Tanaman Pengusir Nyamuk yang Perlu Ada di Rumah


Tanaman Pengusir Nyamuk yang Perlu Ada di Rumah - Suka sebel nggak sama nyamuk yang biasa mengganggu saat ingin bersantai di dalam ataupun di luar rumah? nyatanya, nyamuk adalah serangga yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti malaria, demam berdarah, chikungunya, dan masih banyak lagi. Nyamuk juga bisa mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari dengan suara yang bising dan juga gigitannya yang menyebabkan gatal dan iritasi. Makanya, penting bagi kita untuk mencegah dan mengusir nyamuk dari lingkungan tempat tinggal kita.

Salah satu cara yang alami dan ramah lingkungan untuk mengusir nyamuk adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk adalah tanaman yang memiliki aroma atau kandungan zat yang tidak disukai oleh nyamuk, jadi dapat membuat nyamuk menjauh atau nggak mau mendekat. Beberapa contoh tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah adalah lavender, serai wangi, geranium, bawang putih, marigold, dan mint.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas lebih lanjut tentang tanaman-tanaman yang sudah saya sebutkan tadi, mulai dari gimana cara menanamnya, manfaatnya, dan juga tips merawatnya biar tumbuh subur dan efektif mengusir nyamuk. 

Jadi tanaman pengusir nyamuk yang bisa kita tanam di sekitar rumah antara lain:


Sereh wangi
Pic by Pinterest


Sereh Wangi

Sereh adalah salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk karena mengandung citronella, sebuah zat yang berguna sebagai insektisida alami. Ada beberapa cara memanfaatkan sereh sebagai pengusir nyamuk.

Pertama, kita bisa merajang beberapa batang sereh, masukkan pada wadah lalu letakkan di sudut-sudut dalam rumah atau di tempat-tempat yang biasa terdapat nyamuk. Yang kedua, kita bisa menanam sereh di pekarangan rumah atau di pot untuk mendapatkan aroma segar yang tidak disukai nyamuk.


Lavender
Pic by Pinterest


Lavender

Tanaman lavender ini punya aroma wangi yang menenangkan bagi manusia, tapi tidak untuk nyamuk. Lavender mengandung linalool dan lynalyl asetat, kedua zat ini merupakan insektisida alami yang dikenal sebagai pengusir serangga.

Cara yang bisa kita gunakan yaitu: tanam lavender dalam pot lalu tempatkan di area yang terdapat sinar matahari seperti jendela kamar atau teras rumah. Cara berikutnya, kita bisa mengoleskan minyak lavender ke bagian tangan atau kaki dengan cara meremas daun lavender.


Tanaman mint
Pic by Pinterest


Mint

Tanaman mint adalah salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk di rumah. Bukan hanya untuk mengusir nyamuk saja tapi juga ampuh mengusir lalat dan semut. Semakin tajam aroma tanaman mint maka semakin ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman mint memiliki aroma yang menyegarkan dan harum yang tidak disukai nyamuk dan serangga lainnya, minyak esensial dari tanaman mint juga biasa digunakan untuk semprotan pengusir nyamuk alami. Tanaman mint juga mudah dibudidayakan di pot atau juga langsung di tanam di pekarangan rumah.


Bunga marigold
Pic by Pinterest


Marigold

Marigold memiliki bunga dengan warna yang mencolok dan sering dicari karena indah dan cantik. tanaman ini bisa mengusir nyamuk karena bisa memancarkan aroma yang mencegah nyamuk ada di sekitarnya. kita bisa menanam bunga marigold di pekarangan sekitar rumah atau bisa juga di pot, lalu letakkan di tempat yang rawan ditempati nyamuk.


Geranium 

Tanaman ini lebih dikenal dengan tapak dara, bunga yang mempunyai aroma sedikit mirip lemon ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin. Untuk merawat bunga geranium sangat mudah, dan tidak butuh perawatan yang khusus.


Bawang putih
Pic by Pinterest


Bawang Putih

tanaman yang sering kita gunakan untuk bumbu dapur ini juga ampuh mengusir nyamuk, caranya letakkan umbi bawang putih yang sudah dikupas di ventilasi atau di depan pintu rumah. cara kedua, kita bisa merebus bawang putih sampai mendidih, setelah dingin lalu air rebusannya dimasukkan pada botol spray. Nah cairan ini bisa kita semprotkan di area-area yang terdapat nyamuk.



Itulah tadi beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kita tanam di rumah. Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya, tanaman-tanaman ini juga memiliki keindahan dan khasiat tersendiri. Kita bisa memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan, serta merawatnya dengan baik agar tumbuh subur dan sehat. Dengan menanam tanaman pengusir nyamuk, Kita bisa melindungi diri dan keluarga dari gigitan nyamuk yang berbahaya, sekaligus membuat rumah menjadi lebih hijau dan segar.


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tanaman Pengusir Nyamuk yang Perlu Ada di Rumah"