STNK. Sayangnya saat ini blangko STNK se wilayah Jawa Timur sedang habis dan kemarin saya diberi salinannya, petugasnya mengatakan salinan ini fungsinya tetap sama seperti STNK aslinya, jadi nggak perlu khawatir.


Perpanjangan STNK Lamongan


6. Cetak plat nomer

Setelah mendapatkan salinan STNK kemudian saya lanjut ke proses cetak plat nomer. Disini, salinan STNK yang berstemple diserahkan ke petugas yang berjaga untuk dibuatkan plat nomernya. Setelah selesai nama kita akan dipanggil dan rangkaian proses mengurus perpanjangan STNK dan ganti plat motor ke Samsat Lamongan sudah selesai.

 

Bisa dibilang prosesnya lumayan cepat, kalau dihitung-hitung semua prosesnya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Oh iya, sebenarnya saya agak kaget waktu melakukan pembayaran soalnya saya pikir bakal bayar lebih dari satu juta, mengingat STNK 2 Tahun dan ganti plat. Tapi menurut teman saya biaya ini tidak termasuk denda karena memang sedang diadakan pemutihan, jadi beruntung banget saya berasa dapat diskon. Hihi..







Post a Comment