Cari apa

Kirim Uang ke Luar Negeri Makin Mudah, Apa Saja Syaratnya?


Cara kirim uang ke luar negeri


Begitu banyak alternatif cara untuk transfer uang ke luar negeri atau sebaliknya. Yakni dari luar negeri ke Indonesia. Cara tersebut bisa dengan menggunakan fasilitas jasa keuangan atau perbankan. 

Bahkan kini, bukan hanya melalui bank atau penyedia jasa transfer uang ke luar negeri, Anda juga bisa menggunakan aplikasi mobile. Aplikasi ini jelas-jelas memiliki akses yang mudah dan bisa Anda manfaatkan selama 24 jam. 


Syarat Penting Untuk Kirim Uang ke Luar Negeri


Kirim uang ke luar negeri menjadi kebutuhan yang penting bagi banyak orang. Tidak hanya untuk keperluan pribadi, namun juga untuk transaksi bisnis dan investasi. Namun, untuk mengirim uang ke luar negeri, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar dapat mengirim uang ke luar negeri.


1. Mempunyai Rekening Bank

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki rekening bank. Rekening bank ini akan digunakan untuk melakukan transfer uang ke luar negeri. Pastikan bahwa rekening bank yang digunakan dapat melakukan transaksi internasional. 

Jika tak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kirim uang ke luar negeri yang terpercaya. Ini tentunya membuat Anda lebih mudah dalam melakukan transaksi pengiriman.


2. Identitas Diri

Selain rekening bank, identitas diri juga diperlukan untuk mengirim uang ke luar negeri. Identitas diri yang diperlukan adalah KTP atau paspor. Hal ini bertujuan untuk memverifikasi bahwa pengirim uang adalah orang yang sah dan juga untuk memastikan bahwa uang yang dikirimkan bukan hasil dari tindakan kriminal.


3. Tujuan Transfer Uang

Syarat lainnya adalah mengetahui tujuan transfer uang. Apakah untuk keperluan pribadi atau bisnis. Hal ini akan berpengaruh pada proses transfer uang. Terdapat beberapa jenis transfer uang seperti transfer tunai atau transfer bank. Pastikan untuk mengetahui jenis transfer yang akan digunakan.


4. Mengisi Formulir Transfer Uang

Setelah semua syarat terpenuhi, selanjutnya adalah mengisi formulir transfer uang. Formulir ini berisi informasi tentang pengirim uang, penerima uang, jumlah uang yang akan dikirimkan, dan juga bank yang akan digunakan untuk transfer uang.

Namun jika Anda menggunakan aplikasi kirim uang ke luar negeri maka tidak ada formulir atau berkas yang akan di isi. Namun tetap harus melengkapi beberapa data untuk keperluan transfer. 


Syarat kirim uang ke luar negeri



5. Biaya Transfer Uang

Syarat lain yang juga harus Anda penuhi adalah membayar biaya transfer uang. Biaya transfer uang ini berbeda-beda tergantung dari bank atau lembaga keuangan yang Anda gunakan untuk kirim uang ke luar negeri. Pastikan untuk mengetahui jumlah biaya yang harus Anda bayarkan sebelum melakukan transfer uang.

Bila perlu, Anda bisa mencari tahu sebelumnya apakah ada layanan remittance yang tak membebankan biaya transfer. Hal ini sudah tentu akan menguntungkan Anda bukan?


6. Perhatikan Kurs atau Nilai Tukar Mata Uang

Kurs atau nilai mata uang dapat mempengaruhi jumlah uang yang akan diterima oleh penerima uang di luar negeri. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan nilai tukar mata uang ini. Pasalnya kurs bisa sangat fluktuatif dan dapat berubah setiap saat. 

Dengan terus memantau kurs maka Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk mengirim uang menggunakan aplikasi kirim uang ke luar negeri. Selain memantau kurs, Anda juga bisa membandingkan kurs mata uang yang ditawarkan oleh berbagai bank atau lembaga keuangan. Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk melakukan transfer uang. 

Beberapa bank atau lembaga keuangan mungkin menawarkan kurs yang lebih menguntungkan daripada yang lain. Sudah tentu ini dapat menghemat biaya transfer uang. Bukan hanya itu, dengan memperhatikan kurs mata uang, Anda dapat memaksimalkan jumlah uang yang akan diterima oleh penerima nantinya. 


7. Memilih Layanan Remittance yang Tepat

Layanan remittance akan membantu Anda melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih dan menggunakan layanan remittance yang tepat dan memudahkan. Setidaknya layanan remittance baik dari bank atau aplikasi yang akan Anda gunakan memiliki beberapa kriteria berikut:
  • Dapat mengirim uang dengan cepat
  • Biaya transfer lebih rendah dan tak memberatkan
  • Memiliki sistem keamanan yang baik, bisa berupa fitur tambahan atau lainnya.
  • Mudah digunakan, bisa diakses kapan saja
  •  Layanan remittance memiliki jangkauan geografis yang luas

Setelah mengetahui semua syarat penting ini, ada baiknya Anda memastikan untuk memenuhinya. Terutama ketika Anda menggunakan aplikasi kirim uang ke luar negeri. Hal ini berguna untuk meyakinkan bahwa proses transfer uang berjalan dengan lancar dan aman. 

Selain itu, pastikan juga kalau Anda menggunakan layanan transfer uang yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.


Memanfaatkan Remittance dari digibank by DBS


Setelah mengetahui syarat-syarat seperti tersebut di atas, kini Anda bisa kirim uang ke luar negeri tanpa harus merasa was-was. Setidaknya Anda bisa melakukan transfer dengan aman dan terjamin baik melalui bank atau menggunakan aplikasi seperti digibank by DBS.

Aplikasi digibank by DBS merupakan aplikasi yang menyediakan layanan remittance dan menawarkan banyak keunggulan. Keunggulan tersebut diantaranya adalah:

  • Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara dengan 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD dan GBP
  • FX Rate Kompetitif
  • Dana akan sampai di hari yang sama
  • Mudah dan praktis bisa diakses 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS

Keunggulan inilah yang jadi andalan bagi Aplikasi digibank by DBS. Dengan keunggulan aplikasi kirim uang ke luar negeri tersebut, Anda kini tak perlu merasa khawatir untuk menggunakannya. 

Kesimpulannya, dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam semua transaksi. Jadi tunggu apa lagi, segera gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk semua proses kirim uang ke luar negeri. Apabila ada yang ingin Anda ketahui lebih banyak lagi, cek informasi lengkapnya di sini

Posting Komentar

1 Komentar