Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Musim Hujan - Mengawali bulan Oktober kita sudah disapa oleh hujan gerimis yang manis, tandanya musim hujan sudah tiba. Senengnya pas musim hujan tiba itu kita bisa main hujan-hujanan lagi, memang nggak setiap hujan turun selalu mandi hujan sih, tapi saya membebaskan anak-anak untuk sesekali mandi hujan biar mereka bisa merasakan langsung gimana serunya saat air dari langit menyentuh tubuh.


Karena jujur waktu kecil saya dilarang keras saat punya niat mau mandi hujan, alasannya ya sudah pasti takut bakal sakit atau apalah. Apalagi saya hanya tinggal dengan nenek jadi mau nggak mau saya harus nurut dari pada kena omel. Kalau ditanya gimana perasaannya nggak punya kisah masa kecil tentang mandi hujan? Ya sudah pasti ada menyesalnya, berasa masa kecil kurang bahagia. Sekarang sih sebenarnya bisa aja saya ikut hujan-hujanan tapi kok ya udah malu sendiri. Jadi kegiatan yang biasa saya lakukan saat hujan selain tidur ya sudah pasti membaca berbagai judul buku sampai novel remaja 

 

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Musim Hujan

Saat hujan turun memang paling enak kalau di rumah aja, nonton tv sambil bergelut dengan selimut. Tapi kalau hujannya di siang hari dan kita masih harus tetap melakukan rutinitas harian seperti sekolah, bekerja atau melakukan aktifitas lainnya di luar rumah, mau nggak mau kita tetap harus berangkat. Jadi kita harus menyiapkan beberapa perlengkapan saat akan keluar rumah, apa aja sih? Yuk simak selengkapnya.

 

Payung hujan

Payung

Sedia payung sebelum hujan! Udah sering dengar ungkapan itu kan, dan memang benar payung menjadi salah satu barang yang wajib dibawa saat musim hujan tiba karena mampu melindungi bagian kepala dan badan dari air hujan. Payung yang kalian pilih sebaiknya yang berjenis payung lipat agar mudah disimpan dalam tas saat tidak dibutuhkan.


 

Jas hujan

Jas Hujan

Buat kalian yang bepergian pakai sepeda motor, barang yang wajib dibawa saat hujan ialah jas hujan setelan. Pilih jas hujan dengan bahan yang ringan dan cenderung sedikit elastis agar fleksibel saat dipakai. Untuk penyimpanannya, kita bisa masukkan dalam tas atau disimpan dalam jok motor jadi sewaktu-waktu saat dibutuhkan sudah siap.

 

Rain Cover Bag

Rain cover bag atau pelindung tas anti air sangat diperlukan untuk melindungi tas kita dari air hujan, apalagi kalau tas kita punya material yang bukan anti air. Memang pada beberapa merk tas sudah sudah dilengkapi dengan rain cover, tapi ada juga yang dijual tanpa rain cover. Jadi kita mesti jeli saat membeli ya.

 

Cover Shoes

Kalau kalian nggak pingin alas kaki seperti sepatu atau sandal kalian basah saat hujan, kalian bisa gunakan cover shoes atau mantel pelindung sepatu atau sandal. Mantel sepatu biasanya terbuat dari bahan latex yang elastis jadi cocok digunakan untuk semua model alas kaki, kita tinggal sesuaikan aja dari ukuran S, M, L, atau XL. Cover shoes ini bisa dilipat dan bahannya juga ringan jadi praktis dibawa kemana-mana.

 

Casing Anti Air

Smartphone pastinya jadi barang yang nggak bisa terpisah dari kita, sayangnya perangkat yang satu ini kalau terkena air bisa jadi rusak. Nah untuk melindungi smartphone dari hujan kita bisa menggunakan casing anti air. Selain melindungi dari hujan, casing anti air ini juga bisa bawa saat berenang. Kalian nggak perlu takut terjadi bocor karena penutup bagian atas terbuat dari zip lock beberapa lapis dan juga Velcro tape.


 

Obat

Obat Obatan Standar

Saat musim hujan pastinya kondisi tubuh rentan terserang penyakit, makanya saat bepergian kita sebaiknya menyiapkan obat-obatan standar seperti obat masuk angin, minyak kayu putih, paracetamol, ibuprofen, dll. Untuk yang punya riwayat sakit tertentu seperti asma, kulit sensitive, atau yang punya ABK  pastinya selalu siap keperluan khusus tersebut ya.



Jadi itu tadi perlengkapan yang wajib dibawa saat musim hujan tiba. Memang ada baiknya menyiapkan perlengkapan ini dari pada nantinya harus kehujanan diperjalanan, selain pastinya jadi basah-basahan, kalau kondisi tubuh kurang fit bisa bikin kita sakit. Dan jangan lupa ya teman, selalu jaga kondisi tubuh tetap sehat, makan manakan bergizi seimbang, serta kalau perlu minum vitamin C juga ya.

 


3 Komentar

  1. Alhamdulillah sudah musim penghujan, ya. Rasanya seger banget tiap hujan turun. Yang penting perlengkapan di atas harus selalu siap sedia, ya

    BalasHapus
  2. Benar sekali, Mbak. Musim hujan sudah tidak bisa diprediksi. Kadang berangkat dari rumah terang benderang, eh.. pas pulang hujan.
    Makanya saya sudah menyiapkan hal-hal di atas itu. Selain itu, saya juga bawa sandal jepit, juga kantong kresek besar untuk dobel tas. Karena kalau tidak didobel, saat hujan deras, bisa tembus.

    BalasHapus
  3. Jadi inget zaman kecil, aku memang ga Diksh main ujan2an Ama mama. Tapi terkadang suka melanggar diem2 🤣.

    Kalo skr sih, jujur aja malah sebel kalo udah ujan, apalagi kalo turunnya pagi hari pas mau ngantor hahahaha. Kalo pas pulang ga masalah, tapi susahnya, transportasi umum jadi susaaah dan padat banget.

    Yg aku selalu sediain di tas udh pasti jas hujan mba. Dan pelindung tas. Isi tas lebih berharga kayaknya jangan sampe kebasahan 🤣.

    BalasHapus

Posting Komentar