Berbagai Kegiatan Mengisi Agustusan 2022

 

Lomba agustusan

Berbagai Kegiatan Mengisi Agustusan 2022 - Hai September, nggak terasa ya kita udah memasuki bulan September yang ceria, semoga bulan ini dan bulan-bulan selajutnya kita selalu dikelilingi dengan orang yang baik, makin dilancarkan dalam mendapatkan rizki, sehat selalu diri dan juga keluarga, yang terpenting selalu dalam lindungan Allah, dan berkah di setiap langkah.


Memasuki bulan September ini saya sudah mulai kembali ke aktifitas semula, ya ngurus anak, ngurus rumah, dan kerja digital setelah sebelumnya bisa dibilang saya kurang istirahat dan kurang tidur, dikarenakan sebulan kemarin disibukkan dengan kegiatan Agustusan, dan kali ini saya mau sharing apa aja kegiatan selama menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 ini. Sengaja saya tulis niatnya sih sebagai reminder untuk tahun-tahun berikutnya, sebab Agustusan kali ini terasa lebih meriah setelah sebelumnya 2 tahun dihantam badai pandemi yang menyerang dunia.

 

Karnaval

Berbagai Kegiatan Mengisi Agustusan 2022

Suatu kali teman dekat rasa saudara saya pernah bilang

”rasanya aq nggak mau move on dari Agustus ini, karena bulan ini aq nyaris full senyum!”.

Nggak heran kenapa dia bilang begitu, karena saya tau perjalanan hidupnya saat ini sedang kurang baik. Sejak ditinggalkan orang terkasih untuk selama-lamanya, sejak itu juga perjalanannya berliku-liku. Dan momen Agustus ini beneran bikin dia happy dengan semua euphoria kemerdekaan di rumah dan juga tempat kerjanya.


Dan memang sejak akhir Juli kami sudah mulai mempersiapkan dan latihan untuk beberapa acara lomba yang diselenggarakan di desa kami, seperti lomba yang diadakan oleh ibu-ibu PKK, karang taruna, dll.

 

Lomba menghias kue

Lomba Menghias Kue

Lomba ini diselenggarakan oleh ibu-ibu PKK tepatnya di tanggal 12 Agustus 2022, perwakilan RT sebanyak 3 orang mengikuti acara ini yang bertempat di balai desa. sebenarnya nggak ada persiapan khusus untuk mengikuti lomba ini karena ketiga orang ini basic nya memang sudah biasa bikin kue-kue, jadi ya Cuma 1 atau 2 kali latihan aja. Dan Alhamdulillahnya RT kami menang juara 2.


Tim paduan suara


Lomba Paduan Suara

Hari berikutnya tanggal 13 Agustus 2022 diadakan lomba paduan suara, saya bersama 11 orang mewakili RT kami tampil menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars PKK. Saya harap kalian nggak usah ngebayangin, suara cempreng saya ini kok pedenya ikut paduan suara? Jujur saya nggak pede tampil, apalagi saya tipe yang gampang gugup dan ngeblank, alhasil saya ada salah digerakkan awal. Tapi ya sudahlah, untung posisi saya dibelakang jadi nggak terlalu kelihatan. Hehe


Waktu itu kami memakai kostum yang lain dari yang lain, seragam yang kami pakai baju kebaya surjan dengan bawahan rok batik plisket yang slim, dan hijab dengan warna yang senada, plus dilengkapi dengan bros besar di bagian dada yang bikin penampilan lebih anggun (menurut saya dan teman-teman). Dari sini kalian udah bisa nebak kan kalau ini nggak style saya banget, saya yang suka pakai out fit yang casual dan simple harus berubah sekian derajat, tapi karena ini demi RT tercinta ya sudah lah sesekali pakai kostum seperti ini biar terlihat slay.


Lomba Menyanyi Lagu Religi

Dilangsungkan tanggal 14 Agustus 2022 malam hari, 1 orang penyanyi dadakan dan 5 orang sebagai baking vocal tampil dengan maksimal malam itu. biarpun nggak dapat juara tapi mereka sudah juara di hati kami para warga RT 2 RW 3, buktinya malam itu saat tim kami tampil sambutan dari supporter cukup heboh, jadi lumayan menghidupkan suasana.


