Momen bonding bermakna


Teman, momen bonding bermakna kalian bareng si kecil itu pas lagi ngapain sih? kali ini saya mau sedikit sharing pengalaman mengasuh anak usia 3 tahun. Menjadi full time mommy membuat saya selalu bisa membersamai momen tumbuh kembang anak. saat anak berusia 1-3 tahun, mereka memang sedang aktif-aktifnya mengeksplorasi dunia sekitar, banyak hal baru yang menarik perhatiannya.


Rasa ingin tahunya yang besar lalu mendorongnya mencoba hal-hal yang sering mereka lihat, nah seperti saat anak saya baby Hazel yang berusia 3 tahun melihat saya mengerjakan pekerjaan rumah, dia pun ingin ikut melakukan hal yang sama. Saat saya menyapu lantai, dia pun buru-buru mencari sapu dan mengikuti gerakan seperti orang yang sedang menyapu, yah biarpun pastinya bakal bikin rusuh tapi melihat antusiasnya saya hanya bisa senyum-senyum sendiri. 


Begitu juga saat saya fokus menulis di laptop, dia pun segera mengambil laptop mainannya dan menirukan apa yang saya lakukan. makanya sebagai mama, sebisa mungkin saya mengarahkan dan menjelaskan berbagai hal yang membuatnya penasaran. 


Ciptakan Momen Bonding Bersama Buku

Saat baby Hazel masih bayi, ada seorang teman memberi kado sebuah buku. Buku sederhana untuk balita tentang kegiatan sehari-hari, isinya berupa gambar berwarna menarik dengan sedikit tulisan yang mudah dipahami anak-anak seusia baby Hazel, ya biarpun dia belum bisa membaca tapi dengan melihat gambarnya aja dia sudah paham apa yang dikisahkan dari buku tersebut. dan bisa dibilang itulah kali pertama dia mengenal buku.


Melihat antusiasnya dengan buku bergambar, saya pun kemudian membelikan beberapa buku untuknya seperti buku mewarna, menggunting dan menempel, dsb. Tentu aja dia seneng banget dengan buku-bukunya. nah disinilah saya merasa momen bonding dengan baby Hazel terjalin makin kuat saat kami berdua sama-sama sibuk dengan buku, entah itu membacakan dongeng, membantunya menggunting gambar, atau mengajarinya cara mewarnai.


Festival Zwitsal

Festival Zwitsal Momen Bonding Bermakna 

Tanggal 22 Desember 2022 kemarin digelar acara Festival Zwitsal Momen Bonding bermakna yang saya ikuti secara online, biarpun virtual tapi keseruannya tetap bisa saya rasakan dari rumah. Menghadirkan pemateri Mahnesa Siregar, sebagai Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia. Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga. Nikita Willy, Brand Ambassador Zwitsal. Dan juga sang suami, Indra Priawan. 


Acara ini digelar bertepatan dengan hari ibu dan juga memperingati 50 tahun kehadiran Zwitsal di Indonesia, Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna untuk mendampingi kita sebagai orang tua menciptakan momen kebersamaan yang bermakna dengan anak, yang akan memberi dampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa depan.

Seperti yang kita tau, jaman sekarang ini kita menghadapi banyak banget tantangan dalam mengasuh si kecil, diantaranya termasuk tantangan yang ada di sosial media, seringnya kita merasa terbebani dengan melihat postingan media sosial teman ataupun publik figure tentang anak-anak mereka. 


Sadar atau tidak akhirnya kita jadi membandingkan perkembangan anak kita dengan mereka, misal saat si A sudah bisa mewarnai dengan rapi sedangkan anak saya belum. padahal yang perlu kita sadari, anak kita tentunya punya sisi lain yang unggul dibandingkan anak lain, hanya saja kita belum menyadarinya.


Dalam study Priori Group menunjukkan 40% dari 1000 orang tua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di sosial media, memicu kecemasan orang tua. dalam fenomena ini, tekanan sebagai orang tua lebih banyak dirasakan oleh para ibu. 


