A+ Masterclass

Enfagrow A+ Ajak Orang Tua Optimalkan Kecerdasan Akademis dan Emosional - Sebagai orang tua kita tentunya dituntut untuk ikut belajar setiap harinya. Bagaimana tidak, di jaman yang semakin canggih ini tentu pola asuh akan berbeda dari jaman kita kecil dulu. Karena seiring dengan semakin dekatnya era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity), Generasi Alfa yang terlahir di masa pandemi menghadapi tantangan klasik para pendahulunya, yaitu digitalisasi dan otomatisasi yang kini diperkirakan maju sekitar 5 tahun lebih pesat oleh para pakar, dimana persyaratan untuk sukses bukan hanya menjadi juara akademis di kelas saja, namun juga memiliki kecerdasan emosional.


Dan beruntungnya saya bisa menghadiri A+ Masterclass yang digelar pada tanggal 30 Oktober 2022 dan bertempat di Kidzania Surabaya Lagoon Avenue Mall. Di acara kali ini menghadirkan pembicara Chelsea Olivia sebagai A+ Mom, Ajeng Ravianda, Psi seorang psikolog, dr Attila Dewanti, Sp.A (K) seorang Dokter Spesialis Anak. Perbincangan siang itu sangat seru karena para narasumber banyak memberikan tips yang tentunya sangat bermanfaat buat kita para moms untuk lebih mengoptimalkan kecerdasan akademis dan emosional anak.


A+ Mom


Mom Chelsea Olivia sebagai A+ mom kali ini sharing pengalaman saat melahirkan dan mengasuh anak keduanya Dante yang lahir di awal masa pandemi. Karena tumbuh di masa pandemi jelas tantangan dalam mengasuh Dante cukup berbeda dengan saat mengasuh anak pertamanya Nastusha. Keseharian Dante hanya dihabiskan di rumah saja bersama dengan mami Chelsea, papi Glenn, dan kakaknya Nastusha. Jadi saat pertama kali diajak keluar, Dante masih bingung dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan luar.


Selain sharing pengalaman tersebut, mom Chelsea juga sharing bagaimana cara agar kedua anaknya bisa akur tanpa ingin saling berebut maminya, nah setiap harinya mom Chelsea meluangkan waktu 1 jam dengan salah satu anaknya untuk benar-benar quality time, kemudian di jam berikutnya dengan anak yang lain. Jadi mereka tetap bisa merasakan perhatian sepenuhnya tanpa harus saling berebut minta perhatian.


dr Attila Dewanti, Sp.A (K) kali ini menjelaskan bagaimana pentingnya kecerdasan akademis dan emosional anak, stimulasi dini yang bisa dilakukan sejak anak dalam kandungan hingga usia 2 tahun atau biasa kita kenal dengan 1000 hari kehidupan anak, sangat diperlukan untuk memperbanyak alternatif penghubung sel-sel otak anak. Yang bermanfaat untuk memperbanyak dan memperkuat sinaps dan memproses informasi lebih cepat dan kuat.

 

Ajeng Ravianda, Psi sependapat dengan apa yang dirasakan moms di era pandemi. Banyaknya perubahan secara signifikan yang terjadi selama pandemi tidak hanya berat bagi orang dewasa, namun juga membingungkan bagi anak-anak dan berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil. Kondisi yang tak menentu seperti pandemi juga dapat membuat pola stimulasi dan lingkungan mengalami perubahan yang cukup signifikan, misalnya seperti meningkatnya paparan gadget dan berkurangnya interaksi langsung dengan lingkungan. Kondisi ini dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. Segala perubahan ini menambah urgensi untuk menyiapkan si Kecil menghadapi masa depan yang dinamis dan semakin dibalut ketidakpastian. Disini peran orang tua menjadi semakin penting untuk memastikan si Kecil mendapatkan perasaan aman dan mendukung stimulasi untuk optimalkan Kecerdasan Emosionalnya.

 

dr Lazuardi putra


Selain ketiga narasumber tadi, dalam acar ini hadir pula dr. Lazuardi Putra selaku Category Manager Nutrition Reckitt Indonesia menjelaskan Menyadari bahwa para ibu membutuhkan sebuah panduan baru untuk menjawab tantangan ini, Enfagrow yang mengerti bahwa stimulasi, nutrisi, dan lingkungan merupakan faktor yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak, terutama Kecerdasan Akademis dan Emosionalnya, berinisiatif menghadirkan acara A+ Masterclass yang diadakan di Surabaya 30 Oktober 2022.


Tantangan Generasi Alpha

Menurut data terbaru yang dirilis oleh The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melalui program Learn the Signs. Act Early. mengungkapkan bahwa 1 dari 6 anak berusia mulai dari 3 tahun mengalami penyesuaian capaian perkembangan - kondisi yang mempengaruhi bagaimana anak-anak bermain, belajar, berbicara, bertindak, atau bergerak.


