Navya Arma, Autonomous Vehicle Pertama Di Indonesia

 

Autonomous Vehicle

Navya Arma, Autonomous Vehicle Pertama Di Indonesia - Kendaraan listrik sekarang ini sedang banyak diminati masyarakat, di lingkungan tempat tinggal saya pun sudah banyak yang menggunakan sepeda listrik yang dirasa lebih fleksibel sebagai transportasi untuk jarak dekat. Dan kian hari inovasi-inovasi baru terus dikembangkan untuk kenyamanan dan juga demi menjaga lingkungan beserta sumber daya yang ada.

 

Saya sangat kagum saat pertama kali tau tentang hadirnya First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City. Lalu apa itu AutonomousVehicle? Autonomous Vehicle merupakan kendaraan yang bisa beroperasi sendiri tanpa awak. Kendaraan ini dirancang untuk mendeteksi sekelilingnya menggunakan sensor, prosessor, serangkaian algoritma, dan juga mechine learning yang merupakan kecerdasan buatan.

 

First Autonomous Vehicle at Green Office Park BSD City

Sinar Mas Land kini semakin menegaskan komitmen untuk terus berkontribusi dalam tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). dibuktikan dengan adanya berbagai inovasi untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan termasuk pengoperasian Autonomous Electric Vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City.autonomous electric vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City.

 

Bus listrik

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, yang didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom® Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mei sampai bulan Juli lalu. kemudian uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 sampai 5 Januari 2023 mendatang.

 

Kehadiran teknologi ini pun sejalan dengan visi hijau kawasan GOP yang telah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Selain itu, seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Selain itu, seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Selain itu, seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

 

Spesifikasi Navya Arma

Navya Arma sendiri merupakan nama dari bus otomatis pertama di Indonesia yang ada di The Breeze, BSD City. Navya Autonom® Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik tersebut berdimensi 4,7 m x 2,1 m dan memiliki kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri.

 

Navya Autonom® Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

 

Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

 

Cara naik navya arma

Bagaimana Cara Naik Navya Arma?

Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan sedikitpun. Kita bisa naik dari Lobby Utama The Breeze dan calon penumpang hanya perlu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile yang bisa diinstall via Apple App Store maupun Google Playstore.Apple App Store maupun Google Playstore.

 

Uji coba First Autonomous Vehicle dilakukan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 22 Dec 2022  hingga 4 Januari 2023, waktu operasinya setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

 

Bagi masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan ketentuan tinggi badan anak minimal 120 cm dan harus didampingi oleh orang tuaanak minimal 120cm dan harus didampingi oleh orang tua.tinggi badan anak minimal 120 cm dan harus didampingi oleh orang t

 

Penutup

Menurut Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap memaparkan,

 memaparkan, “Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi dig“Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.”

smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.”

Dan yang perlu kita tau, AV baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 Nov 2022.

 

Jadi kalian tertarik untuk menjajal naik First Autonomous Vehicle juga? Yuk segera merapat ke Green Office Park BSD City, jangan sampai terlewat ya.


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Navya Arma, Autonomous Vehicle Pertama Di Indonesia"