Lalu menurut study Cornell University, para ibu merasa lebih stress dari pada para ayah. salah satu faktornya karena selalu ingin menyesuaikan image dengan konsep "ibu yang baik". berikutnya study dari Baby Center menunjukkan bahwa 80% ibu milenial merasakan tekanan sekitar untuk menjadi ibu yang sempurna.


Nah kejadian ini pun pernah saya rasakan, tekanan dari sekitar akhirnya membuat saya stress saat melihat pertumbuhan baby Hazel sedikit kurang pada tabel berat badannya. memang bisa dibilang postur tubuh baby Hazel ini nggak tinggi tapi badannya juga nggak kurus. 


Grafik pertumbuhan baby Hazel memang sedikit kurang di tabel berat badan tapi pertumbuhan lainnya terhitung baik dan cepat, seperti cara bicaranya sudah baik dengan pelafalan yang jelas dan nggak cadel, dia sudah berani naik tangga, pohon, dll yang tinggi dengan pengawasan orang tua tentunya, dan dia pun berani dengan orang ataupun teman baru. jadi biarpun ada sedikit hal yang kurang tapi kita pun harus menyadari kelebihan anak.


Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga

Dalam acara ini, Samanta Elsener menjelaskan "keinginan menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan dampak negatif seperti gampang cemas, mudah stress bahkan depresi, selalu merasa kurang dalam menjalankan peran sebagai seorang ibu. sampai terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% ibu milenial dan gen Z di Indonesia. 


Jadi untuk menyikapinya penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan meyakini bahwa sebetulnya hal terpenting dari penjelasan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding bermakna.


Apalagi ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional si kecil, seperti membuat anak selalu merasa aman dan tenang, lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru, membentuk rasa percaya pada orang lain, memiliki self-awareness yang baik, merasa dirinya berharga hingga mampu berempati pada orang lain. 


Nikita Willy, Brand Ambassador Zwitsal.

Nikita Willy sebagai brand ambassador Zwitsal kali ini sharing pengalaman dalam mengasuh baby Issa. jujur saya merasa kagum dengan pola asuh Nikita. Melahirkan dan membesarkan baby Issa di Amerika membuat Niki dan suami harus menghandle sendiri kebutuhan si baby.


Biarpun punya anak yang masih bayi, tapi Niki tetap santai saat traveling dengan baby Is dan baby Is juga kelihatan nyaman-nyaman aja. Ini jelas beda banget dengan apa yang saya alami, sejak melahirkan sampai baby Hazel sampai berusia 1 tahun saya sampai hiatus untuk traveling karena membayangkan anak bakal rewel dll, setelah usianya menginjak 3 tahun ini pun rasanya saya kurang bisa menikmati momen traveling karena sudah repot sendiri mengurus dia di perjalanan ataupun di lokasi tujuan.


Nah untuk itu Niki punya tips agar baby tetap nyaman saat diajak traveling, yang paling utama itu tanamkan mindset "kalau kita suka traveling, anak juga harus merasakan kesenangan seperti yang kita rasakan". Selanjutnya Niki menjelaskan "mindset ini everythink, jadi kalau kita sudah punya mindset seperti ini kita pastinya merasa gampang kok liburan sama anak, nggak ribet, mau dia nangis atau rewel kita bawanya pasti santai, di rumah juga rewel cuma beda tempat aja, jadi biarpun capek tapi tetap menyenangkan".


Menjawab tekanan dari luar yang dihadapi dalam mengasuh si baby, Niki menjelaskan biarpun dia sampai saat ini masih banyak belajar, tapi dia dan suami lah yang paling tau apa yang terbaik buat baby nya. dan yang paling penting, bagaimana mereka bertiga selalu punya attachment secara fisik maupun emosional. Misalnya saat memandikan baby Issa, momen seperti ini yang diharapkan nantinya baby Issa percaya bahwa Niki dan suami selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat diandalkan.


Mahnesa Siregar, sebagai Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia.