Sejalan dengan data CDC, hasil polling online yang dilakukan oleh Enfagrow A+ bersama dengan Tiga Generasi baru-baru ini juga menemukan terjadinya penyesuaian capaian perkembangan kecerdasan akademis dan emosional pada Generasi Alfa yang lahir dan tumbuh pada masa pandemi.


Melalui polling yang dilakukan dengan menilai sejumlah skillset yang diharapkan dapat dikuasai anak pada usia tertentu ini, terungkap bahwa: sebanyak 18,2% responden menyatakan anaknya belum mampu mengikuti instruksi 2 (dua) langkah ketika berusia 2 tahun dan 24,2% responden menyatakan anaknya belum mampu mendorong tangan keluar lubang baju atau mendorong kaki keluar lubang celana saat dibantu berpakaian di usia 12 bulan.


Untuk membantu orang tua menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak, baru-baru ini, CDC membuat penyesuaian surveillance milestones & tools, terutama pada checklist untuk anak usia 15 - 30 bulan - intervensi dini atau sebelum usia sekolah sangat diperlukan karena dapat memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan anak untuk mempelajari keterampilan baru. 


Neura pro

Keseruan A+ Masterclass Surabaya

Berbagai aktivitas seru yang diikuti oleh para moms di acara A+ Masterclass Surabaya antara lain: A+ Mom Summit (sesi bincang-bincang dengan neuro expert); A+ Mom Checklist (tes untuk mengevaluasi Kecerdasan Akademis & Kecerdasan Emosional anak), dan A+ Kid Brain Stimulation (aktivitas untuk menstimulasi otak oleh tim dari Kidzania).

anak-anak tentunya sangat excited saat mengikuti A+ Kid Brain Stimulation karena disini mereka bisa bebas mencoba menjadi berbagai profesi yang ada di Kidzania Surabaya ini. seperti; menjadi perawat bayi, bekerja di pabrik kertas, pabrik teh kemasan, pabrik biskuit, terlibat dalam shooting acara TV, merasakan simulasi gempa, dan masih banyak lagi.


Enfagrow A+
Sertifikat yang didapat setelah
mengikuti A+ Brain Stimulation

Diakhir acara juga ada undian untuk moms yang beruntung mendapatkan voucher belanja juga 1 voucher menginap di Shangrilla Hotel. Kemudian dilanjut graduation A+ Kids dengan memakai toga. 


Graduation A+ kids


Melalui A+ Masterclass ini, para moms juga diajak untuk terus memberikan pengembangan Kecerdasan Akademis dan Emosional yang seimbang dimana pun dan kapan pun. Adapun untuk Kecerdasan Akademis, stimulasi yang dapat diberikan pada si Kecil antara lain: Pemecahan masalah, Kosa kata, Memori, Kognitif. Sedangkan untuk pengembangan Kecerdasan Emosional, moms dapat mengajarkan si Kecil stimulasi yang sesuai dengan 4 pilar berikut ini: Pengendalian diri, Memotivasi diri, Leadership, Empati.


Selain keseimbangan Kecerdasan Akademis dan Emosional, Enfagrow A+ juga mendukung pemberian nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak melalui kandungan MFGM Pro dan DHA yang lebih tinggi. MFGM (Milk Fat Globule Membrane) adalah lapisan alami lemak susu yang kaya nutrisi, yang seringkali hilang dalam proses pembuatan susu bubuk formula. Dibutuhkan lebih dari 500 kilogram susu hanya untuk mendapatkan 1 kilogram MFGM, yang mengandung beragam jenis lemak esensial dan protein untuk mendukung perkembangan kognitif dan emosional si Kecil


Sekilas Tentang Mead Johnson

Mead johnson adalah perusahaan yang merupakan bagian dari Reckitt, perusahaan ini merupakan salah satu dari perusahaan pertama di Amerika Serikat yang berkomitmen untuk mendukung nutrisi berkualitas dan berdasarkan penelitian ilmiah untuk usia dini.

Selama lebih dari 100 tahun, perusahaan ini telah memperkenalkan berbagai produk nutrisi untuk usia dini, salah satunya Enfa, merek susu untuk balita terkemuka di dunia yang telah dipercaya oleh jutaan keluarga untuk dukung tumbuh kembang anak. 

Beberapa produk Enfa yang telah hadir di Indonesia antaranya; Enfamama A+, Enfagrow A+3 Neura Pro, Enfagrow A+Gentle Care, Enfagrow Essential. Selain merek Enfa, Mead Johnson juga memproduksi produk-produk farmasi dan enteral seperti produk-produk nutrisi untuk orang tua.


A+ kid brain stimulation
A+ Kid Brain Stimulation di beberapa
wahana yang ada di Kidzania Surabaya

Melalui acara A+ Masterclass ini saya bisa mendapatkan banyak insight tentang cara mengoptimalkan kecerdasan akademis dan emosional anak. Berbekal acara seperti ini semoga tantangan-tantangan yang dihadapi dalam mengasuh anak-anak generasi alpha bisa teratasi dan anak-anak bisa happy dalam menjalani tumbuh kembangnya. 

Post a Comment