Lomba untuk Anak-Anak

Mulai tanggal 21 sampai tanggal 26 Agustus 2022 teman-teman karang taruna (yang sebagian besar dihandle oleh teman-teman IPPNU) menyelenggarakan lomba untuk anak-anak seperti lomba balap karung, pelan sepeda, kursi goyang, cerdas cermat, tarik tambang, tepung koin, dan masih banyak lagi. Lomba ini diikuti oleh anak-anak segala usia, jad cukup mampu memeriahkan suasana kemerdekaan.


Lomba Karang Taruna

Terhitung mulai tanggal 31 Juli sampai tanggal 25 Agustus diadakan serangkaian lomba tingkat RT yang bertempat di lapangan desa, diantaranya ada lomba volly, sepak bola, badminton, tenis meja, dan lomba gepuk bantal.


Pawai karnaval


Karnaval HUT RI ke 77

Acara yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun dalam memperingati hari ulang tahun republik Indonesia ialah acara pawai karnaval, acara nya dilaksanakan pada pagi hari tanggal 20 Agustus 2022. Tiap RT membuat satu kreasi seni yang nantinya diarak keliling desa, kreasi seninya bertema bebas jadi mau buat apa aja boleh. Acara ini juga dinilai mulai dari keindahan kreasi seni, kekompakan peserta, kerajinan, ketertiban, dan kebersihan peserta, dan terakhir keutuhan peserta juga termasuk dalam penilaian juri.


Baju surjan
Patung semar


Tahun ini RT kami membuat patung Semar dan Alhamdulillah biarpun kreasinya hanya dapat nilai 120 tapi kekompakan kami dapat nilai 75, kerapian 69, dan keutuhan 75, totalnya 339 dan kami mendapatkan juara 2. Kami memang sadar, kreasi seni yang kami buat kurang bagus tapi kami dapat nilai lebih dari beberapa hal yang sudah saya sebut tadi.


Btw teman, karena kreasi seni kami berbentuk Semar makanya kami pakai kostum adat Jawa pria dan wanita semua memakai baju surjan. Baju surjan ini kemarin kami beli untuk kostum paduan suara sekalian digunakan untuk karnaval, dan Alhamdulillahnya setelah kami pakai untuk paduan suara, sampai akhir Agustus baju kami nggak pernah pulang karena selalu disewa untuk karnaval kemana-mana, bahkan sampa awal September ini masih ada aja yang order. Alhamdulillah berkah dari baju surjan kami bisa dapat income dari penyewaan baju.


Pentas seni


Resepsi dan Pentas Seni

Pada tanggal 28 Agustus 2022 malam diadakan puncak acara Agustusan, resepsi dan pentas seni juga bazar yang diikuti oleh beberapa RT, sekolah-sekolah yang ada di desa kami, beberapa komunitas, dll. Malam itu begitu meriah karena hampir semua warga berkumpul di lapangan untuk memeriahkan acara.


Acara malam itu diawali dengan penampilan-penampilan anak sekolah, sambutan dari berbagai pihak, pemberian hadiah di berbagai lomba yang sudah saya sebut di atas, dan sebagai penutup ialah acara hiburan dari artis lokal. Sebagai panitia kami bisa totalitas menikmati acara sambil nyanyi dan joged-joged yang belum tentu bisa kami lakukan di hari biasa.

 

Penampilan

Akhirnya tuntas sudah rangkaian acara yang digelar dalam menyambut HUT RI ke 77 ini. Semua acara ini nggak akan bisa terlaksana tanpa kekompakan tim karang taruna dan juga dukungan dari berbagai pihak mulai dari pemerintahan desa, sampai para donatur dan juga para sponsor.

 

Kayaknya setelah hampir sebulan lebih saya berkutat dengan kegiatan ini rasanya saya ingin traveling sejenak untuk merilekskan otak dan pikiran yang sudah bekerja keras, sebenarnya saya pingin mengunjungi kota Balikpapan setelah membaca blognya mbak Dian seorang penulis Balikpapan jujur saya suka baca blog si mbak cantik ini karena sering mengulas tentang Travel bloggerBalikpapan 


Panitia HUT RI


Dan sampai sini dulu ulasan Agustus kali ini, Sampai jumpa di tahun depan dengan semangat kemerdekaan yang lebih meriah lagi.


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Berbagai Kegiatan Mengisi Agustusan 2022"