Mahnesa Siregar, selaku Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia menjelaskan, selama 50 tahun Zwitsal dengan kelembutan dan keharumannya yang ikonik telah menemani keceriaan perjalanan ibu bersama si kecil melalui rangkaian produk berkualitas. tak hanya itu, Zwitsal juga ingin terus mendampingi orang tua, khususnya new parents dalam menghadapi tantangan demi tantangan yang mereka hadapi dalam menjalankan peran baru mereka. terlebih di era modern seperti sekarang ini yang tak bisa terlepas dari peran media sosial.


Zwitsal


Kampanye Zwitsal #MomenBondingBermakna

Menjawab kebutuhan para orang tua dalam menciptakan momen bonding dengan si kecil, Zwitsal percaya bahwa setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk melakukannya. dan di saat itulah momen bonding bermakna dapat terjalin.


Melalui #MomenBondingBermakna Zwitsal memfasilitasi para orang tua dengan berbagai kegiatan online maupun offline yang menginspirasi. Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk bonding paling efektif ialah melalui skin to skin contact yang dapat memberi rasa aman dan nyaman, untuk mengawali kampanye terbarunya Zwitsal mempersembahkan Zwitsal Momen Bonding Bermakna dengan salah satu highlight dari festival ini ialah kelas baby spa sebagai salah satu cara menciptakan momen bonding bermakna. 


Ditemani rangkaian produk Zwitsal kegiatan ini melibatkan 1000 ibu secara online maupun offline yang mampu menstimulasi sejumlah indera si kecil serta mendorong perkembangan otak dan intelegensianya. kegiatan ini pun mampu memecahkan rekor kelas baby spa dengan peserta terbanyak versi TheAsianparents - selaku mitra penyelenggara festival.


Dengan digelarnya kampanye Zwitsal #MomenBondingBermakna ini, harapannya bisa mengedukasi lebih banyak orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama si kecil, tentunya ditemani kelembutan dan keharuman dari rangkaian produk Zwitsal.




51 Komentar

  1. Sebagai cowok. Paling suka sama bau Zwitsal. Selain baunya khas dan lembut.

    Beberapa produknya kupakai juga kak. Sering kepake minyak telon sama sabun batangnya buat cuci muka. Hehe. Soalnya mukaku sangat sensitif dan hanya Zwitsal yang ngerti mukaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih saya pun dulu waktu anak masih kecil milih produk Zwitsal karena warnanya yang kuning, warna cocok untuk anak lelaki hehehe
      Ya meskipun itu tidak ada teorinya sih ya

      Hapus
  2. Banyak sebenarnya momen buat bonding ke anak. Asal sabar aja. Kadang rasa lelah yang bikin lupa dan akhirnya marah-marah aja . Hi hi hi. Aku suka lihat nikita willy sama babynya. Kaya yang santai banget. Ternyata brand ambasador Zwitsal ya.

    BalasHapus
  3. Memang baiknya anak jangan dibanding-bandingke sih, bukan parents aja yg stres, tapi anak juga tergganggu tumbuh kembangnya.

    Baiknya parenta juga lebih banyak membersamai anak nih, salah satunya bonding dengan baca buku.

    BalasHapus
  4. Keren banget campaign Zwitsal ini mom. Momen bonding bermakna aku dengan si kecil itu saat memasak bareng, jalan-jalan bareng, menari bareng, menyanyi bareng, menulis dan menggambar bareng dan masih banyak kegiatan seru lainnya bareng si kecil, mom. Seru deh ya pokoknya bisa bersama si kecil terus.

