Wajib Cek 8 Bagian ini Saat Servis Motor Kesayanganmu

Planet Ban
Pic. By GMaps

Motor banyak menjadi pilihan untuk mobilitas sehari-hari, karena lebih fleksibel dan efisien. Sebab digunakan sehari-hari jadi perawatannya juga harus diperhatikan agar kinerja mesin tetap optimal. Sayangnya masih banyak juga yang kurang memperhatikan kapan motor harus melakukan perawatan pada mesin maupun komponen lainnya agar motor selalu dalam keadaan prima.

Pengalaman komponen motor rusak juga pernah saya rasakan di awal tahun lalu, penyebabnya karena saya sering menyepelekan jadwal servis berkala. Nah kalau sudah kejadian motor rewel, baru deh kelimpungan. Berbekal pengalaman tersebut, sekarang ini saya harus lebih memperhatikan kesehatan motor dengan rutin servis secara berkala di bengkel langganan.


8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor 

Servis motor sebaiknya dilakukan saat sudah mencapai jarak tempuh tertentu, bagian-bagian yang wajib dicek antara lain memeriksa kondisi mesin, saluran bahan bakar, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban, dan berbagai komponen inti lainnya. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak selengkapnya.

1. Oli Mesin

Oli mesin menjadi komponen penting dalam menjaga kesehatan motor, oli mesin berfungsi sebagai pelumas pendingin, dan pelindung mesin. Oleh karena itu, kita perlu rutin mengganti oli mesin saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu, dan rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin jika sudah mencapai jarak tempuh 2500 Km. Untuk biaya yang harus dibayar biasanya meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merk) dan juga biaya jasa ganti oli nya.

Tapi beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / atau 2X lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2X lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Untuk pengguna motor matic sebaiknya wajib rutin ganti oli gardan. Fungsi oli gardan itu sendiri untuk untuk melumasi gear yang ada di Continously Variable Transmission (CVT). Saat penggantian oli gardan sebaiknya menggunakan rumus 2X ganti oli mesin, lalu dibarengi dengan 1X ganti oli gardan.

3. Busi

Busi merupakan komponen pada motor yang berguna untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api agar mesin bisa menyala. Kalau busi tidak berfungsi dengan baik, pastinya motor bakal sulit dinyalakan. Karenanya perlu dilakukan penggantian busi yang baru.

4. Kampas Rem

Komponen yang sangat berpengaruh pada keselamatan pengendara yaitu terletak pada sistem pengereman, makanya rem jadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Saat kampas rem sudah tipis, rem juga terasa kurang pakem yang bisa menyebabkan kecelakaan. Karena alasan inilah makanya penting mengecek kondisi kampas rem saat melakukan servis motor.

5. Saringan Udara

Fungsi saringan udara pada motor ialah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, yang bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator. Saat melakukan servis biasanya mekanik akan memeriksa terlebih dahulu untuk memastikan apakah filter udara atau saringan udara bisa dibersihkan atau harus ganti dengan yang baru.

6. Aki

Bagian selanjutnya yang harus dicek saat melakukan servis rutin ialah aki. Tegangan pada aki idealnya pada 12,3 - 12,6 Volt, sedangkan kalay mesin sedang menyala tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Jadi kalau tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, terdapat kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, maka mekanik harus melakukan pemeriksaat lebih detail. Jadi agar kamu bisa tetap menggunakan motor dengan aman dan nyaman, aki yang sudah tidak layak pakai harus segera diganti.

7. Ban

Kondisi kesehatan ban juga perlu dilakukan pengecekan secara berkala demi keselaman berkendara. Dan sebenarnya hal utama yang perlu kita cek sebelum menggunakan motor ialah mengecek kondisi kelayakan ban terlebih dahulu. Jadi pada saat servise motor, mekanik akan mengecek secara keseluruhan mulai dari tekanan ban, kondisi fisik ban (bannya gundul atau tidak) dan sebagainya.

8. Tune Up Motor Rutin

Servis motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, termasuk yang paling utama ialah komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya meliputi tekanan ban, kondisi lampu, pembersihakn karburator (saringan udara), pemeriksaan tegangan rantai, rem, dan klakson.

Terkadang tune up juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart . Tapi sebelum melakukan penggantian, mekanik akan menginformasikannya lebih dulu, kalau setuju, mekanik baru akan menggantinya.

Servis motor terbaik
Pic. By GMaps


Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk memiliki motor yang prima, kita pastinya harus melakukan perawatan di bengkel motor yang bagus. Nah Planet Ban jadi bengkel servis yang tepat untuk motor kita, karena di bengkel ini kita bisa mendapatkan servis motor rasa baru. 

Servis motor rasa baru ini juga dikenal dengan servis motor terpadu, tujuannya untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat tentunya. Fokus dari pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu terletak di bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang di cek, jarang di servis, dan jarang dilakukan penyetelan rutin.

Manfaat melakukan servis di Planet Ban, antara lain: di Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin. Dengan begitu, mesin jadi awet dan jarang rusak,

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian jadi lebih nyaman, mesin dingin, tahan lama, dan tarikan enteng. Penggantian oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km (perkiraan antara 4 - 6 bulan sekali) jadi tidak perlu sering ke bengkel dan lebih hemat biaya perawatan kan. Berikutnya manfaat servis di Planet Ban lainnya yaitu kamu bisa ikyt memelihara lingkungan hidup karena emisi karbon dan polusi dari motor berkurang. 


Bedanya Servis di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Kalau kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering juga ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang buat motor terasa berat.

Sementara kalau kamu melakukan servis motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttly body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Bener banget, servis motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi lebih total.

Harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini, harganya dijamin murah dan cukup terjangkau banget. 

  • Servis motor injeksi cuma RP20.000,- 
  • Servis CVT sekaligus rantainya RP19.500,- 
  • Servis throttly body juga cuma RP20.000,-

Jadi yuk percayakan servis lengkap dan ganti oli motor matic mu di Planet Ban aja!

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

7 komentar untuk "Wajib Cek 8 Bagian ini Saat Servis Motor Kesayanganmu"

Comment Author Avatar
servis motor langganan di sini mbak. pelayanan oke banget dan harganya terjngkau deh
Comment Author Avatar
Salfok sama harganya kok bisa semurah itu ya....
Comment Author Avatar
Kalau planet ban mah memang jaminan mutu ya, motor lama bisa jadi terasa seperti motor baru, harganya terjangkau pula..
Comment Author Avatar
servis di Planet Ban sekarang lengkap banget ya kak, mulai dari servis mesin, ganti oli, sampe urusan ban semua ada
Comment Author Avatar
Saya baru inget belum ganti oli nih. Udah langganan servis motor ke Planet Ban. Soalnya servisnya udah paling cocok.
Comment Author Avatar
Paling serem kalau nempuh jarak jauh pake motor, apalagi jalan berkelok naik turun. Nah, service rutin bantu banget biar ga ada parts yg ga terdeteksi. Terutama oli mesin kudu rajin diganti biar nyaman dan tarikan kencang.
Comment Author Avatar
Jadwal servis tu emang mesti kita perhatiin banget ya Mbak. Aku pun pernah tuh telat nyervis. Endingnya pas jalan, motor jadi rewel.