Serunya Bermain Profesi di Kidzania Surabaya

 

Kidzania
KidZania Surabaya

Serunya Bermain Profesi di Kidzania Surabaya Pertama kali ngevent ngajak anak-anak gimana rasanya? Duh sudah pasti ribet bin rempong jadinya. Jadi ceritanya tanggal 30 Oktober 2022 saya ada acara di Kidzania Surabaya, salah satu benefitnya saya dapat voucher Kidzania yang bisa digunakan untuk main sepuasnya. jujur sejak malam saya bingung mau ajak anak-anak atau nggak karena menimbang gimana ribetnya ngajak mereka naik turun kendaraan umum, dan yang paling bikin worry itu takutnya kalau nanti baby Hazel nggak bisa dikondisikan, bisa-bisa saya nggak bisa kerja dong.


Pagi-pagi banget saya inisiatif chat PJ nya buat nanya, vouchernya ada expired date nya nggak? Ternyata vouchernya untuk hari itu juga, wah sayang banget kan kalau nggak digunakan. Akhirnya keputusannya anak-anak saya ajak, bismillah kapan lagi bisa ngajak mereka ngetrip naik turun angkutan umum, biasanya kalau kami jalan sekeluarga selalu sama ayahnya, itupun pakai kendaraan yang udah disiapkan dari rumah. Saat pulang nanti, saya mau ngajak mereka naik kereta karena baby Hazel belum pernah naik kereta (sebenarnya sudah pernah sekali pas dia masih usia 3 bulan, jadi pastinya dia nggak ingat)

 

Senangnya Bisa Ngevent Sambil Ngajak Anak - Anak Bermain di Kidzania Surabaya

Siang itu kami berangkat dari rumah jam 10 siang, antisipasi macet karena jalanan Lamongan-Gresik sedang banyak perbaikan. Karena ini kali pertama ngajak 3 anak naik bis, saya udah wanti-wanti ke sopir bis nya biar nggak cepet-cepet menjalankan bis soalnya saya bawa anak-anak. Sampai di Surabaya, kami turun di tol Dupak lalu jalan sekitar 200meter setelah itu lanjut naik Gocar sampai di lobby Lagoon Avenue Mall.


Tampak dari luar mall ini terlihat mewah tapi lebih sepi dari pada mall-mall lainnya, oleh petugas kami lalu diarahkan untuk menuju lantai 2 melalui lift. Keluar dari lift kami disuguhi pemandangan hijau berpadu dengan beberapa gedung-gedung tinggi yang ada di Surabaya. Melirik jam masih ada waktu beberapa menit sebelum acara, jadi kami sempatkan foto-foto sebentar.


Sekitar jam 12.30 kami masuk ke Kidzania, setelah registrasi kami lalu masuk ke dalam (sebenarnya ada sedikit drama karena saya ngajak 3 anak, tapi Alhamdulillah beres berkat bantuan mbak Ugik Madyo teman sesama blogger). Acara A+ Masterclass berlangsung dari jam 13 sampai jam 15, selama acara sebenernya baby Hazel agak rewel tapi masih bisa diatasi sama kakak-kakaknya. Nah kelar acara saatnya kita menikmati keseruan wahana yang ada di Kidzania ini.

 

Menjajal Berbagai Profesi di Kidzania Surabaya

kidZania menyajikan berbagai macam aktifitas role-play sebuah profesi orang dewasa yang ada di kehidupan nyata untuk anak-anak usia 1-16 tahun, di KidZania anak-anak bisa bermain sambil belajar di area seluas 4.500 m2, terdapat 45 establishments dan lebih dari 100 aktifitas yang ada di sini.


Pabrik kertas

Pabrik Kertas

Di area ini, anak-anak diajak mendesain sampul buku dengan cara yang sangat canggih, durasinya sekitar 20 menit. Dan reward nya anak bisa bawa pulang buku yang sampulnya di desain sendiri.


Pabrik mie instan


Pabrik Mie Instan

siapa disini yang nggak pernah makan mie instan? Pastinya semua pernah ya. Dan senengnya itu di area ini anak-anak bisa mengetahui gimana caranya memproduksi mie instan, selain itu mereka juga diajak membuat mie instan secara langsung dengan tangan dengan durasi sekitar 20 menit. Benefitnya anak-anak bisa bawa pulang tas berisi 2 bungkus mie instan dan juga balon yang didalamnya berisi mie instan.


Studio tv


Studio TV

Gimana sih rasanya shooting suatu acara TV? Nah di area ini anak-anak akan diajak masuk studio TV untuk shooting program TV untuk anak-anak. Dengan durasi sekitar 20 menit, anak-anak diajak bernyanyi dan menari dengan seorang kakak yang memandu. Kita bisa melihat aksi anak-anak melalui layar yang sudah disediakan.


Pabrik biskuit


Pabrik Biskuit

Yang suka biskuit angkat tangan! Jelas saya angkat tangan duluan. Hihi Di area ini anak-anak akan diajak belajar tentang proses pembuatan biskuit, lalu mencoba membuat biskuit sendiri, kemudian dibawa pulang. Durasinya sekitar 20 menit.


Rumah Sakit

Di area ini, anak-anak bisa memilih peran yang mereka inginkan, seperti ahli bedah, paramedic, berperan sebagai penyandang disabilitas atau menjadi perawat bayi. Nah kali ini baby Hazel dan kakak-kakak memilih untuk menjadi perawat bayi, karena petugasnya menawari saya untuk ikutan masuk jadilah saya ikutan merawat bayi juga. Durasinya sekitar 15 menit

 

Karena waktu yang terbatas jadi kami hanya bisa menikmati 5 permainan tersebut, saat saya tanya ke petugasnya jam tutup Kidzania sekitar jam 17.00. Saya pun harus segera ke stasiun karena kereta yang akan saya naiki berangkat jam 17.40, untung bapak Gocar nya pengertian jadi saya diajak lewat tol biar lebih cepat, yang harusnya bayar tol 5k tapi saat saya sodori bapaknya uang 5k, bapaknya menolak dengan halus sambil bilang “nggak usah mbak, asal mbak nggak ketinggalan kereta aja udah bersyukur”. Alhamdulillah, bisa ketemu orang-orang baik hari itu.


KidZania


Btw teman, saya akhir-akhir ini sedang mempelajari jurnal syukur yang kadang saya pelajari dari buku-buku dan juga dari blog kak Rani Noona karena ada di beberapa kondisi saya sering merasa kurang dalam hidup ini. Dan setelah saya pelajari ternyata kunci utamanya yaitu saya kurang bersyukur dengan apa yang saya dapat. Jadi mulai sekarang saya harus lebih bisa legowo dengan apa yang saya terima da juga lebih bersyukur dengan apa yang sudah saya miliki dengan begitu hidup jadi lebih ringan.


Dan sampai disini dulu sharing saya tentang serunya bermain profesi di Kidzania Surabaya, sampai jumpa di petualangan kami berikutnya.


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Serunya Bermain Profesi di Kidzania Surabaya"