    BalasHapus
  5. salut nih campaignnya ngena banget ya, memang membersamai anak harus benar-benar 'hadir' untuk mereka biar kebentuk bondingnya ya

    BalasHapus
  6. usia 3 tahun ini memang lagi masa-masa emasnya anak ya Mbak, rasa ingin tahunya begitu tinggi yang kadang bikin gemes juga karena pertanyaannya yang tiada henti hihih.
    Hazel sama nih dengan Faiz, suka buku juga dan membaca buku ini jadi salah satu kegiatan #MomenBondingBermkna saya dengannya, suka banget kalua dibacain buku apalagi setelah mandi, segar gitu dia :)
    salut ya dengan Zwitsal yang udah sampai 50 tahun dan terus berinovasi memberikan produk-produk perawatan terbaik dari generasi ke generasi :)

    BalasHapus
  7. Cakep banget ya campaign zwitsal ini. Relate sama kehidupan emak-emak yg selalu dituntut sempurna di masyarakat. Padahal kita hanya perlu fokus menciptakan bonding sama si kecil demi tumbang mereka :')

    BalasHapus
  8. Zwitsal ini memang produk dari masa ke masa, Mbak. Dari saya kecil juga sudah ada. Rangkaian produknya juga lengkap. Zwitsal sudah membersamai Ibu dan anak sepanjang masa.

    BalasHapus
  9. Wah temanya pas ya, relate banget dengan apa yang diperlukan para orang tua. Tahu sendirikan bagaimana gadget kadang jadi pengurang bonding.

    BalasHapus
  10. Zwitsal akan membuat ikatan ibu dan anak menjadi lebih dekat dan baik sesuai perkembangan si anak.

    BalasHapus
  11. setuju banget mba, momen menciptakan bonding paling enak itu ya masa2 balita.. dan tentunya pakai produk zwitsal. aku sampai sekarang juga pakai cologne nya buat anakku mba, aromanya bayi banget hehehe

    BalasHapus
  12. Zwitsal, brand legend yang jadi kesukaanku. Sampai anakku segede gini (kelas 4 SD) masih pakai produk2nya Zwitsal ♥️

    BalasHapus
  13. Zwitsal mengingatkan saya dengan pernak pernik perbayian yang sangat saya dambakan. Dulu mulai sampo sampai bedak tabur terus pasta gigi pas anak mulai makin besar selalu menggunakan produk Zwitsal. Suka dengan warna kuningnya yang cerah dan konon cocok sih dengan Anka laki. Meski anak-anak perempuan juga tentu saja boleh cocok banget ya...

    BalasHapus
  14. gak nyangka usia zwitsal sudah 50 tahun ya, termasuk perusahaan dan brand yang bertahan juga sukses. waktu anak - anak masih bayi, tentu pakai produk zwitsal. wanginya khas zwitsal udah pasti jadi pilihan. btw, bagus banget nih event Festival Zwitsal. semoga event yang sama bisa hadir di kota lainnya ya.

    BalasHapus
  15. gak nyangka usia zwitsal sudah 50 tahun ya, termasuk perusahaan dan brand yang bertahan juga sukses. waktu anak - anak masih bayi, tentu pakai produk zwitsal. wanginya khas zwitsal udah pasti jadi pilihan. btw, bagus banget nih event Festival Zwitsal. semoga event yang sama bisa hadir di kota lainnya ya.

    BalasHapus
  16. Emang penting banget namanya bonding antara mama/papa dengan si buah hati. Salut untuk Zwitsal yang sudah menginisiasi momen ini.

    BalasHapus
  17. Keren nih, materinya sarat ilmu. Asyik ya pakai zwitsal bikin anak terawat sekaligus belajar sambil bermain

    BalasHapus
  18. Pentingnya pengetahuan mengenai #MomenBondingBermakna begini agar para Ibu lebih santuy saat membersamai anak. Tidak terburu-buru dan tidak merasa lelah sendiri. Ada komunikasi terhadap pasangan untuk membersamai dan mengasuh bersama.

