6 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Persiapan bulan ramadhan


Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan - Terhitung kurang dari satu bulan, kita bakal menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan pastinya bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim, karena banyak hal yang bisa kita petik selama menjalankan ibadah puasa, selain menahan lapar dan melatih kesabaran dengan menahan hawa nafsu, ibadah rukun Islam ke 3 ini punya keutamaan semua amal ibadah kita akan dilipat gandakan. 

Makanya setiap kali bulan Ramadhan tiba, umat muslim berlomba-lomba untuk makin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah. Dan untuk menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, ada beberapa hal yang baiknya dipersiapkan. Sudah tau, apa aja yang perlu dipersiapakan? yuk simak selengkapnya.


6 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

1. Melatih Pengendalian Diri

Hal pertama yang perlu kita persiapkan ialah melatih pengendalian diri. Kita harus mulai melatih mengendalikan diri dari hal-hal buruk yang kadang kita lakukan entah itu disengaja atau pun yang tak disengaja. melatih mengendalikan diri ini bisa meliputi mengendalikan emosi agar tidak sampai berlebihan, melatih diri untuk lebih bersabar dan mendekatkan diri kepada Allah.

2. Memperdalam Ilmu Agama

Dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, ada baiknya kita lebih memperdalam ilmu agama. Ada banyak hal yang bisa dipelajari seperti tata cara ibadah yang benar, sampai hal-hal apa saja yang baik dan kurang baik dilakukan di bulan Ramadhan. Memperdalam ilmu agama ini bisa kita lakukan dengan cara membaca buku bacaan islami, mengikuti pengajian, dll.

3. Melunasi Hutang Puasa

Buat yang punya hutang puasa tahun lalu, ada baiknya sembari menunggu datangnya bulan Ramadhan kita melunasi dulu hutang puasa tahun lalu atau bahkan di tahun-tahun sebelumnya. Karena ada beberapa kondisi yang memperbolehkan seseorang untuk tidak melakukan ibadah puasa seperti saat sedang sakit, musafir, ibu hamil, ibu menyusui, haid, dan nifas. Jadi jangan lupa dilunasi ya.

4. Bersih-bersih Lingkungan

Kegiatan bersih-bersih sebelum memasuki bulan Ramadhan ini penting juga menurut saya. Sebagai ibu rumah tangga pastinya paham kan kalau kegiatan bersih-bersih menguras energi dan juga membutuhkan fisik yang kuat. Makanya ada baiknya, kita mulai bersih-bersih rumah dan juga lingkungan sekitar agar selalu terlihat lebih bersih. Kalau lingkungan sudah rapi dan adem, ibadah puasa bakal lebih nyaman. Ingat kan, kebersihan sebagian dari iman. 

5. Persiapan Fisik

Dalam menjalankan ibadah puasa pastinya membutuhkan fisik yang sehat, jadi mulailah menjaga kesehatan fisik dan jasmani dengan berolah raga ringan di sela rutinitas harian, makan makanan sehat dengan gizi seimbang, perbanyak minum air putih, lengkapi dengan minum multi vitamin. Jangan lupa hindari makan makanan yang tidak sehat, dan buat yang sering begadang, mulailah hindari kebiasaan tersebut. 

6. Persiapkan Kebutuhan Sehari-hari

Selama bulan Ramadhan disadari atau tidak, seringnya kita berperilaku hidup konsumtif dengan membeli berbagai macam makanan yang niatnya bakal dimakan saat buka puasa, tapi pada kenyataannya, makanan tersebut sering tak tersentuh karena kapasitas perut yang sudah penuh.

Untuk mengurangi perilaku yang seperti ini, kita bisa mulai menyusun menu apa aja untuk sahur dan berbuka. Dengan begitu kita bisa mulai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk dimasak sendiri di rumah, nah manfaat memasak ini selain lebih hemat pastinya kebersihan makanan juga lebih terjaga.  



Dan itulah tadi beberapa persiapan yang bisa dilakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, dengan menjalankan berbagai persiapan ini harapannya ibadah puasa jadi lebih mudah dan santai dalam menjalankannya. 




Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "6 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan"