Mengenal Reflasi dan Cara Cerdas Mengatasinya

Pengertian reflasi


Mengenal Reflasi dan Cara Cerdas Mengatasinya - Reflasi merupakan ancaman baru dalam perekonomian yang menjadi perhatian secara global. Saat reflasi terjadi, perekonomian belum sampai pada tahap perlambatan yang dalam, namun sudah terjadi inflasi tinggi dan menuju arah bawah resesi ekonomi. Kondisi ini ditandai dengan tingginya pengangguran dan kenaikan harga-harga. Fundamental perekonomian suatu negara sangat berpengaruh terkait ketahanannya menghadapi resflasi.
Saat ini, fundamental Indonesia masih kuat dan jika reflasi terjadi maka perlambatannya tidak parah. Namun begitu, Anda bisa melakukan upaya pengamanan keuangan, misalnya dengan cara investasi reksadana, untuk menghadapi risiko reflasi yang mungkin terjadi.


Manfaat investasi reksadana bisa Anda rasakan dalam waktu kurang dari satu tahun. Reksadana merupakan instrumen investasi yang tepat dan cocok untuk pemula karena mudah dilakukan. Penggunaan hasil investasi bisa ditujukan untuk kebutuhan jangka pendek, misalnya untuk renovasi rumah atau biaya sekolah anak. Perolehan hasil investasi bisa lebih besar dibandingkan dengan menabung secara konvensional atau melalui deposito bank.


Cara Cerdas Mengatasi Reflasi

Pengertian reflasi


Reflasi merupakan kondisi di mana terjadi risiko resesi yang juga disertai dengan kenaikan nilai inflasi. Dua kondisi yang terjadi bersamaan hingga membentuk kondisi gabungan yaitu reflasi yang melambangkan perlambatan perekonomian serta diikuti oleh tingginya inflasi. Menghadapi reflasi bukan perkara mudah, setiap negara memerlukan strategi matang dan otoritas untuk melakukan kewenangannya. Indonesia sendiri melakukan kebijakan fiskal dan moneter untuk menghadapi reflasi. Sekarang, bagaimana dengan Anda? Apa yang akan Anda lakukan untuk menghadapi kondisi reflasi ini? Simak cara cerdas menghadapi reflasi yang bisa Anda lakukan berikut ini.

1. Siapkan Dana Darurat

Untuk menghadapi kondisi perlambatan perekonomian dan kenaikan nilai inflasi, Anda wajib menyiapkan dana darurat. Tujuannya agar Anda memiliki simpanan yang bisa digunakan saat reflasi terjadi untuk memenuhi kebutuhan harian. Dana darurat bisa Anda wujudkan dalam bentuk investasi reksadana yang mudah dan lebih menguntungkan ketimbang deposito bank. Jangka waktu instrumen investasi ini juga lebih pendek dibanding jenis investasi lainnya, sehingga lebih mudah diakses untuk kebutuhan darurat ketika terjadi hal-hal di luar perencanaan.

2. Atur Keuangan

Mulailah mengatur keuangan dari penghasilan yang ada. Batasi pengeluaran hanya untuk kebutuhan utama dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Pilihlah pengeluaran mana saja yang wajib Anda lakukan dan tidak bisa digantikan. Hindari gaya hidup yang menuntut Anda mengeluarkan uang berlebihan tanpa perencanaan matang. Buat pos-pos pengeluaran sesuai daftar prioritas agar pengeluaran sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang ada. Alokasikan dana khusus untuk investasi dengan tujuan pemenuhan kebutuhan yang lebih besar di masa depan nanti.

3. Ambil Pekerjaan Tambahan

Pekerjaan tambahan berarti penghasilan tambahan. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan tambahan dengan tujuan untuk menambah jumlah investasi atau tabungan darurat Anda. Pilihlah pekerjaan tambahan yang tidak mengganggu jadwal pekerjaan tetap di kantor, misalnya yang bisa dilakukan di waktu weekend atau malam hari sepulang bekerja. Penghasilan tambahan bisa Anda gunakan untuk mendapatkan manfaat investasi reksadana. Dengan demikian, penghasilan Anda berkembang lebih banyak lagi dan menjadi tabungan yang cukup untuk mengatasi kondisi perekonomian jika terjadi reflasi.

4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Jika sebelumnya Anda gemar bergaya hidup kekinian, misalkan selalu hangout sepulang kerja bersama teman-teman di kafe, Anda bisa mulai mengurangi kebiasaan itu. Hangout bisa Anda lakukan sesekali saja, misalnya di waktu weekend agar pengeluaran minum kopi tidak terlalu besar. Anda juga bisa mulai berhemat dengan hanya berbelanja kebutuhan pokok saja. Hindari pusat perbelanjaan yang menawarkan potongan harga yang bisa menyebabkan Anda berbelanja secara impulsif dan membeli barang yang bukan kebutuhan.

5. Mulai Menabung

Ancaman reflasi dan resesi global sudah mulai terdengar sejak tahun 2022 lalu. Untuk itu, tidak ada alasan bagi Anda menunda-nunda menabung untuk kebutuhan di masa depan. Dengan memiliki tabungan, Ana tidak perlu khawatir reflasi terjadi atau tidak. Tapi jika tidak memiliki tabungan, kehidupan keuangan Anda akan jauh lebih sulit meski tidak terjadi reflasi. Menabung melalui investasi reksadana merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa mendapatkan hasil investasi yang besar untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam jangka waktu di bawah satu tahun. Selain itu, reksadana juga mudah dilakukan sekalipun Anda baru pertama kali berinvestasi.


Investasi Reksadana, Cara Cerdas Menghadapi Reflasi


Pengelolaan keuangan dengan cara investasi reksadana merupakan cara cerdas menghadapi jika terjadi reflasi. Kondisi perekonomian masa depan tidak bisa diketahui dengan pasti, namun dengan adanya investasi maka kehidupan Anda bisa lebih terjamin. Anda bisa mulai berinvestasi sejak sekarang dan menikmati hasilnya di waktu yang Anda inginkan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.


Aplikasi digibank by DBS merupakan penyedia layanan perbankan dan investasi digital. Anda bisa dengan mudah menggunakannya melalui smartphone untuk mengakses dan memanfaatkan keunggulan yang ditawarkan, antara lain:
  • Tersedia lebih dari 50 produk Reksadana
  • Investasi reksadana mulai dari Rp100 ribu
  • Tersedia pilihan reksadana berdasarkan 3 kategori: Kinerja Terbaik, Terpopuler, dan Scoring Terbaik
  • Pendaftaran SID (Single Investor Identification), jual, beli, dan switch produk, semua dalam satu aplikasi
  • Tersedia fitur pembelian berkala yang mudah dan fleksibel

Persiapkan diri Anda dalam menghadapi terjadinya reflasi perekonomian dengan melakukan investasi reksadana mulai sekarang. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika reflasi benar terjadi nanti. Gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan reksadana yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Cari tahu informasi lebih lanjut yang bisa Anda dapatkan di sini.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Mengenal Reflasi dan Cara Cerdas Mengatasinya"