    BalasHapus
  19. setuju, salah satu bonding dengan anak itu skin to skin. nah biasanya pas mandi itu sambil main air main sabun main gelembung, anak suka banget sambil saya mandiin. atau peluk-pelulkan aja di kasur sebelum tidur :D

    BalasHapus
  20. Wah Zwitsal, pilihan saya untuk body care anak-anak nih
    bahkan sampai kini, saya selalu pakai baby oil Zwitsal
    Teksturnya lembut, aromanya harum bikin nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain harum dan nyaman ramah juga untuk kulit bayi Ambu.
      Jadi memang tepat peruntukkannya untuk si kecil, bahkan kita pun bisa pakai juga

      Hapus
  21. SAma dengan baby Hazel anakku yang bungsu dulu juga kurus tapi tinngi badannya, bikin tertekan juga kalau ada yang nanya....Btw, bagus sekali ini kampanye Zwitsal #MomenBondingBermakna yang bisa mengedukasi orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama si kecil

    BalasHapus
  22. Zwitsal ini produk yang digunakan iparku untuk anak-anaknya. Aku juga sering mandiin ponakan pakai sabun dari Zwitsal. Harum banget jadi betah lama-lama momong ponakan, hehehe

    BalasHapus
  23. MasyaAllah acaranya penuh dengan ilmu parenting ya mba, aku yang masih belajar jadi new mom ini ikutan merasakan banget. Berusaha untuk bonding dengan anak terus diriku

    BalasHapus
  24. Waktu bayi ponakan daku pakai Zwitsal juga, yang bikin seneng. Keren campaignnya Zwitsal sehingga para orangtua bisa makin paham pentingnya kebersamaan dgn si kecil ya

    BalasHapus
  25. Saya suka sekali dengan warnanya kuningnya cantik dan kebetulan keponakan di rumah juga menggunakan produk Zwitsal ini

    BalasHapus
  26. Ini brand yang aku pakai sejak bayi, kini turun ke anak-anakku. Sebagus itu soalnya jadi bertahan brandnya, karena brand yang dipakai adikku dulu saja sudah nggak ada, hehehee.

    BalasHapus
  27. Aku salfok ama kostumnya Mba Fiona ama Babby Hazel yang cerah ceria. Kuningnya seger banget kaya Switzal. Inget dulu waktu anakku masih babby, suka beliin shampo dari Switzal soalnya wangi dan lembut. Saya juga ngeras nih kalau lagi bacain buku buat anal rasanya makin dekat bondingnya

    BalasHapus
  28. Bareng Zwitsal, momen bonding bersama anak menjadi lebih beresan ya..
    Semoga dengan bonding yang bagus, maka kelak anak-anak tumbuh dengan karakter yang baik dan unggul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Karena momen bonding ini ditabur semenjak kecil ya Teh, sehingga nantinya dewasa tetap melekat dengan orangtuanya

      Hapus
  29. Banyak hal yang bisa kita lakukan supaya lebih deket lagi ke anak, lihat kondisi anak, lihat hobi anak. Memakaikan produk Zwitsal juga termasuk cara bounding yang bagus, sambil keramas, pakai minyak rambut, pakai minyak wangi, terus jjs deh alias jalan-jalan sore

    BalasHapus
  30. bagus sekali ini kampanye Zwitsal #MomenBondingBermakna yang bisa mengedukasi orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama si kecil

    BalasHapus
  31. Produk switzal memang melegenda di Indonesia. Pas untuk bayi peraeatan sehingga bonding pun dapat antara anak bayi dan ibu

    BalasHapus
  32. Dulu bayi anak anak juga pake produk Zwitsal, sebelum mandi pijat pijat dulu pakai baby oil baru deh di mandiin.

    Suka sama produk zwitsal apalagi yang buat penumbuh rambut yang mengandung kemiri.

    BalasHapus
  33. bonding anak sama orang tua emang penting banget sih yaa, biar ikatan kasih nya tuh kenceng, dan klo udh gede juga tetep deket sama orang tua

    BalasHapus
  34. Salut sama Nikita Willy dan suaminya, pasangan muda, dan ibu muda juga, tapi punya prinsip yang kuat dalam pengasuhan anaknya. Nggak gampang "oleng" karena komentar netizen

    BalasHapus
  35. Perlengkapan Zwitsal jdi pilihan ibu2 buat bocil, udah wangi tahan lama, jadi klu nyium keponakan seger banget.

    BalasHapus
  36. Zwitsal memang terbaik ya mbak
    Dari dulu setia menemani perjalanan bonding ibu dan anak Indonesia

    BalasHapus
  37. Aku sering sih melihat gimana cara Nikita Willy mengasuh Baby Issa. Nampak banget mengutamakan kenyamanan baby. Meski pun di perjalanan traveling. Terlihat betapa Baby Issa juga turut serta menikmati perjalanan itu.

    Cucok banget dengaan campaign Zwitsal untuk menemani bonding ibu dan anak.

    BalasHapus
  38. Zwitsal emg brand terbaik buat anak2. Bahkan beberapa tmn juga suka pake cologne nya haha
    Btw, setuju emg penting bgt bonding anatara anak2 dan ortu sejak dini. Karena di masa anak2 karakter mereka dibentuk

    BalasHapus
  39. Rangkaian perawatan buat si kecil yang kualitas brandnya sudah tidak diragukan lagi ya mba, saudara di rumah juga babynya semuanya pakai rangkaian Zwitsal. Saya suka dengan warnanya kuningnya cantik.

    BalasHapus
  40. Zwitsal memang jadi kepercayaan para ibu dari dulu. Sahabatnya anak-anak. Anakku juga make zwitsal dari bayi sampai sekarang udah 2 tahun lebih. Cocok di kulitnya. Juga wangi banget.

    BalasHapus
  41. Saya lagi belajar untuk menciptakan bonding dg anak, dg cara baca buku. Anak saya masih kurang suka dg gambar-gambar atau coret-coret. Sukanya sama kipas 😭😭😭

    Kali aja ya, buku yang dari perlengkapn zwitsal ini menarik perhatian anakku.

    BalasHapus
  42. Zwitsal ini jadi perawatan kulit untuk bayi dan bundanya (soalnya suka sama baunya juga), legend banget lah ini ngga ada yang bisa samain harum khasnya Zwitsal!

    BalasHapus
  43. satu hal yang sering dilupakan nih terkait bonding dengan anak apalagi untuk mom working at home, i feel it banget. tapi mba lucu ya dengan anak bisa membentuk bonding lewat daily activity jadi anak juga sekalian belajar. kalau saya karena anak saya dua-duanya laki-laki jadi momen bondingnya adalah ketika membersamai mereka bermain dan sebelum tidur. its the best time sih.

    BalasHapus
  44. Membangun bonding antara mama (papa) dan anak di masa kecil akan berguna banget sampe nanti anak besar lho. Kedekatan anak dan ortu itu nggak bisa dibangun dalam semalam soalnya. Tapi kalau dari kecil sudah dekat, sampai besar pun hubungan tersebut akan terbawa. Btw, ini Zwitsal produknya awet banget ya, aku aja udah lebih dari 15 tahun kenal produk ini.

    BalasHapus
  45. aku suka wangi Zwitsal dari dulu, bahkan pas aku masih SD juga masih pakai zwitsal.
    perlu banget ya untuk orang tua menciptakan momen bonding dengan anak-anak, istilahnya kayak menstimulasi sejak dini. Apa yang orang tua rasakan, si anak diharapkan juga merasakan hal serupa. Pastinya yang baik baik dan menyenangkan

    BalasHapus
  46. Saya yakin hampir semua ibu2 di sini pas punya baby pakainya Switzal. Saya juga dulu begitu, tapi mmg produk Switzal ini selalu dicari ya. Kualitasnya nggak diraguin lagi

    BalasHapus
  47. Keren banget nih acaranya Zwitsal Indonesia dalam rangka ulang tahun yang ke 50. Karena MomenBondingBermakna memang penting banget bagi para orang tua dan anak2nya. Aku setuju sih para ibu tuh lebih rentan stress karena adanya tekanan lingkungan / tuntutan untuk menjadi ibu yang baik. Btw mbak, nama anaknya sama kayak keponakan aku yang kedua. Hazel.

    BalasHapus
  48. Bawa traveling anak itu emang tergantung mindset. Dari dulu kalau bawa traveling balita selalu dibawa happy . Jadi ya anak kebawa happy dan gak rewel

    BalasHapus

Posting Komentar